Statistika UII (Gifa)

Halo teman-teman intipers! Sebelum cerita banyak, mending kita kenalan dulu. Kenalin nih, nama saya Gifa Delyani Nursyafitri. Biasanya dipanggil Gifa, tapi kalian boleh kok manggil saya apa aja. Saya berasal dari Sumbawa, NTB. Itu loh, daerah yang terkenal dengan kuda liar dan madu aslinya. Sekarang saya adalah salah satu mahasiswa prodi Statistika di Universitas Islam Indonesia (UII) angkatan 2016.

Yes, kalau kalian mikir Statistika itu adik-kakak dengan Matematika, itu bener banget. Jadi hampir semua matkul kita itu emang berhubungan dengan angka-angka. Awalnya Statistika itu merupakan salah satu penjurusan di Matematika. Kemudian Statistika mulai memisahkan diri dan jadi prodi, deh. Dan sampai sekarang pun, masih sedikit universitas negeri ataupun swasta yang menyediakan prodi ini.

Gimana nih reaksi temen-temen waktu pertama kali baca kalau saya dari prodi Statistika? Hitungan yang susah? Penarikan sampel? Atau mahasiswa yang freak?

Cerita dikit nih ya, setiap kali kenalan sama orang pasti bakalan ditanyain kuliah dimana, jurusannya apa. Dan waktu tau kalau jurusan saya itu Statistika, kebanyakan dari mereka langsung kaget, dan bilang, “Gila, itu mata kuliah yang bikin IP aku jadi rendah.”, atau “Kok kamu tahan sih tiap hari ketemu angka?”, bahkan ada yang ngomong gini, “Kamu kuliah di jurusan Statistika dan kamu masih baik-baik aja sampai hari ini? Kalau aku jadi kamu sih udah pindah jurusan dari lama.”.

400

Tenang teman-teman intipers. Statistika gak sesulit yang kalian bayangkan kok. Apalagi kalau kalian passion nya di hitungan bukan di hafalan. Nah setelah ini, Gifa akan jelasin gimana sih kuliah di prodi Statistika UII ini

Mata Kuliah

Well, kalau kalian mikir mata kuliahnya berbau angka, kalian tepat sekali (hehehe). Untuk semester awal itu kita cuma dapat dasar-dasarnya dari Statistika itu sendiri. Tapi tenang aja, itu masih gampang kok, soalnya masih berhubungan dengan pelajaran di SMA. Misalnya, Metode Statistika I (ini cuma ngulang pelajaran SMA), jadi kita cuma diajarin cari rata-rata, median, modus, hitung variansi, standar deviasi. Masih gampang deh pokoknya.

Nah, nanti di semester selanjutnya, udah mulai kerasa Statistika nya (hehehe). Salah satu matkulnya, Metode Statistika II. Dimana kita bakalan diajarin buat uji hipotesis agar bisa narik sebuah kesimpulan. Di Metode Statistika I, kita cuma dikenalin distribusi-distribusi yang ada. Jujur aja, dulu saya masih bingung, ngapain ada banyak-banyak distribusi kalau kegunaannya hampir mirip. Nah di uji hipotesis inilah kita bakalan ngerti fungsinya distribusi-distribusi yang ada. Jadi dari sekian banyak matkul yang ada, 2 matkul ini emang harus dikuasain banget. (Kalau kata dosen saya sih, ini ruh nya Statistika, hehe).

follow_intipjurusan_COMPRES

Ada juga matkul yang mewajibkan kita turun ke lapangan. Teknik Sampling misalnya. Di matkul ini, kita diajarin tuh caranya nyari sampel yang baik. Gimana caranya sebagian orang yang kita jadiin sampel itu dapat mewakili atau menjelaskan semua orang yang jadi anggota dari populasi itu sendiri. Jadi buat tugas lapangannya, kita bakalan wawancara atau ngasih kuisioner ke beberapa orang yang kita jadiin sampel. Nanti dari sampel itu kita bisa narik kesimpulan deh. Btw, ini matkul yang paling seru kalau menurut saya.

Eitss! Di prodi ini gak cuma ketemu sama matkul yang berbau hitungan kok. Di Statistika UII ini, kita bakalan dapat matkul yang berhubungan dengan agama di setiap semester ganjilnya. Sebenarnya ini bertujuan untuk mewujudkan visi dari UII sendiri, sih yaitu menciptakan insan ulil albab. Selain itu, disini juga bakalan ketemu matkul pokok dari prodi-prodi lain. Kita diajarin caranya coding, diajarin ilmu ekonomi, ilmu aktuaria, kesehatan, geologi, dan ilmu industri. Seru kan? Jadi gak bakalan bosan deh ada di jurusan ini

Konsentrasi

Buat kalian yang nanya, apa sih gunanya belajar ilmu lain yang terkesan bertolak belakang dengan Statistika sendiri? Jadi, itu sebenarnya bertujuan untuk mempermudah ketika kita telah memilih konsentrasi.

Di Statistika UII sendiri, untuk kurikulum baru ada 5 konsentrasi. Apa aja sih konsentrasi di prodi ini? Simak terus yaa, hehehe..

Sistem Manajemen Kebencanaan

Dari namanya aja, udah bisa kebayang kan di konsentrasi ini bakalan pelajari apa aja? Jadi konsentrasi ini adalah konsentrasi yang memfokuskan Statistika di bidang kebencanaan. Untuk matkul wajib dari konsentrasi ini, ada Penginderaan Jauh, Geo Statistika I, dan Geo Statistika II. Jadi semua ilmu yang berkaitan dengan bumi ini nanti bakalan dikaitkan dengan Statistika. Gimana? Kalian tertarik gak

Bisnis dan Sosial

Di konsentrasi ini kita bakalan sering ketemu sama ilmu ekonomi. Untuk matkul wajib dari konsentrasi ini sendiri ada Analisis Keputusan Bisnis, Econometrics for Business, serta Riset dan Strategi Pemasaran. Jadi jangan heran, kalau anak Statistika juga bisa kuasai ilmu yang dipelajari anak Ekonomi (Keren kan? hehehe)

Data Science

Nah, kalau yang ini konsentrasi baru di Statistika UII. Kalian tau Big Data kan? Konsentrasi ini erat banget kaitannya dengan Big Data. Disini bakalan diajarin coding dan juga cara mengolah data dalam jumlah yang sangat besar. Jadi konsentrasi ini kayak perpaduan ilmu Teknik Informatika dan Statistika. Untuk matkul pilihan wajibnya ada Teknologi Informasi dan Big Data, Business Intelligence dan Machine Learning, dan Data Visualisasi.

Aktuaria

Untuk konsentrasi ini, matkul pilihan wajibnya ada Asuransi Jiwa I, Asuransi Jiwa II, dan Asuransi Umum. Konsentrasi ini juga baru ada, loh. Jadi buat kalian yang tertarik untuk menjadi Aktuaris tapi ingin memiliki ilmu Statistika, kalian bisa milih konsentrasi ini.

Statistika Industri

Ini juga konsentrasi baru di Statistika UII. Di kurikulum sebelumnya, konsentrasi ini masih nyatu sama Bisnis dan Sosial. Untuk matkul pilihan wajibnya ada Metode Pengukuran Kerja, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, dan Manajemen Kualitas Terpadu.

Percaya deh, ada di jurusan ini gak bakalan bikin kalian bosen. Dengan adanya konsentrasi-konsentrasi di atas, menunjukkan bahwa Statistika dapat masuk ke banyak sektor.

Di Statistika Pasti Gak Ada Laporan?

Buat kalian nih yang nanya, tugas di Statistika apa aja? Jadi kebanyakan tugas di semester awal emang hitungan yang masih manual. Terus naik ke semester selanjutnya, tugasnya udah pake software.

Kalian yang mikir di Statistika gak ada laporan, kalian salah besar. Sama seperti prodi lainnya yang berhubungan dengan sains, di prodi ini juga setiap minggu ada praktikum. Bedanya kalau praktikum di Statistika sendiri gak pake jas lab (hehehe). Praktikumnya tentang apa sih? Sebenarnya praktikumnya gak jauh-jauh dari coding, pembuatan website, serta perhitungan Statistika dengan software. Dan tentu saja laporan tetap ada dan menjadi syarat untuk mengikuti praktikum, loh.

Mahasiswa yang Serius?

Kalian yang ngebayangin kalau anak Statistika itu serius, kacamataan tebel, kerjanya baca buku, kalian kayaknya harus mengubah mindset kalian, deh. Di Statistika UII sendiri ada UKM yang namanya TERAS (Keterampilan Statistika). Kalian yang punya bakat di bidang tari, musik, ataupun teater cocok banget buat gabung ke UKM ini.

Penampilan TERAS Tari di Ulang Tahun Ikatan Keluarga Statistika

Gak cuma hebat dalam urusan hitung mengitung peluang, kakak-kakak cantik ini juga hebat dalam seni menggerakkan tubuh, loh (hehehe). Nah selain itu, ada juga Study Club yaitu kegiatan belajar bareng menggunakan software-software Statistika.

Peluang Kerja

Untuk peluang kerja sendiri, Statistika hampir bisa masuk ke semua sektor kok (tenang aja hehehe). Dari konsentrasi sendiri kira-kira kalian bisa nebak gak ya? Untuk alumni sendiri kebanyakan kerja di BMKG, Aktuaris, Data Scientist, Data Analyst, bagian marketing riset di perusahaan ataupun stasitun televisi, dosen, PNS di Kementrian Keuangan dan Direktorat Pajak, pegawai bank, dan masih banyak lagi.


Tentang Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mahasiswa semester III Prodi Statistika – FMIPA UII. Hobi menulis namun juga mencintai hitungan. Mahasiswa yang tergabung dalam UKM Tari TERAS dan bercita-cita menjadi data scientist karena mecintai data dengan begitu dalam. Senja, pantai, dan ungu adalah kecintaan lainnya.

Ig : @gifadn 

fb : www.facebook.com/gifadelyani.nursyafitri 

blog : joenkkoenk.blogspot.com

Kode Konten: X248

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *