Teknologi Hasil Perikanan Universitas Pattimura (Herlina)

Hai intipers, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Syalom dan Selamat pagi untuk yang membaca pagi, selamat siang untuk yang membaca siang, selamat sore untuk yang membaca sore, dan selamat malam bagi teman-teman yang membaca malam hehehe..

Wow, Lulus SMA kemarin secepatnya mengambil keputusan untuk melanjut kuliah Nihh. (soalnya udah tua haha )

“Lin, kamu tembus di Jurusan apa ?”

400

“ Jurusan Teknologi Hasil Perikanan”

“Hah?? Itu jurusan apaan?? Kuliahnya tentang ikan-ikan doang ??, emm mudah banget dong.

Ini percakapan yang sering terjadi di Sekelilingku, aku jadi sedih lihat mereka yang sama sekali egak tau apa itu jurusan perikanan hehe memang jurusan ini gak se-keren Akutansi, Kedokteran dan Teknik pertambangan gitu sihh J

follow_intipjurusan_COMPRES

Yahh pastinya kebanyakan dari teman-teman semua masih bingungkan tentang Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, memang siih program studi ini masih jarang ditemui di beberapa Universitas. Nah, salah satunya teman-teman semua bisa temui di Universitas Pattimura Ambon dan lebih tepatnya Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan.  Tapi kok jauh banget yaa, sesungguhnya tak ada istilah jauh untuk mendapatkan ilmu kan teman-teman. Hehe J

Di Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura ini , terdapat 2 Jurusan dan 6 Program Studi. Banyak Bangett, apa aja yaa ? Jurusannya yaitu Manajemen Sumber Daya Perairan dan Teknologi Hasil Perikanan, truss Program Studinya apa ? yaitu Manajemen Sumber Daya Perairan, Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Ilmu Kelautan, Teknologi Hasil Perikanan, dan yang terakhir Agrobisnis Perikanan. Nah, kebetulan aku masuk Jurusan Teknologi Hasil Perikanan dan prodi Teknologi Hasil Perikanan. Okee, biar teman-teman gak bigung, langsung aja ya aku jelasin secara umum pengertian dari beberapa program studi tersebut.

  1. Manajemen Sumber Perairan (MSP)

Ini salah satu Program Studi di Fakultas Perikanan yang mempelajari tentang meminute atau mengatur sebuah alokasi sumber daya perairan, contohnya, kita disini mempelajari jumlah, ukuran alat tangkap yang benar di suatu lokasi.

  1. Budidaya Perairan (BDP)

Ini Juga suatu Program Studi di Fakultas Perikanan yang memperlajari tentang suatu budidaya yang baik dan benar untuk meningkatkan laba. Eitts,, bukan hanya mengetahui budidaya yang baik dan benar lho teman-teman di Program Studi BDP ini juga bisa memaksa ribuan bayi ikan untuk berjenis kelamin betina/jantan lho teman-teman So keren kan ?? J

  1. Pemanfaatan Sumber Daya Perairan (PSP)

Program Studi yang mempelajari keahlian di bidang tangkap, waah keren kan berarti mahasiswa di Program Studi ini sudah sangat mahir dan mapan menangkap ikan menggunakan jaring dan panjing kan, (manjing hati kamu aja yang belum ) hehe.

  1. Ilmu Kelautan ( IK)

Salah satu Program Studi yang mempelajari keadaan laut contohnya seperti jika bulan ini angin timur maka hujan akan datang di sore hari atau di malam hari. Intinya mereka mengetahui keadaan laut yang akan terjadi spesifik.

  1. Teknologi Hasil Perikanan (THP)

Salah satu Program Studi yang dapat mengolah ikan ( ngolah hati kamu belum J haha)

  1. Agrobisnis Perikanan (AGP)

Program studi yang mempelajari cara pemasaran yang baik dan benar sehingga menguntugkan.

 

Okk, it’s all about my Faculty dan langsung aja ke Jurusan ku yaa, yaitu Teknologi Hasil Perikanan (THP). Kuliah di jurusan THP itu meyenangkan. Yaah walaupun pada awalnya aku merasa salah jurusan tetapi setelah diikuti ternyata aku benar-benar jatuh cinta terhadap jurusan ini Bukan ke kamu yaa !!. Kuliah di Jurusan ini ada 2 jenis pembelajaran yaitu belajar di kelas dan belajar di Laboratorium. Bicara dengan Laboratorium mengajarkanku tentang bahan-bahan kimia gitu, keren kann? Dan ketika kuliah di Laboratorium kita harus bisa mengetahui fungsi-fungsi larutan kimia, dan kita juga mempelajari suhu-suhu pertumbuhan bakteri bahkan kita bisa memperhatikan bakteri lewat beberapa trick lho berkaitan dengan kesehatan kan, keren bukan ? hehe

Then, diawal semester perkuliahan akan diperkenalkan tentang materi-materi dasar yang meyangkut pembelajaran di masa SMA (jadi bisa flashback sejenak nih haha) seperti Kimia Dasar, Fisika Dasar, Matematika Dasar dan Biologi Dasar. Kok belajarnya Saintek banget sihh, iya benar karena di Jurusan ini kita akan belajar cara mengolah, memperoduksi ikan untuk menambah daya jual ikan tersebut, berbicara tentang mengolah kita harus memahami bahan kimia seperti contohnya kita harus mengetahui kandungan bahan-bahan kimia yang dapat merusak kesehatan manusia kan dan egak mungkin kita menambahkannya diolahan tersebut kan jadi di Jurusan Ini kita juga berperan sebagai Dokter (ehh bukan dokter cinta ya hehe) yang berperan dibidang kesehatan makanan.

So, perkuliahan akan lebih umum sampai ke semester 5 . Pada semester 6 mulailah ada penjurusan yakni Kimia, Mikrobiologi, dan pengolahan, aduh kok ada kimianya yaa tenang dulu daripada mengafal mati-matian lebih baik kan ngigat rumus yang super duper singkat aja. Nah, kalo minat Mikrobiologi ini didalmnya banyak mempelajari Biologi teruss kalo memilih minat Pengolahan berarti kita mempelajari kimia dan biologi karena di jurusan ini kita dituntut untuk mengolah makanan jadi wajarkan kita harus menegetahui kimia pangannya dan mikrobiologi pangan yang kita olah tersebut. Penjuruan ini bertujuan untuk memudahkan kita memilih judul penelitian dan mengerjakan skripsi ditingkat akhir nantinya.

Kuliah di jurusan ini kita akan menemukan Himpunan mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan. Organisasi ini dapat menjadi wadah atau tempat untuk mengembangkan diri kita dan Himpunan ini juga setiap tahunnya mengadakan pengabdian ke Daerah-daerah 3 T yang pastinya seru banget dan eggak akan terlupakan lho hehe..

Mata kuliah di Jurusan ini beraneka ragam mulai dari matakuliah pengantar hingga mendalam. Namun, ada beberapa matakuliah wajib seperti Matematika Dasar, Fisika Dasar, Biologi Dasar, Biologi Laut, Pengantar Ilmu Perikanan dan Kelautan, Ikhtiologi, Statistika, Bahasa Indonesia, Ekologi Perairan. Rasanya tak lengkap kalau tidak mengikuti mata kuliah ini (berkesan). Pengantar Ilmu Perikanan dan Ilmu kelautan ini merupakan salah satu mata kuliah pengantar di semester 2 mata kuliah ini mempelajari luas lautan Indonesia, Jumlah pulau di Indonesia, palung terdalam itu terdapat dimana, jumlah spesies ikan dan masih banyak lagi lho teman-teman. Pokoknya mahasiswa yang belajar di matakuliah ini akan dibukakan pengetahuan yang sama sekali kosong atau tidak tahu tentang jurusan Teknologi Hasil Perikanan.

Selanjutnya ada juga mata kuliah Ikhtiologi di semester 3. Mata kuliah ini matakuliah yang paling berkesan Tak lengkap rasanya mempunyai Sarjana Perikanan (S.pi) jika tidak belajar Ikhtiologi. Mata kuliah Iktiologi adalah salah satu matakuliah yang mempelajari struktur anatomi dan morfologi ikan seperti warna ikan, bentuk tubuh, bentuk sirip, panjang tubuh, habitatnya, cara makan ikan, dan makanannya sehingga dapat menentukan spesies, family, ordo ikan tersebut. Tak lupa di matakuliah ini juga ada praktek laboratoriumnya didalam praktek ini kita di tuntut untuk mengamati struktur Anatomi ikan seperti menghitung gigi ikan, mengamati apakah yang dimilikinya sirip lunak atau keras sehingga dapat menentukan spesise ikan tersebut, kerenn kann ? dan biasanya itu setelah melakukan praktek di ruang Laboratorium wajib membuat laporan penelitian berupa sebuah makalah dan setelah mengumpulkan laporan biasanya ada sesi persentFasinya pokokknya harus banyak membaca ya biar banyak sumber refrensinya selain materi kuliah yang diberikan oleh Dosen.. Hehe

So, jangan takut dengan nilai jika kita rajin kuliah dan rajin mengerjakan tugas yang diberikan pastilah kita mendapat nilai. Ohh ya dan jangan pernah ragu kalau kamu tidak mengerti tentang dunia perikanan/perairan karena pada walnya mahasiswa baru juga belum mengetahui tentang perikanan/perairan yang cukup. Jurusan ini menerima mahasiswa baru kebanyakan dari Jurusan IPA karena Perikanan Dan Ilmu Kelautan ini bisa disebut disiplin Ilmu.

Prospek kerja dibidang ini sangat luas. Baik di Indonesia maupun di Luar Negeri atau jika ingin melanjutka kuliah di Luar Negeri juga memiliki peluang yang sangat besar. Adapun tempat pekerjaan dari lulusan jurusan ini adalah bekerja sebagai Dosen, Dinas Perikanan, Perkantoran, Bank, Penelitian, Sektor Swasta, Pengawai Negeri Sipil, Wirausahawan, Instruktur Diving dan masih banyak lagi.

Begitulah sedikit cerita saya selama berkuliah di Jurusan Teknologi Hasil Perikanan, semoga kamu tertarik sama aku ya eitts,, iyaa tertarik sama Jurusannya maksudnya hehe J. Tetap semangat ya menjelajahi lautan Luas kita. Luasnya lautan memisahkan namun kita menatap langit yang sama dibawah garis khatulistiwa,, ohh indahnya Nusantara J


Tentang penulis : Herlina Karo

Mahasiswa semester 3 prodi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Pattimura Ambon, Hobbi saya spesifiknya berenang dan akhir-akhir ini baru mencintai menulis jadi, maaf jika tulisan ini belum sempurana dan menyukai kegiatan pengabdian di beberapa daerah 3T. Berasal dari Provinsi Sumatera Utara dan mulai menyukai kota Ambon dengan seribu pulau dan surga pantai yang masih tersembunyi.

Link Instagram : @herlinakaro   

Fb: web.facebook.com/herlinakaro

Kode Konten: X259

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *