Teknik Informatika IBI-K57 (Syiva)

Anneyeounghaseyo Intipers!!!
<p> Hello Calon Mahasiswa </p>
<blink> Kenalan Sama Aku Kuy! </blink>

Perkenalkan nama aku “Syiva Shavira Syehab”, aku biasa dipanggil “Syiva atau Sisi”, tapi buat kalian yang kenal sama aku panggil aja aku “Kak Syiva” ya. Sekarang ini aku berstatus sebagai Mahasiswi Semester 3 di Institut Bisnis Dan Informatika Kosgoro 1957 (IBI-K57). Kampus yang terkenal baru itu berada dinaungan Yayasan Golkar atau sebut aja kampus orange,  walaupun kampus itu masih terlihat sangat baru tapi dari beberapa Fakultas sudah ada yang menghasilkan Mahasiswa Sarjana bahkan prospek kerjanya pun jelas dan menghasilkan lulusan yang skill touch. Disana aku sendiri mengambil Program Study Teknik Informatika dengan Fakultas Ilmu Komputer.

 

Nah, Ingin tahu kan seperti apakah aku di Jurusan Teknik Informatika? Dan kenapa sebagai Perempuan aku memilih Jurusan Teknik Informatika? Simak Ikuti terus ya sampai bawah!!!

Sebelumnya kita kenalan dulu nih sama jurusannya supaya kalian kedepannya tidak down, tapi aku tidak bermaksud untuk bikin down ya! Justru aku hanya ingin memberitahukan apa sih jurusan Teknik Informatika itu?

Teknik Informatika atau lebih sering dikenalnya dengan sebutan TI merupakan program studi yang kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha dan teknologi jaringan komputer.

follow_intipjurusan_COMPRES

Secara Garis besar materi dalam Teknik Informatika dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  1. Sistem Informasi
  2. Rekayasa Perangkat Lunak
  3. Teknik Komputer Jaringan
  4. Pemrograman dan Komputasi

Eitsss …jangan terlalu serius bacanya! Kalo sama aku sih dibawa happy aja, hehehe. Ya kalau bicara tentang Jaringan atau Bahasa Pemrograman memang aku juga suka dibikin bingung gitu, sampai terkadang aku yang dari dulu belum kenal bahasa pemrograman hampir setiap hari aku buka internet untuk mencari apa sih sebenarnya bahasa pemrograman itu. Kata orang jurusan Teknik Informatika ini adalah jurusan khusus laki-laki aja yang boleh masuk, tapi kata aku “siapa bilang perempuan gak bisa masuk TI?” semua orang baik laki-laki atau perempuan juga berhak untuk menentukan jurusannya yang ia suka dan tidak perduli dengan jenis kelamin. Tapi untuk kalian nih yang ingin masuk dijurusan Teknik Informatika nanti kalian gak usah takut gak bisa bahasa pemrograman, karena semuanya itu dilalui dari yang gak bisa sampai akhirnya nanti jadi bisa. Siapa tau aja kamu nanti bisa jadi Programmer atau punya perusahaan berbasis photopolio sendiri nantinya. Iya kan kalo rezeki mah gak bakal kemana! Hehehe. Aku aja waktu pertama masuk gak bisa apa-apa dan allhamdulilah sampai sekarang ini aku gak nyangka aku bisa bikin aplikasi web sendiri. Amazing banget dah!!

By The Why, Disini aku akan membagikan pengalaman kuliah ku dari awal pertama kali masuk sampai sekarang ini di jurusan TI itu seperti apa.

Jadi ditahun 2016 lalu, awal pertama kali aku masuk kuliah di Kampus IBI-K57, aku sempat deg-deg-gan gitu karena aku takut gak bisa dengan jurusan yang aku ambil ini, dulu aku orangnya sama kaya kalian suka milih-milih jurusan yang sesuai denganku, contohnya gini nih: sekarang aku mau masuk jurusan komunikasi, besok jurusan psikologi, dan lusa jurusan TI. Nah aku tuh sama kaya kalian tertalu banyak memilih tapi gak tau apa yang diambil, wkwkwk makanya aku saranin buat kalian jangan ikutin aku ya terlalu banyak pemilih haha, lebih baik kalian pilih jurusan yang sesuai dengan keahlian masing-masing. Anything, karena aku gak tau harus pilih apa waktu itu, akhirnya aku memlilih jurusan TI yang gak beda jauh dengan jurusan ketika aku SMK Teknik Komputer Jaringan. So… biarpun aku seorang perempuan tapi aku yakin dengan kemampuanku untuk masa depan.

Kebetulan kampusku membuka kelas regular (pagi), malam, karyawan (sabtu), aku sendiri sengaja mengambil kelas malam karena supaya aku bisa sambil kerja untuk biaya kuliahku sendiri, karena aku gak mungkin kalau setiap hari harus mengandalkan uang dari orang tuaku sementara aku sebagai anaknya tidak bekerja keras, alhasil aku rela deh kuliah dimalam hari sambil kerja dipagi hari.

Walaupun aku kerja dipagi harinya, aku tidak pernah mengeluh dengan kuliahku dimalam hari, karena bagiku pendidikan itu nomor satu untuk masa depan kita.

So … kita balik lagi ke jurusan TI ya!

 

Selesai sudah masa-masa PK2MB atau lebih dikenalnya dengan masa OSPEK antar mahasiswa baru. Aku dan mahasiswa baru lainnya diminta untuk memasuki ruangan, dan disitulah aku kaget dan sumpah aku kaget banget bangettt gak bisa berfikir lagi.

Ternyata di kelas malam Teknik Informatika mahasiswa nya Cuma ada 19 orang doang, dan yang paling aku gak habis pikir aku dikelas TI hanya satu-satunya perempuan yang masuk kelas malam dan selebihnya cowok semua. “oh my god, mimpi apa coba gue dikelas jadi cewek sendiri”,pikirku kaget dalam hati.

Bedanya dengan anak regular dan kelas karyawan (sabtu) yang masih mending mahasiswa nya lebih banyak bahkan masih ada perempuannya dibanding kelasan anak malam. Sumpah men, ingin rasanya aku pindah ke kelas reguler, tapi aku berfikir lagi untuk apa aku pindah cuma karena aku jadi satu-satu nya perempuan dikelas malam TI, gila itu lucu banget kan! so akhirnya aku mutusin sama kedua orang tua ku untuk tetap dikelas malam ya walaupun selebihnya laki-laki semua isinya, lagian bagiku juga berteman tidak harus sesama perempuan kan, bisa saja satu kelompok laki-laki semua. And then, walaupun deg-deg-gan nanti dikelas seperti apa jadi cewek sendiri dikelas, tapi aku tetap positive thinking aja deh kepada mereka. 🙂

Dan itu sedikit cerita pengalaman aku waktu pertama kali kuliah guys, dan lama-kelamaan aku jadi makin betah dikelas malam dan rasanya tidak ingin pindah ke kelas regular, karena betahnya aku dikelas malam itu adalah menjadi seorang ratu yang dikelilingi oleh banyak laki-laki. Bahkan aku jadi makin cinta sama Teknik Informatika karena pelajarannya yang dulu aku fikir susah tapi kenyataanya aku sendiri bisa bikin aplikasi web dan android.

Untuk kalian yang masih penasaran apa saja mata kuliah di jurusan Teknik Informatika itu? Sebenarnya sih banyak banget mata kuliahnya, tapi demi kalian yang ingin masuk TI, aku akan jelasin deh mata kuliah apa aja yang aku ambil, yang jelas sih semuanya harus diambil karena itu adalah standart untuk kita sidang nanti. Nih simak ya mata kuliah yang aku ambil di TI ini dari semester 1 sampai sekarang ini:

  • Semester 1 aku ambil mata kuliah:
  1. Pendidikan Agama
  2. Pendidikan Pancasila
  3. Bahasa Indonesia
  4. Logika dan Algoritma ( C++)
  5. Algoritma dan Struktur Data (Java Fundamental)
  6. Pengolahan Teknologi dan Informasi
  • Lanjut Semester 2 nya aku ambil mata kuliah, sbb:
  1. Kewanegaraan
  2. Kekosgoroan
  3. Perancangan Basis Data
  4. Aljabar Liniear
  5. Arsitektur dan Organisasi Komputer
  6. Entrepreneurship
  • Next Semester 3 yang sedang aku jalani ini, aku ambil mata kuliah, sbb:
  1. Matematika Diskrit
  2. Pemrograman Java Dasar (Fundamental)
  3. Pemrograman Web (HTML Dan CSS)
  4. Jaringan Komputer Dasar
  5. Bahasa Inggris 1
  6. Interaksi Manusia Dan Komputer

Kalau dilihat dari mata kuliahnya sih cukup banyak, tapi gimana caranya aku yang dari pagi kerja terus malam nya kuliah apa pernah merasakan capek? Itu kan pasti yang kalian ingin tanyakan kepadaku.

Sebenarnya sih kalo dibilang capek ya capek banget malah. Tapi tadi yang aku bilang pendidikan itu nomor satu, secapek-capek apapun kita terhadap pekerjaan kita, jangan pernah meninggalkan pendidikan kita.

Dan waktu penginputan nilai disiakad, aku gak nyangka dengan kerja keras ku selama ini, yang dari awal aku kira mata kuliah TI itu susah, aku berhasil mendapatkan IPK 4.00, dan itu A semua dari semua pelajaran. Awalnya aku gak percaya dengan IPK semester 2 itu, ko bisa ya tampang aku bisa dapat IPK sebesar itu, bahkan teman-teman cowok ku pada kaget pas lihat nilai disiakad ku yang menyatakan aku lulus semua mata kuliah. Aku benar-benar kaget banget ketika itu bisa mendapatkan IPK sebesar itu, ya mungkin inilah perjuanganku selama ini dari kerja pagi kuliah malam hanya untuk mendapatkan ilmu. Aku berharap semoga IPK ini tetap meningkat sampai aku wisuda nanti. Buat kalian juga nih aku saranin kalau kalian gagal jangan pernah menyerah ya untuk mencoba nya lagi, kalian harus yakin sama diri kalian sendiri, apapun yang kita kerjakan tidak ada yang susah asalkan kita berani bertanya dan menyelesaikan dengan sepenuh hati. Kalian juga bisa ko seperti aku. Asalkan kalian harus rajin belajar ya!

Oiya sebelumnya kalian juga harus tahu nih, kalo di Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro ini tidak hanya menyediakan jurusan Teknik Informatika saja lho, kampus IBI-K57 juga menyediakan 3 Fakultas dan 6 Program Studi:

  1. Fakultas Ekonomi
  • Program Studi S1 Manajemen
  • Program Studi S1 Akutansi

 

  1. Fakultas Ilmu Komputer
  • Program Studi S1 Teknik Informatika
  • Program Studi S1 Sistem Informasi

 

  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Program Studi S1 Ilmu Komunikasi
  • Program Studi S1 Administrasi Bisnis

 

Nah kalian bebas mau pilih jurusan apa di kampus IBI-K57, tapi sekali lagi jika kalian ingin memperdalam ilmu komputer terutama dibidang bahasa pemrograman dan ingin membuat sebuah aplikasi berbasis apapun, aku saranin masuk Teknik Informatika. Karena lulusannya dijamin jika kalian sungguh-sungguh akan menjadi Programmer, IT, Analysis, DBA, dan masih banyak lagi deh.

Pokoknya untuk mata kuliah kalian gak usah bingung, kalian semua pasti nanti bakal diajarin yang namanya CODING, aku aja dari dulu gak ngerti ngoding sama sekali, tapi ketika aku masuk TI dan aku banyak tanya sama dosen akhirnya aku jadi bisa ngoding sampai sekarang. Dan yang paling aku suka dijurusan TI itu materinya seimbang, kadang teori dan kadang pula ada prakteknya. Pokoknya aku jadi makin cinta deh sama koding, hehehe J

Lulusan Teknik Informatika terkenal dengan nama gelarnya S.Kom artinya Sarjana Komputer, ya semoga aja nama Syiva Shavira Syehab, S.Kom bisa cepet-cepet jadi Sarjana Muda. Hehehe beginilah aku sangking pengen wisuda wkwk.

Intinya buat kalian yang sedang bingung memilih kampus dan jurusan yang pas banget buat kalian, aku saranin jangan terlalu lama pikir-pikirnya karena nanti takut keduluan orang lain. Pokoknya jadi anak Teknik Informatika itu ada sisi positive dan sisi negative nya. Kalo sisi negative nya mahasiswa yang masuk jurusan TI rata-rata yang setengah, mungkin biar sama kaya diluar negeri kali yak. Tapi kalo sisi positive nya kita jadi pintar ngoding dan jago buat aplikasi android dan website bahkan kalo ada perusahaan yang melirik aplikasi kita bisa-bisa dibayar milyaran aplikasi kita, dan yang paling bahagianya itu kalau kamu jadi satu-satu nya perempuan di kelas TI, bakalan dijadin ratu dari teman-teman laki-laki. Serasa bahagia kan hidup kita kalo kaya gitu. Hehehe

Kesimpulan dari aku untuk kalian yang ingin masuk Teknik Informatika, jangan pernah takut gagal dan don’t give up! Karena masa depan itu pasti ada, kalian pasti gak tahu apa yang terjadi kedepannya. Keep Strong and Trying Yaa!

Kalau kalian ingin bertanya lebih sama aku, kalian bisa comment diform bawah ini ya! Atau misalkan kalian kepo sama aku bisa visit akun aku!

#SalamTeknologi #TeknikInformatika #IBIK57KampusIdaman #JadiCewekTI #SarjanaMudaS.KOM #intipjurusan


Instagram : http://instagram.com/syivaaa_lim

Facebook : http://www.facebook.com/syiva.syehab.7

Twitter : http://twitter.com/cinta_syiva

Blogspot : syivashavira.blogspot.com    

Kode Konten : X193

 

1 thought on “Teknik Informatika IBI-K57 (Syiva)”

  1. Annyeonghaseyo eonni! #hehe
    Kak, aku mau nanya nih.
    kalo di TI itu berkaitan sama fisika matematika enggk si?
    makasi kak.

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *