Teknik Informatika Universitas Telkom (Ainun)

{ Hello World! }

Perkenalkan, nama saya Ainun Nisa, panggil saja Ainun (gausah tanya Habibie nya mana ya, hahaha). Saya masuk kuliah angkatan 2015, dan disini ingin berbagi pengalaman selama kurang lebih 6 semester menjadi mahasiswi jurusan teknik informatika. Well, let’s begin

Mari kita mulai dengan mengetahui terlebih dahulu apa sih teknik informatika itu? Teknik informatika dapat di definisikan sebagai salah satu disiplin ilmu, dimana merupakan perpaduan antara ilmu teknik dan penerapan logika-logika untuk memecahkan berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi komputer. Lalu apa bedanya teknik informatika dengan jurusan-jurusan berbasis komputer yang lain? Singkatnya, di informatika akan dilatih mengasah logika dan banyak dikaji pengetahuan semacam intellegence system, pengembangan software, ataupun jaringan komputer, dan yang perlu diperhatikan juga bahwa tiap jurusan di tiap kampus punya batasan pembahasan. Jadi jika intipers tertarik dengan jurusan ini, tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang sistem yang diterapkan kampus tujuan pada jurusan teknik informatikanya.

Okay, lalu bagaimana tentang mata kuliah yang diajarkan? Di tingkat 1, rata-rata mata kuliah yang harus diambil adalah mata kuliah umum, seperti pendidikan agama, kalkulus,  lingkungan hidup, dan bahasa inggris. Namun ada satu hal yang bisa dibilang bukan menjadi rahasia lagi, bahwa teknik informatika itu tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya coding atau pemrograman, dan hal ini sering menimbulkan pertanyaan

di-web

“Bagaimana kalau saya tidak punya dasar pemrograman?”

Sebenarnya tidak masalah, saya dulu juga dari SMA dimana disana tidak ada mata pelajaran semacam itu. Awalnya sih ada sedikit rasa khawatir melihat beberapa teman yang lulusan SMK dan setidaknya punya dasar pemrograman, tapi saya pikir dengan hal itu kita justru bisa belajar dari mereka, toh juga banyak yang ingin mempelajari materi pemrograman ini dari awal. Disini juga kita diajarkan tentang pemrograman itu benar dari awal, ada mata kuliah yang mengenalkan ke pintu pemrograman, nama mata kuliahnya adalah DAP (Dasar Algoritma Pemroraman). Mata kuliah ini termasuk salah satu mata kuliah favorit saya, karena setelah mengikuti mata kuliah ini saya merasa ‘Oh seperti ini ya algoritma dan pemrograman itu’.

Seperti yang saya paparkan sebelumnya, pada tingkat satu masih banyak mata kuliah umum yang harus diambil sehingga mata kuliah tentang pemrogramannya masih sedikit. Namun saat sudah masuk ke semester selanjutnya, disana pembahasan tentang coding tadi menjadi lebih intens. Pada fase-fase ini juga mulai terdengar celetukan yang merasa “salah jurusan”. Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah tentang pemrograman tadi. Tetapi seiring berjalannya waktu, belajar pemrograman bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menantang untuk diselami.

Beberapa Mahasiswa Mahasiswi S1 Teknik Informatika

Perkuliahan juga tak lepas dari yang namanya tugas. Jenis tugas yang diberikan cukup bervariasi, tergantung dengan mata kuliah terkait. Pada tingkat awal, tugas yang diberikan lebih ke penelitian dan laporan, contohnya saat mata kuliah Lingkungan Hidup -berdasarkan pengalaman penulis- tugas yang diberikan adalah melakukan observasi alam ke lokasi yang ditentukan, lalu membuat laporan dan dokumentasinya, ini merupakan salah satu mata kuliah dan tugas favorit karena selain banyak belajar tentang alam, juga bisa refreshing dengan mengunjungi tempat wisata yang ditentukan. Sedangkan saat sudah mengambil mata kuliah pemrograman, seperti Pemodelan Basis Data, Algoritma dan Struktur Data, atau mata kuliah pemrograman lain, tugas yang diberikan lebih ke implementasi materi yang di dapat untuk memecahkan suatu masalah, baik itu berbasis web maupun android. Contohnya, bagaimana membuat aplikasi keuangan untuk kas kelas yang efektif dan efisien. Selain belajar di kelas, banyak pula kegiatan-kegiatan yang diadakan pihak kampus untuk mengasah hardskill dan softskill para mahasiswa, seperti seminar, pelatihan dan kegiatan kemanusiaan.

Menjadi mahasiswa teknik informatika bukan berarti tidak bisa belajar bidang ilmu yang lain, karena Universitas Telkom menyediakan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) untuk mengasah kemampuan diluar jam kuliah. Ada berbagai macam UKM yang disediakan seperti agama, olahraga, dan penalaran. Salah satu UKM yang penulis ikuti adalah Central Computer Improvement (CCI) yang terdiri dari beberapa divisi, yaitu Web Development, Network dan Security, Media Management, Gadget and Games, Data Research, dan Graphic Design. Disini bisa mengasah kemampuan sesuai bidang yang dipilih.

Pengambilan sumpah pengembang sistem E-Vote (Electronic Voting)

Oh iya, S1 Teknik Informatika di Universitas Telkom memiliki tiga KK atau Kelompok Keahlian. Ada SIDE (Software Engineering, Information System and Data Engineering), ICM (Intelligence, Computing, and Multimedia) dan TELEMATIK. KK SIDE berkonsentrasi di bidang pengembangan perangkat lunak, sistem informasi dan teknik rekayasa data. Lalu ada KK ICM yang memperlajari ilmu-ilmu yang berhubungan erat dengan komputer science, ilmu ini meliputi dasar-dasar teori dari informasi dan komputasi serta implementasinya pada sistem komputer. Selanjutnya, beberapa cakupan yang dibahas pada KK TELEMATIK ada sistem komputer, keamanan sistem, dan teknologi jaringan. KK ini menaungi beberapa laboratorium yang memfasilitasi mahasiswa untuk belajar lebih dalam tentang teknologi yang di minati. Jika intipers tertarik, bisa cari tahu lebih banyak lagi di soc.telkomuniversity.ac.id.

Biasanya pada tingkat 3 ada mata kuliah kerja praktek yang mengharuskan mahasiswa untuk terjung langsung ke dunia kerja. Awalnya mahasiswa akan memilih perusahaan atau instansi serta posisi yang dituju, setelah itu mengirim surat permohonan dan menunggu surat balasan dari instansi yang bersangkutan. Kebetulan saat artikel ini ditulis, penulis sedang melaksanakan kegiatan kerja praktek sebagai web developer di Dinas Kominfo Kabupaten Bangkalan. Dari sini mulai terasa bagaimana dunia kerja lulusan teknik informatika, namun masih ada beberapa orang memiliki asumsi yang salah tentang jurusan ini, contohnya seperti percakapan berikut:

A : kamu kuliah jurusan apa?

B : teknik informatika

A : Oh kalo lulus jadi penjaga warnet ya

B : ……………………… *hening

Padahal sebenarnya prospek kerja lulusan teknik informatika cukup luas dan beragam, mulai dari programmer, software engineer, system analyst, database administrator, network engineer, pengajar IT, game developer dan masih banyak lagi. Terlebih dengan teknologi yang semakin berkembang dan aktifitas manusia yang serba digital, mencari kerja tidak harus selalu di instansi yang khusus mengolah jaringan atau semacamnya, karena rata-rata perusahaan butuh orang atau tim untuk mengolah teknologinya secara efektif dan efisien.

Nah, ayo rasakan sendiri bagaimana serunya menjadi bagian dari teknik Informatika


Tentang Penulis : Ainun Nisa

Mahasiswi semester 6 Fakultas Informatika Universitas Telkom, Bandung. Hobi masak dan membaca. Sedang menyelesaikan kerja praktek dan menyiapkan skripsi, doakan ya teman-teman

Instagram : @ainunniisaa

Linkedin : linkedin.com/in/ainun-nisa-234994158/

Twitter : @ainunniisaa__

Kode Konten: X342

 

1 thought on “Teknik Informatika Universitas Telkom (Ainun)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *