Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas ITSB (Arif)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hallo Sobat Intipers!!!

Sebelum saya bercerita, alangkah baiknya kita kenalan dulu yuk! Karena tak kenal maka ta’aruf. Hehehe… Jadi, perkenalkan nama saya adalah Mukhamat Arif Aminulloh dan biasa dipanggil Arif. Saya adalah mahasiswa angkatan 2015 yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Kampus Institut Teknologi dan Sains Bandung dengan mengambil jurusan Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas. Nah, di tulisan kali ini saya akan berbagi cerita seputar kampus dan jurusan saya, semoga apa yang terpaparkan bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi pembaca. Selamat membaca!

Apa Itu Kampus ITSB Kak?

Ada yang tau Kampus ITSB? Sama enggak dengan ITB atau ITS? Atau justru gabungan antara ITB dan ITS makanya disebut ITSB. Hehehehe… Bukan sob. Jadi, ITSB itu singkatan dari Institut Teknologi dan Sains Bandung yang lokasinya berada di Kota Deltamas, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Kampus ini merupakan perguruan tinggi yang menjadi bagian dari pengelolaan Sinarmas Group sebagai perwujudan kerjasama antara Institut Teknologi Bandung, Pemerintah Kabupaten Bekasi, dan Sinarmas tentunya. Kerjasama ketiga pihak ini ditandatangani pada tanggal 3 Juli 2007. Sebagai tambahan informasi, ITSB merupakan Feeder University of ITB lho, yaitu mahasiswa ITSB yang berprestasi prima dapat melanjutkan studinya di Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai mahasiswa ITB dan lulus sebagai sarjana ITB. Wahh.. Keren banget kan!  Nah, jadi seperti itu sekilas tentang Kampus ITSB. Sudah kebayangkan.

Apa Saja Keunggulan Kampus ITSB Kak?

follow_intipjurusan_COMPRES

Selain Feeder University of ITB, keunggulan dari ITSB adalah tersedianya cakupan beasiswa yang begitu melimpah seperti beasiswa khusus ikatan kerja yang bekerjasama dengan PT.Smart Tbk., dan PT.Asia Pulp Paper. Selain itu ITSB juga didukung oleh adanya penyediaan beasiswa dari Eka Tjipta Foundation, Sinarmas Land, dan beasiswa ITSB sendiri untuk membantu mahasiswa berprestasi namun memiliki kemampuan finansial terbatas dalam menempuh pendidikan di ITSB. Selain itu, kampus saya ini memiliki visi Eco-Industry Oriented University, diprogramkan untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi pada bidangnyadan diarahkan agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam era industrialisasi, globalisasi, otonomi daerah dan pembangunan nasional. Saat ini Kampus ITSB memiliki 11 program studi yang teridiri dari program sarjan dan program diploma. Untuk program sarjan antara lain, Teknik Perminyakan, Teknik Metalurgi dan Material, Eksporasi Tambang, Desain Produk dan Industri, Desain Interior, Perencanaan Wilayah dan Kota, Arsitektur, dan Teknik Sipil. Sedangkan untuk program diploma antara lain, Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas, Teknologi Pengolahan Sawit, dan Teknik Pengelasan.

Apa Itu Jurusan Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas Kak?

Pasti semuanya bertanya-tanya, “Kak, kok aku baru denger jurusan Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas yaa? Apa aku kudet banget yaa?” Enggak kok. Memang jurusan ini sangat langka di Indonesia bahkan hanya ada 2 kampus yang memiliki jurusan ini yaitu Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) di Bandung dan Institut Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas (ITSB) di Deltamas. Begitu langkanya jurusan ini, membuat segala informasipun begitu terbatas tentang jurursan tersebut. Bahkan, saya sendiri pun baru tahu jika di Indonesia ada jurusan seperti itu.

Belajar Apa Saja Disana Kak?

For Your Information, jurusan Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas ini secara tidak langsung juga mempelajari beberapa program studi sekaligus lho yaitu, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Lingkungan, dan Teknik Industri. Tapi tenang, yang dipelajari itu hanya seputar dari jurusan dan enggak bakal menjalar dan mengarah ke yang lain. Jadi, hanya terfokus dan tertuju pada pulp dan kertas.

Jurusan yang saya geluti saat ini, secara garis besar mempelajari tentang proses pembuatan pulp dan kertas. “Apa itu pulp kak? Kok istilahnya asing banget yaa kak?” Jadi, pulp atau buburan kertas merupakan bahan setengan jadi dari kertas sebelum masuk pada proses menjadi kertas. Bahan pembuatan kertas sendiri antara lain bahan baku dan bahan kimia. Bahan baku utama dalam pembuatan kertas adalah kayu. Kayu yang digunakan harus memiliki serat yang mengandung selulosa. Semaikin banyak kandungan selulosa pada kayu akan semakin bagus kayu tersebut untuk menjadi bahan baku. Klasifikasi kayu dalam pembuatan kertas antara lain kayu berserat panjang (softwood), kayu berserat pendek (hardwood), dan bahan bukan kayu (non-wood). Selain itu kayu, bahan pembutan kertas juga bisa menggunakan kertas bekas (recyle paper).  Disamping belajar proses paper making, kita disana akan dituntut untuk mengerti lebih tentang pabrik. Karena jurusan ini langsung mengaplikasikan di pabrik, sehingga diharapakn apa yang telah dipelajari dapat diterapkan di pabrik pulp dan kertas.

Tugas Apa Saja Yang Diberikan Kak?

Tugas yang diberikan kepada mahasiswa sendiri tergantung dari dosen masing-masing. Hehehe…Hampir semuanya rata pernah memberikan tugas setiap dosen, hanya porsinya saja yang berbeda. Antara praktik dan teori pun seimbang. Namun, tugas yang paling seru dari dosen adalah ketika praktikum. Dimana kita nanti akan dituntut untuk mebuat lembara kertas (handsheet) dengan cara manual, tapi masih menggunakan beberapa alat.

Mata Kuliah Apa Yang Paling Berkesan Kak?

Hal yang paling berkesan adalah praktikum. Untuk mahasiswa semester 1 dan semester 2, nanti kita akan melaksanakan praktikum Kimia di ITB. Kenapa di ITB? Karena ITSB sudah bekerjasama dengan ITB, jadi sudah otomatis mahasiswa ITSB dapat melaksanakan praktikum disana. Ditambah lagi, didampingi oleh asisten praktikum dari ITB yang piner-pinter dan handal tentunya. Keren bukan!!! Jadi sekaligus wisata edukasi dari ITSB ke ITB. Hehehe… Tidak hanya itu, meski tergolong kampus baru, jurusan saya ini juga sudah mempunyai laboratorium senidiri, jadi mahasiswa dapat menggunakan untuk menunjuang kegiatan akademik sekaligus meningkatkan keilmuan tentang pulp dan kertas. Fasilitas yang tersedia di laboratorium ini sudah ada beberapa alat mini pembuatan kertas antara lain beater, handsheet maker, press, dan freeness.

 

Ada Program Tugas Lapangan Enggak Kak?

Selain mendapatkan materi di dalam ruang kelas, jurusan saya ini juga ada kegiatan praktik lapangan. Program kegiatan di pabrik sendiri terdapat 3 macam antara lain, Praktik Kerja Lapangan (PKL), Magang, dan Kunjungn Indutri. Hal yang dipelajari pun sangat beraneka ragam, tapi yang paling berkesan kita dapat mengetahui keadaan pabrik dengan nyata dan proses dari pembuatan kertas secara langsung. Selain itu, materi yang kita peroleh pun bisa kita bandingkan antara di kampus dengan di pabrik. Karena tidak selamanya teori itu sama dengan praktik di lapangan. Dengan program praktik lapangan ini diharapkan, mahasisa dapat lebih siap ketika nanti dimana akan ditempatkan.

Prospek Lulusannya Seperti Apa Kak?

Jangan khawatir tentang prospek kedepannya. Jurusan Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas ini mempunyai masa depan yang cerah lho. Bagaimana tidak? Jurrusan saya ini termasuk beasiswa ikatan dinas dari Asia Pulp and Paper. Jadi, setelah lulus dari Kampus ITSB, harus menjalani ikatan dinas selama 8 tahun di seluruh pabrik di bawah naungan APP antara lain PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. (Mojokerto-Jawa Timur), PT. OKI Pulp and Paper (Palembang-Sumater Selatan), PT. Pindoe Deli Pulp and Paper (Karawang-Jawa Barat), dan masih banyak lagi. Gelar yang diperoleh setelah lulus di jurusan ini adalah S.Tr karena statusnya masih Diploma VI. Namun, sudah setara dengan S1. Sebenarnya masih banyak yang bisa untuk diceritakan, namun karena keterbatasan waktu saya cukupkan sampai disini dulu yaa! Hehehe… Jika ada hal yang perlu untuk ditanyakan langsung saja komen di kolom yang sudah disediakan. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat. Aminn

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tentang Penulis: Mukhamat Arif Aminulloh

Mahasiswa semester 5 Program Studi Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas – Institut Teknologi dan Sains Bandung. Kesibukan yang dijalani antara lain kuliah, organisasi, menulis, dan ikut event. Selain itu, dia mempunyai hobi menulis dan olahraga. Quote yang selalu digunakannya adalah “Sebaik-Baik Manusia Adalah Bermanfaat Bagi Manusia Lain”.

Instagram        : @arif.aminulloh

Facebook         : Arif Aminulloh

Blog                  : https://arifaminulloh.blogspot.co.id/

Twitter             : @aminulloharif

Path                  : arifaminulloh

Kode Konten   : X239

 

1 thought on “Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas ITSB (Arif)”

  1. 1. Jurusannya rumpun saintek ???
    2. Klo kita msk jurusan teknologi pengolahan pulp dan kertas, kita msknya beasiswa atau mandiri
    3. Pendaftaraannya
    4. Biaya kuliahnya
    5. Klo yg bisa k ITB dr ITSB tuh mahasiswa yg berprestasi doang

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *