Psikologi Unnes (Adebba)

Halo!

Perkenalkan, nama saya Adebba Ramadhanti Noury, biasa dipanggil Debba. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang (Unnes). Saya lolos alur SM (Seleksi Mandiri) Unnes pada tahun 2015, bisa tebak sendiri kan saat ini saya ada di semester berapa? J

Pada awalnya, saya tidak tahu-menahu jika ada jurusan Psikologi di Unnes, pertama tahu saat kelas 2 SMA. Waktu itu, ada beberapa mahasiswa yang magang di sekolah kami. Saat itulah pertama kali saya dikenalkan dengan jurusan Psikologi di Unnes. Mulai dari akreditasi jurusan sampai dengan kemampuan membaca kepribadian seseorang melalui gambar dan tulisan. Walaupun termasuk ke dalam Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), tapi jurusan Psikologi di Unnes merupakan ilmu murni kok, teman-teman. Banyak memang yang salah mengartikan bahwa ilmu psikologi yang diajarkan di Unnes merupakan ilmu atau jurusan kependidikan seperti mayoritas jurusan yang ada di Universitas ini, tapi for your information jurusan Psikologi di Universitas Negeri Semarang tetap meluluskan mahasiswa/i-nya dengan gelar S.Psi, bukan S.Pd seperti jurusan konsentrasi kependidikan.

Banyak orang yang memang salah mengartikan tentang jurusan Psikologi, banyak yang bilang ketika saya mengatakan kuliah di jurusan tersebut seperti, “wah kamu bisa baca tentang diri saya dong?, “wah bisa baca karakter atau kepribadian saya bagaimana dong?”, “baca garis tangan saya dong, saya ingin tahu tentang masa depan saya”. Padahal, BIG NO. Jurusan Psikologi tidak sepenuhnya mengajarkan tentang pembacaan garis tangan dan sebagainya, itu hanya salah satu ilmu tambahan (yang biasanya) dipelajari melalui pelatihan-pelatihan diluar yang diajarkan dalam perkuliahan. Membaca kepribadian orang pun, tidak bisa secara asal, harus melalui prosedur dan tes-tes tertentu sesuai dengan usia seseorang, tujuan pembacaan karakter atau kepribadian, dan lain-lain.

400

Disinilah uniknya kuliah di jurusan Psikologi, kita memang bisa tahu lebih banyak tentang sisi psikologis seseorang yang tidak dapat dilihat secara kasatmata. Selain itu, kuliah di jurusan Psikologi juga bisa memperhatikan tentang sisi psikologis seseorang yang seringkali diabaikan, tetapi bisa menjadi sangat fatal dampaknya. Selain itu, saat kita memilih untuk masuk di jurusan Psikologi, banyak lapangan kerja ataupun jabatan yang sangat menanti lulusan sarjana psikologi. Setelah lulus kuliah psikologi, kita bisa kok menduduki jabatan yang ada di perusahaan sampai rumah sakit maupun bekerja di sekolah. Lulusan psikologi bisa menjadi HRD (Human Resources and Development), Trainer, pendamping psikiater ataupun dokter, atau menjadi konselor dan psikolog. Ada 5 konsentrasi yang ada di jurusan Psikologi Unnes yaitu konsentrasi psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, dan psikologi industri dan organisasi (PIO).

Tetapi, mulai dari angkatan saya, angkatan tahun 2015, konsentrasi di jurusan Psikologi Unnes ditiadakan. Hal ini dikarenakan diterapkannya kurikulum baru yang megharuskan mahasiswanya mempelajari semua bidang psikologi, mulai dari psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, dan psikologi industri dan organisasi (PIO). Ada nilai plus diterapkannya kurikulum baru ini, kita bisa mempelajari lebih luas tentang ilmu psikologi yang sebelumnya terkotak-kotakkan karena konsentrasi yang diambil pada saat semester 3 atau 4.

Jurusan Psikologi Unnes, mengajarkan mahasiswanya untuk melakukan research atau penelitian sejak dini yaitu semenjak semester 3. Mahasiswa dituntut untuk sedini mungkin sudah memikirkan tentang sistematikan penelitian yang mana menjadi modal awal untuk membuat skripsi. Hal ini dilakukan karena agar ketika sudah semester atas dan sedang melakukan skripsi, mahasiswa tidak terlalu terbebani dan dilatih supaya terbiasa dalam membuat penelitian ilmiah.

follow_intipjurusan_COMPRES

Saat berada di semester 2, saya mulai mencoba untuk masuk dalam dunia organisasi yaitu Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang. Disini, kami mengadakan beberapa kegiatan yang salah satunya adalah kegiatan Seminar Nasional dan mendatangkan beberapa pembicara terkemuka untuk membahas tentang isu-isu psikologi. Pada tahun 2016, kami berusaha untuk mengundang Ibu Amalia E. Maulana (Brand Consultant and Ethnographer). Pada seminar tersebut, membahas tentang Personal Branding bagi masing-masing individu, terutama dalam dunia kerja yang nantinya akan dihadapi oleh calon sarjana. Selain itu, kami menghadirkan Bapak Edi Darmoyo (Motivator and Master Trainer, Indonesian Bussiness Coach) sebagai narasumber kedua.

Seminar Nasional Personal Branding bersama Amalia E. Maulana Tahun 2016

Selain itu, di jurusan Psikologi Unnes, kita diberikan kesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat yang membutuhkan tenaga kerja dalam bidang psikologi, antara lain seperti Sekolah Luar Biasa (SLB), Rumah Sakit Jiwa (RSJ), Perusahaan, Sekolah, dan lain-lain. Seperti foto dibawah ini, kami berkesempatan untuk mengadakan lomba yang dikhususkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka bisa menunjukkan kemampuan yang menonjol pada bidang menyanyi ataupun menari. Selain itu, ada salah satu mata kuliah yaitu Pendidikan Karakter yang tugas akhirnya adalah membuat program di sekolah-sekolah tertentu untuk meningkatkan ataupun mengembangkan pendidikan karakter siswanya.

Event Pentas Seni Siswa-Siswi SLB (Sekolah Luar Biasa)

 

Pelaksanaan Program Pendidikan Karakter pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar

Orang bilang, kuliah di jurusan Psikologi itu rumit dan susah, lulusnya lama bin sulit. Rumit dan susah? Memang. Saya pu mengakui itu. Tapi, bukankah setiap hal itu ada suatu tantangan tersendiri yang harus dihadapi? Ibarat jurusan ilmu kedokteran, yang berkaitan dengan nyawa seseorang, jurusan Psikologi pun juga memiliki keterkaitan yang hampir sama, juga berkaitan dengan nyawa dan diagnosis gangguan jiwa seseorang. Hal ini yang menjadikan salah satu tantangan tersendiri bagi kami yang ada di jurusan Psikologi, untuk mempelajari dengan sungguh-sungguh tentang treatment atau diagnosis gangguan jiwa yang tepat bagi client.

Ada mata kuliah lain yang lebih menantang, terutama bagi teman-teman yang seperti saya, yang berasal dari jurusan IPS atau jurusan selain IPA. Ada mata kuliah Biopsikologi (Psikologi Faal) yang mempelajari tentang bagian-bagian otak dan kerusakannya yang nantinya bisa dikaitkan dengan latar belakang gangguan yang dialami oleh client. Ada juga nih, mata kuliah yang bisa membuat kita menjadi calon ibu atau orangtua yang baik, ada mata kuliah Psikologi Perkembangan (Anak, Remaja, dan Dewasa) agar bisa memahami tahap atau fase perkembangan sesuai dengan umur anak tersebut. Selain itu, seperti yang ditanyakan dan menjadi pemahaman mayoritas masyarakat umum, tentunya ada mata kuliah yang mempelajari tentang kepribadian seseorang menurut kriterianya, yaitu Psikologi Kepribadian.

Jurusan Psikologi mengharuskan para mahasiswanya untuk kuat dalam kemampuan mengingat dan berhitung. Jangan berharap bebas dari hitung-hitungan kalau memilih untuk masuk ke jurusan Psikologi! Karena nantinya, kita akan bertemu dengan mata kuliah Statistika yang berguna untuk menganalisis data ketika pada masanya nanti kita mengerjakan skripsi.

Terakhir, bagi teman-teman yang berminat terjun ke dalam jurusan Psikologi, jangan lupa untuk selalu menambah wawasan dengan mengikuti training-training yang berkaitan dengan jurusan psikologi dan nantinya akan berguna untuk menunjang ilmu yang sudah kalian pelajari di jurusan Psikologi, salah satunya adalah seminar tentang training maupun tentang graphology (ilmu yang mempelajari tentang tulisan tangan).


Bio Penulis : Adebba Ramadhanti N.

Penulis merupakan mahasiswa semester 4 Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang. Saat ini, penulis sedang aktif dalam komunitas menjadi volunteer Forum Indonesia Muda Region Semarang (FIMOYE). Hobi yang disukai oleh penulis adalah hobi yang nantinya akan berguna pada jangka waktu yang panjang dan menambah kemampuan dari hari ke hari.

Instagram : adebbarn

Kode Konten : X185

6 thoughts on “Psikologi Unnes (Adebba)”

    1. boleh kok, bisa hubungi lewat email ya (adebbarn@ymail.com) untuk lebih lanjut saya beri tahu lewat sana ttg id line atau apapun 🙂
      mohon maaf yaa saya telat membalasnya. semoga bermanfaat:)

    1. Susah/tidaknya tergantung persepsi masing2 dan kemauan untuk selalu mencapai keberhasilan kok:) serta motivasi belajarnya:)

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *