Sekolah Bisnis IPB (Fitri)

Hello, Intipers!

Apa kabar?

Untuk kamu yang saat ini tengah berada di penghujung masa putih abu, sudahkah kamu menentukan akan melanjutkan ke jurusan apa nantinya? Atau justru saat ini kamu sedang galau untuk menentukan jurusan yang kira-kira sesuai dengan passionmu dan dapat membawamu pada masa depan yang cerah? Keep calm guyss, gausah galau-galau lagi dalam menentukan jurusan terutama buat kamu yang punya jiwa wirausaha wajib banget intip jurusan yang satu ini. Yuk simak!

Eitsss,.. Sebelum lanjut kenalan jurusan, kita kenalan dulu yuk. Pepatah kan mengatakan “Tak kenal maka ta’aruf”. So, sebelum lanjut bahas jurusan izinkan saya mengenalkan diri saya terlebih dahulu. Perkenalkan saya Fitri Kinasih Husnul Khotimah biasa dipanggil Fitri (pasaran banget ya) tapi kalo di rumah sih dipanggilnya ina (gak nyambung ya? Tenang masih nyambung kok dari “kinasih” hehe). Saya mahasiswi semester 5 di Sekolah Bisnis IPB yang merupakan generasi pertama S1 Bisnis SB IPB, dan angkatan 52 IPB (Tahun masuk 2015).

Sebelumnya, sobat intipers sudah pernah mendengar kah info-info mengenai Sekolah Bisnis IPB (SB IPB) ? Sekalipun masih terbilang baru untuk program Sarjana (S1) Bisnisnya, namun program magister (S2) dan doktoral (S3) bisnisnya udah hitsss loh guyss! Kamu tahu mbak Kahiyang Ayu anaknya bapak Presiden RI (Bapak Jokowi) dan Mas Bobby Nasution yang tengah hits di media saat ini kan? Beliau juga mahasiswa SB IPB loh. Atau kamu mengenal mas Edi Baskoro (ibas) anaknya bapak presiden SBY ? Beliau juga mahasiswa aktif SB IPB. Kereen kan bisa sekampus sama orang-orang hebat? So, kalo kamu bener-bener pengen tahu seluk beluk SB IPB, yuk intip!

Program studi Bisnis Sekolah Bisnis IPB?

Program studi bisnis merupakan program sarjana yang berada di Sekolah Bisnis IPB (SB-IPB). Program studi  Sarjana Bisnis dirancang untuk merespon tuntutan bangsa dan pasar agar lahir para wirausahawan muda yang handal, yang mampu mengelola kekayaan sektor pertanian, kelautan dan bio-sains  tropika yang dimiliki oleh Indonesia secara profesional dan berkelanjutan.

In frame : Mahasiswa SB-1

Bedanya Sekolah Bisnis dengan Agribisnis?

Satu pertanyaan yang sering kali dilontarkan kebanyakan orang dan mungkin juga ada di benakmu. Sekolah Bisnis di bawah naungan Institut Pertanian Bogor yang memiliki basis pertanian, lalu apa bedanya dengan Agribisnis (AGB) ya yang udah lebih dulu ada di IPB?  Jelas berbeda dong guys! Sekalipun SB IPB dan Agribisnis sama-sama satu institusi di IPB, pastinya kita punya banyak perbedaan dong. Salah satunya adalah dari mata kuliah yang di pelajarinya. Mata kuliah yang dipelajari mahasiswa SB IPB dengan mahasiswa AGB jelas berbeda, jika pembelajaran mahasiswa SB IPB lebih menekankan aspek bisnis, model bisnis, marketing, akuntansi, kreativitas, inovasi, perilaku organisasi, simulasi dan daya saing dalam suatu bisnis baik dalam bidang pertanian maupun non-pertanian, maka pembelajaran mahasiswa AGB lebih menekankan pada aspek komoditi pertanian yang berdaya saing yang dapat dijadikan suatu bisnis namun kurang diperdalam pada bagian seluk beluk bisnisnya. Selain itu, di dalam metode pembelajarannya juga jelas berbeda. Jika metode pembelajaran di SB IPB lebih mengedepankan practical approach atau pendekatan praktis maka metode pembelajaran di AGB lebih banyak pada theoritical approach atau pendekatan teoritis. So, udah pahamkan apa bedanya SB IPB dengan AGB ?

follow_intipjurusan_COMPRES

 

Bedanya SB IPB dengan SBM ITB apa ya?

Nah, pertanyaan ini juga sering kali saya temui pada saat saya melakukan sosialisasi ke SMA-SMA. Wajar sih, pasti kamu juga bingung kan? Sama-sama sekolah bisnis, cuma beda P dan T doang di nama institutnya :D. Namun, tetep ada perbedaannya kok. Pertama, beda Institusi. Kedua, di SB IPB langsung menawarkan program studi S1 Bisnis sedangkan di SBM ITB yang ditawarkan adalah S1 Manajemen dan S1 Kewirausahaan. Ketiga, SB IPB memprioritaskan siswa SMA yang berasal dari rumpun IPA sedangkan SBM ITB memprioritaskan anak IPS. So, udah tau kan perbedaannya ? Kalau kamu tergolong orang-orang yang berniat murtad dari IPA (Kaya saya) lebih baik, kamu pilih SB IPB saja yang peluangnya lebih besar untuk kamu. Begitipun sebaliknya.

Apa yang dipelajari?

Lalu, apa saja ya yang dipelajari di program studi S1 Bisnis SB IPB? Waah banyak sekali. Mahasiswa SB IPB dibebani 144 SKS yang sudah diatur sedemikan rupa berupa sistem paket dimana semua mata kuliah bersifat mayor (wajib diambil) dan harus memenuhi prasyarat. Pada tingkat 1, seluruh mahasiswa S1 IPB termasuk S1 SB IPB diwajibkan mengikuti Program Persiapan Kompetensi Umum (PPKU) dan wajib tinggal di asrama yang sudah tersedia di dalam kampus IPB Dramaga. Nah, di tingkat 1 ini kamu akan belajar beradaptasi dan hidup dalam atmosfer miniatur Indonesia yang menjunjung tinggi kebhinekaan. Mata kuliah yang dipelajari di PPKU selama 2 semester adalah mata kuliah umum layakmya mata pelajaran yang ku pelajari di SMA. Disini kamu akan bertemu lagi dengan  Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, Sosiologi, Agama, Pancasila, Olahraga, bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kalkulus, Pengantar Ilmu Pertanian dan lain sebagainya.  Di semester kedua kamu bakal dapet 2 matakuliah interdep yang diberikan langsung dari departemen atau jurusan kamu looh, yakni entrepreneurial mindset dan Bisnis & Kewirausahaan. Di dua mata kuliah ini kamu bakal asah dan dipersiapkan banget untuk memiliki mindset menjadi seorang pebisnis.

In frame: Selfie after praktikum simulasi bisnis di Richeese Factory

Setelah melewati tahap adaptasi selama 1 tahun, saatnya kamu pindah ke departemen atau jurusan yang kamu tempuh di tahun ke dua (semester 3). Nah, di tahun kedua lah kamu bakal ngerasain hal-hal yang bener-bener jadi bidang studi kamu. Walaupun, di semester 3-4 ini kita masih belajar pondasi atau ilmu dasar untuk berbisnis. Mata kuliah yang dipelajari di semester 3 dan 4 adalah Makroekonomi Bisnis, Mikroekonomi Bisnis, Akuntansi Bisnis, Statistika Bisnis, Keuangan untuk Wirausaha, Marketing Inovatif, Bisnis Industri Berkelanjutan, Model bisnis, Kreativitas dan Inovasi Bisnis, Peluang Bisnis,  Pengembangan Sumber Daya Insani dan Hubungan Industrial, Manajemen Operasional & Logistik, Kepemimpinan & Perilaku Organisasi, dan Bisnis Global. Sedangkan pada semester 5 kamu mulai dihadapkan dengan mata kuliah yang memang ke depannya akan menjadi tools yang sangat membantu kamu dalam menjalankan bisnis, diantaranya : Daya Saing Bisnis Berkelanjutan, simulasi Bisnis, Sistem Informasi Bisnis, Bisnis Keluarga Perspektif Asia, Riset Bisnis, Komunikasi & Diplomasi Global dan Ceo forum & Leadership. Untuk semester 6-8 mohon saya belum bisa menjelaskan lebih detail karena belum melewati masa-masa itu. Yang pasti di semester 6-8 itu mata kuliah yang dipelajari semakin menjurus pada bisnis yang akan kamu tekuni, misalnya saja mata kuliah bisnis komprehensif 1 & 2, lalu matakuliah yang sesuai dengan pemilihan konsentrasi.  So, bagaimana dengan mata kuliah yang dipelajari di SB IPB? Keren-keren dan ketjeh badai banget kan sesuai dengan kebutuhan kids jaman now yang dituntut untuk berdayasaing dan serba digital. Selain mata kuliahnya yang kece badai, fasilitas dan ruang kelas di SB IPB juga oke bangett loh guys. Wajib cobain sih hehe.

CEO Simha Group : Momomilk, Mozza Bistro, cakekinian, and Foresthree

Mata Kuliah Paling Berkesan?

Sejauh ini, mata kuliah yang membuat saya sangat berkesan adalah mata kuliah CEO dan Leadership Forum. Mengapa? Sebab tiap kali berjumpa dengan mata kuliah CEO dan Leadership Forum, maka saya akan berjumpa pula dengan para CEO dan praktisi bisnis hebat yang sudah lebih dulu terjun di dunia bisnis. Dari kisah yang diceritakan para CEO mengenai perjalanann kesuksesan bisnisnya, saya belajar banyak dari pengalaman mereka. Orang pintar akan belajar dari pengalaman dirinya, namun orang cerdas akan belajar dari pengalaman dirinya dan pengalaman orang lain. Di kampus ini, saya bertemu banyak orang hebat dan mengerti arti sebuah networking yang begitu penting untuk kelanjutan bisnis.

Konsentrasi yang disediakan Jurusan?

S1 Bisnis SB IPB menyediakan 2 jenis konsentrasi yakni konsentrasi wirausaha (entrepreneur) dan konsentrasi konsultan bisnis atau lebih tepatnya dibilang corporatepreneur (intrapreneur).

Prospek Masa Depan?

Lulusan S1 bisnis SB IPB akan bergelar Sarjana Bisnis (S.Bns). Program S1 Bisnis ini akan menghasilkan seorang entrepreneur, yang tidak hanya handal dalam keahlian manajemen tapi juga memiliki mentalitas seorang entrepreneur. Peluang karir untuk lulusan Sarjana Bisnis antara lain menjadi entrepreneur yang mampu mendirikan perusahaan atau usaha sendiri, menempati posisi-posisi strategis dalam manajemen dan eksekutif di berbagai instansi atau perusahaan (intrapreneur), maupun menjadi konsultan bisnis yang handal. So, buat kamu yang tertarik buat masuk SB IPB, gausah takut gak akan memiliki masa depan yang cerah karena seseorang yang memiliki mindset entrepreneur dapat menghadapi segala tantangan djaman now. Kereen kan, guys? Iyalah, anak bisnis memang harus kereen. Hehe. See you in SB IPB, guys.


Tentang Penulis 

Fitri Kinasih Husnul Khotimah. Seorang mahasiswa semester 5 yang tersesat di jalan yang benar “Sekolah Bisnis IPB” sebagai anak sulung di Program Studi Bisnis SB IPB.  Keinginannya untuk menjadi statistikawan tereduksi oleh cita-cita barunya untuk menjadi seorang Entrepreneur. Menulis dan traveling merupakan dua hobi yang tak pernah bisa dipisahkan darinya. Untuk kenalan lebih lanjut, bisa dihubungi via website pribadi kinastrory.wordpress.com, besoksenin.co instagram/twitter/ask.fm : fitri_kinasih dan Facebook/linkedin : Fitri Kinasih Husnul Khotimah

Kode Konten: X243

2 thoughts on “Sekolah Bisnis IPB (Fitri)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *