Psikologi UIN Malang (Linna)

Assalamualaikum intipers!!!

Hallo nama saya Linnataqiyyah, biasa dipanggil Linna hehe. Saya merupakan Mahasantri eh Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jurusan Psikologi angkatan 2014. Doakan ya intipers, semoga sebentar lagi lulus. Amiin

BTW, kenapa saya tadi bilang mahasantri? Mahasantri itu singkatan dari mahasiswa dan santri. Kalau di UIN Malang itu, setiap mahasiswa baru wajib tinggal di asrama selama satu tahun. Di asrama ini, kaya pesantren tapi lebih modern dan lebih santai. Jadi jika kalian ke UIN Malang, baru masuk tidak usah bingung mau cari tempat tinggal di mana, karena kalian sudah disediakan asrama yang fasilitasnya sebelas duabelas lah sama hotel.

Selain itu, mahasiswa UIN Malang ini juga ada pembelajaran Intensif Bahasa Arab selama satu tahun dan intensif Bahasa Inggris Selama satu tahun. Jadi dapat dipastikan nih, keluar dari UIN Malang bisa ngomong bilingual. Lancar Bahasa Arab, Lancar Juga Bahasa Inggrisnya. Kalau kamu mau uji kemampuan bahasamu, di sini juga banyak orang luar Negeri yang kesehariannya menggunakan Bahasa Arab ataupun Bahasa Iggris. Mereka juga mahasiswa kayak kita kok jadi gak usah takut.

Langsung aja yuuuuk!!! 😉

Apa sih stereotype salah mengenai jurusan psikologi?

  1. Kamu mau ngambil psikologi? Mau jadi apa besok?

Sering gak sih, kalian denger kalau ambil jurusan Psikologi itu mau jadi Apa? kalau saya nih termasuk korban yang dapat pertanyaan semacam itu, dimana pertanyaan tersebut secara tidak langsung bisa membuat kita Down. Bener gak?  Tapi biarlah mereka ngomong apa, dulu sih hanya bisa diam karena belum tau. Kalau sekarang ada yang bilang gitu, sekarang udah bisa jawab. Soalnya gak Cuma satu pekerjaan saja yang bisa diambil dari jurusan psikologi. Nanti deh tak ceritain keseruan kuliah ambil jurusan psikologi.

  1. Kakak jurusan psikologi? berarti kakak bisa baca pikiran dong?!

Stereotype ini nih yang sering banget di temui dan hampir semua orang beranggapan seperti itu, iya nggak? Jangan jangan sobat intipers salah satunya nih?oke. memang di jurusan psikologi bisa membaca pikiran orang. Tapi tidak sepenuhnya benar ya. Bukan berarti anak psikologi itu dukun ya. Well, kita bisa mengetahui orang itu sedang sedih, bahagia,berbohong, tapi juga harus disesuaikan dengan kondisi dan latar belakang kenapa orang itu menunjukkan ekspresi seperti itu. Kalau di psikologi lebih tepatnya diajarkan tentang kepekaan sih. Entah karena sering belajar materi tentang jiwa manusia ya, nanti kadang naluri psikolog itu keluar sendiri. Kadang sering nebak kalau teman sedang sedih, sedang banyak pikiran, sedang berbohong, sedang menutupi sesuatu dan lainnya. asyik kan?

Psikologi? apa aja sih yang bisa di selesaikan oleh seorang psikolog?

Di psikologi ini mempelajari banyak sekali ya. Bahkan di jurusan lain pun ada mata kuliah psikologi ( Kalau di UIN Malang gitu). Psikologi ini bisa masuk di setiap sisi kehidupan kita.

Contoh:  seorang guru yang kesusahan menghadapi muridnya yang nakal, bahkan hampir putus asa untuk mengatasinya, dengan menggunakan ilmu psikologi, murid bisa jadi berubah sebaliknya. Karena memang ada strategi tertentu untuk menghadapi murid yang bermasalah. Ingin tahu? Belajar psikologi dulu..hehehe

observasi kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar

Kamu punya teman yang sukanya menyendiri? Jengkelin? Ketergantungan? Udah di bilangin tetap aja kayak gitu? Di psikologi juga diajarkan bagaimana cara menghadapi dan mengatasi masalah seperti ini.

Atau kamu punya trauma? Pengen bisa bebas dari trauma itu? Psikologi punya ilmunya.

Kamu orang yang suka gak pede, minderan? Coba deh belajar psikologi dijamin kamu bisa jadi orang yang pede kemana-mana. Udah ga minder lagi dan jadi orang yang selalu positive thinking.

Bingung bakat mu apa? bingung passion nya apa? cocoknya kerja di mana? Dengan Psikologi kamu bisa mengetahui semuanya. Bahkan kamu juga bisa membantu teman atau saudaramu untuk mengetahuinya.

Kamu bingung, belum yakin dengan kepribadian calonmu? Kupas tuntas dan ketahui bagaimana kepribadian calomu dengan psikologi. jadi kalau kamu sama anak psikologi, hampir bisa dipastikan tidak bisa berbohong. Karena psikologi tau ciri-ciri gimana sih orang yang berbohong itu?

Kamu lagi bertengkar dengan keluargamu, temanmu, atau pacarmu? Datang ke psikolog kelar deh masalah mu.

Apa aja sih yang di pelajari di psikologi?

Kalau di Psikologi UIN Malang ini ada sekitar 65 mata kuliah yang diambil selama 8 semester. Kalau di psikologi lebih banyak mata kuliah yang mengharuskan kita untuk banyak membaca buku ya. Sudah tidak sering ketemu sama angka-angka, paling ketemu sama angka kalau habis praktikum itupun Cuma sekali setiap semesternya, sama mata kuliah yang nanti bakalan berhubungan sama skripsi. Seperti Statistika, konstruksi Alat Ukur, metode penelitian.

Di Psikologi, selain presentasi mahasiswa juga masih sering di suruh dosen untuk resume buku, dan referensi psikologi kebanyakan masih yang dalam berbentuk Bahasa inggris. Di sini juga ada mata kuliah yang diharuskan meresume kitab salaf dimana semuanya Bahasa Arab. Keren kan?. Namun, jurusan Psikologi juga tidak asing dengan namanya laporan praktikum. Jadi intinya di psikologi semua metode pemberian tugas sama bobotnya.

Contoh mata kuliah yang saya sukai itu ada mata kuliah psikologi perkembangan. Jadi di mata kuliah ini mempelajari perkembangan manusia mulai dari dalam kandungan hingga masa lansia. Ketika masa anak-anak biasanya anak sekian itu kebiasaanya seperti apa, masalah yang sering muncul itu apa, serta gimana sih cara mengatasinya. Jadi dipastikan orang yang tau ilmu psikologi bisa menjadi orang tua yang baik karena mengetahui kebutuhan anak-anaknya yang tidak hanya dipenuhi secara materi saja namun juga secara psikologisnya. Di sini juga diajarkan bagaimana sih cara atau pola pengasuhan yang benar, kalau anak di asuh dengan pola yang terlalu di manja atau terlalu protektif bahkan dibiarkan sesuai keinginan anak nanti besarnya akan gimana sih. Ketika seorang anak menjadi nakal itu bukan murni kesalahan dari anak tersebut, bisa jadi karena kesalahan dari pola atau cara pengasuhan orang tua lo. Asyik kan?

Selain itu di sini juga dijelaskan permasalahan remaja, dewasa bahkan lansia. Gimana sih cara memenuhi kebutuhan mereka secara benar sehingga seseorang itu agar tidak menjadi orang yang bermasalah dan mengganggu kenyamanan orang lain? Gimana sih menghadapi seseorang yang sudah terlanjur nakal?

Ada juga mata kuliah psikologi forensik. Jadi di sini gimana sih hubungannya antara psikologi dengan hukum. Jadi psikolog di sini nanti kayak semacam detektif gitu, tapi aplikasinya pake ilmu psikologi ya. Nanti  misal di kepolisian tugasnya menginterogasi pelaku, dari sini bisa diketahui apa sih motif pelaku melakukan tindak kejahatan tersebut, dia pelaku asli atau Cuma mengaku sebagai pelaku, dia bicara bohong atau realita, di sini diajarkan cara interograsi atau wawancara orang itu bohong atau tidak dalam menyampaikan argumennya.

Kegiatan Outbond

Untuk tugas mata kuliah yang sering jadi momok bagi mahasiswa psikologi adalah praktikum. Kenapa sih ini sangat ditakuti banget. Soalnya mahasiswa langsung praktek jadi seorang psikolog yang memberikan tes kepada kliennya. Di mana orang yang di tes bukan teman ataupun dosen sendiri, melainkan orang lain dan kadang kita tidak kenal siapa mereka. Gimana gak ngeri coba, dan itu langsung di nilai saat itu juga oleh laboran. Dan itu tidak berhenti sampai situ saja, setelah itu langsung di suruh buat laporan praktikum dari sekian orang yang di tes dengan waktu yang ditentukan. Dan yang di analisis tidak hanya satu aspek saja. Dimana setiap aspek membutuhan ketelitian dan ketekunan dan hasilnya berupa kesimpulan orang yang kita tes itu seperti apa sih. Tergantung kita praktikum apa. karena ada praktikum yang digunakan untuk mengetahui tingkat intelegensi, kepribadian,bakat minat dan lain sebagainya.

observasi dan wawancara di biro Psikologi

Nah di psikologi UIN Malang Ini ada 5 konsentrasi mata kuliah disediakan. Psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi klinis, psikologi industry dan psikologi social dimana nanti akan menentukan kemana akan melakukan Praktek Kuliah Lapangan. Diantara tempat yang digunakan untuk tugas lapangan bisa di sekolah, di dinas sosial, kepolisian, rumah sakit, perusahaan, pondok pesantren, lapas,BNN.

Lulusan psikologi kerja dimana sih?

  1. Menjadi Psikolog. Tugas psikolog adalah mendiagnosa dan menterapi orang yang “bermasalah”. Jadi ketika lulus nanti bisa membuka praktek sebagai psikolog yang setiap hari menerima klien. Btw bayaran untuk psikolog tidak murah lo. Namun kalau hanya sekolah s1 belum bisa jadi psikolog ya, bisanya jadi asisten psikolog.
  2. Guru BK. Meskipun kamu bukan berlatar belakang pendidikan, kamu bisa juga lo jadi guru. Sebenarnya tugas BK bukan hanya untuk mengatasi anak yang bermasalah saja ya, guru BK juga bisa dijadikan sebagai orang yang membantu siswa dalam menyelesaikan kebingungannya. Intinya mencari solusi. Misal kamu tidak tahu apa bakat dan minatmu, coba datang saja ke guru BK mu, kamu kurang Percaya diri, datang saja ke Guru BK mu, pokoknya guru BK ini tugasnya membantu siswa menggali potensinya sehingga tugas perkembangannya bisa tercapai.
  3. Kalau jadi HRD ini tugasnya adalah merekrut karyawan. Jadi nanti jika ada rekruitmen karyawan, bagian yang mengetes dan mewawancarai pelamar kerja adalah HRD. Dengan tes yang diberikan bisa diketahui orang ini cocoknya di posisi apa dalam sebuah perusahaan.
  4. Konselor adalah orang yang menerima curhatan orang lain. Jadi nanti tahu apasih langkah-langkah yang harus dilakukan oleh orang yang curhat tersebut.
  5. Guru pendamping, maksudnya adalah, jika dalam suatu sekolah ada siswa yang kemampuannya kurang atau memiliki keterbatasan dalam hal tertentu, agar si siswa tersebut tidak terlalu ketinggalan dengan teman lainnya maka dibutuhkan guru pendamping yang akan mendampingi siswa tersebut sesuai dengan kebutuhan. Karena hanya orang yang belajar psikologi yang mampu mengetahui bagaimana mengatasi siswa yang butuh pendampingan khusus tersebut.

 

Mungkin itu aja ya yang bisa saya bagikan untuk sobat intipers. Terimakasih atas atensinya.

Wassalamualaikum..


Tentang penulis:

Linnataqiyyah mahasiswa akhir yang sedang berproses berjuang mendapatkan gelar S.Psi nya. Saat ini selain kuliah juga sedang belajar menekuni bisnis, berusaha menghafalkan kalam-Nya, dan mengabdi di MSAA (asrama UIN Malang).

Ig: @taqiyyahholand

@taqiyyah_collection

Blog : linnataqiyyah.blogspot.co.id

Kode Konten: X278

11 thoughts on “Psikologi UIN Malang (Linna)”

  1. Assalamualaikum wr.wb saya dari santri pondok pesantren bahrul ulum tambakberas jombang, Apa saja materi yang perlu disiapkan untuk masuk dalam Mata perkuliahan Psikologis? Modal2 untuk dipelajari secara teknis dan nonteknis apa mbak? Trimakasih Banget. Wassalam.. ??

    1. Waalaikumsalam… Sebelumnya adek skrg jurusan apa.. Jika bukan dari jurusan ips bisa di siapkan materi sos-hum buat persiapan sbmptnnya..

      Terimaksih jika belum jelas bisa ditanyakan..

  2. assalamualaikum kak
    saya jurusan ips dari pesantren modern al kautsar putri banyuwangi, saya ingin mengambil mata kuliah pisikologi, saya mau bertanya kak?
    materi apa saja kah yang di ujikan ketika mengikuti sbmptn mata kuliah pisikologi ini?
    mohon balasannya kak
    trimakasih

  3. Assalamualaikum, mau tanya kak, kalo dikampus apakah ada mata pelajaran yang mempelajari ilmu psikolog sekaligus ilmu islam, kayak ilmu psikolog dikolaborasi ama agama islam gitu
    Makasih kak

    1. Waalaikumsalam.. Ada dek.. Kalau di uin sendiri ada beberapa matkul wajib keislaman seperti psikologi islam,psikologi agama,tasawuf,studi quran,studi hadits dan masih ada lagi.. Dan semua itu mengkolaborasikan antara ilmu psikologi dengan ilmu agama

  4. Assalamualaikum, kak mau tanya jurusan psikologi di UIN Malang termasuk jurusan IPA atau IPS ? Aku dari jurusan IPA pengen ambil jurusan psikologi lewat jalur SPAN-PTKIN, terimakasih

    1. Waalaikum salam .. Di uin malang umum dek.. Karena memiliki fakultas sendiri.. Tapi mungkin bisa dikatakan lebih condong ke ips.. Namun tidak menjadi masalah jika sma dari jurusan ipa atau ips bisa masuk

  5. Assalamualaikum ka, nanya ka
    1. Bisa tlg jelasin singkat peminatan psiko uin malang
    2. Peminatan tuh nentuin kita kerja dmn
    3. Pendidikan tuh matkul wajib
    4. Bedanya psiko uin sama psiko d ptn non uin
    Wassalamualaikum

    1. Waalaikum salam..
      1.Di uin malang ada 5 peminatan, perkembangan, pendidikan, klinis, industri, sosial
      2. -Kalau pendidikan di sekolah bisa sbg guru bk, pendamping abk;klinis di rs, industri perusahaan..dan masih banyak lagi
      3.bedanya psi uin dengan yg lain , kalau di uin ada matkul keislaman yg dijadikan sbg matkul wajib dan itu nanti di kolaborasikan antara keislaman dg teori psikologi

  6. Bagi adek adek yang mungkin masih bingung Atau ingin bertanya lebih dalam bisa lewat dm ig ya.. Silahkan.. Atau bisa melalui email saya : @taqiyyahlinna96@gmail.com

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *