Teknik Metalurgi Untirta (Rina)

Hai, intipers!

Perkenalkan nama saya Rina Oktapiani, tapi bisa panggil saya Rina atau Na saja hehe. Saya adalah mahasiswi jurusan Teknik Metalurgi 2012 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bisa disingkat UNTIRTA, yang berlokasi di Cilegon-Banten. Minta do’anya ya semoga bulan maret nanti ga ada halangan buat wisuda, Aamin. Lanjut, saya akan berbagi pengalaman kuliah di jurusan Teknik Metalurgi di UNTIRTA. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

TEKNIK METALURGI?

Mungkin agak asing mendengar jurusan ini haha, jurusan apa itu ya? Susah ga sih kuliah nya? Kenapa pilih jurusan ini? Pertanyaan-pertanyaan itu sering saya dapatkan, baik dari teman, tetangga deket rumah sampai bapak-bapak  yang satu bus. Nah,  walaupun banyak yang bertanya seperti itu, tetapi saya merasa senang karena bisa share tentang jurusan saya kepada mereka. Okee, jurusan metalurgi itu jurusan  yang langka dan termasuk sulit untuk masuk jurusan ini, karena di Indonesia hanya terdapat beberapa universitas yang membuka jurusan ini, di antaranya UI, ITB, Untirta, Unjani, ITS, ITSB (Bekasi), ITK (Kalimantan), UPN “VETERAN” YOGYAKARTA dan UTS (Sumbawa). Jurusan teknik metalurgi merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan mineral menggunakan teknologi yang sesuai untuk proses pengambilan bijih dari tambang sampai barang setengah jadi atau menjadi bahan jadi. Dan, Metalurgi juga dibagi menjadi 3 bagian yaitu Metalurgi Ekstraksi, Metalugi Mekanik  dan Metalurgi FISIK, teman-teman nanti bisa memilih sesuai minatnya dimana.

di-web

 

 

BAGAIMANA BELAJARNYA?

Pertama, karena namanya teknik pasti banyak hitungannya serta berhubungan dengan mineral seperti Au (Emas), Fe (Besi), dan lain-lain pasti gak akan jauh-jauh dari kimia, hahahahaha.. *oke cukup. Semester pertama, teman-teman akan belajar dasar-dasar terlebih dahulu seperti mata kuliah Fisika Dasar, Kimia Dasar, Kalkulus 1 (Sebutan pelajaran matematika di perguruan tinggi) Pengantar Ilmu Metalurgi dan Material (PMM), mungkin sama dengan jurusan lain juga kan dan ada dua praktikum yang menunggu yaitu Praktikum Fisika Dasar dan Kimia Dasar. So, harus bener-bener harus pinter bagi waktu deh. Dan adalagi mata kuliah kimia analitik, Matematika Terapan, Refraktori, Material Maju, Pengelasan, Heat Treatment, Pengecoran Logam, Fenomena Transport dan Perpindahan Panas, Korosi, Coating (pelapisan) dan masih banyak lagi.

Mata kuliah paling berkesan untuk saya adalah Thermodinamika Metalurgi dimana integral bersatu dengan Kimia *banyak yang bilang susah banget dan Mekanika Perpatahan dan Failure Analisys yang membuat saya tau penyebab jembatan baja bisa patah *woohh. Selain itu, nanti di semester 5 mulai penjurusan minat dan bakat, karena saya bertemu dengan dosen bidang Metalurgi Mekanik dan cocok, jadi saya pilih itu. Saya memilih  jurusan ini karena baja yang begitu keras bisa dibentuk dengan sedemikian rupa sehingga menjadi daya jual yang tinggi, Selain itu semakin negara itu berkembang tingkat kebutuhan logam akan terus meningkat serta akan ada teknologi baru yang digunakan, dan saya ingin berkontribusi didalamnya. Suka duka kuliah jurusan ini yaitu saya harus beradaptasi dengan dunia laki-laki, beda sedikit langsung jadi pusat perhatian hahaha,  mau bagaimana lagi karena satu fakultas isinya laki-laki semua, bagi waktu antara kuliah, tugas yang banyak, praktikum dan laporannya, organisasi serta jalan-jalan biar ga penat (walaupun jarang banget).Saya gak kebagian kuota wisuda bulan ini, tapi yang penting lulusnya kan, bukan wisudanya hehe.

Gb. HIMAMET saat ikut pertandingan Futsal di KOTMMA

Di jurusan ini ada organisasi buat nambah pengalaman lho, namanya Himpunan Mahasiswa Metalurgi FT Untirta disingkat HIMAMET, selain itu di himpunan ada lembaga otonom juga yaitu LO BESI (Berita Seputar Metalurgi), ada LO ROM (Research Of Metallurgy), LO ORASI (Olahraga dan Seni), dan yang terakhir ada LO LDM (Lembaga Dakwah Metalurgi) teman-teman tinggal pilih mau masuk Lo apa yang sesuai dengan passion-nya.

Gb. Sukma dan Merlin ikut di acara M2C (Metallurgy and Material Challenge)

Kalau teman-teman ikut himpunan, otomatis bisa menjadi anggota PM3I (Perhimpunan Mahasiswa Metalurgi dan Material se-Indonesia) kalian bisa bertemu dan berkunjung ke ITB, UI, ITS, dan yang lainnya, siapa tau ketemu jodoh disana.

PROSPEK KERJA DIMANA?

Untuk lulusan jurusan metalurgi dapat bekerja di industri seperti di PT Pindad, PT. Dirgantara Indonesia, PT. Timah, Kaltim Prima Coal, PT. Krakatau Steel dan PT Alumindo, PT. Freeport, PT. GMF Aeroasia, Chevron, Geothermal PLN, Pertamina dan masih banyak lagi, bisa juga bekerja menjadi peneliti dan bekerja menjadi dosen.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman yang bingung memilih jurusan 🙂


Tentang Penulis: Rina Oktapiani

Mahasiswi tingkat akhir yang sebentar lagi lulus dari jurusan Teknik Metalurgi, hobi jalan-jalan, menggambar, dan nonton film, mulai mencari beasiswa, suka buka web manga online.

Instagram : @oktapianirina

Fb : web.facebook.com/rina.katayanagi

Kode Konten: X228

23 thoughts on “Teknik Metalurgi Untirta (Rina)”

    1. Salut utk Rina, perempuan langka yg belajar metalurgi, bidang studi yg selama ini dianggap dunia laki-laki.

      Jika saat ini belum bekerja dan berniat berkarya di dunia aplikasi konkrit ilmu metalurgi, mungkin Rina berminat bergabung dengan team saya. Saya pemilik perusahaan elektro-mekanik yang mempunyai visi menjadi pabrikan berbasis riset; berlokasi di Bantargebang, Bekasi Selatan.

    1. Mata kuliah yang paling susah itu thermodinamika metalurgi karena kita benar-benar harus teliti dan perencanaan industri metalurgi karena kita akan merancang sebuah perusahaan dari awal sampai jadi, menghitung keuntungan dan kerugian, serta menentukan kelayakan perusahaan tersebut.

      Untuk tips-tips membagi waktu kuliah:
      1. Kamu harus bisa menyesuaikan waktu antara organisasi dan kuliah, biasanya sering bentrok. Jangan terlalu fokus organisasi, karena akan berdampak pada akademik. Harus seimbang.

      2. Mendahulukan yang lebih penting dan mendesak, misalnya ada tugas kuliah dan laporan praktikum. Jangan menunda-nunda, karena semakin banyak tugas akan membuat kamu keteteran.

      3. Membuat rencana, kapan kamu bisa menyelesaikan tugas kuliah, belajar, dan organisasi. Karena kamu juga butuh istirahat dan refreshing juga.

      4. Menyesuaikan jumlah SKS dari mata kuliah yang kamu ambil dengan organisasi. Karena jika kamu mengambil 24 SKS dan organisasi yang kamu ambil lebih dari satu atau dua, pasti kamu akan kewalahan.

      Mungkin itu tips-tipsnya, semoga bermanfaat ya.

  1. Assalamualaikum Kak. Untuk masuk di Jurusan metalurgi Untirta Susah gak sih? Nilai-nilai d rapport harus bagus2 atau gimana Kak? soalnya mau nyoba di SNMPTN. BUtuh pencerahan

    1. Wa’alaikum salam ..

      Untuk masuk jurusan ini memang lumayan sulit, karena yang memilih jurusan ini tidak hanya beberapa orang tetapi juga seluruh indonesia pastinya dan hanya ada beberapa universitas saja yang menawarkan jurusan ini. Untuk nilai rapport apabila sudah memenuhi kriteria, insya allah kamu bisa lolos seleksi. Selain itu, setiap universitas memiliki passing grade dan daya tampung yang berbeda-beda. Kamu harus mencari universitas yang passing gradenya sekiranya dapat kamu tembus. Tetap semangat ya, semoga kamu lolos seleksi SNMPTN.

  2. Kak, makasih infonya sangat bermanfaat. Kenalin, saya diaz dari smk jurusan kimia industri. Saya pernah belajar metalurgi, agak penasaran pengen masuk teknik metalurgi. Tapi yg saya khawatirkan prospek setelah lulusnya itu lho ka:D ada yg bilang kalo buat cewe teknik berkacamata itu agak sulit peluangnya:’)
    Mohon pencerahan nya kak makasih;)

    1. Salam kenal diaz, untuk prospek jurusan teknik metalurgi peluang kerjanya banyak jadi tidak perlu khawatir ya. Selain itu untuk cewek teknik yang berkacamata susah mendapat pekerjaan sepertinya bukan masalah, karena banyak teman kakak dan senior (khususnya cewek ) yang mendapat pekejaan di perusahaan di bidang manufaktur, dll. Semoga bermanfaat ya diaz. 🙂

    2. Diaz, jika selulus SMK Kimia Industri mau menjajagi / mencoba bekerja dulu di pabrikan elektro-mekanik, hubungi saya via email igsujana@gmail.com. Cewek berkacamata buat pabrik saya tak ada masalah. Lokasi pabrik saya di Bantargebang, Bekasi Selatan.

  3. Assalamu’alaikum kak boleh minta kontaknya kak saya mau tanya tanya lebih jauh lagi mengenai teknik metalurgi Untirta, terima kasih 🙂

  4. Ka Rina, mau tanya dong, tapi aku bingung mau tanya apa. Pertanyaan yang mau aku tanya bukan pernyataan gitu ya ka, makanya aku mau tanya ke ka Rina. Kira kira aku mau tanya pertanyaan apa ya ka?
    Tolong dibantu ya ka Rina, terimakasih.

  5. Untuk clarissa, jika kamu mau bertanya tetapi masih bingung tentang apa yang ditanyakan kamu bisa mencari topik yang ingin kamu ketahui dan kamu belum pahami. Tetapi disini clarissa mengatakan juga bahwa pertanyaannya bukan sebuah pernyataan, sebenarnya clarissa sudah tahu jawabannya. 🙂

    1. Oke deh ka Rina, kalo gitu aku mau tanya. Cewe lulusan teknik metalurgi itu nanti kerjanya di bagian apa ya kalo di industri gitu? Terus kira kira salary nya itu berapa ya ka? Kalo mau lamar pekerjaan gitu, apakah kita harus bener bener tau keseluruhan ilmu terkait teknik metalurgi? Atau gimana ka? Eh iya, btw kalo kaka kerja di bagian apa? Industri apa? Terimakasih ka Rina

  6. Untuk clarissa, cewek lulusan teknik metalurgi itu nanti kerjanya di bagian apa ya kalo di industri gitu?

    Tergantung ranah industri mana yang yang mau dipilih.
    Misal industri mining atau manufaktur yang sesuai sama bidang jurusan metalurgi, disini kita bisa ditempatkan di bagian Produksi, QC, QA, Project Control bahkan bagian Marketingnya nya pun bisa.
    Atau jika memang rezekinya bukan di ranah industri yang sesuai jurusan, don’t be sad!
    Lulusan metalurgi tetap bisa kerja ditempatkan dimana saja.
    Karena selama kuliah itu gak cuma tentang pengolahan mineral dan besi/baja aja yang dipelajarin.
    Kita juga belajar tentang perencanaan & manajemen proyek + ekonomi teknik.
    Udah kebayang kan kalo ranah pekerjaan untuk metalurgi itu ternyata banyak walaupun jurusannya cuma sedikit sekali di Indonesia.

    Terus kira kira salary nya itu berapa ya?

    If you just “fresh grafuate” without work experiences and certification, please don’t expect too much!
    Kecuali kamu melamar di perusahaan BUMN atau perusahaan besar yang memang menginginkan fresh graduate.
    Kalau mau dikatakan nominal gajinya berapa, biasanya untuk lulusan baru tanpa pengalaman kerja dan sertifikasi itu bisa mengantongi diatas UMR.
    Nah UMR nya berapa? Tergantung daerah kerjanya dimana.
    Saran dari saya kalau mau dibayar tinggi tanpa pengalaman kerja, setelah lulus langsung ambil sertifikasi.
    Kenapa? Sertifikasi bisa jadi nilai tambah buat kamu.
    Walaupun memang sertifikasi gak murah, tapi setelah kerja, bakal cepat balik modal lagi.
    Sertifikasinya yang bisa diambil teknik metalurgi apa aja sih?
    Sertifikasi untuk bidang metalurgi diantaranya ada Coating, Welding, NDT, piping dll.
    Kalau sudah punya sertifikasi ini nominal gaji bisa sekitar 8jt sampai belasan juta.
    Bisa dibayangkan kalau ambil sertifikasi 20jt, setelah kerja, 3bulan aja udah bisa balik modal.

    Kalo mau lamar pekerjaan gitu, apakah kita harus bener bener tau keseluruhan ilmu terkait teknik metalurgi?

    Of course, you have to know it!
    Kalau pekerjaan yang kamu lamar masih satu bidang dengan jurusan teknik metalurgi.
    Lagipula, kuliah +/- 4thn seharusnya sudah tau tentang teknik metalurgi bukan ?
    Tapi pada saat akan melamar pekerjaan, yang akan pertama kali dilihat dan dipertimbangkan adalah “Attitude”.
    Makanya selama kuliah, banyak” ikut organisasi untuk melatih soft skill.

    Kakak kerja di bagian apa? Industri apa ?

    Kakak belum bekerja :), pengennya ngambil sertifikasi.

    Untuk lalalisa, jangan takut gak dapat jodoh ya. Rata-rata sudah dapat jodoh dari pas kuliah ( Di incar jurusan lain atau jurusan sendiri ), ada juga dapat yang dapat jodohnya beda universitas. Contohnya temen kakak ( cewek ) dapat jodohnya jurusan mesin, sebentar lagi mau nikah.

  7. Wah keren ya ka berarti. Pantes ya berarti, soalnya saya pernah waktu itu ikut nonton kompetisi nasional gitu di pemprov DKI ada tim mahasiswa dari jurusan teknik metalurgi untirta, juara kategori entrepreneur gitu ka. Keren banget bisa menang diantara universitas kayak ITB, UI, UGM di kategori itu. Pokoknya yg waktu itu timnya ada 2 cowo 2 cewe ka. Keren keren mereka. Oh iya, btw, untirta itu universitas negeri kan ya?

  8. Salam Metal, sukses slalu,,
    Klo boleh ksh masukan untuk adek2 yg masih kuliah dijurusan metalurgi ada baiknya ikut beberapa sertifikasi/pelatihan penunjang ilmu metalurgi itu sendiri, karena banyak perusahaan yg hanya menerima temen2 yg sudah memiliki skill tertentu,, misal pelatihan NDT, Welding Engineering, dll…
    Klo yg mau merantau pemerintah sekarang sedang gencar2nya bangun smelter, banyak sekali perusahaan dalam maupun luar negeri yg berinvestasi membuka pabrik smelter di area beberapa tambang mulai dr smelter nikel, mangan, sampai emas.. Rekomendasi dari saya bisa coba di GULF MANGAN GROUP, perusahaan tambang australia di daerah NTT, sedang banyak membutuhkan lulusan Metalurgi, karena penawaran dari perusahaan ini lumayan klo bisa lolos,, hee,, biasa interview di IDX Tower klo da panggilan. Klo pengen yg deket ada smelter nikel PT. INDOFERRO di cilegon, Krakatau Posco, dll, tentu kamu lebih tau,,

    Salam Metal
    Metal’05

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *