Teknik Kimia UMS (Anniza)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo intipers… Apa kabar kalian?

Kenalin nih namaku Anniza Rahmawati Mega Suryani, mahasiswi S1 “Teknik Kimia”  Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) angkatan 2014. Saya asli Solo loh jadi ga perlu ngekos alias anak rumahan, hitung-hitung hemat biaya hidup lah ya. Alhamdulillah dikasih amanah sama Allah buat jadi calon insinyur hehe.

Tapi ada yang tau gak sih apa perbedaan kuliah di jurusan kimia (mipa) lalu FKIP Kimia dan Teknik Kimia? Pasti banyak yang bingung kalau udah ngomongin soal kimia apalagi bagi orang tua yang awam. Oke deh yuk kita mulai bahas tentang teknik kimia.

Sebelumnya kita samakan dulu presepsinya mengenai perbedaan teknik kimia dengan kimia lainnya. Pertama kimia murni alias MIPA Kimia. Disini mereka belajar tentang kimia, jadi bener-bener murni kimia yang dipelajari  mulai dari seluk beluk hingga research (penelitian) tentang kimia. Next FKIP Kimia, mereka dipersiapkan untuk jadi calon guru kimia yaa sama seperti guru kimia kalian di kelas itu loh. Nah yang terakhir adalah teknik kimia, dari kata penyusunnya teknik dan kimia berarti memperlajari tentang hal-hal berbau teknik (biasa disebut process) yang berbahan baku kimia. Jadi perbedaan yang mencolok antara teknik kimia dan mipa kimia adalah teknik kimia dituntut untuk tahu soal bahan baku proses produksi hingga hasil (biasa disebut produk) sedangkan kimia murni atau mipa kimia lebih kepada scientist atau penelitian. Teknik kimia dituntut untuk mengerti input –  proses hingga menghasilkan produk sedangkan mipa kimia tidak dituntut demikian.

Jaman dulu lulusan teknik akan diberi gelar Ir kepanjangan dari Insinyur tapi di pertengahan tahun 1993 gelar Insinyur mulai ditiadakan dan diganti dengan ST (Sarjana Teknik) karena ada banyak kerancuan pada saat itu. Nah terus kenapa saya menyebut diatas sebagai calon Insinyur bukan calon Sarjana Teknik? Karena setelah 23 tahun gelar Insinyur itu dihilangkan, pada tahun 2014 istilah insinyur kembali muncul dan diperbincangkan . Pada saat itu pemerintah dan DPR menetapkan Undang-undang RI No. 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran. Lalu dibuatlah program profesi Insinyur atas hasil UU tersebut. Jadi ketika mahasiswa teknik sudah lulus alias bergelar ST bisa melanjutkan kuliah program profesi insinyur selama satu tahun. Namun tidak semua Universitas yang membuka Program Profesi Insinyur, hanya ada beberapa antara lain ITB dan UB. Jadi kelak  gelar nama di depan saya akan jadi Ir. Anniza Rahmawati Mega Suryani (aamiin).

Nah,, tadi diatas sudah saya bahas bahwa anak Teknik Kimia itu mempelajar mulai dari Input – Proses hingga menjadi sebuah hasil atau Produk. Sekarang saya akan mengasih beberapa hal yang menjawab beberapa pertanyaan kalian dala hati Apa aja sih yang dipelajari anak teknik kimia itu? Dan apa yang jadi spesial di teknik kimia?. Nah mungkin kalian pernah atau sering dengar bahwa mahasiswa teknik itu masuknya susah keluarnya apalagi. Pandangan ini ada benarnya juga sih menurut saya karena buat masuk ke teknik kimia itu butuh perjuangan luar biasa, belum lagi pas udah masuk di dalemnya kudu bisa survive dengan mental baja. Khusus di Teknik Kimia kalian akan punya tugas akhir 2 bayangkan dua! Yaitu penelitian dan tugas perancangan pabrik. Lalu apa bedanya sama skripsi sih? Hmm..Sama aja sih sebenernya. Yang membedakan kalau skripsi itu biasanya berupa penelitian ntah kuantitatif ataupun kualitatif nah kalo di teknik kimia ini masuk ke dalam penelitian. Jadi kalian akan menentukan mau meneliti apa di lab dengan batasan waktu tertentu lalu bikin laporan serta jurnal hasil penelitian kalian untuk diterbitkan, tenang aja ini biasanya dikerjakan kelompok 2-3 orang cuman masing-masing orang beda variabel. Jadi kalian tidak berfikir dan mengerjakan sendiri, ada teman kelompok. Dan Ingat cari teman kelompok yang care bisa saling berkerjasama. Jangan sampai teman kelompok malah jadi musuh, udah gak jaman gituan, mahasiswa harus bisa berpikir lebih luas.

follow_intipjurusan_COMPRES

Lalu apa itu Tugas perancangan pabrik (TPP)? TPP itu tugas akhir wajib yang dikerjakan para mahasiswa semester akhir teknik kimia. Basicnya apaan kak? Basicnya adalah materi kuliah kalian mulai dari semester 1-7. Disini kalian ditugaskan untuk merancang pabrik terserah mau pabrik apapun yang kalian bisa dan suka. Poin pentingnya adalah kalian paham mau bikin pabrik apa bahan bakunya apa, caranya gimana, tempatnya dimana serta analisis ekonomi dan kebutuhan yang ada di indonesia (bayangkan pabrik segitu besar dan kalianlah perancangnya kece kan?).

Nah  untuk menunjang tugas  akhir itu semua kalian bakal dibekali nih dengan mata kuliah wajib dan pilihan (bebas mau diambil atau enggak). Kalau di universitas saya kalian akan di fokuskan belajar di bidang energi / limbah / bahan alam / material (itu semua pilihan yang harus  kalian pilih). Mata kuliah di teknik kimia itu penting semua soalnya, jadi bakal digunain di tugas akhir kalian mulai dari kinetika reaksi termodinamika sampai ekonomi teknik dan menejemen industri. Gimana? Lengkap kan yang kalian pelajari di teknik kimia. Inilah sebab anak teknik kimia paling banyak dicari oleh pabrik atau industri-industri besar seperti pertamina, total, krakatau steel dll.

Jadi sebelum kalian dapet gelar ST kalian harus menyelesaikan Tugas Perancangan Pabrik plus Penelitiaan. Tenang dari kedua tugas ini hanya satu yang dibuat pendadaran. Nah tugas mana yang akan dibuat pendadaran tergantung dari universitasnya masing-masing. Biasanya sih tugas perancangan pabrik yang didadar tp baru aja minggu lalu peraturan di univ saya diganti jadi penelitianlah yang akan dibuat skripsi lalu diajukan untuk pendadaran.

Kalau tugas-tugas yang diberikan di teknik kimia umumnya sama sih seperti tugas kebanyakan mahasiswa cuman yang paling spesial ialah praktikum dan kerja praktek (magang). Kenapa praktikum spesial? Kerena disanalah kalian akan struggle menghadapi kenyataan hidup menjadi mahasiswa teknik kimia.  Kalian akan masuk lab dengan persyaratan tertentu lalu kalian disuruh praktikum seharian dan kalian disuruh untuk bikin laporan tulis tangan berpuluh-puluh lembar dengan jangka waktu 3-5 hari. Ini nih yang biasanya bikin anak semester baru susah untuk tidur karena belum biasa bagi waktu antara tugas dosen, laporan praktikum, kuliah dan responsi dosen (review plus ujian lisan setelah laporan praktikum di acc sama asisten). Praktikum itu menyenangkan loh kalian akan nyampur-nyampur larutan gitu ada juga praktikum yang pakai alat persis di pabrik, semakin tinggi semester kalian tingkat kesulitan akan semakin tinggi tingkat keseruannya juga sih hehe… Next  KP alias magang, untuk KP disini kalian akan mencari mandiri pabrik mana yang pengen kalian tuju dengan persetujuan dari dosen pembimbing lalu kalian akan berperang dengan mahasiswa teknik kimia beda universitas untuk memperjuangkan posisi itu, yang bisa kalian lakukan adalah berdoa berbekal IP maupun relasi di pabrik tersebut. KP ini akan membuat kalian banyak belajar mengenai proses kimia serta alat-alat pabrik kimia sesungguhnya.

Lah terus teknik kimia kerjanya dimana sih kak? Teknik kimia itu kerjanya di pabrik besar biasanya misal nih contoh yang kalian bakal cepet nagkep adalah Pertamina lalu di pertambangan total (bukan air minum loh ya) lalu di pabrik semen, pabrik pupuk dll. Untuk bagian kerjanya sendiri kalian bisa milih di proses engineernya atau di pengolahan limbahnya atau bisa juga jadi kontraktor di pabrik itu. Masalah gaji? Ga usah khawatir deh pasti gede kok hehe.

Oke sekian penjelasan yang bisa saya berikan misal kalian mau tanya jauh lebih dalam bisa hubungin saya langsung kok. Semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan ya… see you engineer

Wassalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh.


Tentang Penulis :

Hay… kesibukan saya saat ini kuliah, berorganisasi, berkegiatan sosial (relawan) dan  sedang menjalankan bisnis alat-alat outdoor. Hobby? travelling, camping. Minat saya pada kegiatan sosial karena kepuasan batin bisa saya dapatkan disana. For me there is noday without learning and achievement.

Facebook : AnnizaRMegas

Instagram : @megaichi 

Kode Konten : X156

 

20 thoughts on “Teknik Kimia UMS (Anniza)”

  1. Terima kasih kak Anniza.Kak mau tanya. Kalau kuliah di teknil kimia itu sibuk banget gak kak? Masih ada waktu buat ikut organisasi?

    1. sibuk sih otomatis kok karena tugasnya banyak (ini kenyataan), ikut organisasi? tenang kamu masih bisa ikut banyak kegiatan asal kamu pintar atur waktu. Saya juga anak organisasi dan itu malah sangat akan membantu kamu kelak

    1. wah..banyak sekali kok, mau masuk tambang bisa, industri makanan bisa, industri bahan kimia bisa, pertamina bisa, hampir semua yang ada disekitar kita itu anak teknik kimia pelajari.

  2. Terimakasih infonya kak. Kak kalau boleh tau kakak kan minat sosial kenapa ngambil tekkim? Atau kenapa gak ngambil bagian penelitian gitu kak biar nyeimbangin tekkimnya.

  3. Yup, kembali kasih.
    kenapa ngambil tekkim? Allah yg member amanah :’) ada cerita panjang dibalik jurusan yg saya ambil, tp sejauh ini saya cukup enjoy karena teknik kimia itu keren belajar hal-hal sederhana sampai yang rumit dan itu sangat berguna banget buat diaplikasikan sehari-hari. Lalu teknik kimia itu bisa banget kok kegiatan sosial, jangan salah kami bikin hla-hal sederhana yg gampang dipraktekkan. Misal anak limbah, mereka bisa bikin penyaring air sederhana di rumah, misal lg anak tekstil mereka jd pinter dalam bidang konveksi.
    hmm penelitian? pernah saya ikut ajang pkm alhamdulillah didanai oleh dikti di tahun 2014 (jaman masih maba) tp setelah itu mangkir proyeknya alias ketika selesai tidak ada tindak lanjut jd saya malas untuk melakukan hal yg sama… saya suka banget penelitian tp karena punya pengalaman buruk itu jadi saya lbh suka eksperimen sosial untuk hehe.

    1. Hmm, setau saya sih bisanya jd dosen. Kalau pengajar di sekolah blm pernah denger. soalnya yg kita pelajari bukan kimia murni.

    1. Hallo dek rizqi, wah mantap itu. Saya juga niatnya seperti itu kok, tenang kamu di teknik akan belajar banyak hal soal entrepreneur apalagi di TA kamu disuruh membangun perusahaan plus pabriknya

  4. Materi fisika? Wah hampir semua makul ada dek, kecuali materi entrepreneur… Ada termodinamika, fisika dasar, gelombang, percepatan tekanan banyak deh

Ayo tanya kak Anniza disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *