Teknik Energi Institut Teknologi Yogyakarta (Tamjos)

Hallo calon sobat engineers,

Bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi kejenjang perguruan tinggi maka artikel ini sangat recomended banget untuk kalian baca,

compres-ig-ver

yukss intip-intip jurusan yang bisa membawa karirmu kedepan lebih cerah dan bahkan bisa membawa negara kita indonesia lebih maju lagi loh apabila kamu bisa membangun negara dengan melalui menjadi mahasiswa dijurusan ini

Oh ya sobat kita belum berkenalan ya, Perkenalkan nama saya Yohanes Tamjos Gustomi Silaen, panggilan sapaan nya Tamjos, begitu keren kan nama saya,wkwkwkkw (izinkan saya untuk memuji diri J), Saya berasal dari Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di Kota Lubuklinggau Salah satu daerah penghasil kuliner terkenal diindonesia yups… empek-empek (Makanan Khas daerah saya).

compres-ig-ver

Saya sekarang merupakan salah satu mahasiswa dari kota kiblat pendidikan, yupsss….benar sekali kota Yogyakarta, dimana orang berbondong bondong datang untuk menimba ilmu dikota istimewa ini,  Saya sekarang menjalani studi di Institut Teknologi Yogyakarta mengambil program studi Teknik Energi Angkatan 2015 saat ini duduk di semester enam , Wowww…denger jurusannya aja udah ngeri ya, Bagaimana dengan dengan belajarnya nanti ? tenang sobat jangan merasa takut dulu, nah bagi kalian yang suka tantangan dan ingin menjadi ilmuwan dibidang keenergian jurusan ini cocok banget sama diri kalian. nah sekarang kita langsung check it out aja ya mengenai jurusan yang saya jalani sekarang,

Energi Itu apa sih dan Seperti Apa Teknologi Energi ?

compres-ig-ver

Dalam fisika, energi adalah properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang dapat diubah bentuknya namun tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Joule adalah satuan SI untuk energi, diambil dari jumlah yang diberikan pada suatu objek (melalui kerja mekanik) dengan memindahkannya sejauh 1 meter dengan gaya 1 newton.

Ada berbagai macam bentuk-bentuk energi, namun semua tipe energi ini harus memenuhi berbagai kondisi seperti dapat diubah ke bentuk energi lainnya, mematuhi hukum konservasi energi, dan menyebabkan perubahan pada benda bermassa yang dikenai energi tersebut. Bentuk energi yang umum diantaranya energi kinetik dari benda bergerak, energi radiasi dari cahaya dan radiasi elektromagnetik, energi potensial yang tersimpan dalam sebuah benda karena posisinya seperti medan gravitasi, medan listrik atau medan magnet, dan energi panas yang terdiri dari energi potensial dan kinetik mikroskopik dari gerakan-gerakan partikel tak beraturan.

Teknologi energi adalah teknologi yang terkait dengan bidang-bidang mulai dari sumber, pembangkitan, penyimpanan, konversi energi dan pemanfaatannya untuk kebutuhan manusia. Sektor kebutuhan utama yang paling besar dalam jumlah untuk masa mendatang adalah sektor kelistrikan dan sektor transportasi.

Sumber energi dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Dalam pembangkitan energi beberapa sistem pembangkitan yang telah digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi di dunia, seperti:

  • pembangkit listrik tenaga air (PLTA),
  • pembangkit listrik tenaga surya (PLTS),
  • pembangkit listrik tenaga uap dan gas (PLTU,PLTG),
  • pembangkit listrik panas bumi (PLTP),
  • pembangkit listrik tenaga angin/bayu (PLTB),
  • pembangkit listrik tenaga gelombang laut (PLTGL), dan
  • pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)

sumber ; https://id.wikipedia.org/wiki/Energi, https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_energi

Seperti Apa Kondisi Energi diindonesia sekarang ?

Sobat sekalian pasti tau kan sekarang  banyak sekali isu bahwa negara kita akan krisis energi bahkan dunia loh… dengan fakta Energi Primer (Energi Fossil) produksi nya semakin menurun katakanlah Minyak Bumi yang dahulu negara kita bisa mencapai angka produksi 1.5 jt/bareel sekarang hanya bisa memproduksi sekitar 700-800 ribu/bareel saja, wahhh..bagaimana bisa ya, negara sekaya kita dengan sumberdaya alamnya melimpah bisa krisis energi ? jawaban nya tentu bisa teman teman karena negara kita belum bisa memanfaatkan sumberdaya energi tersebut dengan baik, maka permasalahan tersebut akan timbul dan kitalah solusinya sebagai generasi penerus bangsa untuk membangun bangsa, saat ini Bidang energi merupakan fokus utama kerja pemerintah kita loh, supaya negara kita bisa menjadi negara yang mandiri energi sesuai dengan Nawacita Bapak Presiden Jokowi,  jadi Bidang Energi sekarang sedang digalakkan besar besaran, tentunya Energi Baru Terbarukan yang akan dikembangkan, , wahh keren kan….sobat.

 

Apa sih, yang dipelajari di Program Studi Teknik Energi serta keunggulannya ?

Diprogram Studi ini nanti kalian akan mempelajari bagaimana cara memanfaatkan potensi sumberdaya energi yang ada diindonesia baik Energi Fossil maupun non fossil namun di Kampus saya fokus nya ke energi terbarukan ya sobat, yang nantinya menjadi suatu output yang bermanfaat,,yahhh katakanlah hasil out put nya bahan bakar dan listrik. Oh iyaaa… sebagai informasi di Kampus saya program studi S1 Teknik Energi merupakan pertama dan satu satunya ada di Indonesia loh, Keren kan sobat, apalagi  Base Learning nya yaitu Teknik Energi Terbarukan, jadi mempelajari energi yang berbasis ramah lingkungan dengan pendekatan konsep Green Technology.untuk mata kuliah terkaitnya apa saja ya ? di Program Studi Teknik Energi ITY, Terdapat matakuliah yang berkaitan dengan ilmu hitungan yaitu Thermodinamika, Fisika Terapan, Kimia Terapan, Teknik Tenaga Listrik, Teknologi Budidaya Bioenergi, Energi Baru dan Terbarukan, Lab.Bioenergi, Lab. Pembangkit Energi, serta Proses Produksi Energi dan karena di Institut Teknologi Yogyakarta merupakan perguruan tinggi yang mengambil posisi sebagai perguruan tinggi berbasis green technology maka setiap program studi nya didukung dengan mata kuliah, Konsep Teknologi Bersih, Teknologi Hijau, AMDAL dan  Audit Lingkungan. Dan menurut saya mata kuliah yang paling berkesan sejauh ini yaitu Sistem Energi Alternatif dan Proses Produksi Energi, dimana didalam mata kuliah tersebut mempelajari bagaimana proses alir suatu industri energi untuk memproduksi energi bahan bakar maupun listrik yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup sehari hari.

 

Bagaimana Sistem dan Metode Pembelajaran di Program Studi Teknik Energi ITY ?

Sistem belajar diprogram Studi Teknik Energi sangat unik sekali sobat, mengapa saya mengatakan demikian, bahwa kita gak perlu takut terhadap monotonisasi belajar teori yang dapat membuat kita tidak berkembang dan selalu dalam bayang bayang khalayan, nah maka dari itu di prodi teknik energi ITY ini setiap kita telah mendapatkan ilmu teorinya dikelas maka kita juga akan mendapatkan ilmu praktik nya melalui kunjungan studi lapangan dimana kita dapat langsung melihat secara jelas dariapa yang telah disampaikan dosen didalam kelas,rata rata setiap mata kuliah yang ada akan melakukan kunjungan studi lapangan, sebagai contoh, Kunjungan studi lapangan ke PLTHibrid Pandansimo Bantul, PLTMH Minggir Sleman, Perusahaan Produksi Bioetanol PT.PG Madukismo,Bantul, CPS LIPI Gunung Kidul dan masih banyak lagi tentunya.

Gambar 1. Kunjungan Studi Lapangan Ke Concentrate
Gambar.2 Tugas Lapangan Pengukuran Potensi Debit Air

Bagaimana dengan Prospek Kerja Dibidang Energi kedepannya ?

Prospek kedepannya bagaimana ? mau jadi apa ? wahhh…kalau ini mah janga ditanya lagi sobat, dengan isu yang saya bicarakan sebelumnya, tentu nya prospek kedepanya sangat cerah,banyak perusahaan perusahaan terkemuka diindonesia yang sudah menggerakan bisnis dibidang Renewalble energy (Energi Terbarukan), sehingg   teman teman bisa bekerja menjadi seorang engineer dipembangkitan listrik (PLTA,PLTU,PLTP,PLTS,PLTB,PLTSa,dll), serta bisa bekerja diperusahaan pengolahan biomassa menjadi Bioenergi/Bahan Bakar Nabati (Bioetanol,Biodiesel,BioOil,Biogas dll),

So tunggu apalagi sobat ayo bergabung menjadi calon energy engginer…sebagai penyelamat bangsa untuk menyonsong Negara Indonesia Mandiri Energi J

 


Tentang Penulis :

Tamjos Gustomi Silaen,Umur 21 th, Mahasiswa FTI ITY S1 Program Studi Teknik Energi, Hobi ; Memotivasi Banyak Orang dan Menonton film Drakor.

Medsos Penulis :

FB : Tamjos Gustomi Silaen / Ig :@Tamjos­_Gustomi_Silaen / Blogs: tamjosity.Blogspot.com

Kode Konten: X331

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *