Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta (Latifah)

This is Library Science !

Assalamu’alaikum, hai intipers ?

Semoga berkah rahmat Ilahi selalu melimpahi kalian semua, aamiin . Sebelum mulai pembahasan alangkah baiknya kenalan dulu yaa kan? Biar makin gampang kalo kalian nanti ditanya dapet infonya dari siapa, hehe. Saya Ummi Latifah, alumni Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah (Syahid) Jakarta. Masuk tahun 2013 dan lulus tahun 2017, yass baru kemarin lulus hehe. Nah kalo udah kenal sekarang saya akan bahas tentang jurusan Ilmu Perpustakaan yang ada di UIN Syahid Jakarta. Semoga tulisan ini sedikit membantu teman-teman dalam menentukan pilihan studi lanjutannya yaa. Let’s see! J

Ilmu Perpustakaan, Ilmu Jagain Buku ?

So, apa yang ada dipikiran kalian kalo denger jurusan ilmu perpustakaan ? pasti gak jauh dari ‘jagain buku doang kan?’, ‘ahh, perpustakaan kan gitu-gitu doang. Ngapain dipelajarin? Lulus SMA juga bisa jagain perpustakaan!’. Well, pertanyaan ataupun tanggapan-tanggapan kek gitu bakal kamu dapetin dari mulai kalian masuk, sedang dan lulus kuliah jurusan ini. Haha. But, jangan patah semangat guys!

Sebelum bahas apa itu Ilmu Perpustakaan kalian perlu tau ini: Ilmu perpustakaan di UIN Syahid Jakarta merupakan salah satu Prodi di Fakultas Adab dan Humaniora. Adab di sini artinya sastra ya guys, bisa di cek kalau saya salah yaa. Hehe. Prodi ini sudah mempunyai akreditasi A, alhamdulillah. Nah untuk sejarah dan lain sebagainya kalian bisa kunjungi situs fah.uinjkt.ac.id yaa J

Sekarang saya jelasin apa itu Ilmu Perpustakaan berdasarkan pengalaman belajar saya selama 4 tahun. Ilmu Perpustakaan itu bukan cuma sekedar ilmu jagain buku guys. Di Strata-1 (S1) ini lulusannya tidak hanya diorientasikan untuk menjadi teknis perpustakaan tapi juga untuk menjadi kepala perpustakaan. Jadi kita juga belajar bagaimana mengatur sebuah perpustakaan, baik itu perpustakaan khusus, umum, sekolah, maupun perguruan tinggi. Selain itu, pemerintah juga udah mengeluarkan UU tentang Perpustakaan sejak tahun 2007, itu berarti pustakawan tidak dipandang sebelah mata dan mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Jadi jangan malu buat belajar di Prodi Ilmu Perpustakaan ya guys. Kalo masih dianggap sebelah mata sama orang lain senyumin aja, tetep percaya diri. J

Apa aja yang dipelajarin di Prodi Ilmu Perpustakaan ?

Banyaak, banyaaak banget yang dipelajarin di prodi ini. Mulai dari dasar ilmu perpustakaan, dasar organisasi informasi, literasi informasi, sistem klasifikasi umum dan islam, pengantar psikologi untuk perpustakaan, teknologi informasi, rekayasa web, deskripsi bibliografi buku dan non buku, kemas ulang informasi, pengantar komunikasi untuk perpustakaan, manajemen industri penerbitan, layanan referensi islam dan umum, indeks dan abstrak, filologi, story telling, manajemen perpustakaan, manajemen pengembangan koleksi, manajemen terbitan berkala, sejarah perpustakaan islam, transliterasi dan transkripsi, perpustakaan digital, otomasi perpustakaan, promosi perpustakaan, layanan informasi anak dan remaja, pelestarian bahan pustaka, sistem jaringan informasi, dan masih banyak lagi. Nahh, gimana ? macem-macem kan ilmu yang bakal kita dapetin ? selain itu di prodi imu perpustakaan ini juga mempelajari dasar-dasar kearsipan dan juga tentunya ada mata kuliah umum yang wajib dipelajari seperti bahasa indonesia, bahasa inggris, civic education, dan juga mata kuliah yang mengandung unsur keislaman. Tentu saja karena prodi ini termasuk bagian dari Universitas Islam. Hal ini menjadi nilai tambah bagi kita selaku umat islam.

Figure: Kunjungan ke Perpustakaan Nasional

Tidak hanya teori yang akan kalian dapatkan, tetapi juga praktiknya. Setiap mata kuliah di atas pasti ada praktik, misalkan membuat katalog manual, membuat direktori, membuat indeks dan abstrak, melakukan simulasi manajemen perpustakaan, membuat pamflet atau media yang digunakan untuk promosi, membuat buku yaitu dengan menjahit merupakan salah satu praktik metode pelestarian bahan pustaka, dan masih banyak lagi praktik-praktik lainnya. Praktik ini tentu saja untuk mengasah ketrampilan kalian dan juga agar pembelajaran tidak monoton.

Selain teori dan praktik, kalian juga akan disibukkan dengan kunjungan-kunjungan. Kunjungan ke perpustakaan, arsip maupun penerbit. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi di dunia kerja, dan pengalaman lainnya. Dan juga melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan(PKL). Biasanya dilakukan pada libur semester 5. Kalian bisa memilih tempat untuk PKL baik di perpustakaan maupun arsip. Namun tidak disarankan untuk perpustakaan sekolah.

Figure: Kunjungan ke Perpustakaan Selapa Knowledge Center Mata Kuliah Manajemen Perpustakaan

Berdasarkan pengalaman saya, semua yang saya pelajari sangat menarik. Hal ini karena apa yang saya pikirkan tentang prodi ini sangat jauh berbeda. Banyak ilmu baru yang saya pelajari. Dan dari sekian mata kuliah yang saya pelajari yang paling berkesan adalah semuanya berkesan. Hahaha. Suka dukanya nyari penerbit, untuk observasi. Ditolak sana-sini padahal cuma mau wawancara. Deg-degannya story telling di depan temen-temen seangkatan dan ribetnya pas harus story telling depan anak-anak yang gampang bosen. Praktik web yang tiba-tiba laptop rusak, wkwk. Ribetnya jahit buku, nyari alamat untuk direktori, berkali-kali ngoreksi untuk bikin indeks, dan lainnya. Semua berkesan dan punya masalahnya masing-masing :D.

Gimana sih sistem KBM nya?

Well, jangan khawatir guys. KBM di Ilmu Perpustakaan UIN Syahid Jakarta ini gak ngebosenin kok. Kalo teori kebanyakan sih kalian dikasih sub-sub tema yang bakal dibahas selama 1 semester ke depan terus dibagi kelompok buat bikin paper atau makalah. Yak jangan dianggep beban lah yaa.. biasanya udah dikasih referensi buku atau alamat web yang bisa dijadikan rujukan kok. Tapi, gak harus ngerujuk kesitu yaa guys, kalian bisa tambahin dari referensi lain asalkan referensinya bisa dipertanggungjawabkan. Terkadang cara penyampaian materi atau makalah yang kalian bikin juga macem-macem. Ada yang presentasi terus tanya jawab. Ada juga yang semacam diskusi, jadi lebih meluas lagi ilmu kita.

Selain bikin makalah, ada juga dosen yang pertama masuk nanyain apa yang perlu ditanyakan. Terus ada juga yang setiap kali pertemuan sudah dikirim materinya jadi waktu tatap muka langsung diskusi. Kemudian juga ada yang ngadain kuis-kuis yang bikin greget dan banyak lagi karena dosen-dosennya juga kreatif dan inovatif, jadi gak ngebosenin, hehe.

Daan, yak pastinya kalian bakal ada bikin laporan kunjungan ataupun observasi, resensi film, resensi buku, dan banyak lagi. Jangan khawatir gabut pokoknya. Haha.

Prodi Ilmu Perpustakaan di UIN Syahid Punya Banyak LSO

Kalo udah kuliah jangan langsung pulang ya guys. Sayang waktunya mending buat ikut kegiatan yang bermanfaat dan bisa ngembangin bakat kita. Hehe. Nahh prodi Ilmu Perpustakaan di UIN Syahid ini punya bermacam-macam kegiatan lho. Di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Perpustakaan, prodi ini makin aktif karena punya bayak LSO diantaranya yaitu LSO tari, adventure,bola, pers, band, dan masih banyak lagi. Jadi jangan sia-siain waktu dan bakat kamu. 😉

Habis kuliah kemana ?

Don’t worry guys! Kamu mau jadi pustakawan? Bisa. Jadi arsiparis? Bisa. Mau jadi document control? Bisa. Penulis? Bisa. Story teller? Bisa. Kerja di penerbitan? Bisa. Indekser? Bisa. Bikin abstrak? Bisa banget. Mau buka taman baca sendiri ? wahh itu hebat! Dan banyak lagi. J

Santai guys, perpustakaan ada dimana-mana. Dari sekolah, perguruan tinggi, instansi pemerintah, perpustakaan umum bahkan di stasiun televisi pun ada. Lapangan pekerjaan dari prodi ini sangat banyak. Tinggal bagaimana kalian menentukan arah karir kalian.

Sekian sedikit pengalaman dari saya. Semoga menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian ya. J

Billahi fii sabililhaq, fastabiqul khairat.

Wassalamu’aikum.


Biodata Penulis

Ummi Latifah lahir di Pemalang. Saat ini sedang berusaha menjadi pustakawan di tanah kelahiran. Sambil menulis, dan jalan-jalan. Mottonya saat ini yaitu pelajarilah ilmu kemanapun kalian mau, namun kembalilah ke asal kalian dan kembangkanlah ilmumu untuk tanah kelahiranmu. Karena memajukan Indonesia adalah kewajiban setiap individu.

Ig : @ummi.l

Kode Konten: X272

 

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *