Sistem Informasi Telkom University (Irfan)

Hallo intipers!

Ijinkan saya untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu, saya Irfan Hamdani, mahasiswa prodi Sistem Informasi Telkom University angkatan 2015.

Buat adik adik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi, memilih jurusan bukanlah hal yang mudah. Karena harus dipikirkan matang matang untuk kedepannya, jangan sampai salah tembak *ciaa salah tembak tuh*.  Salah satu tips memilih jurusan di Perguruan Tinggi adalah tahu terlebih dahulu jurusan itu. Jangan hanya dari nama jurusanya saja, tapi ketahui dengan detail apa saja yang akan dipelajari di jurusan tersebut. Seringkali, yang dipelajari di suatu jurusan tertentu ternyata tidak sesuai ekspektasi yang dibayangkan dari nama jurusan tersebut. Maka dari itu saya ingin sedikit berbagi cerita tentang jurusan yang sedang saya geluti. Semoga apa yang saya tuliskan disini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi adik-adik.

Sistem Informasi ?

Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata Sistem Informasi ? Mungkin kalian akan ambil per suku kata, Sistem itu kesatuan elemen. Informasi itu kumpulan pesan. Keduanya merupakan suatu kumpulan yang dihubungkan untuk mencapai suatu tujuan. Ya, kurang lebih seperti itu. Jadi, Sistem Informasi itu merupakan kombinasi dari teknologi informasi (IT) dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dapat dikatakan, lulusan dari jurusan Sistem Informasi ini akan menjembatani dunia IT dengan dunia bisnis.

 

Belajar nya apa aja ?

Pertanyaan yang ditunggu nih hehe. Jadi disini kita belajar banyak hal. Bisa dikatakan jurusan Sistem Informasi itu jurusan yang serakah, mata kuliah yang bagus-bagus di Teknik Industri diambil semua, mata kuliah di Jurusan Teknik Informatika yang bagus-bagus juga diambil semua, bahkan uniknya lagi mata kuliah jurusan Manajemen pun juga di ambil. Jadi pas awal masuk adik-adik (Mahasiswa baru) bakal belajar mata kuliah umum terlebih dahulu, seperti Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Lingkungan, Kewirausahaan dan pastinya akan ada mata kuliah Pengenalan Sistem Informasi. Ditingkat dua, barulah mulai menjurus ke mata kuliah umum jurusan, seperti Jaringan, Statistika, Pemograman, Proses Bisnis, Analisis Bisnis, dan Manajemen. Ditingkat tiga akan belajar lanjutan dari mata kuliah ditingkat dua, tetapi lebih fokus ke penjurusan/peminatan yang ada. Nah ditingkat akhir biasanya nanti akan fokus pada Kerja Praktik dan penyusunan TA (Tugas Akhir).

Praktikum ? Tentu kalian pasti akan melakukan praktikum. Di jurusan Sistem Informasi terdapat 5 lab, yaitu Dasar Pemrograman (DASPRO), Enterprise Application Development (EAD), Sistem operasi dan Jaringan komputer (SISJAR), Business Process Analysis & Design (BPAD) dan Enterprise Resource Planning (ERP). Di tahun ini ada lab baru juga loh, namanya IT-Governance (ITGRC). Ditingkat satu hanya ada satu praktikum Algorima pemrograman karena memang pada tingkat satu masih fokus di TPB (Tahap Pembelajaran Bersama) which is disini semua fakultas masih mendapatkan ilmu yang sama, maksudnya masih ilmu ilmu dasar yang di pelajari. Nah ditingkat dua sudah mulai mendapakan banyak praktikum ada praktikum Jaringan, Struktur data, Orientasi Objek Pemrograman, Basis Data, Analisis perancangan Sistem Informasi, Rekayasa Proses Bisnis, SAP, SCM dan ditingkat tiga mendapatkan praktikum Enterprise Architecture, Sistem Operasi, Web application development, HR, Keamanan Sistem, Mobile Application Android, Accounting, Service Management.

 

Foto Praktikum

(rasanya saya ingin berbagi foto praktikum, sayangnya tidak diijinkan untuk melakukan dokumentasi)

 

Tiga hari sebelum praktikum dimulai selalu ada yang namanya Tugas Pendahuluan (TP) dimana kalian dituntut untuk belajar dengan cara mengerjakan soal soal yang diberikan oleh asistant. Ketika hari h praktikum harus bener bener ngikutin aturan yang diberikan asistant, “celaka lah wahai kalian anak muda yang melanggar aturan lab” hahaha. Semisal kalian salah seragam kalian gak dibolehin masuk sama sekali ke dalam lab, harus ganti celana/baju terlebih dahulu sampe emang bener bener sesuai aturan. Duka di praktikum itu kita dikasih tugas dadakan banget dengan waktu yang mepet, apalagi tugas bukan cuma satu saja, ditambah lagi banyak aturannya tapi dibalik semua itu ada suka nya, kita bisa implementasiin teori teori yang didapat dari dosen, honestly, saya malah lebih dapet ilmunya di praktikum dibanding di kelas. Hehe

 

Mata kuliah yang berkesan ?

Semua mata kuliah sih sebenernya berkesan, rata rata hampir semua ada praktikumnya, sehingga kita bisa nerapin teori dengan praktikum. Yang membuat bedanya lagi kita praktikum itu bukan dengan dosen, melainkan dengan asistant laboratorium (FYI: asistant laboratorium  = mahasiswa).  Tapi buat saya pribadi mata kuliah yang paling berkesan itu mata kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak (Android) karena pada mata kuliah ini kita belajar bagaimana cara membuat sebuah aplikasi yang sudah lumrah umum semua orang pakai. Selain itu, kita bisa menerapkan teori yang didapat pada mata kuliah lainnya seperti bisnis, perancangan interaksi, pemrograman serta jaringan dalam mata kuliah ini.

Organisasi ?

Jangan tanya masalah organisasi ! haha. Di setiap jurusan pasti ada yang namanya organisasi, hal yang mutlak banget ada, itulah yang dinamakan Himpunan. Himpunan Mahasiwa Sistem Informasi (HMSI) merupakan salah satu wadah yang menghimpun mahasiswa sistem informasi. Banyak agenda yang dilakukan himpunan, salah satunya arak arakan wisudawan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan 3x setiap tahunnya.

(dokumentasi: HMSI)

Organisasi luar fakultas gimana kak banyak gak ? Waduduh yang ini jangan ditanya lagi, banyak banget organisasinya yang gak bisa kakak sebutin satu persatu. Yang pasti sih kakak dikampus ikut beberapa organisasinya hehe. Salah satunya kakak mengikuti Microsoft Virtual Team (MVT) ini merupakan kumpulan anak anak pecinta Microsoft yang bertugas mengajak teman teman lainnya menggunakan produk Microsoft, bisa dibilang kami menjadi team marketing nya Microsoft di kampus hehe.

(company visit Microsoft Indonesia, Jakarta)

Prospek Kerja kedepannya gimana ?

Nah, untuk yang satu ini tentunya akan menjadi topik utama yang adik adik cari, karena tujuan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi salah satunya untuk mempermudah prospek kerja kedepannya. As we know, lulusan jurusan Sistem Informasi akan mendapatkan gelar S.Kom. Untuk urusan kerja jangan khawatir, pada era teknologi seperti ini banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan jurusan Sistem Informasi. Terkhusus dibidang teknologi, teknologi itu akan terus berkembang dan tidak akan pernah dimakan waktu. Kita dididik ilmu Manajemen, Jaringan, Pemrograman, Analisis bisnis, Infrastructure security, dengan banyak ilmu yang didapat kita bisa menerapkan ilmu tersebut dimana saja, kita juga bisa menjadi developer startUp, bahkan bisa menjadi Chief Executive Officer ketika startUp telah berhasil dikembangkan. Beberapa jenis contoh pekerjaan yang telah alumni dapat antara lain Business Process Analyst PT Astra Graphia, IT Auditor PT Telkom Indonesia, SAP Consultant PT Tri Harfan Megah, Master Data Management PT. Mitra Gilang Bhakti, dll.


Tentang Penulis : Irfan Hamdani

Mahasiswa tingkat 3 Prodi Sistem Informasi – FRI Telkom University. Hobi Nonton, Musik, Travelling. Bulan Juni depan akan melaksanakan Program Kerja Praktik (internships) di PT. TELKOMSEL Regional Jabar Bandung.

    Twitter : @Irfanhamd_  |  Instagram: @Irfanhamd  |  Fb : facebook.com/irfanhamd

Kode Konten: X331

1 thought on “Sistem Informasi Telkom University (Irfan)”

  1. Terimaksih kak informasinya, mengenasi fakultas Sistem informasi sangat bermanfaat..
    yang saya mau tanyakn…mengenai pembelajarn di sistem informasi..kebanyakan ada matematikanya gak ka..??

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *