Teknik Logistik Universitas Pertamina (Ocha)

Teknik Logistik Universitas Pertamina

Hi, kenalin aku Adelady Rozha, panggil aja Ocha. Pasti pada bingung darimana nama panggilanku. Nama panggilanku dari nama belakangku hehe. Aku kuliah di Universitas Pertamina, prodi Teknik Logistik, angkatan 2016. Mungkin terdengar asing ya kalo di Indonesia dengan karena ada kata “teknik”-nya. Nah, di artikel ini aku akan share ke kalian semua yang bingung cari jurusan yang cocok sama kalian yaitu apasih Teknik Logistik itu, lalu bedanya Manajemen Logistik dengan Teknik Logistik, Prospek kerja Teknik Logistik, apa saja yang dipelajari di teknik ini, dan lain-lain. Gak usah lama-lama, langsung aja deh, hihi.

Apa itu Teknik Logistik ?

Sesuai dengan judulnya, Teknik Logistik atau Logistics Engineering itu cabang dari Teknik Industri. Teknik Logistik Universitas Pertamina berada dibawah naungan Fakultas Teknologi Industri (FTI). Teknik logistik ini belajar mengenai supply chain management, warehousing, requirements planning, warehousing, materials handling, transportation, manufacturing inventory, distribution planning dan masih banyak lainnya. Udah kebayang? Kalau belum, simak terus ya penjelasan dibawah ini! ?

Keunggulan

Teknik Logistik di Universitas Pertamina ini mempunyai keunggulan dibandingkan dengan universitas lainnya, karena kita adalah pertama dan satu-satunya program studi di Indonesia yang berbasis teknologi dan bisnis energi. Sehingga, kita sangat dekat dengan dunia industri. Lalu, kita juga satu-satunya di Indonesia yang belajar mata kuliah Berpikir Kritis dan Berpikir Solusi Kreatif yang sangat sesuai dengan kebutuhan global, karena pada tahun 2020 yang pertama kali dibutuhkan bukan IPK, melainkan bagaimana kamu dapat menyelesaikan complex problem, lalu berpikir kritis, kreatif, dsb. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk kerja praktik, magang industri, mengerjakan kasus studi di PT. Pertamina dan anak-anaknya lho!.

Bedanya Teknik Logistik dengan Manajemen Logistik 

Buat kalian yang bingung apasih bedanya? Aku cocoknya dimana? Manajemen Logistik atau Teknik Logistik?. Nah, kadang banyak yang salah asumsi nih, karena kita beda banget sama manajemen logistik dan juga kerjaan logistik bukan kirim barang doang hehe. Perbedaan yang paling basic itu kalo Teknik Logistik itu memecahkan masalah2 yang ada di logistik itu dengan menggunakan ilmu-ilmu teknik, contohnya kalkulus, fisika, matematika teknik, statistik, dll. Kalo manajemen logistik itu menggunakan ilmu-ilmu ekonomi dan manajemen. Lalu, teknik logistik itu fokus ke perancangan sistem dan teknologi. Kalo manajemen logistik itu, fokus ke pengelolaan administrasi dan manajemen. Gampangnya, kalo teknik yang merancang, design sistem dan teknologi yang dibutuhkan didunia logistik, kalo manajemen bagian yang mengelolanya. Satu lagi yang menarik, Teknik logistik juga dapat memenuhi kebutuhan di Pertamina dibidang engineering khususnya sea transportation, shipping operation, port management, crew shceduling, shipyard dan lain sebagainya, sedangkan manajemen logistik belum dapat diwadahi.

Belajar Apa Aja? Sama Kayak Teknik Industri?

Teknik Logistik belajar apa aja sih? Udah disinggung diatas yah hehe, yang paling dasar itu kita belajar ilmu-ilmu teknik seperti kalkulus, fisika, kimia, itung2an pokoknya kebanyakan. Namanya juga teknik ya. Tapi, kalo di universitas pertamina kita belajar soal energi juga, terbaharukan, dll, karena kita sangat dekat dengan industri terutama bidang energi, jadi semua mahasiswa pertamina wajib ngerti tentang energi. Lanjut.. di teknik logistik itu kita harus ngerti statistik, penelitian operasional atau operational research, programming (kayak bikin program gitu) karena kita merancang ya jadi harus paham gimana bikin program, gambar teknik (gamtek), perencanaan dan pengendalian logistik, dll. Serem gak?haha engga kok, kita juga belajar manajemen organisasi logistik, pengetahuan bahan, pokoknya ada juga hafalannya. Beberapa matkulnya juga ada yang sama dengan teknik industri kalo yang umum2nya. Cuma bedanya kalo teknik industri kan kaya belajar seluruh teknik tapi luarnya aja, nah kalo kita 1 cabang aja yaitu tentang logistik tapi belajarnya udah menjurus (dalem) gitu, tapi tetep setara level S1.

Mata Kuliah Favorit

Mata kuliah favorit itu sih tergantung masing-masing orang sih ya, mungkin kalo tugas yang berkesan bagi seluruh mahasiswa logistik (including me) sampe smt 4 ini adalah PPL, PPL itu matkul Perencanaan Pengendalian dan Logistik. Wah, itu berkesan dan bikin membekas sih haha soalnya praktikumnya mantep banget, 1 modul lapraknya itu bisa 200 lembar, sedikitnya itu 100 lembar, udah gitu waktunya mepet belum ditambah tugas2 lain, tidur bisa 2jam/hari kadang gak tidur, karena bener2 banyak bgt yang harus dikerjain! Ngerjainnya pake M.Excel bisa sampe 1000++ row dikali 20an sheet, abis itu bikin laporannya pake M.Word, wahh kualahan bgt pas pertama kali but fun juga kalo diinget2. Ada juga matkul PTIA, programming gitu. Tugasnya bikin program gitu, ini juga berkesan bgt sih, kita disuruh bikin program tentang logistik gitu. Selain itu, banyak sih tugas2 lapangan, kayak wawancara ke perusahaan, dll. Pokoknya menguras tenaga dan otak deh! Kayaknya sama ya semua anak kuliahan juga gitu hehe, namanya jg mahasiswa pasti tidur 2 jam atau gak sama sekali itu udah biasa. Lemesin aja guys haha walaupun suka ngeluh kadang.

Kuliah Lapangan (Kulap)

Nah ini yang ditunggu2! Kuliah lapangan. Ini adalah yang paling asyik, karena aku dan temen2 bakal terjun ke lapangan langsung! Gak berasa kayak kuliah, jadi kami kulap ke perusahaan2 gitu, PT. Pertamina, Unilever, Linfox, dll. Berasa kayak pegawainya langsung deh hehe, karena setiap rombongan hanya 15-20 orang, supaya lebih efektif dan gak terlalu mengganggu pegawai perusahaan tersebut juga. Nih aku kasih foto-fotonya.

Segitu aja ya fotonya, karena saat kita bertugas didalam tidak diperbolehkan mengambil foto, kalo masih penasaran juga, masuk teknik logistik, dong! Hehe.

Prospek Kerja

Ini yang ditunggu2. Apasih prospek kerja teknik logistik? Banyak banget. Trus biasanya alumni kerja dimana? Nah, untuk universitas pertamina sendiri belum ada lulusan, karena universitas baru ya, akupun angkatan pertama di universitas pertamina ini. Tapi, overall lulusan teknik logistik di universitas lain bisa jadi manajer gudang, manajer logistik dan rantai pasok, manajer operasi, manajer persediaan, manajer pengadaan dan pembelian, retailer, bagian pengendalian persediaan dan gudang, perencana produksi, manajer keuangan, manajer proyek, supervisor gudang pusat distribusi, pengelola pabrik, akademisi, peneliti, aktivis NGO, dan lain-lain. Banyak banget kan? Sedangkan di Indonesia ini belum banyak lulusan teknik logistik, tapi kebutuhannya sangat melimpah terutama di Indonesia yang sangat butuh banget lulusan2 dari teknik logistik untuk memecahkan masalah2 logistik karena Indonesia mempunyai struktur geografis yang lumayan sulit.


Tentang Penulis : Adelady Rozha

Mahasiswi semester 4 prodi teknik logistik. Anak teknik yang interesting dengan politik, mempunyai kesibukan selain belajar dikelas yaitu mengurus 3 organisasi, bisnis online, & sesekali nulis berita.

Instagram pribadi : adeladyr | Instagram bisnis : kamilahijabs

Kode Konten: X320

2 thoughts on “Teknik Logistik Universitas Pertamina (Ocha)”

  1. Mbak, saya Firdaus Agam Rhamadhani dari SMAN 1 Puri Mojokerto, Jawa Timur. Alhamdulilah saya lulus tes seleksi mahasiswa baru Teknik Logistik Universitas Pertamina Jakarta. Saya sedikit bingung dengan prospek ke depannya lulusan Universitas Pertamina Mbak, apakah nantinya semua mahasiswa akan direkrut menjadi pegawai di Pertamina Mbak?

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *