Psikologi Unpad (Oliv)

Halooo Intiperss, Gimana nih kabarnya hari ini? As fit as fiddle,right?

So,kita kenalan dulu kali ya, Nama aku Olivia Octaviana. Orang-orang biasanya manggil aku Oliv. Sekarang aku lagi melanjutkan study semester 6 di Psikologi Unpad, angkatan 2015.

For your information nih guys,aku suka banget baca buku dan nonton film,semua jenis film aku suka tapi kalo horror, ga kali yaa heheee.serem guys.

Aku bakal share beberapa pengalaman aku menjadi seorang Mahasiswi Fakultas Psikologi Unpad.Biasanya nih guys,kalo aku ketemu orang , terus kita ngobrol gitukan , and then dia tahu kalo aku anak psikologi , pasti mereka bakal bilang kayak gini : “ Bisa ngeramal ya?, kalo baca aku bisa dong?, gue tu orangnya kayak gimana sih?, ih takut deh nanti lo bisa baca pikiran gue, dan masih banyak hal lain yang orang umum salah persepsi tentang anak psikologi guys. So, asumsi, persepsi atau ya anggapan simple kayak gitu ga bener guys, kenapa? Karena pada dasarnya kita anak psikologi itu mempelajari proses mental yang ada pada seseorang, yang dilihat itu adalah perilaku orangnya dan kenapa ya orang tersebut berperilaku demikian. Nah Bukan mahir ngeramal orang ya guys hehee.

Oiya pernah denger ga sih, kalo banyak yang beranggapan kalo anak psikologi itu ngomongnya harus bijak?. Kalo dari pengalaman aku dan temen-temenku nih, kita sering denger kata-kata kayak gitu, tapi kita sih ga ambil pusing ya guys, hmm maknain aja kayak gini : berarti masyarakat punya ekspektasi lebih buat semua anak psikologi supaya menjadi orang yang bijak,artinya apa? Ya , berarti peranan kamu di masyarakat itu di tunggu-tunggu guys jadi ga usah buat asumsi tersebut jadi sebuah beban ya, jadikan itu sebagai salah satu motivasi buat kamu supaya lebih semangat belajar dan menjadi orang yang leih baik lagi.

Lanjut ya guys,ga tau ini fun fact atau engga, tapi dari pengalamanku anak-anak psikologi itu punya empathy yang melimpah ruah dari anak-anak lainnya, lah kok bisa? Soalnya guys empati itu adalah salah satu hal yang ditanamkan untuk anak psikologi mulai dari zaman maba Harapannya supaya dapat membantu client / orang lain dengan lebih optimal.

Buat kamu yang tertarik masuk Psikologi Unpad, aku mau share  nih kalo di Fakultas aku tuh orangnya baik – baik dalam artian saling support satu sama lain dan yang ga kalah penting guys kamu ga akan kekurangan afeksi deh, dijamin ini mah,hehehee. Karena salah satu hal yang unik menurutku selama menjadi mahasiswi Fapsi Unpad adalah kami sering memberi afeksi misalkan berkirim pesan, memberikan semangat, berkirim hadiah / memberi makanan kecil katanya sih buat serotonin , itu tuh yang bisa bikin kamu bisa semangat dan happy lagi.

Hmm kalian penasaran ga sih apa itu Psikologi dan di Psikologi Unpad itu kita belajar apa aja sih?. Well, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dan proses mental yang mendasarinya. By the way, Psikologi Unpad ini berbasis IPA ya,soalnya Psikologi Unpad itu terkenal dengan Psikologi klinisnya yang pastinya ilmu IPA nya harus kuat, diawal semester aja kita akan belajar yang namanya Biopsi (Biologi rasa-rasa Psikologi wkkwk) intinya mah, ada pelajaran biologinya guys, terus kalian juga akan bertemu dengan hitung-hitungan yaitu : statistika, tapi jangan bayangin statistika pas zaman kalian SMA ya, soalnya itu bakal beda banget guys dari yang kalian pelajari di bangku SMA dulu.

So,lanjut ya , ini nih salah satu manfaat yang aku rasakan setelah menjadi anak Psikologi Unpad guys, aku menjadi orang yang lebih memahami orang lain,dan ga gampang buat judge orang semena-mena guys. Pola pikirmu pun akan lebih terarah serta dapat terlatih untuk melihat permasalahan orang lain secara menyeluruh dengan kepala dingin, hal ini dapat melatih kita untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

Terus di Psikologi Unpad kita akan belajar apa aja sih? Di semester awal kalian akan belajar tentang hal-hal dasar mengenai psikologi, contohnya : Psikologi Umum, Psikologi Kepribadian, Biopsikologi, hmm ada yang sifatnya hafalan ada juga yang hitung-hitungan kayak yang udah aku singgung sebelumnya ( Statistika ) , terus ada Psikometri dan Kontruksi tes ( bikin alat ukur gitu ,ini salah satu mata kuliah yang menarik guys, soalnya kalian di bimbing untuk membuat alat ukur yang nanti akan sangat bermanfaat banget guys, keren ga tuh). Terus makin keatas semester yang kalian hadapi, kalian akan disuguhkan dengan mata kuliah yang lebih menantang dan ilmu psikologinya lebih terasa lagi guys, misalkan : Psikologi eksperimen, nah waktu itu aku sama temen-temen ku bikin penelitian gitu guys di mata kuliah psikologi eksperimen ini untuk orang-orang yang phobia terhadap binatang,pokoknya worth it deh heheee, terus kalian juga akan dibimbing sama dosen-dosen yang expert di bidangnya.Nikmat bukan? Sihiii…..

Ga hanya belajar tentang materi hafalan dan hitungan , kalian juga akan belajar langsung dari praktikum psikologi , ada beberapa praktikum psikologi yang sudah aku pelajari nih guys, antara lain : Psikodiagnostika 1, Interview, dan Observasi.

( Foto bersama dengan Dosen Pembimbing Mata Kuliah Interview)

Ini adalah teman-teman sekelas ku dalam mata kuliah Interview,saat itu kelas terakhir dari mata kuliah ini dan kami baru saja diberikan feedback dari dosen pembimbing, agar dapat menjalankan UAS Mata kuliah Interview dengan optimal dan professional.

Lalu bercerita tentang tugas yang sering anak Fapsi Unpad kerjakan, hmm kita sering membuat rangkuman dari materi kuliah ,sebelum kita mempresentasikannya depan kelas guys, lalu kita juga sering membuat makalah,praktikum,dan membuat laporan. Dan yang paling berkesan buatku adalah ketika mata kuliah Interview guys soalnya ketika dikasih tugas untuk membuat laporan plus dengan verbatim (semacam transkrip kata-kata dari orang yang tengah wawancara dengan kita, ini panjang banget guys kalo kalian coba bikin, 5 menit aja verbatim udah abis 2 lembar kertas saking banyaknya guys, but I love this subject.

Selain mata kuliah Interview aku juga suka mata kuliah Obervasi guys, soalnya di mata kuliah observasi kalian bisa menghayati lebih dalam tentang perilaku orang lain ,aware dengan diri kalian sendiri terutama dan menurutku kalian akan lebih peka dengan lingkungan sekitar kalian guys. Tugas di mata kuliah Observasi ini pun cukup menyenangkan ada yang berupa games yang harus kita jalani terus ada penelitian yang harus kita buat menggunkan metode observasi, nah waktu itu aku dan teman-temanku melakukan penelitian di dua toko retail yang cukup terkenal di Indonesia dan kami membandingkan perilaku pngunjung dalam membeli barang di kedua toko retail tersebut. Dengan bimbingan dosen pendamping kami melakukan penelitian tersebut dan aku jadi lebih sadar bahwa perilaku manusia tersebut unik dan pasti ada sesuatu dibalik semua itu, wooaww ini adalah salah satu pengalaman meneliti yang sangat menarik bagiku saat itu.

Well guys,yang ga kalah menariknya semester 5 lalu, aku dipertemukan dengan teman-teman dari fakultas lain dalam satu KKN ( Kuliah Kerja Nyata), disitu guys kami belajar dan melihat permasalahan apa saja yang dihadapi masyarakat di desa KKN ku itu. Desa tersebut sering dilanda banjir,jika hujan turun , air sungai akan meluap dan menggenangi rumah-rumah warga, dampaknya banyak warga yang terkena penyakit gatal-gatal, virus, dan lain sebagainya, kebersihan disitu pun kurang terjaga.

Sebagai anak Psikologi, kala itu aku tergerak untuk memberikan solusi pencegahan gatal-gatal dan penyebaran virus yang sering terjadi pada anak-anak di desa tersebut khususnya di SD Negeri Kananga yang berada pada desa tersebut, dengan pemberian sosialisasi cuci tangan yang benar berdasarkan salah satu metode psikologi (Experiential Learning). Aku merasa ilmu yang aku memiliki dan pelajari di Psikologi Unpad dapat bermanfaat untuk masyarakat, yeah I felt happy and gratitude about that.

( KKN Desa Cikeruh, Sosialisasi ke SD Negeri Kananga)

Btw guys,kita beralih ke topik selanjutnya ya, tentang prospek kerja Lulusan Psikologi Unpad, Untuk alumni Psikologi Unpad sendiri banyak yang melanjutkan ke program magister / langsung bekerja di perusahaan seperti HRD (Human Resource Development) guys. Disamping itu ada juga yang bekerja sebagai asisten psikolog, staf manajer SDM, marketing research, konsultan psikologi, pengajar, konselor, asisten peneliti, fasilitator, motivator dalam program pelatihan, pelaku usaha mandiri (entrepreneur)  dan lain sebagainya.

Sebenernya masih banyak nih yang pingin aku share ke kalian Intipers,tapi aku harap apa yang aku share ini dapat mewakili ya guys heheheeee. Kalo masih penasaran dengan Psikologi Unpad, feel free to ask me,I try to answer u curiosity guys. Salam hangat


 Tentang penulis :

Olivia Octaviana ,Mahasiswi Psikologi Unpad 2015,True learner,sekarang sedang diamanahkan sebagai mentor di @temumentor , sedang belajar mengaplikasikan ilmu psikologi diranah bisnis kuliner @lapaubukittinggi minang kabau traditional café,Jakarta barat.Sebuah Café keluarga dengan cita rasa khas kuliner Bukittinggi. Pribadi yang senang berorganisasi, membaca dan menonton film,sesekali menumpahkan isi hati dan fikiran kedalam sebuah tulisan , menyukai kegiatan sosial dan hal-hal berbau pendidikan serta self development.

Ig                     : @Oliviaoctn

Linkedln         : Olivia octaviana

Blogspot         : http://oliviaoctaviana96.blogspot.co.id

Kode Konten: X314

2 thoughts on “Psikologi Unpad (Oliv)”

  1. ka, rata-rata kalo kita masuk jurusan psikologi kuliah nya biasanya berapa lama yang kaka tau? (kating kaka misalnya? hhe)
    4-5 taun bisa ?
    soalnya aku denger dari sodara, kalo jurusan psikologi itu biasanya suka lama kuliahnya…
    ditunggu ya kak jawabannya 🙂 makasih

  2. Ka, aku pengennya kalo ketrima di fakultas psikologi mau jadi dosen aja. Kalau dosen itu minimal nya S berapa ka?

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *