Pend. Tata Busana UNJ (Citra)

Hai intipers

Perkenalkan saya Citra Vileta Azzahra biasa di panggil Citra . Saya adalah Mahasiswa Pendidikan Tata busana Universitas Negeri Jakarta angkatan 2014, Atau bisa di bilang mahasiswa  tingkat akhir yang insyallah pakai topi toga di tahun depan aminn!!. (mohon doa nya ya  🙂 )

Semoga apa yang saya tulis di bawah ini dapat menambah pengetahuan teman-teman mengenai Ilmu Tata busana UNJ.

Sebelum memulai lebih jauh . . . .
berikut merupakan hal-hal yang banyak sekali dipirkan orang awam mengenai Tata busana atau bahasa kerennya fashion design , hehe
(ini saya ambil menurut cerita teman-teman kelas dan menurut pengalaman pribadi ) :

“ Mau masuk Tata busana, soalnya gampang tugasnya Cuma gambar/mendesain baju aja”

“ hah? Tata busana ? mau jadi tukang jahit ?”

Well, sebenernya yang memiliki statement seperti itu gak sepenuh nya salah si. Yah 25 % bener lah hehe . kenapa saya sebut Cuma 25% ???? karna tugas kita gak hanya itu saja.
penasaran? Yuk scroll  lebih lanjut 🙂

follow_intipjurusan_COMPRES

PENDIDIKAN TATA BUSANA

Tata busana di Universitas Negeri Jakarta (UNJ)  merupakan Prodi (Program Studi) , masuk kedalam Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK) dan dibawah naungan Fakultas Teknik (FT) . buat saya merupakan kebanggaan sendiri kalo kita masuk kedalam Fakultas Teknik. Kenapaaaa? Karna Fakultas Teknik dikenal sebagai macan kampus di UNJ!!  keren kannnn 😀

oke next

jadi Tata busana UNJ  sendiri dibagi dua. ada Pendidikan Tata busana (S1) dan Tata busana (D3) . beda nya apaaa???
secara singkat , D3 lebih fokus ke ilmu Tata busana nya aja . sedangkan  S1 tidak hanya fokus kepada Tata busana saja tapi  kita  juga belajar bagaiman menjadi guru yang baik dan kompeten di bidang busana.

“ berarti beda dong belajarnya D3 sama S1? “

Mmmm gak beda banget kok . Cuma di S1 lebih di selipkan ilmu-ilmu pendidikannya . . .
semaki penasaran kannn ? yuk di  scroll

HAL-HAL YANG SAYA PELAJARI

Seperti yang saya katakan di atas, untuk S1 lebih diselipkan ilmu-ilmu di bidang pendidikan contohnya,  di S1 saya gak Cuma belajar tentang ilmu busana ajah. Saya juga dapat matakuliah  umum yang wajib di ambil bagi mahasiswa S1, seperti :  Bahasa indonesia, Bahasa inggris, Ilmu Seni Budaya Dasar (ISBD) , Kewarga negaraan, Agama  dsb.

“ yah kaya balik kesekolah dong ?”

Nah! awal sebelum mulai semua matakuliah itu , saya juga berpikiran hal yang sama. Tapi pas udah dijalanin ternyata beda sama apa yang saya pelajarin di jaman SMK .(btw saya lulusan SMK N 27 Jakarta dengan jurusan yang sama ‘Tata busana’) . di dunia kuliah kita di tuntut lebih aktif, banyak observasi lapangan yang nantinya harus di jalanin .

“ Terus kalo ilmu busana nya belajar apa?”

Ini dia yang ditunggu-tunggu.!!!  mari kita kembali ke statement  kebanyakan orang yang sudah saya tulisakan di atas

“ Mau masuk Tata busana, soalnya gampang tugasnya Cuma gambar/mendesain baju aja”

“ hah? Tata busana ? mau jadi tukang jahit ?”

Well, dari statement diatas, saya paling sedih kalo deger yang nomer dua :’) untuk kalian yang berpikiran seperti ini kalian harus rubah mindset  kalian, kenapa? Karna Tata busana sendiri gak Cuma gambar baju aja. Tata busana mempelajari bebagai ilmu yang mencakup bidang busana. Tugas kita  gak berhenti di Mendesain baju ajah. Kita di ajarin Mulai dari bagai mana membuat pola busana, bagaimana memilih bahan yang baik, bagai mana memotong bahan, menjahit, memberikan hiasan , sampai baju tersebut bagus dan layak dipakai oleh diri kita ataupun orang lain.

Dan gak hanya itu loh , bahkan di matakuliah tertentu kita juga di tuntut menciptakan bahan baru/ motif baru pada kain.   Contohnya di matakuliah Desain Tekstil , di matakuliah ini kita di tuntut untuk mendesain kain dengan berbagai teknik yang ada, selain itu kita juga menciptakan motif  kita sendiri yang nantinya diberikan makna serta nama sesuai sumber inspirasi yang kita tuangkan didalam motif kita.  Pada akhir perkuliahan, motif-motif tersebut di gabungkan lalu di cetak menjadi buku yang di berikan ke pihak kampus.

Kain yang dijemur merupakan salah satu hasil cipta motif bahan dengan teknik jumputan
karya Mahasiswa Pendidikan Tata busana UNJ 2014

Hal seru lainnya yang ada di Tata busana.  Di setiap akhir matakuliah praktek kita di wajibkan membuat fashion show  atau peragaan yang menampilkan seluruh busana/ hasil karya yang sudah kita bikin selama satu semester.

“Fashion mission januari 2017”
Hasil karya Busana Tailoring mahasiswa Pendidikan Tata busana UNJ 2014
“Queen fasjion show, july 2017”
Hasil karya Busana pengantin mahasiswa Pendidikan Tata busana UNJ 2014

“ Mata kuliah yang paling berkesan apa?”

Mmmm kalo di tanya matakuliah paling berkasan , maka menurut saya seluruh matakuliah praktek adalah matakuliah yang paling berkesan untuk saya. kenapa bisa begituuu??? karna seluruh mata kuliah praktek yang saya lewati  tidak bisa di bandingkan/ di samakan. Mereka berkesan dengan  caranya masing-masing. Misalnya untuk matakuliah Busana pengantin (seperti foto di atas) itu sangat berkesan untuk saya pribadi. Karna kami (Mahasiswa Pendidikan Tata Busana UNJ 2014) di wajibkan membuat acara Fashion show akhir semester yang di adakan di tengah lapangan Perpusatakan UNJ . dimana hasil karya busana pengantin kita akan di lihat oleh seluruh warga kampus .

“ Tugasnya banyak banget ternyata ya ”

Yaps, tugas mahasiswa Tata busana bisa dibilang gak main-main , bergadang adalah hal yang pasti di lewatin semua mahasiswa Tata busana. But, it’s okay  semua kelelahan akan kebayar sama hasil yang memuaskan apa lagi kalo begadang buat bikin baju, terus pas baju yang kita buat udah jadi dan ada orang lain yang muji bilang bagus , semua rasa cape yang kita rasa pas bergadang  pasti ilang diganti dengan rasa bangga karna udah nyelesain baju tersebut dengan penuh perjuangan . ( ini  jujur loh ! karna saya ngerasain sendiri  ^^ )

Selain tugas-tugas persemester. Kami mahasiswa Pendidikan Tata busana juga memiliki tugas wajib untuk  mengadakan Pagelaran besar yang di adakan setiap angkatan. Selain Skripsi pagelaran ini merupakan hal wajib yang harus di laksanakan setiap mahasiswa Tata busana  sebagai syarat kelulusan. Pada pagelaran besar ini, Kami di tuntut menciptakan tiga buah baju dari sumber inspirasi yang sudah di sepakati bersama. Dan  baju-baju yang sudah di wujudkan akan di tampilkan di pagelaran besar tersebut.

“ Terus lulusan nya bisa apa kalo Tata busana?”

Banyak hal yang bisa kamu lakui dari lulusan Tata buasna . kalo kamu ambil nya yang jalur S1 kamu bisa menjadi calon guru , dengan syarat setelah selesai S1 harus ambil sertifikasi untuk menjadi guru.  Selain itu, kamu bisa kerja jadi fashion stylist , kerja di majalah Fashion , atau kamu bisa banget buka usaha sendiri!

Jadi pengusaha busana  atau fashion designer itu menguntungkan banget loh . . .
kenapa? Karna busana sendiri merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. So, selama manusia selalu ada dan selama kita bisa ciptain busana yang nyaman serta selalu ikutin trend fashion  yang berkembang,selama itu juga kita selalu punya peluang untuk berhasil 🙂

Gimanaaa?? Serukannnn jadi mahasiswa Tata busana ?? 🙂
Sebenernya masih banyak lagi hal-hal menarik yang bisa di pelajarin di Ilmu Tata busana. Masih banyak hal yang patut buat saya ceritain. Tapi berhubung kalo kepanjangan keburu bosennnn jadi saya ringkas hal-hal menarik yang saya laluin jadi tulisan di atas.

Semoga tulisan saya ini dapat membantu gambaran temen-temen mengenai Pendidikan Tata Busana UNJ ya 🙂 kalo mau ada yang di tanyakan, boleh banget langsung komen di bawah


Tentang penulis

Mahasiswa Pendidikan Tata busana UNJ 2014, kesibukan saat ini : Mempersiapkan Praktek Kerja Lapangan (PKL) , Menulis Skripsi, Sebagai Ketua Divisi HPD  Fashion Show akhir Mahasiswa Pendidikan Tatabusana 2014 (X-OTICS 2018).  Hobby baca novel, gambar , nonton drama

https://www.facebook.com/vileta.azzahra

https://www.instagram.com/viletaz/

Kode Konten: X232

 

7 thoughts on “Pend. Tata Busana UNJ (Citra)”

  1. Waaaaaa…. so inspiring please keep your mind blowing… masuk jurusan busana atau fashion design adalah salah satu awal.untuk mengembangkan fashion indonesia saat ini…

    1. Hai sarah maaf yaaa aku baru bales hehe.
      Aku minta email kamu boleh? Nnti aku kirim via e-mail ya nomer aku 🙂

    1. Hai sasa :).
      Bisa kok, nanti diajarkan dari dasar . Mulai dari gambar, menjahit, bikin pola. Semua di ajarin dari awal.

      Aku juga gak terlalu jago gambar kok hehe.

    1. Hai!Ka citra
      Kalo anak ips katanya ga bisa ambil SNMPTN teknik bener gak sih ka?
      Padahal saya minat banget di tatabusana nya.

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *