Teknik Metalurgi Untirta (Rina)

Hai, intipers!

Perkenalkan nama saya Rina Oktapiani, tapi bisa panggil saya Rina atau Na saja hehe. Saya adalah mahasiswi jurusan Teknik Metalurgi 2012 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bisa disingkat UNTIRTA, yang berlokasi di Cilegon-Banten. Minta do’anya ya semoga bulan maret nanti ga ada halangan buat wisuda, Aamin. Lanjut, saya akan berbagi pengalaman kuliah di jurusan Teknik Metalurgi di UNTIRTA. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

TEKNIK METALURGI?

Mungkin agak asing mendengar jurusan ini haha, jurusan apa itu ya? Susah ga sih kuliah nya? Kenapa pilih jurusan ini? Pertanyaan-pertanyaan itu sering saya dapatkan, baik dari teman, tetangga deket rumah sampai bapak-bapak  yang satu bus. Nah,  walaupun banyak yang bertanya seperti itu, tetapi saya merasa senang karena bisa share tentang jurusan saya kepada mereka. Okee, jurusan metalurgi itu jurusan  yang langka dan termasuk sulit untuk masuk jurusan ini, karena di Indonesia hanya terdapat beberapa universitas yang membuka jurusan ini, di antaranya UI, ITB, Untirta, Unjani, ITS, ITSB (Bekasi), ITK (Kalimantan), UPN “VETERAN” YOGYAKARTA dan UTS (Sumbawa). Jurusan teknik metalurgi merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan mineral menggunakan teknologi yang sesuai untuk proses pengambilan bijih dari tambang sampai barang setengah jadi atau menjadi bahan jadi. Dan, Metalurgi juga dibagi menjadi 3 bagian yaitu Metalurgi Ekstraksi, Metalugi Mekanik  dan Metalurgi FISIK, teman-teman nanti bisa memilih sesuai minatnya dimana.

 

 

BAGAIMANA BELAJARNYA?

follow_intipjurusan_COMPRES

Pertama, karena namanya teknik pasti banyak hitungannya serta berhubungan dengan mineral seperti Au (Emas), Fe (Besi), dan lain-lain pasti gak akan jauh-jauh dari kimia, hahahahaha.. *oke cukup. Semester pertama, teman-teman akan belajar dasar-dasar terlebih dahulu seperti mata kuliah Fisika Dasar, Kimia Dasar, Kalkulus 1 (Sebutan pelajaran matematika di perguruan tinggi) Pengantar Ilmu Metalurgi dan Material (PMM), mungkin sama dengan jurusan lain juga kan dan ada dua praktikum yang menunggu yaitu Praktikum Fisika Dasar dan Kimia Dasar. So, harus bener-bener harus pinter bagi waktu deh. Dan adalagi mata kuliah kimia analitik, Matematika Terapan, Refraktori, Material Maju, Pengelasan, Heat Treatment, Pengecoran Logam, Fenomena Transport dan Perpindahan Panas, Korosi, Coating (pelapisan) dan masih banyak lagi.

Mata kuliah paling berkesan untuk saya adalah Thermodinamika Metalurgi dimana integral bersatu dengan Kimia *banyak yang bilang susah banget dan Mekanika Perpatahan dan Failure Analisys yang membuat saya tau penyebab jembatan baja bisa patah *woohh. Selain itu, nanti di semester 5 mulai penjurusan minat dan bakat, karena saya bertemu dengan dosen bidang Metalurgi Mekanik dan cocok, jadi saya pilih itu. Saya memilih  jurusan ini karena baja yang begitu keras bisa dibentuk dengan sedemikian rupa sehingga menjadi daya jual yang tinggi, Selain itu semakin negara itu berkembang tingkat kebutuhan logam akan terus meningkat serta akan ada teknologi baru yang digunakan, dan saya ingin berkontribusi didalamnya. Suka duka kuliah jurusan ini yaitu saya harus beradaptasi dengan dunia laki-laki, beda sedikit langsung jadi pusat perhatian hahaha,  mau bagaimana lagi karena satu fakultas isinya laki-laki semua, bagi waktu antara kuliah, tugas yang banyak, praktikum dan laporannya, organisasi serta jalan-jalan biar ga penat (walaupun jarang banget).Saya gak kebagian kuota wisuda bulan ini, tapi yang penting lulusnya kan, bukan wisudanya hehe.

Gb. HIMAMET saat ikut pertandingan Futsal di KOTMMA

Di jurusan ini ada organisasi buat nambah pengalaman lho, namanya Himpunan Mahasiswa Metalurgi FT Untirta disingkat HIMAMET, selain itu di himpunan ada lembaga otonom juga yaitu LO BESI (Berita Seputar Metalurgi), ada LO ROM (Research Of Metallurgy), LO ORASI (Olahraga dan Seni), dan yang terakhir ada LO LDM (Lembaga Dakwah Metalurgi) teman-teman tinggal pilih mau masuk Lo apa yang sesuai dengan passion-nya.

Gb. Sukma dan Merlin ikut di acara M2C (Metallurgy and Material Challenge)

Kalau teman-teman ikut himpunan, otomatis bisa menjadi anggota PM3I (Perhimpunan Mahasiswa Metalurgi dan Material se-Indonesia) kalian bisa bertemu dan berkunjung ke ITB, UI, ITS, dan yang lainnya, siapa tau ketemu jodoh disana.

PROSPEK KERJA DIMANA?

Untuk lulusan jurusan metalurgi dapat bekerja di industri seperti di PT Pindad, PT. Dirgantara Indonesia, PT. Timah, Kaltim Prima Coal, PT. Krakatau Steel dan PT Alumindo, PT. Freeport, PT. GMF Aeroasia, Chevron, Geothermal PLN, Pertamina dan masih banyak lagi, bisa juga bekerja menjadi peneliti dan bekerja menjadi dosen.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman yang bingung memilih jurusan 🙂


Tentang Penulis: Rina Oktapiani

Mahasiswi tingkat akhir yang sebentar lagi lulus dari jurusan Teknik Metalurgi, hobi jalan-jalan, menggambar, dan nonton film, mulai mencari beasiswa, suka buka web manga online.

Instagram : @oktapianirina

Fb : web.facebook.com/rina.katayanagi

Kode Konten: X228

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *