Statistika Undip (Octa)

Hai intipers! Apa kabar nih? Baik kan ya? Okee perkenalkan nama saya Octadini Rahma Dica, call me “Octa” yaa.. Octa cantiks juga boleh.. oops haha. Intipers disini pasti penasaran saya kuliah dimana kan? Oke deh saya jawab setelah pesan-pesan berikut. Eh jangan.. haha. Jadi saya saat ini kuliah di jurusan Statistika Universitas Diponegoro (UNDIP) dan sedang menempuh semester dimana perjuangan skripsi dimulai, yap semester 7 yey, doakan lancar ya.. Amin… Seperti yang lainnya nih, saya juga akan menceritakan hal-hal menarik mengenai jurusan statistika UNDIP ini. Berikut ulasannya,

“Sebenarnya statistika itu apa sih dan gimana tuh kuliahnya?”

statistka itu adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merencanakan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menginterpretasi, bahkan meramalkan suatu data. Wah udah kayak peramal aja ya… hehe. “Lantas apa bedanya statistika dan statistik?” “Lho, lho bukannya sama ya?” Jadi ada perbedaannya nih intipers. Statistika itu merupakan ilmu yang berkenan dengan data, sedangkan statistik itu datanya.

“Lantas kelebihan kuliah di jurusan statistika itu apa? Soalnya kan banyak nih orang yang mengatakan ‘pasti pusing tuh di jurusan statistika, ngitung mulu, rumus mulu..’ benarkah itu?”

Waduh.. kok kelihatannya jadi serem ya.. haha.. ah enggak kok. Statistika itu asik banget, memang benar ada rumus dan perhitungannya. Namun, tidak serumit yang dibayangkan orang-orang dan di statistika sendiri lebih mempelajari penerapan suatu metode untuk menganalisis data. Nah, dalam menganalisis tersebut menggunakan software khusus dan komplit banget pake telur, sayur, plus daging. (Yah jadi martabak telur donk, bikin laper kan haha). Pokoknya komplit deh… mulai dari SPSS, Minitab, SAS, Lisrel, Stata, Eviews, Amos, R, dan Matlab. Banyak kan? Dan penggunaannya pun sangat mudah. Bahkan kita bisa membuat suatu program sendiri di software R dan Matlab. Wiih keren tuh? 😀

 

“Trus, udah itu aja?”

Eiiits nggak cuman itu lho kelebihan kuliah di statistik,… kelebihan lainnya sebagai statistician mampu merubah suatu fenomena alam atau fakta menjadi suatu data yang kemudian diolah, dianalisis hingga didapatkan suatu informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan, kemajuan, dan keadaan masa depan. Mau contohnya? Oke saya kasih nih ya, seperti data penjualan barang yang diolah dan disajikan untuk mengambil keputusan lanjut produksi atau tidak, and then bisa meramalkan jumlah pengunjung suatu wisata diperiode berikutnya, pengendalian mutu dan kelayakan produksi, mengetahui hubungan frekuensi petir dengan curah hujan, faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan laba rugi perusahaan, menentukan obat mana yang lebih efektif, mengatur suatu pelayanan agar tidak menimbulkan antrian yang panjang dan tidak efektif,   pengaturan database perusahaan dan lain-lain. Hmm hebat dan sangat berguna sekali kan?

Nah begitu luasnya pembelajaran statistika, maka statistika di UNDIP yang awalnya dibagi menjadi dua bidang SKA (Statistika Keuangan dan Aktuaria) dan SBI (Statistika Bisnis dan Industri), kini pada kurikulum 2017 telah diubah menjadi 4 bidang yaitu

  1. Ekonomika dan Bisnis,
  2. Industri
  3. Komputasi
  4. Sosial dan pemerintahan

Jadi makin seru lho… yuhuuu

“Kalau untuk Octa sendiri, mata kuliah apa yang menjadi favorit?”

Dari beragamnya ilmu statistika, saya suka semuanya.. tapi ada tiga nih mata kuliah yang menjadi favorit saya, yaitu analisis data, analisis finansial dan komputasi statistika lanjut. Kenapa nih? Hayoo kenapa ya… hehe. Oke saya jelaskan, karena didalam analisis data mengajarkan cara mengatasi data pencilan yang mempengaruhi hasil dari interpretasi. Dikehidupan kita ini kan kalau menemukan data yang sukanya lari sendiri dari teman-teman lainnya suka bingung kan ya, gimana analisisnya… nah, dengan adanya mata kuliah analisis data kan jadi lega tuh, pencilan teratasi dan lancar jaya mau menganalisisnya. Kemudian untuk analisis finansial, mengajarkan pengelolaan keuangan di bank dan perusahaan jadi bisa memaksimalkan keuntungan. Sedangkan untuk komputasi statistika lanjut, mengajarkan pembuatan program dengan tampilan yang diinginkan sendiri. Dari komputasi statistika lanjut ini awalnya ngeluh gitu kalau di kasih dosen tugas buat program pakai GUI matlab, tapi sejujurnya sangat menyenangkan dalam prosesnya dan pasti akan loncat-loncat kegirangan kalau success , trus programnya di main-in sendiri, klik sana-sini, datanya diubah-ubah terus haha..

Organisasi SC (Statistics Center)

“Lalu bagaimana mengenai kegiatan dan tugas lapangan statistika?” Di statistika UNDIP terdapat organisasi SC (Statistics Center) nih yang siap membantu siapapun untuk konsultasi data dan menganalisis data,  ada pula organisasi BIOSS (Biro Olahraga dan Seni Statistika) yang selalu membina minat dan bakat mahasiswa statistika dalam bidang olahraga dan seni. Kemudian ada Nuansa (Naungan Ukhuwah Iman dan Islam Statistika) sebagai sarana pengembangan kerohanian islam bagi mahasiswa Statistika. Selain itu, juga sering diadakan Kunjungan Instansi, lomba-lomba statistika, dokter data, pelatihan software,  beasiswa Ikalista, dan seminar nasional dengan pembicara yang expert. Kalau tugas lapangan di statistika itu ada survey untuk penelitian ,PKL (Praktik Kerja Lapangan) dan KKL (Kuliah Kerja Lapangan).

Kunjungan Instansi Yogyatourium

Kegiatan dan tugas lapangan tersebut mengembangkan kemampuan para calon statistician untuk mengatasi permasalahan perusahaan dan implementasi statistika di dunia kerja. Oh ya sssttt… sebenarnya kegiatan dan tugas lapangan itu bisa sambil hang out dan refreshing mata tapi meningkatkan ilmu juga lho.. haha… Seperti waktu KKL, kami berkunjung ke PT.BEI Surabaya, disana kami diajarkan cara menanamkan modal saham oleh mas ganteng. Kemudian di PT. Yakult Mojokerto penjelasan tentang quality control dan mutu produksi yakult mas-nya ganteng juga. Di AirNav Indonesia Bali , dijelaskan mengenai sistem penerbangan bersama masnya yang lebih ganteng haha. Seru deh pokoknya… juga dapet bonus banyak…

“Nah kalau lulusan statistika kerja nya bisa dimana nih?” ah, kalau itu jangan ditanya. Karena statistika itu selalu hadir di segala bidang.. (rajin ya’ presensinya nggak pernah bolong haha). Jadi dimanapun bisa kok kerjanya, terutama di lembaga pemerintah, perbankan dan investasi, riset dan pengembangan serta perusahaan swasta. Bahkan jadi dosen juga bisa pake bangeetss.. yeeey..

Gimana nih intipers? Pasti tertarik kan ya kuliah di statistika? Nggak takut lagi kan dengan ancaman rumus yang sebenarnya sangat easy going itu? Disini kita bisa membaca dan mengartikan data lho…bahkan dosen-dosen disini dengan senang hati membantu proses pembelajaran, penelitian, pencarian referensi yang tepat.  Jadi jangan ragu ya… “Let’s be a part of data!, Agent of the change!”

Oh ya kalau ada pertanyaan, tuliskan di kolom komentar ya… hehe, sampai jumpa intipers’ semoga bermanfaat ya J


Tentang Penulis:

Octadini Rahma Dica

Mahasiswa angkatan 2014 jurusan statistika UNDIP, Hobi: renang, membaca buku, mendengarkan musik, pecinta binatang terutama si “meong” , nonton drama korea yang bikin baper haha… saat ini sedang berjuang dengan skripsinya.

Instagram: octadini_21

Twitter: @octa_b2uty

Kode Konten: X284

155 thoughts on “Statistika Undip (Octa)”

    1. klo menurut aku ya,.. masalah akreditasi itu tidak begitu berpengaruh untuk dunia kerja. yang berpengaruh adalah hard dan soft skill kita. setidaknya kita harus punya nilai plus plus dalam diri kita untuk menghadapi persaingan kerja.

  1. kak mau tanya. aku baru tau ternyata statistika undip buat saintek, sedangkan aku sma IPS. kakak dulu sma jurusan apa? anak ips gabisa ya milih statistika buat prodi pilihan di snmptn?

    1. Aku dulu jurusan IPA hehe. Bisa tidaknya IPS masuk statistika itu tergantung dr univ nya. Klo di undip sendiri memang aku belum nemuin anak IPS masuk statistika. Cuman kan sekarang udh ada yang namanya lintas jurusan kan, dan disitu sepertinya ada beberapa kebijakan yang diterapkan mengenai lintas jurusan. Nah saranku sndr tuh mending klo snmptn sejalur aja dengan jurusanmu. Tapi kalau pengen masuk statistika undip alternatif yg bisa aku sarankan lewat sbmptn atau um. Jujur aja menurutku statistika itu penguatannya bukan di IPA apa IPS nya. Tapi lebih ke matematika dan pemahaman analisis data nya.

  2. kak mau tanya nilai rata” temen kakak yang bisa masuk statistika undip itu minimal berapa ? yg lewat snm berapa dan yg lewat sbm berapa? mksih kak

    1. Klo nilai rata rata aku kurang bgtu tau soalnya kan ngga mungkin aku nanya satu satu hehe . Tapi kyknya nilainya 8 nan gtu hehe… Yg penting nilainya tuh ngga turun terlalu jauh aja hehe. Trus klo pas angkatanku kan angkatan paling dikit nih jumlahnya jadi ada skitar 37 yg snmptn, 17 um dan 13 smptn. Klo angkatan yang barusan ini banyak kok ada 100 an lebih hehe…

    1. Rata rata aman aku ngga bisa pastiin dek. Kan itu kebijakan univ sndr hehe. Tapi paling ngga ya 8 keatas gtu hehe

  3. Kak kalau snmptn pilihan pertama statstika undip peluang diterima ada tdk? Sedangkan belum ada alumni sma yg masuk jurusan itu. Makasih

  4. kak, mau nanya dong, statistika itu kita mesti jago komputer ga sih ? Trs kalo yg ga ada basic sama sekali mengenai software & segala macemnya itu gmn ya ?

    1. Ngga perlu jago komputer kayak anak TI kok. Tenang aja sist pasti diajari kok semuanya tentang softwarenya.. Nanti ada kegiatan praktikum kok dan sering juga kuliah di lab gitu diajarin bikin syntax.. Pokoknya pasti diajarin dari awal banget sampai kita bisa berkembang sendiri..

    1. Iya aku snmptn. Untuk nilai aku gk bisa mastiin berapa nilainya buat diterima tapi klo mnurutku sendiri 8 keatas dan nilainya ngga turun itu punya peluang yang aman lah buat diterima hehe

    1. Walaikumsalam… Untuk praktik engga bayar kok… Klo kkl bayar sendiri sesuai kesepakatan angkatanmu nanti dan besar biayanya disesuaikan angkatanmu mau kemana kkl nya…. Lagi pula kkl tuh skalian piknik hehe…

    1. Klo persemester aku juga mau wkwkwk.
      Kurang tau aku klo kehidupan bidikmisi. Cuman klo info info mengenai bidikmisi bisa diikuti kok OA fsm undip, himasta, bem undip dll… Hehe ntar ada bnyak info kok disitu

    1. Statistika itu sndr ntar ada mata kuliah yg menyangkut aktuaria kok.. Bahkan bidngku statistika keuangan dan aktuaria hehe

    1. Klo pesantren sejauh yg kutau engga ada. Untuk pergaulannya sendiri pastinya macem macem hehe.. Cuman yang aku rasakan sih oke oke aja, baik, trus kompetisi untuk bersaing secara sehat juga ada, kerjasama oke, mahasiswanya pada aktif aktif.. Hehe nah tinggal dari diri kita sendiri mau terjun ke pergaulan yang seperti apa.. Hehe..

  5. Kak mau tanya boleh? Kira2 kalo snm statistika ditaruh dipilihan kedua dengan nilaj yg gak begitu tinggi banyak peluangnya nggak kak.
    Terus kira2 nilai yg dipertimbangkan buat lolos ke statistika itu mapel apa aja?

    1. Optimis aja dek hehe… Soalnya di statsitik pun bnyak juga yang dr pilihan kedua. Mungkin matematika nya hehe.. Mangats!!

    1. Engga sih. Tp sejauh yg ku tau bhs inggris bener bener perlu apalagi buat cr kerja. Jadi mau ngga mau kita harus menguasai bhs inggris.. Hehe

  6. kak mau tanya dong, statistika kan berhubungan sama matematika tuh.nah kalo misalkan aku tuh suka matematika tapi ga terlalu bisa banget.itu gimana kak?

    1. yang penting rajin dan mau usaha aja. pasti bisa kok… klo ada yang kesulitan tanya aja dek sama dosen. dosennya terbuka kok bagi siapapun yang mau nanya materi statistika. dengerin klo dijelasin dosen itu kunci utama juga biar u mudeng hehe…

    1. waaw… selamat yaa.. welcome to be statistician uooo.. selamat berkecimpung dalam data yeaah.. jgn gampang menyerah, nikmati semua prosesnya dan tetap semangat..!!
      oh ya pakai nya line aja ya soalnya wa terlalu privasi hehe maapkan daku.. ig mu juga udah aku follback

  7. Assalamualaikum kak…
    Mau nanya nih kalo kita mau ikutan um undip statistika itu kan tes nya ada macem macem tuh nilai pelajaran apa ya yang bisa membantu banyak untuk peluang masuk ke statistika

    1. statistika ada sangkut pautnya dengan matematika. kemungkinan besar matematika yg jd acuan buat test msuk statistika. tp bisa jadi klo test itu memang di cari yg nilainya tinggi tinggi. misal si A dan si B. nah si A dan B mau masuk statistika. nilai si A itu rata rata bagus misal 8 semua di test nya itu. tp si B itu matematika lebih tinggi dari si A hanya saja matkul lain kalah dr si A dan rata-rata nilainya lebih dikit dr si A. bisa jadi yg diterima si A. gtu jd saranku usaha aja buat memaksimalkan nilai testmu apapun matkulnya dan berdoa.

  8. Ka kalo mau masuk statistika apa aja si yang harus di pelajari?dan tips nya dong biar masuk snmptn undip?

    1. Logika statistiknya, matematika, terutama bagian penurunan rumus dll, pengetahuan komputernya juga hrus Bagus, minimal ngerti operasional komputer, hehe. Klo tips buat masuk snmptn tingkatkan nilai math, trus hindari jurusan yg di apply ama banyak temenmu yg pnya nilai diatas u.. Gtu aja aku taunya soalnya aku juga kurnag ngerti penilaian lolos snmptn itu gmn hehe

  9. Emng kakak kerja ny dimana ?? Klo mw ngasih line mndingn gk usah kak.. soalny aq gk puny line. Aq pingin ny no WA kkak..

    1. Di…. Wkwkkwkw pokoknya di suatu lembg keuangan tingkat prov jateng dan bidangku di analisis data. Maap shay klo no wa agak privasi buat umum wkwkwk emailku ini ya octadini21@gmail.com u kirim pesan ke aku lewat emailku ya ntar ku ksh no wa ku..

    1. aku kurang tau dek masalah peluang lolos engganya.. soalnya itu kebijakan kampus masing2. cuman klo nilai raportku emang matematika yang paling tinggi..

    1. Terserah u shay.. pilihan utamamu di mana gitu.. kloa ku dulu asli pengen statistik makanya aku kasih di pertama… hehe

  10. Kak mau tanya lulusan statistika undip itu kebanyakan kerja dimana ya? Trus kan akreditasinya masih B, la itu berpengaruh gak?

    1. Bisa pns bisa bumn/bums … dimana pun bisa shay… soalnya semua bidang membutuhkan statistik… tinggal dr diri kita sendiri aja shay mau usaha pa gak nya.. trus msalah akreditasi B itu klo buat cr kerja ngga ada pengaruhnya kok.. kecuali untuk saat ini di pns ada pengaruhnya sdikit.. hanya bisa jalur umum.. soalnya klo jalur cumlaude.. univ hrus A, jurusan hrus A, dan ipk nya harus cumlaude. Tp tenang aja bentar lagi be heading for A kok.. msh on proses reakreditasi 🙂

    1. Iya perlu banget kemampuan khusus.. kemampuan bersemangat,bersungguh sungguh, rajin belajar, rajin nanya nanya, rajin berdoa dan klo udah expert bolehlah berbagi ilmu dengan yg lain 😊…

  11. Kak, mau nanya dong. Klo anak smk bisa gk keterima di jalur snmptn?
    Trus di undip bnyak gk anak smk yg keterima disana?
    Terima kasih.

  12. Sepertinya bisa ya.. dicoba aja bro.. ngga ada salahnya mencoba.. klo diundip banyaknya anak smk keterima di sana aku kurang tau sebanyak apa ya soalnya kan bgtu udh keterima di undip yadah kita jd anak undip. Jd jarang yg menanyakan asal dr sma apa smk dll.. tp aku mikirnya pasti bnyk juga kok.. dari papua, dr luar negri juga ada bnyak kok.. jd tetep optimis ajalah

    1. Klo u mau jd aktuaris dan bener bener fokus ama disitu pilih aja aktuaria.. klo u pengen jd aktuaris tp pengen juga kenal ama metode2 statistika lain ya pilih statistika. Statistika itu lbih bnyak variasinya. Di statistika ada juga bagian aktuaria. Jd anak statistika bisa jd anak aktuaria. Tp semua kembali lagi ke kamu nya.. mau pilih mana, mantapkan dulu

  13. Kak, kalo misalkan nilai matematika itu turun hampir 6 angka itu bakalan mempengaruhi ga sih di snmptn?
    Terus, Suka duka di jurusan ilmu statistik itu apa kak?

    1. Sesungguhnya aku ngga tau tentang penilaian snmptn hehe.. hanya pas aku SMA dulu sejak kelas 1 SMA aku udh diarahkan guruku “nilainya hrus naik atau stabil klo turun ya dikit aja jgn anjlok banget” gitu hehe. Sukanya di statistik itu matkulnya kek challenge gitu susah buat berhenti klo kita blm nemu2 jwbnnya.. jd kyk semangat terus buat nyelesaiin problemnya.. seru pokoknya…trus klo stat undip dosen2 nya asik sih.. diajak kerjasama, beliau2 welcome banget. Duka nya sih klo aku dulu pas awal.banget masuk stat.. smpe nangis deh karna mikirnya susah banget.. mungkn blm adaptasi kali ya pas itu..Tp ternyata seiring wktu jadi malah suka banget dan bahkan pengen lanjut s2

    1. Alhamdulillah Aku udh kerja sis/bro.. tp dr dulu aku pengen jd pns hehe… bismillah semoga periode ini rezekiku.. aaamiin.. minta doanya ya hehe.. aku suka banget pekerjaan yg berhubungan ama statistik yg datanya itu real gitu hehe. Prospek kerja statistik banyak sih bisa jd konsultan, bumn, bums, pns, dosen, asuransi… dll

  14. Kaka mau nanya
    Di statistika bakalan banyak matematika dasarnya ga kak ?
    Soalnya aku sukanya statistikanya aja hehe tapi yang lainnya kurang suka

    1. Wah pasti ada donk dasar mat kyk integral (smpe lapis 3) ada turunan (parsial juga ada) trus hrus ngerti grafik fungsi, ada juga limit fungsi, fs gamma, distribusi2 dll… soalnya dasar itu nanti jadi dasarnya analisis data. Jgn khawatir.. gk susah kok asal mau berjuang pasti easy going

    1. Ini msh di baznas jateng.. tp februari ntar pindah soalnya alhamdulillah aku keterima pns. Klo di baznas bag. Analis data dan administrasi, klo di pns ntar jd pnyusun bhn data

  15. yang sudah keterima sn statistika undip bisa liat rata rata rapotnya gak ya untuk referensi nilai? ato ada kontak line biar bisa kuhubungi,soalnya pingin nanya nanya lagian hehehe

  16. assalamualikum kak aku kan udah baca commen dari atas sampek bawah kan rata rata masuk ke snmptn statistika itu kan 8 berarti kalau 81,35 bisa apa gak?

    1. Jgn mematok brp nilai yg bisa masuk snmptn gaes.. aku bilang 8 itu hanya memberikan pendapat klo 8 itu angka aman nya lah.. tp blm pasti klo 8 itu lolos.. jadi gini… maaf sebelumnya. Aku kurang tau brp nilai minimal lolos snmptn. Karna semua kebijakan universitas ya.. klo mnurut aku sndr sepertinya penilaiannya dr peringkat.. misal yg dibutuhkan 10 orng… nah maka yg lolos snmptn yg nilai rapornya 10 peringkat teratas.. jadi iti tergantung sberapa besar nilai sainganmu bgtu.. klo SMA ku dulu mengarahkan jgn daftar di jurusan yg sekiranya temen sekelas/sesekolahmu yg nilainya diatasmu daftar situ.. minimal kurangi saingan di lingkup sekolah dulu.. pokoknya cr yg peluangnya bnyk.. oke hehe gitu sih.. good luck ya

  17. Kk mau nanya dong, apakah di prodi statistika ada matkul kimia dan biologi? Karna saya tidak suka kimia dan biologi, tapi saya suka mtk dan fisika maka dri itu saya memilih statistika

    1. Engga kok. Klo ada praktikum pasti di lab komputer. Tp klo laptop memang apa ya.. ngga wajib pnya tp bakal kesulitan klo mau garap tugas.. karna kita serba laptop terus hehe

  18. assalamualaikum kak, mau tanya
    kakak dulu daftar snm pilihan setelah stat undip pilih mana? terus pendaftar sama yang diterima perbandingannya berapa kak? terimakasih🙏🙏

    1. Dulu aku stat undip itu pilihan eprtama. Pilihan keduanya teknik kimia hehe.. trus untuk perbandingannya jujur aku kurang tau sist.. soalnya dulu aku gk smpe mikir brp yg diterima wkwkwkwk.. tp di stat undip angkatanku yg diterima 77. Klo untuk angkatan skrang maybe 100 an

  19. assalamualaikum kak, maaf mengganggu waktunya. mohon ijin mau tanya
    kakak dulu daftar snm pilihan setelah stat undip pilih mana? terus pendaftar sama yang diterima perbandingannya berapa kak? terimakasih🙏🙏

  20. Kalau daftar jurusan statistik di pilihan pertama. Pilihan keduanya apa ya kak yg cocok?
    Biar peluang bisa ketrima di SNMPTN

    1. Yg agak lbh rendah dr statistik sist… terserah mau apa.. tp dulu aku pil ke 2 teknik kimia wkwkkw yg lbh tinggi malah dr statistik wkwkwk ada temenku yg pil 1 statistik keduanya matematika.. ada juga yg pilihan keduanya peternakan atau prtanian.. macem2

  21. Mau nanya nih kk, aku ga pinter” banget gitu inggrisnya, tapi bahasa inggris juga penting, ada ga kk dosen yg ngasih materi menggunakan bahasa inggris?

    1. Dosen ngajarinya pakr bhs indonesia. Tpi perlu u ketahui ya dunia kerja bhs inggris sngat dibutuhkan.. dunia kerja hrus lancar bhs inggris dan toefl hrus 500 keatas.. bahkan buat lulus di kuliah toefl hrus 450 keatas

  22. Kk nilai rata” raport aku 89 akreditas sma aku A tapi aku takut ga lolos kk, pilihan pertama aku mau statistik undip, yg kedua unri perpajakan, menurut kkk gimana?

    1. Optimis aja bisa masuk. Soalnya aku jg gk.bisa mastiin… zaman pas aku dulu udh beda dr zaman sekarang.. cuman satu tips dr aku ya optimis aja.. Insya Allah bisa masuk..

  23. Kak prospek kerja statistika itu gimana? Apakah mungkin bisa kalah sama yg dari STIS atau enggak? Apa tergantung dari kira mau usaha apa enggaknya?

    1. Anak stis setauku ikatan dinas di bps hehe… untuk yg selain stis, bisa dimana aja sih.. bank indonesia bisa, bumn bums, pns bisa mau di bps, bkkbn, kementrian, kemenrisetdikti, dll bisa.. temen2ku bnyk yg lolos pns di bps.. dan yg jelas tergantung usaha kalian sndr… termasuk bhs inggris hrus ditingkatkan

  24. Kak aku mau tanya kira2 peluang diterimanya anak dari lulusan sekolah Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA di statistika? saya dari jawa timur mojokerto, kira2 letak wilayah juga diperhitungkan ngga?

    1. Kurang tau aku sist mslh peluang cmn ini kan akreditasi statistika sudah A… jd mungkin peminat lbh bnyk.. untuk mslh wilayah ngga diperhitungkan mungkin karna bnyk juga temenku dr sumatera..

  25. Kak katanya statistika undip akreditasinya udah A. Tapi kok aku liat di web undip akreditasi statistika B dan berlaku sampe 10/09/2019 ya kak??

    1. Kan udh re-akreditasi jadi A. Lagipula klo u masuk situ meski msh B ntar u pas lulus kan u udh A pakenya 😁 yg jelas udh re akreditasi jadi A

  26. Kak.. nilai rapor matematiku kan rata2 94. Tapi untuk Mapel fisikanya dari semester 2 sampai semester 5 turun sampai 10 digit. Kira2 peluangnya masuk statistik gimana kak?

    1. Statistika gk da kaitannya ama fisika sist hehe.. yg penting nilai mat mu stabil aja itu sepertinya udh aman.. sisanya tergantung peringkat u dgn sainganmu ntar

  27. Sayangnya, kemarin pas SNMPTN saya malah gajadi milih statistika kak, takut soalnya. Huhuu 🙁
    Kak, kalau statistika sama akuntansi hampir sama ngga ya kak?

    1. Beda nak.. akuntansi lbh ke keuangan. Statistik lebih ke data. Klopun bidang statistika keuangan itu ngga mempelajari lbh dalam tentang akuntansi.. paling yg dipelajari asuransi, manajemen resiko laba rugi nya, analisis finansial, dll

  28. Tapi akuntansi sama sama berhubungan sama matematika kan kak?
    Kalau ini, kan ada Statistik sama statistik terapan. Bedanya apa kak?

  29. Tapi akuntansi sama sama tentang Matematika kan kak?
    Kalau ini, kan ada ya statistika sama statistika terapan. Itu bedanya apa kak? Terus prospek kerjanya sama nggak?

  30. Tapi akuntansi sama sama tentang Matematika kan kak?
    Sama mau tanya kak, kan ada ya statistika sama statistika terapan. Itu bedanya apa kak? Terus prospek kerjanya sama nggak?

    1. Mungkin statistik yg lbh ke matematika drpada akuntansi..
      Statistik itu datanya, analisis nya. Klo statistik terapan itu gimana menganalisisnya dgn software statistik..
      Prospek kerjanya sama.

  31. assalamualaikum kak, kak alhamdulillah tahun ini aku llus snmptn statistika di brawijaya malang, aku udah add line kk, bles line ku dong kak hehehe pengen nanya” .. makasih kak

    1. Walaikumssalam, alhamdulillah… good luck ya.. btw u udh ku balesin blm ya wkwkkw aku lupa.. kok di line ku ngga ada ya.. apa tenggelam chatnya apa udh ku bales?

    1. Sebenarnya memang ada kaitan matematika dengan statistika, tp di sini klo udh masuk jurusan statistika ya bakal bahasnya all about statistika hehe,… metode2 analisis data, statistical thinking nya, logika analisisnya, membaca hasil output, membaca grafik distribusi, rumus2 nya, jenis data data, permasalahannya dan pemecahannya.. jd udh kyk no more matematika tp logika buat penurunan rumus masih mengandalkan matematika… klo mnurutku matematika ama statistika ada bedanya.. klo matematika nilai sekian itu ya sekian udh selesai. Klo statistika nilai sekian bisa jadi bnyk penjelasan.. bisa jadi penjelasannya bukan sekian tp mendekati sekian, trus kenapa bisa sekian, langkah apa yg hrus di lakukan biar ngga seperti itu, apa yg mempengaruhinya,, dll gtu hehe.. jd ntar nakal nemu hal2 baru di statistika

  32. Halo kak, mau nanya! Jadi kan aku maunya masuk jurusan statistika lewat jalur sn, nah nilai matematika ku tinggi2 semua, tpi buat mata pelajaran lain nilai ku standar aja. Gimanatuh peluang lulusnya?

    1. Mslh peluanh lulus dan tidaknya juga dilihat dr saingan mu ya hehe.. dan aku sejujurnya gk tau mslh peluang lolosnya karena semua itu kebijakan univ berdasarkan nilai saingan juga .. yg penting sih optimis aja lah ya bisa lolos.. amiin.. klo u nanya strategi.. strategi yg bisa aku ksh itu setidaknya minimalisisr sainganmi di lingkungan sekolah.. sebisa mungkin hindari ambil jurusan yg sama dengan tmenmu yg lbh tinggi nilainya drmu.. tp tdk menutup kemungkinan jg kmu bisa lolos bareng jurusannya ama yg diatasmu

  33. Kak, klo jalur snmptn itu seluruh mapel nilai hrus naik dan g turun jauh ya bwt msuk jurusan statistika? Atw cm mapel trtntu aja?

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *