Sastra Rusia Unpad (Rifqi)

Hai intipers! Perkenalkan nama saya Muhammad Rifqi Ibrahim. Saya adalah mahasiswa Sastra Rusia Unpad angkatan 2013. Dalam tulisan ini, saya akan sedikit mengulas pengalaman saya dan memberitahu hal-hal apa saja yang wajib diketahui dari prodi Sastra Rusia, khususnya Sastra Rusia Unpad. Langsung kita mulai saja yuk! (kuyyy!!!)

Tak kenal maka ta’aruf, eh tak sayang maksudnya. Sebelum saya masuk kepembahasan utama, saya akan sedikit menjelaskan tentang sejarah Prodi Sastra Rusia Unpad. Prodi Sastra Rusia Unpad merupakan salah prodi di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. Prodi Sastra Rusia Unpad mulai dikembangkan pada tahun 1962. Namun pada tahun 1980, Prodi Sastra Rusia berganti nama menjadi Prodi Sastra Slavia karena pada saat itu kata “Rusia” cukup sensitif di Indonesia. Kata Slavia sendiri diambil dari nama suku bangsa di daerah Eropa Timur dan Rusia merupakan salah satu bagiannya. Itulah alasan mengapa Prodi Sastra Rusia berganti nama menjadi Prodi Sastra Slavia, karena kata Slavia cakupannya lebih luas dengan harapan bisa diterima oleh masyarakat Indonesia pada saat itu. Kemudian pada tahun 1998 yaitu setelah era reformasi, Prodi Sastra Slavia namanya diubah kembali menjadi Sastra Rusia Unpad.

Saya masuk ke Prodi Sastra Rusia Unpad pada tahun 2013 lewat jalur SNMPTN. Ketika saya diterima diprodi ini, tiba-tiba saya menjadi artis dadakan di sekolah karena prodi yang saya ambil ini sangatlah tabu di telinga teman-teman sekolah bahkan di tempat saya bergaul. Hal ini terjadi karena waktu itu mayoritas anak kelas 12 seperti pada umumnya, hanya berminat masuk ke prodi yang terkenal seperti HI, akutansi, ilmu komunikasi dll. Lalu mulai saat itu munculah banyak pertanyaan dari sana-sini seperti, mau jadi apa lulusan sastra rusia? Ngapain lo masuk sastra rusia?  Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang datang kepada saya dan ternyata baru bisa terjawab sekarang-sekarang ini. Hehe.

Kemudian semester satu pun hadir di hadapan saya. Mulanya saya disuguhi oleh beberapa mabim (ospek), mulai dari mabim univ selama dua hari, mabim fakultas selama seminggu dan yang terakhir mabim jurusan kurang lebih satu bulan. Kegiatan ini lumayan menghabiskan uang bagi saya sebagai mahasiswa baru, tapi itu semua terbayar lunas dengan pengalaman yang tidak akan saya dapatkan lagi seumur hidup, terutama pengalaman mabim jurusan. Mabim jurusan Sastra Rusia bernama MIR (Matrikulasi Intern Rusia) merupakan kegiatan pertama yang saya jalani di prodi Sastra Rusia. Kegiatan ini berisi pengenalan-pengenalan dosen, senior, jurusan, himpunan dan pelajaran-pelajaran. Ada juga permainan-permainan menarik yang dibuat oleh panitia dan tentunya hadir bumbu-bumbu ospek dalam acara ini (you know lahh, hehe).

400

Setelah mabim selesai saya pun menjalani masa perkuliahan disemester satu. Pada semester ini, saya dihadapkan dengan mata kuliah jurusan seperti gramatika dasar, percakapan, pengantar kesusastraan, fonologi, dan lain lain, serta mata kuliah umum seperti diplomasi, kewirausahaan, dan bahasa Indonesia. Saya pun dapat melewatinya dengan cukup lancar, karena saya bisa mendapatkan IP 4 pada semester ini. Setelah itu saya pun beranggapan bahwa ternyata tidak terlalu sulit kuliah di prodi Sastra Rusia. Tapi pemikiran itu tak bertahan lama, karena pada semester selanjutnya ‘sosok asli’ dari prodi Sastra Rusia mulai terungkap. Mata kuliah yang di suguhkan semakin kompleks dan tugasnya pun semakin menjadi-jadi, seperti contohnya pada semester tiga saya mendapatkan tugas harus menganalisis 1237 kalimat bahasa Rusia hanya dalam waktu dua minggu (edannn). Ketika ujian lisan pun biasanya menjadi ajang untuk senam jantung bagi para mahasiswa, karena dosen-dosen Sastra Rusia Unpad terkenal cukup tegas, hehe. Perihal tugas, mayoritas tugas kuliah yang terdapat dalam prodi ini adalah menganalisis kalimat, menghafalkan dialog-dialog percakapan dan menganalisis karya sastra.

Masih Lekru (Teater Rusia Unpad)

Lalu semester demi semester saya hadapi dengan penuh darah dan air mata. Hingga pada akhirnya saya pun sampai disemester enam. Di semester ini saya di berikan pilihan peminatan untuk menjadi tema skripsi. Peminatan yang tersedia adalah sastra dan linguistik. Singkatnya jika memilih peminatan sastra nanti dalam skripsi akan menganalisis karya sastra Rusia dan jika linguistik akan menganalisis struktur bahasa Rusia. Saya pun memilih peminatan sastra dan sekarang sudah memasuki BAB 3 dalam penulisan skripsi.

Svetovid (Tari Rusia Unpad)

Selain bidang akademik, prodi Sastra Rusia juga mempunyai kegiatan kemahasiswaan yang dikelola oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Rusia (HIMARUS). Kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang bisa diikuti antara lain dalam bidang seni ada tari Rusia yang mempunyai group bernama Svetovid dan teater Rusia yang mempunyai group bernama Masih Lekru. Dalam bidang olahraga ada basket, badminton, dan futsal. Lalu dalam bidang organisasi bisa menjadi pengurus himpunan. Saya sendiri mengikuti semua kegiatan kemahasiswaan yang ada, serta saya juga pernah menjadi wakil ketua himpunan pada tahun kedua dan menjadi ketua himpunan pada tahun ketiga kuliah.

follow_intipjurusan_COMPRES

Berbicara perihal prospek kerja, lulusan prodi Sastra Rusia mempunyai dua opsi yaitu bekerja sejalur dengan jurusan atau tidak sejalur. Pilihan kerja untuk yang tidak sejalur bisa kerja di mana pun asal bisa lolos berkas dan wawancara HRD serta bisa juga berwirausaha. Lalu jika memilih bekerja sejalur bisa menjadi diplomat, penerjemah, bekerja dibidang pariwisata (contohnya tour guide), dosen dan lain-lain. Tapi saya sarankan andaikan ingin bekerja sejalur dengan jurusan lebih baik melanjutkan dulu studi S2 di Rusia agar bahasa Rusianya semakin mantap. Kebetulan pemerintah Federasi Rusia setiap tahunnya menyediakan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia.

Terkakhir, untuk penyemangat bagi kalian yang tertarik masuk prodi Sastra Rusia Unpad khususnya bagi kaum adam, bergembiralah karena hari ini sepuluh juta lebih wanita Rusia berstatus jomblo dan sedang mencari pasangan hidup pria-pria Asia yang tentu saja modal awal untuk mendapatkan mereka harus bisa berbahasa Rusia, hehe (ini beneran loh!). Sekian coretan saya perihal serba serbi Sastra Rusia Unpad, semoga bermanfaat! Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

Muhammad Rifqi Ibrahim

Muhammad Rifqi Ibrahim adalah mahasiswa Sastra Rusia Universitas Padjajaran angkatan 2013.

 

Kode Konten : X112

10 thoughts on “Sastra Rusia Unpad (Rifqi)”

  1. Wah. Mantap ! Yg 1230 kalimat itu salah satu tugas yg paling Edanns ya kak ? 😅
    Kak, katanya yg mahasiswa yg paling nyantai itu dari fakultas sastra. Bener atau hoax kak ? 😁

    1. iya dek, ngerjainnya bagaikan melihat kumpulan sandi rahasia hehehe
      kecenderungan mahasiswa dari fakultas sosial humaniora memang jauh lebih santai dari pada mahasiswa saintek dan benar fakultas sastra bisa dibilang yg paling santai. positifnya kamu jadi punya banyak waktu luang yg bisa kamu isi untuk kegiatan non akademik, seperti ikut kegiatan UKM, bem/hima ataupun ekstra kampus.

  2. Kak selain belajar sastra dan bahasa Rusia apakah juga bljr tentang budaya rusianya? Trs klo skripsi harus pake bahasa Rusia kah? 😄 makasih kak sebelumnya

    1. kebetulan sastra dan bahasa juga termasuk unsur budaya, jadi kita pasti belajar tentang kebudayaan rusia 🙂 asik pokoknya
      himpunan juga biasanya menyediakan media untuk kita belajar budaya, seperti klub tari, klub teater, group diskusi dll
      di sastra rusia skripsi tetap menggunakan bahasa Indonesia, tapi objek penelitian dan teori di wajibkan dari Rusia .. 🙂

  3. kak, biasanya atau rata2 mahasiswa yg masuk jurusan sastra rusia SMAnya IPS atau IPA ya kak? makasih kak sebelumnya😁

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *