PPKn Universitas Sriwijaya (Reza)

Lebih Baik Jadi Pendidik.

Holla sahabat intiper! Payo kenalan dengan aku,( bahasa palembang)

Perkenalkan nama lahir saya Reza Rivaldi, dan biasa di panggil Reza, tidak ada yang spesial dari nama saya. Saya adalah seorang calon pendidik karna saat ini saya adalah mahasiswa FKIP jurusan Civic Education alias PPKn Universitas Sriwijaya yang berada di tingkat akhir yaitu angkatan 2014.  Mahasiswa yang lagi seneng- senengnya dapet tulisan ACC dari dosen! Uhhuy haahah .. .. Lansung saja yang terpenting  dari artiket ini saya akan menambah wawasan teman-teman  tentang jurusan yang saya dalami saat ini dan saya harap tulisan ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang membacanya.

Apa sih PPKn itu? Ya jelas mungkin kalian sudah tahu bahwa PPKn itu kepanjangan dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Mungkin kalian beranggapan ah.. ! ngapain masuk jurusan PPKn nggak enak, pasti bakal ngapalin Undang- undang dan lain sebagainya. Aduhh adikku sayanggg… disini tidak seperti yang kalian fikirkan, jurusan ini tidak mentokk belajar tentang undang-undang saja. Tidak ada mata kuliah atau pelajaran yang buat kita untuk ngapalin undang-undang, karna mata kuliah yang begitu uptudet, di dalam sistem pembelajaran kalian akan diajarkan bagaimana menyikapi suatu peristiwa dalam konotasi positif, maksutnya teman-teman akan mengetahui peristiwa itu dan dengan mudah bisa menarik  kesimpulan berdasarkan landasan hukum yang jelas, jadi undang-undang itu bakal hafal dengan sendirinya.  Kalo di jurusan PPKn Unsri khususnya sudah menjadi langganan dosen dari jepang datang ke kampus kami untuk memberikan seminar, terhitung sejak saya kuliah sampai saat ini sudah 3 kali, itu artinya setiap tahunya ada 1 dosen yang berkunjung ke jurusan kami dan membagi ilmunya untuk mahasiswa FKIP Unsri.

Mata kuliah yang paling saya suka atau sangat berkesan untuk saya yaitu semua mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu hukum  seperti Hukum Agraria, Hukum Islam, Hukum Tata Negara, Hukum Perdata dan Hukum Pidana.  Yang tidak dapat saya lupakan dan menjadi pengalaman yang luar biasa yaitu saat mata kuliah hukum acara perdata saya mendapatkan kesempatan menjadi  Hakim dalam simulasi peradilan semu. Bagi saya hukum adalah hidup saya, loohh kenaapaa nggak masuk jurusan Ilmu hukum saja kak, yaa sebenarnya saya mau masuk jurusan ilmu hukum, malah sudah dapet almamater dari jurusan ilmu hukum di salah satu universitas di jogja. Tapi karna orang tua saya tidak membolehkan masuk jurusan tersebut dan akhirnya saya bangga bisa masuk jurusan ini karna sesuai dengan minat saya. Memang saat ini saya tidak bisa menjadi salah satu orang yang membuat kebijakan hukum di indonesia, tapi saya yakin suatu saat nanti, yang akan mencetak generasi-generasi yang akan membuat hukum dan kebijakan diindonesia agar berjalan dengan baik.  (hebat bukan hahahhahah..)

Pasti teman-teman fikir ah ngapain jadi guru PPKn atau jadi guru, pengahasilanya kan tidak terlalu besar, paling uangnya cukup untuk buat beli bensin. Aduhhh mama sayangeeee!!  lagi lagi Teman-teman salah, Karna bagi saya salah satu seorang pendidik, emang sih sempat berfikiran demikian, sebelum saya terjun langsung  ke jurusan ini, tapi salah satu Dosen yang sangat senior di jursan saya, she said.. kalo saudara jadi pendidik nantinya jangan berharap untuk dapet penghasilan yang besar Tapi berharaplah bahwa generasi yang saudara didik menjadi orang besar dan kata-kata itu yang membuat bola mata saya hampir lepas hahaha nggak becanda kok nggak sampe lepas. Tapi dari kata-kata itu saya belajar banyak hal. Bahwa tidak semua bisa diukur dengan materi. GOJOB TEAM!!

Tapi tentang untuk teman-teman yang mau menjadi seorang pendidik, bahwa pemerintah lagi seriusnya untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia. Banyak program-program yang di ciptakan pemerinta agar guru mendapatkan penghasilan yang baik contohnya program PPG/.. kak apa itu PPG bisa tanya langsung sama nek Google yaa.. karna kita tidak membahas itu hhahahaha yang jelas tidak ada lagi Guru Umar Bakri hahahhaa.. ahha.

Saya tahu akan timbul pertanyaan. Tapikan kak saya tidak percaya diri untuk berbicara di depan umum apalagi menjadi guru dan menjelaskan materi, hahaha tenang adikku sayang itulaah disini kan sudah kakak bilang kalian tidak hanya belajar Undang-undang saja karna kalian akan diajarkan bagaimana menjadi seorang guru yang profesional dan saya salah satu orang yang tidak PD untuk ngomong di depan umum. Tapi setelah kalian mengikuti perkuliahan dan mengikuti pelatihan bagaimana cara mengajar, dengan itu kalian bakal bisa dengan sedirinya. Bahkan kalian akan dilatih untuk mengajar dengan siswa siswa sungguhan di sma atau smp yang bisa dikenal dengan PPL.

Banyak kegiatan-kegiatan di jurusan ini salah satunya ada kegiatan yang menjadi favorit bagi mahasiswa, tidak lain dan tidak bukan yaitu praktek kuliah lapangan atau PKL jadi kita akan dibawa langsung untuk pergi kesatu daerah melihat dan  mengamati tentang kebudayaan dan kearifan lokal disana, alhamdulillah kami berkesempatan mengamati langsung kehidupan di BALI!!! Senaang sekali rasanya.

Mungkin ini saja yang bisa saya bagi sama teman-teman, kalo misal ada kata atau hal yang kurang jelas boleh langsung komen dan inshaAllah saya akan menanggapi, Terimakasih banyak.


Instagram:  @vagam_

Kode Konten: X316

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *