Seni Karawitan ISBI Bandung (Ayu)

Hallo! Perkenalkan nama saya Ayu Diah Nur’azizah biasa dipanggil Ayu, Ayudiah, atau apapun lah, hehe.  Saya mahasiswa tingkat 3 di Fakultas Seni Pertunjukan Jurusan Seni Karawitan ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) Bandung. Mungkin dulu kalian mengenalnya dengan nama KORI (Konservatori Tari), ASTI (Akademi Seni Tari Indonesia), STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia). Dan 2014 silam saya diterima sebagai mahasiswi STSI Bandung. Bingung kan ganti-ganti nama? Haha. Tapi sekarang sih udah fix jadi ISBI Bandung.

Hmm.. Mungkin kalian masih asing dengan jurusan ini, karena memang di Bandung sendiri hanya di ISBI saja yang di dalamnya terdapat jurusan Seni Karawitan. Berbicara soal seni pun, pasti masyarakat beranggapan, “mau jadi apa kuliah di jurusan seni?”  Bukan begitu? Hehe… Mungkin mereka berpikiran bahwa kuliah di jurusan seni itu cuma main-main, cuma menyalurkan hobby dan bakat. Dan…..tetot! Kalian salah besar, hehe.

Sebelum berbicara lebih jauh bagaimana sih kuliah di jurusan Seni Karawitan itu? Nih, aku kasih pencerahan ya, Seni Karawitan adalah seni suara daerah, baik vokal atau instumental yang mempunyai perkembangan dari daerahnya itu sendiri. Jadi seni karawitan itu musik juga, cuma bedanya kita lebih banyak belajar tentang musik tradisi khususnya musik di Jawa Barat. Tapi gak cuma musik tradisi Jawa Barat loh yang kita pelajari, kita juga belajar memainkan Gamelan Bali, Gamelan Jawa, dan Gamelan Minang.

Seperti saya sebutkan tadi, banyak yang bertanya-tanya, “nanti lulus kuliah mau jadi apa?”, “mau jadi seniman? Kenapa gak kursus atau masuk sanggar aja?” pertanyaan-pertanyaan itu pasti sudah tidak asing di telinga kami yang kuliah di Fakultas Seni Pertunjukan, terutama di Jurusan Seni Karawitan. Padahal lulusan seni karawitan gak cuma jadi seniman loh. Kita juga bisa bekerja di lembaga pendidikan, perusahaan, pemerintahan, dan masih banyak lagi. Dengan ilmu yang kita pelajari kita gak hanya dicetak menjadi seniman.

400

Memang apa aja sih yang dipelajari di jurusan seni karawitan? Banyak banget! Di awal perkuliahan kita lebih belajar praktis, seperti mengenal teknik-teknik memainkan alat musik tradisi, di antaranya: rebab, kacapi, suling, kendang, dan gambang. Kita juga mempelajari teknik vokal dalam lagu-lagu tradisi loh, khususnya lagu-lagu kawih Sunda, Tembang Sunda Cianjuran dan vokal kepesindenan. Dan yang pasti gak ketinggalan, kita diajarin teknik menabuh gamelan! Gak cuma diajarin main alat musik, kita juga belajar jadi antropolog musik karena di jurusan ini kita akan belajar etnomusikologi yang mengkaji tentang musik bangsa-bangsa. Terus, kita belajar jadi wirausahawan yang pastinya di bidang industri kreatif karena kita juga belajar manajemen produksi seni. Terus belajar jadi dramatur juga loh karena kita belajar dramaturgi yang biasanya dipelajari sama orang-orang teater.  Selain itu di jurusan karawitan ada mata kuliah estetika, organologi; mata kuliah yang mempelajari cara pembuatan alat musik, akustika; kita juga ngitung-ngitung kaya anak-anak exact hihi tapi kita lebih banyak ngitung frekuensi musik, ngitung-ngitung gimana cara membuat gedung pertunjukan yang memadai, kita juga belajar psikologi seni, sosiologi seni, lalu di kurikulum baru juga dimasukkan mata kuliah karawitan tari. Dan masih banyak lagi, kalau kalian mau tau, boleh kok kapan-kapan main ke kampus ISBI Bandung, kali aja nemu jodoh, hihi.

FYI, kita gak cuma mempelajari musik tradisi aja kok. Jangan khawatir buat kalian yang basicnya dari musik barat. Kita diajarin juga musik barat meskipun gak se-detail kita belajar musik tradisi. Dan alhamdulillah teman-teman kita di sini juga banyak yang basic musik baratnya mumpuni, kita bisa sharing karena ilmu gak cuma didapat di dalam kelas, bukan?

Kegiatan olah vokal sebelum mata kuliah vokal dimulai.

Seneng gak sih kuliah di karawitan? Jujur,  saya sendiri yang memang tidak memiliki basic di seni karawitan awalnya kesulitan untuk mengikuti teman-teman yang memang sudah mumpuni di bidang seni karawitan ini, tapi seiring berjalannya waktu saya bisa enjoy menjalani pendidikan di jurusan ini. Kenapa? Karena ilmu yang saya dapat tidak hanya dari dalam kelas seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Teman-teman yang humble dan lingkungan yang menyenangkan akan mudahkita temui di jurusan karawitan ISBI Bandung. Dan ilmu yang saya dapat pun tak hanya mengembangkan bakat dan hobby yang saya punya tapi juga ilmu-ilmu baru yang bisa menjadi bekal setelah kita lulus.

follow_intipjurusan_COMPRES

Terus tugasnya susah gak? Enggak sama sekali! Tugas kita cuma latihan, latihan dan latihan. Tapi selain itu kita juga tentunya menyusun makalah juga di beberapa mata kuliah. Tapi yang pasti kita lebih banyak praktikum dibanding belajar di kelas. Ohiya, di jurusan seni karawitan juga ada mata kuliah pilihan keahlian, di antaranya ada mata kuliah alat musik petik (kacapi), alat musik pukul (gambang), alat musik tepuk (kendang), alat musik tiup (suling dan tarompet), alat musik gesek (rebab), dan vokal. Jadi di semester 2 kita boleh memilih pilihan keahlian mana yang sesuai dengan bakat dan minat kita.

Dan kalau dibilang mata kuliah apa yang paling favorit. Kalau saya pribadi jujur aja paling suka mata kuliah gamelan bali dan vokal. Kita dituntut praktek langsung dan diajarin teknik-tekniknya. Walaupun gak dipungkiri semuanya juga menyenangkan karena ilmu yang disampaikan bermacam-macam.

Dan yang unik dalam penyajian tugas akhir di jurusan seni karawitan ini, kita tidak hanya bisa menulis skripsi untuk menyandang gelar sarjana seni. Kita juga bisa melakukan aransemen untuk penyajian kita di tugas akhir dan ada juga tugas akhir dengan minat penciptaan dimana kita bisa mengembangkan kemampuan kita untuk menciptakan sebuah karya seni musik yang dilandasi oleh kesenian tradisi.

Ujian Tugas Akhir Jurusan Karawitan minat utama penyajian kacapi Tembang Sunda Cianjuran

Nah, jadi buat kalian yang masih beranggapan kuliah seni itu Cuma menyalurkan bakat dan hobby aja, kalian salah besar! Banyak juga kan yang bisa kita dapetin dari kuliah di Jurusan Karawitan. Dan kita gak hanya dicetak buat jadi seniman atau musisi tapi juga profesi lain. Yang mau tanya-tanya soal seni karawitan boleh banget ditunggu komennya di bawah ya!

SemangArt terus dalam berkarya!

Kode Konten : X166

7 thoughts on “Seni Karawitan ISBI Bandung (Ayu)”

    1. Tahun 2014 peminatnya sekitar 500 orang dan hanya 50% yg dinyatakan berhak menjadi mahasiswa karawitan. Dan alhamdulillah setiap tahunnya mengalami peningkatan peminat, kak. 🙂

  1. punten teh mau tanya ? klo di jurusan Karawitan.. biasanya kuliahnya berapa jam/hari trus liburnya stiap hari apa ? hatur nuhun sateacanna..

  2. Kak mau bertanya, tapi bukan bertanya tentang jurusan karawitan sih, hehe
    Kalau misalkan masuk satu jurusan, seni rupa murni misalnya, tapi gak punya basic skill apa2, cman bisa menggambar kartun2 amatir gitu, kira-kira bisa gak masuk aja gitu Kak? Mohon jawab ya Kak, saya sedang dilema dan gaktau harus bertanya k siapa😅

Ayo tanya kak Ayu disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *