Pend. Tehnik Informatika UPG (Nara)

Namaku I Nyoman Narawidya, aku alumnus Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan Tehnik Informatika angkatan tahun 2012. Aku sekarang bekerja sebagai seorang creative contents maker professional di Nawa Production Bali. Tulisan yang kujabarkan dibawah ini merupakan perjalananku selama berkuliah di Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan Tehnik Informatika. Sebuah perjalanan dari cita-citaku dan usahaku mewujudkannya.

Mungkin dizaman yang maju seperti sekarang jarang yang berpikir untuk menjadi seorang guru atau tenaga pengajar. Semua orang memang berhak punya pilihannya masing-masing, dan ini adalah pilihanku sendiri, menjadi seorang guru. Bagiku menjadi seorang tenaga pengajar adalah sebuah cara agar bisa berbagi kepada orang disekitar kita, yaitu dengan ilmu lebih tepatnya berbagi ilmu. Oleh karena itu saya memilih jurusan ini. Jurusan Pendidikan tehnik informatika, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Selain itu banyak yang berpikir bahwa kalau memilih Jurusan Pendidikan Tehnik Informatika di Universitas Pendidikan Ganesha nantinya pada saat lulus kita hanya bisa menjadi guru karena hanya dibekali pemahaman sebagai seorang guru. Itu semua salah besar. Masih banyak hal dan banyak pengalaman yang akan kalian bisa nikmati, pelajari serta kalian gunakan untuk masadepan kalian nantinya dengan berkuliah di Jurusan Pendidikan Tehnik Informatika di Universitas Pendidikan Ganesha.

Banyak alumni dari jurusan ini yang tidak menjadi guru melainkan malah membuka usaha di bidang IT, entah itu software house, web desiner, bidang multimedia layaknya saya sendiri yaitu fotografi, desasin grafis maupun videografi, dan lain sebagainya. Selain itu banyak juga yang telah menjadi guru bahkan ada yang menjadi dosen. Ini menjukkan bahwa peluang kerja nantinya yang dimiliki oleh lulusan dari jurusan ini yang besar.

Di Bali ada sebuah kota yang diberi julukan sebagai “Kota Pendidikan”, kota tersebut adalah Singaraja. Kota ini berjarak 81.9 km dari Kota Denpasar dan menempuh waktu kurang lebih 2 jam 3 puluh menit untuk mencapainya dari Denpasar. Jarak yang cukup jauh memang harus ditempuh untuk kesana, selain itu lokasinya yang berada di balik bukit membuat perjalanan kesana jadi lebih berat dan dibandingkan kota-kota lain yang ada di Bali disana masih memiliki beberapa keterbatasan namun dibalik semua itu ada pengalaman berharga yang saya dapatkan disana.

Selama berkuliah dijurusan ini saya mendapatkan banyak pengalaman, diantaranya pengalaman magang di perusahaan yang berkaitan dengan IT, ikut serta dalam menciptakan produk IT, merasakan atmosfer dunia kerja dan bekerjasama dengan orang-orang baru disana. Selain itu saya juga mendapat kesempatan untuk magang di sekolah, belajar banyak hal tentang bagaimana menjadi guru yang baik dan bisa langsung memperaktekkan apa yang telah saya pelajari, bertemu dengan berbagai macam siswa dan menikmati bagaimana berperan sebagai seorang guru.

Selain itu saya juga belajar tentang bagaimana berkontribusi dalam lingkungan masyarakat lewat kegiatan-kegiatan yang saya lsayakan selama menjalani matsayaliah KKN (kuliah kerja nyata).

Banyak sekali pengelaman yang saya dapat, banyak menemukan teman baru, mencoba berbagai kegiatan yang berbeda dari biasanya dan belajar banyak hal dari lingkungan selama melangsungkan KKN.

Selain berbagai pengalaman saya juga memepelajari banyak hal selama berkuliah dijurusan ini. Seperti tentang bagaimana proses pembuatan suatu program atau aplikasi yang berbasis computer maupun mobile phone, bagaimana berwirausaha di bidang IT, bagaimana merancang sebuah web, bagaimana mengolah gambar digital lewat tehnik fotografi maupun videografi, bagaimana membuat audio, animasi maupun game dan yang paling penting bagaimana caranya membagi ilmu-ilmu yang telah saya dapatkan tersebut kepada peserta didik dengan baik.

Selain bisa digunakan untuk berbagi ilmu-ilmu tersebut sangatlah bermanfaat untuk menunjang kehidupan sehari-hari utamanya pekerjaan pada zaman modern seperti sekarang ini. Selama berkuliah disini saya telah menempuh berbagai tugas kuliah, namun terdapat dua tugas yang paling memilki kesan lebih bagi saya. Dua tugas tersebut yaitu tugas merakit robot menggunakan lego serta tugas membuat game ala atau mirip seperti game yang sempat viral pada masanya “flappy bird”.

Bukan nilai hasil dari tugas tersebut yang membuatnya begitu berkesan bagi saya, tapi ketika momen saya menunjukkannya pada keponakan-keponakan saya dan mereka sangat menyukainya. Saya merasa sangat senang, bangga, dasn tentunya merasa hasil kerja keras saya bermanfaat setidaknya untuk menghibur mereka. Senyum mereka adalah hasil terbaik bagi kerja keras saya.

Dan diakhir perkuliahan layaknya mahasiswa pada umumnya saya juga melakukan penelitian guna menyelesaikan tugas akhir saya yaitu berupa skripsi. Skripsi yang saya buat disini merupakan sebuah karya cinematography yang berjudul “Film Dokumenter Sejarah Drama Tari Gambuh Desa Batuan”. Mungkin terdengar aneh, mengepa seorang calon guru komputer membuat tugas akhir berupa karya multimedia.

 

Tujuan dari saya berkuliah adalah agar saya bisa belajar bagaimana caranya berbagi ilmu. Dan lewat film ini saya berupaya untuk berbagi pengetahuan tentang salah satu kebudayaan yang ada di Bali tepatnya di Desa Batuan, Sukawati yang merupakan salah satu desa seni yang ada di Bali. Saya berupaya agar kesenian ini dapat lebih dikenal lagi oleh banyak orang sehingga memunculkan bibit-bibit yang akan berminat untuk ikut ambil andil dalam upaya pelestariannya supaya kesenian asli Indonesia ini tidak cepat punah dirumahnya sendiri.

Begitu pula tulisan berikut semoga bisa bermanfaat bagi o

 

rang banyak, menjadi referensi bagi yang ingin mengikuti jejak saya menjadi “seorang pembagi ilmu”, menjadi sebuah pengalaman yang sama-sama kita bisa pelajari dan manfaatkan dengan baik dalam kehidupan kita masing-masing. Semoga jurusan saya ini kedepannya semakin maju dan jadi lebih baik lagi. Mari semangat berkarya, mari semangat berbagi! Terima kasih.


Tentang Penulis: I Nyoman Narawidya

Alumnus Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan Tehnik Informatika angkatan tahun 2012. Hobi baca, nonton dan mengkoleksi film, anime, tv series dll. Hobi fotografi juga. Pekerja keras, penikmat seni & kopi tentunya. Aku sekarang bekerja sebagai seorang creative contents maker professional di Nawa Production Bali. Disini kami membuat berbagai konten kreatif seperti foto/video dokumentasi event, foto/video komersial, dan lain sebagainya. Selain itu kami juga meiliki divisi desain grafis yang bisa membuat berbagai desain grafis keren dan kreatif!

Instagram pribadi: @nara.widia | email: narawidia@gmail.com |

Instagram Nawa: @nawaproductionbali | email: nawaproductionbali@gmail.com |

Yotube: nawa productionbali | Line/WA: +6285 738347 959

Kode Konten: X288

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *