Statistika Undip (Octa)

Hai intipers! Apa kabar nih? Baik kan ya? Okee perkenalkan nama saya Octadini Rahma Dica, call me “Octa” yaa.. Octa cantiks juga boleh.. oops haha. Intipers disini pasti penasaran saya kuliah dimana kan? Oke deh saya jawab setelah pesan-pesan berikut. Eh jangan.. haha. Jadi saya saat ini kuliah di jurusan Statistika Universitas Diponegoro (UNDIP) dan sedang menempuh semester dimana perjuangan skripsi dimulai, yap semester 7 yey, doakan lancar ya.. Amin… Seperti yang lainnya nih, saya juga akan menceritakan hal-hal menarik mengenai jurusan statistika UNDIP ini. Berikut ulasannya,

“Sebenarnya statistika itu apa sih dan gimana tuh kuliahnya?”

statistka itu adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merencanakan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menginterpretasi, bahkan meramalkan suatu data. Wah udah kayak peramal aja ya… hehe. “Lantas apa bedanya statistika dan statistik?” “Lho, lho bukannya sama ya?” Jadi ada perbedaannya nih intipers. Statistika itu merupakan ilmu yang berkenan dengan data, sedangkan statistik itu datanya.

Adilah_Nidaulyumna_1

“Lantas kelebihan kuliah di jurusan statistika itu apa? Soalnya kan banyak nih orang yang mengatakan ‘pasti pusing tuh di jurusan statistika, ngitung mulu, rumus mulu..’ benarkah itu?”

Webp_net_resizeimage

Waduh.. kok kelihatannya jadi serem ya.. haha.. ah enggak kok. Statistika itu asik banget, memang benar ada rumus dan perhitungannya. Namun, tidak serumit yang dibayangkan orang-orang dan di statistika sendiri lebih mempelajari penerapan suatu metode untuk menganalisis data. Nah, dalam menganalisis tersebut menggunakan software khusus dan komplit banget pake telur, sayur, plus daging. (Yah jadi martabak telur donk, bikin laper kan haha). Pokoknya komplit deh… mulai dari SPSS, Minitab, SAS, Lisrel, Stata, Eviews, Amos, R, dan Matlab. Banyak kan? Dan penggunaannya pun sangat mudah. Bahkan kita bisa membuat suatu program sendiri di software R dan Matlab. Wiih keren tuh? 😀

 

“Trus, udah itu aja?”

Eiiits nggak cuman itu lho kelebihan kuliah di statistik,… kelebihan lainnya sebagai statistician mampu merubah suatu fenomena alam atau fakta menjadi suatu data yang kemudian diolah, dianalisis hingga didapatkan suatu informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan, kemajuan, dan keadaan masa depan. Mau contohnya? Oke saya kasih nih ya, seperti data penjualan barang yang diolah dan disajikan untuk mengambil keputusan lanjut produksi atau tidak, and then bisa meramalkan jumlah pengunjung suatu wisata diperiode berikutnya, pengendalian mutu dan kelayakan produksi, mengetahui hubungan frekuensi petir dengan curah hujan, faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan laba rugi perusahaan, menentukan obat mana yang lebih efektif, mengatur suatu pelayanan agar tidak menimbulkan antrian yang panjang dan tidak efektif,   pengaturan database perusahaan dan lain-lain. Hmm hebat dan sangat berguna sekali kan?

Nah begitu luasnya pembelajaran statistika, maka statistika di UNDIP yang awalnya dibagi menjadi dua bidang SKA (Statistika Keuangan dan Aktuaria) dan SBI (Statistika Bisnis dan Industri), kini pada kurikulum 2017 telah diubah menjadi 4 bidang yaitu

  1. Ekonomika dan Bisnis,
  2. Industri
  3. Komputasi
  4. Sosial dan pemerintahan

Jadi makin seru lho… yuhuuu

“Kalau untuk Octa sendiri, mata kuliah apa yang menjadi favorit?”

Dari beragamnya ilmu statistika, saya suka semuanya.. tapi ada tiga nih mata kuliah yang menjadi favorit saya, yaitu analisis data, analisis finansial dan komputasi statistika lanjut. Kenapa nih? Hayoo kenapa ya… hehe. Oke saya jelaskan, karena didalam analisis data mengajarkan cara mengatasi data pencilan yang mempengaruhi hasil dari interpretasi. Dikehidupan kita ini kan kalau menemukan data yang sukanya lari sendiri dari teman-teman lainnya suka bingung kan ya, gimana analisisnya… nah, dengan adanya mata kuliah analisis data kan jadi lega tuh, pencilan teratasi dan lancar jaya mau menganalisisnya. Kemudian untuk analisis finansial, mengajarkan pengelolaan keuangan di bank dan perusahaan jadi bisa memaksimalkan keuntungan. Sedangkan untuk komputasi statistika lanjut, mengajarkan pembuatan program dengan tampilan yang diinginkan sendiri. Dari komputasi statistika lanjut ini awalnya ngeluh gitu kalau di kasih dosen tugas buat program pakai GUI matlab, tapi sejujurnya sangat menyenangkan dalam prosesnya dan pasti akan loncat-loncat kegirangan kalau success , trus programnya di main-in sendiri, klik sana-sini, datanya diubah-ubah terus haha..

Organisasi SC (Statistics Center)

“Lalu bagaimana mengenai kegiatan dan tugas lapangan statistika?” Di statistika UNDIP terdapat organisasi SC (Statistics Center) nih yang siap membantu siapapun untuk konsultasi data dan menganalisis data,  ada pula organisasi BIOSS (Biro Olahraga dan Seni Statistika) yang selalu membina minat dan bakat mahasiswa statistika dalam bidang olahraga dan seni. Kemudian ada Nuansa (Naungan Ukhuwah Iman dan Islam Statistika) sebagai sarana pengembangan kerohanian islam bagi mahasiswa Statistika. Selain itu, juga sering diadakan Kunjungan Instansi, lomba-lomba statistika, dokter data, pelatihan software,  beasiswa Ikalista, dan seminar nasional dengan pembicara yang expert. Kalau tugas lapangan di statistika itu ada survey untuk penelitian ,PKL (Praktik Kerja Lapangan) dan KKL (Kuliah Kerja Lapangan).

Kunjungan Instansi Yogyatourium

Kegiatan dan tugas lapangan tersebut mengembangkan kemampuan para calon statistician untuk mengatasi permasalahan perusahaan dan implementasi statistika di dunia kerja. Oh ya sssttt… sebenarnya kegiatan dan tugas lapangan itu bisa sambil hang out dan refreshing mata tapi meningkatkan ilmu juga lho.. haha… Seperti waktu KKL, kami berkunjung ke PT.BEI Surabaya, disana kami diajarkan cara menanamkan modal saham oleh mas ganteng. Kemudian di PT. Yakult Mojokerto penjelasan tentang quality control dan mutu produksi yakult mas-nya ganteng juga. Di AirNav Indonesia Bali , dijelaskan mengenai sistem penerbangan bersama masnya yang lebih ganteng haha. Seru deh pokoknya… juga dapet bonus banyak…

“Nah kalau lulusan statistika kerja nya bisa dimana nih?” ah, kalau itu jangan ditanya. Karena statistika itu selalu hadir di segala bidang.. (rajin ya’ presensinya nggak pernah bolong haha). Jadi dimanapun bisa kok kerjanya, terutama di lembaga pemerintah, perbankan dan investasi, riset dan pengembangan serta perusahaan swasta. Bahkan jadi dosen juga bisa pake bangeetss.. yeeey..

Gimana nih intipers? Pasti tertarik kan ya kuliah di statistika? Nggak takut lagi kan dengan ancaman rumus yang sebenarnya sangat easy going itu? Disini kita bisa membaca dan mengartikan data lho…bahkan dosen-dosen disini dengan senang hati membantu proses pembelajaran, penelitian, pencarian referensi yang tepat.  Jadi jangan ragu ya… “Let’s be a part of data!, Agent of the change!”

Oh ya kalau ada pertanyaan, tuliskan di kolom komentar ya… hehe, sampai jumpa intipers’ semoga bermanfaat ya J


Tentang Penulis:

Octadini Rahma Dica

Mahasiswa angkatan 2014 jurusan statistika UNDIP, Hobi: renang, membaca buku, mendengarkan musik, pecinta binatang terutama si “meong” , nonton drama korea yang bikin baper haha… saat ini sedang berjuang dengan skripsinya.

Instagram: octadini_21

Twitter: @octa_b2uty

Kode Konten: X284

14 thoughts on “Statistika Undip (Octa)”

    1. klo menurut aku ya,.. masalah akreditasi itu tidak begitu berpengaruh untuk dunia kerja. yang berpengaruh adalah hard dan soft skill kita. setidaknya kita harus punya nilai plus plus dalam diri kita untuk menghadapi persaingan kerja.

  1. kak mau tanya. aku baru tau ternyata statistika undip buat saintek, sedangkan aku sma IPS. kakak dulu sma jurusan apa? anak ips gabisa ya milih statistika buat prodi pilihan di snmptn?

    1. Aku dulu jurusan IPA hehe. Bisa tidaknya IPS masuk statistika itu tergantung dr univ nya. Klo di undip sendiri memang aku belum nemuin anak IPS masuk statistika. Cuman kan sekarang udh ada yang namanya lintas jurusan kan, dan disitu sepertinya ada beberapa kebijakan yang diterapkan mengenai lintas jurusan. Nah saranku sndr tuh mending klo snmptn sejalur aja dengan jurusanmu. Tapi kalau pengen masuk statistika undip alternatif yg bisa aku sarankan lewat sbmptn atau um. Jujur aja menurutku statistika itu penguatannya bukan di IPA apa IPS nya. Tapi lebih ke matematika dan pemahaman analisis data nya.

  2. kak mau tanya nilai rata” temen kakak yang bisa masuk statistika undip itu minimal berapa ? yg lewat snm berapa dan yg lewat sbm berapa? mksih kak

    1. Klo nilai rata rata aku kurang bgtu tau soalnya kan ngga mungkin aku nanya satu satu hehe . Tapi kyknya nilainya 8 nan gtu hehe… Yg penting nilainya tuh ngga turun terlalu jauh aja hehe. Trus klo pas angkatanku kan angkatan paling dikit nih jumlahnya jadi ada skitar 37 yg snmptn, 17 um dan 13 smptn. Klo angkatan yang barusan ini banyak kok ada 100 an lebih hehe…

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *