Teknik Kimia Universitas Malikussaleh (Iza)

Assalamu’alaikum sahabat intipers!

Ibarat kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Maka, perkenalkan nama saya Liza Purwita biasa dipanggil iza. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe dan merupakan mahasiswi “tingkat akhir” pada jurusan Teknik Kimia. Saya lolos seleksi jalur SBMPTN pada tahun 2014. Saat saya mendaftar SBMPTN, saya belum tahu betul apa itu Teknik Kimia? Nah, kalian juga pasti bertanya-tanya mengenai hal tersebut kan? Yuk, simak artikel ini karena semua tentang Teknik Kimia bakal ada disini. So, baca sampai akhir ya!

Hal pertama, mari kita bahas mengenai perbedaan dari ketiga jurusan yang berkaitan dengan “Kimia” yaitu MIPA Kimia, FKIP Kimia dan Teknik Kimia. First, kimia murni atau MIPA Kimia, dimana mereka yang berada disini akan benar-benar mempelajari murni tentang kimia yang sesungguhnya mulai dari seluk beluk kimia hingga akhirnya research (penelitian) tentang kimia. Next, FKIP Kimia, disini mereka dibimbing & dipersiapkan untuk menjadi calon guru kimia, ya sama seperti guru kimia yang ada saat kita masih berada dibangku sekolahan. And then Teknik Kimia, berawalan dengan kata “Teknik” berarti mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan teknik atau biasa disebut dengan process yang berbahan baku kimia. Teknik kimia dituntut untuk mengetahui & mengerti input kemudian proses sampai akhirnya menghasilkan sebuah produk pada sebuah industri kimia. Sedangkan Mipa Kimia & Fkip Kimia tidak dituntut untuk hal itu. Maka dari itu dalam sebuah pabrik, lulusan Teknik Kimia akan disebut sebagai seorang proses yang berperan sangat penting atas kelancaran dan keberhasilan sebuah pabrik dalam memproduksi produk yang diinginkan. Lulusan Teknik Kimia akan diberi gelar ST, yang mana sebentar lagi saya akan menyandang gelar tersebut dan nama saya akan menjadi Liza Purwita, ST (doain ya teman-teman hehe).

By the way udah sering dengar lulusan Teknik Kimia bakalan mahir membuat bom kan? Nah itu salah besar! Lulusan Teknik Kimia tidak hanya berpatok kepada satu pekerjaan yaitu membuat bom, karena banyak sekali dan banyak banget peluang untuk lulusan Teknik Kimia ini dan harus kalian tahu, lulusan Teknik Kimia merupakan salah satu lulusan dengan gaji yang terbesar (boleh di cek kok kebenarannya hehee). Di Teknik Kimia ini banyak sekali hal yang kita pelajari mulai dari dasar banget sampai akhirnya mengarah kesebuah proses di pabrik. Mata kuliah yang ditawarkan dibagi menjadi 2 yaitu mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah wajib ini benar-benar WAJIB untuk diambil karena jika tidak maka kamu tidak akan bisa lanjut ketahap selanjutnya sedangkan mata kuliah pilihan ini akan dapat diambil jika telah memenuhi syarat dalam MK pilihan tersebut. Nah untuk mengenai MK sudah mengerti kan? Oiya dijurusan ini banyak banget MK wajib yang kalau bisa dibilang susah-susah gampang karena benar-benar bahas soal proses pabrik kimia mulai dari Tranfer Fenomena, Teknik Reaksi Kimia dan banyak lainnya. Tapi jangan takut, karena jika kalian belajarnya dengan niat dan sungguh-sungguh semuanya akan terlalui dengan baik dan banyak kakak leting yang akan bantu kalian kok (asalkan kalian gak datang pas ada maunya aja ya hahaha).

(Kiri) Praktikum di Laboratorium Teknik Kimia (Kanan) Tugas Perancangan Alat Proses yaitu menara destilasi

Lalu, apasih kak yang spesial di teknik kimia? Nah mungkin kalian pernah dengar atau bahkan sering dengar bahwasanya mahasiswa teknik itu masuknya susah apalagi keluarnya. Pandangan ini ada benarnya menurut saya karena yaaaaaa emang butuh perjuangan luar biasa untuk masuk kesini, belum lagi saat sudah berada dalam ruang lingkup teknik kimia kalian harus bisa survive dengan mental baja. KHUSUS di Teknik Kimia terutama di UNIMAL, kalian tidak akan bisa lulus dengan 1 atau 2 bahkan 3 kali seminar saja karena yang harus kalian garis bawahi, disini kita akan melalui tahap sebanyak 6 kali seminar sampai akhirnya dinyatakan sebagai sarjana teknik kimia (Fighting!!!!) Tapi please, jangan takut sama sekali! Jangan karena kalian baca tulisan ini mental kalian jadi kecut apalagi sampai ciut untuk masuk ke dunia teknik kimiaa hahaa. Karena disitulah kalian akan ditempah habis-habisan menjadi seorang process yang handal yang mengerti berbagai hal, problem atau bahkan bagaimana cara memanage suatu pabrik tersebut. Oiya, tahukah kalian 6 seminar yang akan kalian lalui itu apa saja? Nah, 6 Seminar itu diantaranya bisa dilihat dibawah ini yaa sekalian penjelasannya juga nih J

  1. Seminar KP (Kerja Praktek). Sebelum seminar ini kita harus melakukan kerja praktek terlebih dahulu disebuah pabrik industri kimia. Dimana saat kerja praktek ini kalian akan membuat laporan kerja praktek dengan Tugas Khusus sebagai tugas besar yang akan kalian presentasikan saat seminar kerja praktek nanti.
  2. Seminar Proposal Penelitian. Nah, di Teknik Kimia UNIMAL ada 2 pilihan dalam penelitian, pertama penelitian skala Lab dan kedua penelitian menggunakan software. Jangan kaget jika kalian mendengar software teknik kimia yang bejibun banyaknyaa. Nah disini terserah kalian mau pilih penelitian skala apaaa.
  3. Seminar Hasil Penelitian. Setelah kalian naik seminar proposal penelitian, terlebih dahulu kalian harus melakukan penelitian yang telah kalian pilih. Setelah mendapatkan hasilnyaa barulah bisa naik seminar hasil penelitian.
  4. Seminar Proposal TGA. Yeaaayyyyy, bagi kalian yang sudah sampai tahap ini dapat dikatakan Warbiasaaaahhhhhhh hahaa Karena yaa emang seperti itu nyatanya, kalian telah setengah perjalanan menuju akhir. Semangat ayoo semangat! Disini Tugas Akhirnya adalah Prarancangan Pabrik! Nah loh, bingung ya??? Tapi jangan mikir kalau kalian disuruh bangun pabrik besar yang sudah bisa ngehasilin produk ya hahaa karena bukan itu kok maksud dari tugas akhir ini. Oiya, Proposal TGA ini cuma 2 bab kok tapi 2 bab itu tidak semudah yang kalian bayangkan. Dan itulah yang harus dipertanggung jawabkan didepan pembimbing dan pembahas.
  5. Seminar Hasil TGA. Yipppiiiiii…. 1 tahap lagi menuju akhir, pasang terus muka lebarrrrrrrrr J Setelah 2 bab kita perjuangkan, masih ada 10 bab yang menanti. Dan total Skripsi teknik kimia ada 12 bab wuuaaaaahhhh. Dan disinilah 10 bab itu akan kita perjuangkan. Pasti udah ciut duluan nih bacanya hahaa tenang guys, disini untuk TGA kita tidak sendirian melainkan dalam 1 grup itu maksimal 3 orang. Entar yang membedakan dalam satu kelompok itu ada di TUGAS KHUSUS nya yang menjadi fokus akhir kita.
  6. Alhamdulillahhhhhh, kalian telah menemukan pintu gerbang untuk keluar dari sini hahaaa enggak deng maksudnyaa pintu untuk masa depan kalian J Untuk sidang, jangan ngarep kalau bakalan bertiga lagi yaa hahaa karena disini kita dilepas sendiri lagi untuk berjuang mulai dari awal sampai akhir. Bisa gak bisa elu dah tuh yang ngerasai hahaa.
(Kiri) Kerja Praktek di PTPN II Kwala Madu, Agustus 2017 (Kanan) Kunjungan Industri ke PT. Perta Arun Gas

So, kalian sudah tahu banyak kan mengenai jurusan teknik kimia ini?? Mulai dari perbedaan Teknik Kimia dengan yang lainnya, ilmu yang akan didapatkan, sampai akhirnya step by step menuju tahap akhir. Tapi apakah ada yang kurang?? Hmmmmmmm….. apa ya?? Yappp. PekerjaanJ Lulusan teknik kimia ini bakalan kemana sih nantinya? Ada yang tahu bakalan kemana? Jangan kayak ayu ting-ting ya mencari alamat palsu hahaa (apaan dah)!!

Okey berbicara dengan lulusan teknik kimia. Lulusan ini dapat bekerja dibidang apa saja. Haaaa yakin lu? Awalnya juga kagak percaya, seorang engineer yang kebanyakan belajar proses bisa bekerja dimana saja. Mari kita bedah bersama-sama! Lulusan tekni kimia dapat menjadi seorang networking karena di teknik kimia kita mempelajari managemen proyek. Kita juga dapat bekerja di bank tapi bukan menjadi tellernya yah hehe. Mengapa kita dapat bekerja dibank? Ya karena saat kuliah kita dibekali dengan ilmu ekonomi teknik. Kita juga dapat menjadi seorang konsultan pabrik karena tugas akhir kita saja sudah prarancangan pabrik, semua analisa sudah kita teliti dalam 12 bab tersebut. Dan yang paling utama kita adalah seorang engineer, seorang process disuatu pabrik, kita mempelajari proses, instrument pabrik, pengendalian proses dan masih banyak lainnya. Dan juga bagi lulusan S1 Teknik Kimia dapat lanjut ke S2 untuk nantinya dapat menjadi seorang dosen. So, banyak sekali peluang besar yang akan kita dapatkan setelah lulus dari teknik kimia ini 🙂

(Kiri) Kunjungan Industri ke MARDI, Malaysia (Kanan) Study Tour + Jalan-jalan di Singapore, Mei 2017

Nah, begitulah sepenggal cerita mengenai seluk beluk dunia teknik kimia. Mungkin sebagian besar Intipers ada yang berminat atau terinspirasi menjadi seorang engineer, atau malah sebaliknya karena takut duluan dengan tulisan ini? Tapi ada baiknya ketika akan masuk PTN/PTS hendaknya memilih jurusan sesuai dengan passion kita. Teruslah berdo’a dan berusaha. Sukses atau tidaknya seseorang ditentukan oleh seberapa besar kemampuan kita untuk menjadi lebih baik. Semangat ya sobat Intipers J Di tunggu di Fakultas Teknik Kimia, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe. Salam engineer J


Tentang Penulis: Liza Purwita

Mahasiswi Teknik Kimia Angkatan 2014 Universitas Malikussaleh. Saat ini sedang fokus terhadap skripsi dan ingin segera selesai S1 nya. Calon engineer muda yang akan masuk keperusahaan internasional dan menjadi seorang yang sukses. Berasal dari Asahan, Sumatera Utara dan sudah jatuh cinta dengan tanah rencong ini. Tidak mempunyai hobby yang spesifik, tapi menyukai kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain.

IG : @lizapurwitaaa

Email: lizapurwita@yahoo.co.id

FB : Liza Purwita

Kode Konten: X304

 

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *