Manajemen Transportasi STIMLOG (Siti)

Assalamua’alaikum Wr. Wb. Hay Intipers! Nama aku Siti Azizah Fadhilah bisa dipanggil Azizah. Aku mahasiswa aktif dari jurusan Manajemen Transportasi Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) Indonesia angkatan 2014, jelasnya sih aku udah semester 6 kuliah di kampus yang lulusannya baru satu-satunya di Indonesia, gelar yang didapet yaitu Sarjana Logistik (S. Log). Masih banyak yang belum tau kampus aku dan banyak juga yang nanya mempelajari mata kuliah apa aja? Lulusannya nanti kerjanya di bagian apa? Letak kampusnya dimana?

Sebelum cerita tentang jurusan manajemen transportasi, aku pengen sedikit flashback jadi panitia Coaching Student Activity (CSA) biasanya sih di kampus lain itu namanya OSPEK dan dies natalis. Untuk ke dua kalinya aku jadi panitia rangkap jabatan yaitu divisi dokumentasi dan kesehatan, ko bisa jadi panitia rangkap jabatan? Yaiayalah bisa, secara kampus aja masih baru, otomatis mahasiswanya juga masih sedikit dibandingkan kampus besar lainnya haha. Sebenernya sih aku angkatan kedua yang jumlah mahasiswanya tiga kali lipat lebih banyak dari angkatan pertama. Tapi karena mayoritas mahasiswa di kampusku orang luar jawa jadi disaat liburan mereka lebih memilih untuk berlibur dikampung halaman, dibandingkan dikosan dan sibuk rapat persiapan CSA. Jadi mau ga mau hatrus nerima tawaran buat masuk di dua divisi sekaligus, walaupun sempet ada sedikit kurang percaya diri tapi saat waktunya tiba, semua berjalan lancar karena dijalani dengan enjoy.

Panitia CSA divisi kesehatan

 

Panitia CSA divisi dokumentasi 2015

Oiya di kampus aku juga mahasiswa wajib mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), waktu masih jadi maba (mahasiswa baru) ikut UKM pecinta alam, kegiatan pertama yang aku ikuti adalah naik gunung. Waktu itu naik Gunung Papandayan, Garut. Pengalaman pertama aku ikut acara berkemah dan itu sangat mengesankan guys, ngerasain yang namanya engga mandi berhari-hari, mau masak apinya mati terus karena udaranya dingin, pokonya mengesankan banget berkemah di Gunung Papandayan, Garut. Udah segini aja, nanti kalau diceritain semua kalian takut kepanjangan bacanya hehe.

Tapi semenjak semester tiga aku ganti UKM jadi anak olahraga gitu, yaitu futsal putri. Awalnya sih sempet kurang semangat karena yang ikut sedikitan dan pelatihnya temen angkatan sendiri yaitu Kiki sama Ganang, tapi semenjak ada maba angkatan 2015 dan 2016 anggota futsal putri nambah dan pelatihnya dari luar. Nama pelatihnya coach Zam-zam Aziz, beliau ganteng loh guys makanya anggota bertambah dan pada semnagat latihan haha.

UKM Futsal Putri STIMLOG

Manajemen Transportasi menurut aku sih jurusan tersantai, kalau di SMA sih sesantai anak IPS tapi pelajaran anak IPA 😀

Manajemen Transportasi itu jurusan yang mempelajari untuk merencanakan, mengoperasikan, mengendalikan, merancang dan  memperbaiki secara berkelanjutan sistem Transportasi. Mata kuliah yang paling aku seneng yang ada hitungannya sih Operational Reseach 2 (OR 2), perencanaan dan peramalan transportasi logistik, sama fleet management. Soalnya hitungan itu berasal dari komponen yang nyata, kaya komponen BOK (Biaya Operasional Kendaraan) langsung dan tidak langsung ini buat matkul kebijakan pentarifan dan fleet management. Ada tugas OR 2 yang paling aku seneng, karena tugasnya kita langsung turun ke lapangan yaitu naik angkot, lalu kita menghitung waktu yang digunakan (waktu kena lampu merah, waktu menunggu penumpang atau biasa disebut “ngetem” dan waktu lama perjalanan), biaya yang digunakan dan naik angkot dengan trayek yang berbeda namun tujuannya sama. Tujuannya adalah mencari rute terbaik dengan biaya yang lebih minim dan waktu yang lebih cepat. Kalau matkul yang isinya banyak materi dan sedikit menghafal yang aku suka sih Manajemen Sarana, Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Transportasi Logistik sama Dangerous Goods dan Material Handling. Aku seneng karena ujiannya sering openbook  haha, karena soalnya lebih banyak menganalisis permasalahan yang terjadi dan cara mengatasinya. Palingan yang engga bisa santai itu Tugas Besar (TB) kaya mini skripsi gitu, tapi tenang ko setiap ada TB selalu berkelompok. Biasanya sih kelompok TB itu 3-4 orang. Setelah TB beres kita harus mempresentasikannya depan dosen penguji atau biasa disebut mini sidang, karena dosen pengujinya cuma satu dan kita di dampingi oleh dosen pembimbing. TB itu bakalan ada kalau ada matkul praktikum, jadi engga setiap semester.

follow_intipjurusan_COMPRES

Semester 2 dan 4 itu ada kegiatan Kunjungan Industri (KI) tujuannya supaya kita tau kelak kerjaan kita, waktu angkatan aku KI semester 2 ke PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) dan KI semester 4 ke Gudang Cakung Pos Logistics dan GMF AeroAsia. Selang beberapa bulan dari KI bareng angkatan sendiri, aku diajak dosen wali KI bareng ade tingkat angkatan 2015 ke Pelindo II dan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) – IPC.

KI ke Gudang Cakung Pos Logistics

Dari kampus itu ada program Kerja Praktek (KP)/magang non-SKS dan SKS, magang non-SKS itu waktu magangnya bebas dan minimal satu bulan tapi biasanya mahasiswa/i milih magang non-SKS itu waktu libur semester 4 selama 3 bulan, kalau magang SKS waktunya ditentuin yaitu di semester 6 ini minimal selama 2 bulan dan membuat laporan KP dan ada mini sidangnya juga tapi buat kali ini engga berkelompok alias individu guys. Jadi disini kalian berlatih sebelum menghadapi skripsi dan sidang beneran ditingkat akhir. Tempat magang non-SKS aku di Jl. Soekarno Hatta yaitu Mail Procesing Center (MPC) Bandung, magang disana rame loh kita jadi tau mulai dari barang datang sampai ke bagian distribusi.

Magang non-¬SKS di MPC Bandung
KI ke IPC

Nah ini dia yang paling ditunggu, yaitu prospek kerja lulusan Manajemen Transportasi itu bisa jadi :

  • Manajer/supervisor Transportasi Import/export.
  • Manajer/supervisor Transportasi Freight Forwarding.
  • Manajer/supervisor Transportasi/Distribusi Darat, Laut dan Udara.
  • Manajer/supervisor Proyek Manajemen Rantai Pasok.
  • Manajer/supervisor Transportasi Internasional.
  • Akademisi

Jadi udah jelaskan prospeknya, jadi jangan mikir jurusan ini tuh lulusannya jadi supir, masinis, pilot, dll yah guys. Karena lulusannya baru ada akhir tahun 2017 dan udah dibutuhkan oleh banyak perusahaan, makanya ayo masuk sini guys. Oiya kampusku ada di Jl. Sari Asih No. 54, Sarijadi, Bandung tepatnya sih tetanggan sama Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Aku harap kalian tertarik masuk sini setelah baca artikel ini.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh.

Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

Kode Konten : X135

Siti Azizah Fadhilah

Aku adalah mahasiswa aktif semester enam, angkatan 2014. Aku kuliah di Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) Indonesia, jurusan Manajemen Trasportasi. Aktivitas sehari-hari kuliah dan lagi mempersiapkan Kerja Praktek (KP) dan ikut organisasi di kampus. Punya hobi photography.

9 thoughts on “Manajemen Transportasi STIMLOG (Siti)”

    1. sukanya Saat kunjungan industri dan memperkenalkan jurusan baru, dukanya masih banyak yg belum tau jurusan ini

    1. Masih Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) ko
      kek matkul Agama, Bahasa Indonesia, PKn, B. Inggris
      Setelah semester 3 baru mulai menjurus

Ayo tanya kak Siti disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *