PPKN Unesa (Izza)

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera Bagi Pembaca Budiman


Hello !!! Sahabat pemuda penerus generasi emas bangsa Indonesia harus tetap semangat menjalani hari-harimu dengan indah. Perkenalkan nama lengkap saya Izza Ainun Zahroh, teman-teman saya akrab menyapa saya izza. Saya asal menganti gresik biasa yang dikenal sebagai kota santri katanya sih. Karena di gresik banyak pondok pesantren dan peninggalan wali songo ada enam makam diantaranya makam maulana malik Ibrahim (Sunan Gresik) di desa Gapuro, Makam Sunan Giri, di desa Giri, Makam Sunan Prapen (Cucu Sunan Giri) di desa Klagonan, Makam Fatimah binti Maimun, di desa Klangonan, Makam Kanjeng Sepuh, di desa Kauman dan yang terakhir Pelintasan Sunan Kalijaga di Kawasan Gunung Surowiti kecamatan Panceng di Kabupaten Gresik. Tidak hanya itu destinasi di gresik ada juga jangan sampai nggak berkunjung jika sudah melintasi gresik ada Pantai Dalegan yang berada di Kecamatan Panceng, Muara Bengawan Solo adalah sungai terpanjang yang berada di Pulau Jawa yang bertempat di pertigaan Bungah, Bukit Jamur yang menawan akan mekarnya jamur seperti sekarang ini lagi musim hujan pasti banyak sekali jamur yang bertumbuh dengan indah ketika mata memandang ini juga terletak di Bungah, Banyu Biru Lowayu Dukun Gresik terletak di Kecamatan Dukun Desa Lowayu, dan yang terakhir yaitu Dynasty Water World yang berada di Jalan Rantau No. 27-29, Gresik Kota Baru (GKB). Saya adalah mahasiswi semester tujuh jurusan S1 (Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan) PPKN Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Inilah jawaban yang Allah berikan untukku menempuh studi di Surabaya kota pahlawan. Kota yang banyak akan keindahan alamnya, kota yang memiliki  kota metropolitan kedua setelah ibu kota Jakarta.

400

Ketika ditengah masyarakat ketika kuliah kerja nyata (KKN) maupun Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP) yang sudah berlangsung. Berkiprah sebagai seorang mahasiswi adalah pilihan daam diri saya agar kelak akan menjadi guru ppkn yang memiliki moral dan mampu membangun moral peserta didik. Ketika berada di masyarakat nama unesa itu terkenal sebagai kampus keguruan. Jadi tidak asing lagi ditelinga mereka ketika saya (PPP) pada saat moment tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun negara republik Indonesia yang ke-63. PPP bagi saya suatu keraguaan karena informasi yang saya dapat di jurusan saya ditempatkan di SMA Negeri 1 Mojosari Mojokerto awalnya mendapatkan informasi tersebut nggak yakin saya bisa mengajar peserta didik yang duduk dibangku SMA. dimana disana adalah sekolah favorit. Peserta didiknya aja jago-jago dalam hal ketrampilan ekstra sekolah yang membuatku salut dan akan kukenang sepanjang masa. SMA Negeri 1 Mojosari memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi saya untuk nantinya saya ingin terjun di dunia pendidikan yang sebenarnya. Setelah wisuda nanti tentunya. Dan sempat berfikir kenapa saya tidak ditempatkan dikota kelahiran Surabaya atau Gresik. Dan jika saya diamanahkan di Surabaya dan Gresik kan enjoy dan santai, itulah hanya sedikit kata yang berbisik dihatiku.

Jadi pengalaman yang saya dapat dari Mahasiswa Baru (Maba) hingga semester tujuh ini banyak banget. Ada yang masih asing dengan sebutan jurusan saya, PPKN diajarin apa aja sih ??? Tenang, akan saya kupas satu persatu. Belajar mengenai KUHP, Psikologi Pendidikan ini bagus banget lho ilmunya kita diajari oleh dosen saya yang akrab disapa pak budi beliau adalah dosen psikologi yang menetap di unesa lidah. Psikologi pendidikan mengajarkan saya untuk mengetahui banagimana proses awal mula balita hingga orang tua yang biasa memiliki pemikiran yang memiliki realitas yang baik dan bagus. Yang awalnya saya nggak yakin karena ini jurusan pilihan terakhir saya lewat jalur mandiri Alhamdulillah diterima. Berkat dulunya ikut bimbingan les dan lain-lain. Jalur ini adalah jalur yang terakhir. Ketika tes SNMPTN, SBMPTN belum menemukan jawaban. Maka saya dengan orang tua saya risau dan memilih alternatif lain ketika nantinya jalur mandiri tidak diterima maka dengan keikhlasan hati saya tetap kuliah namun di universitas swasta. Namun, jawaban terbaik inilah yang menjadikan hidup saya berarti dan memiliki teman yang sevisi dan semisi.

Mata kuliah ppkn ini sering adanya tugas, jelas jika tidak ada tugas bagamana juga yang dilakukan oleh Bapak/Ibu dosen untuk melihat ukuran peserta didik apa yang telah disampaikan diharapkan mampu untuk mengerjakan tugas tersebut. Menghafalkan pasal tentu juga iya, sebagai calon guru ppkn harus memahami UUD 1945, memahami dasar Negara republik Indonesia yaitu butiran lima sila pancasila. Dan mengamalkan semboyan bhinneka tunggal ika “Berbeda- beda tetapi tetap satu jua”. Tentunya gaes didalam bangku perkuliahan adanya perbedaan suku, ras dan agama. Namun, sebagai pemuda yang bijaksana tidak boleh memperdebatkan antara SARA tersebut.

follow_intipjurusan_COMPRES
(Muktamar SIC 2017)

untuk kegiatan yang sudah disepakati dari awal bisa terealisasikan dengan baik. Alhamdulilah sekarang sudah lengser amanah saya berikan kepada adik tingkat saya untuk melanjutkan dakwah yang ada di FISH UNESA.  Banyak sekali manfaat yang saya dapat dan rasa syukurku terbayar ketika saya ikut Tilawatil Quran. Pada semester lima saya menjadi mentor adik kelas dari semua jurusan yang ada di unesa ketintang. Saya mendapatkan amanah ini awalnya keyakinan, lalu ada pembinaan dari Nurul Falah Surabaya yang dilakukan setiap hari sabtu dan minggu. Pembinaan tersebut meliputi bagaimana strategi mengajar tilawati yang baik dan benar menurut tajwidnya dan bacaannya. Mengajari tilawati adik kelas merupakan kebahagiaan yang saya dapat ketika ilmu saya bermanfaat kepada mereka. Pada moment ini saya membagi waktunya untuk bertemu adik-adik dari fakultas FE, FT dan FMIPA. Memberikan banyak pengalaman dari saya disela-sela kesibuan saya kuliah semester 5 ada adik kelas yang rajin yaitu dari FE disela-sela jeda kuliah saya ketia free mereka menemui saya dan saya ajak ke tempat musholla Al-Ikhlas FISH UNESA. Alhamdulillah amanah dari pusat yang didikan saya mereka gampang diatur dan nurut ketika saya menyampaikan materi dan praktek mengajar Tilawati Jilid 1 hingga jilid 4.

Mata pelajaran yang terkenal sulit bagi saya serta teman-teman saya terletak pada mata kuliah hukum. Salah satunya hukum pidana, hukum acara perdata dan pengantar ilmu hukum. Pelajaran yang awalnya emjoy lalu seiring berjalannya waktu kena tuh materi soal pasal-pasal yang membuat fikiran bingung karena terlalu banyak pasal yang dielajari dan hal ini yang terberat bagi saya dan teman-teman. Namun, mata kuliah ini harus ditempuh oleh mahasiswa dan mahasiswi S1 PPKN UNESA. Bagi kalian adik-adik yang nantinya ingin memilih jurusan ini maka sebelumnya diharapkan untuk belajar yang lebih jeli, teliti mengenai mata kuliah yang berkaitan dengan hukum. Bagi saya Alhamdulillah terlewati dengan proses yang baik. Karena didunia ini tidak ada yang instan tiba-tiba menjadi seorang sarjana namun, proses itulah yang harus dilakukan dengan maksimal dan ketulusan hati agar hari-harimu lebih berarti.

(Acara CEF 2016 di Aula I6 FISH UNESA)

Pelangalaman yang berharga yang akan kukenang dan menjadi sebuah pelajaran ketika diriku berlatih berbicara didepan umum saat acara CEF 2016 acara ini termasuk acara tahunan yang diadakan oleh prodi S1 PPKN. Karena sebuah pengalaman adaah guru terbaik. Acara ini diadakan dalam rangka hasil penelitian mahasiswa, karya media yang akan diajarkan ketika nantinya terjun di sekolah formal, poster penelitian yang dipamerkan untuk memberikan sedikit referensi bagi adik angkatan jurusan ppkn. Tentunya dalam penelitian ini melibatkan suatu TIM yang saya presentasikan didepan audien pada mata kuliah metode penelitian kuantitatif (MPK) penelitian dengan tema “Tingkat Partisipasi Anggota Mangrove Center Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Dalam Penyelamatan Lingkungan Pesisir”, Tugas mata kuliah ini dibimbing oleh bunda Dra. Oksiana Jatiningsih, M.Si. Adalagi nih mata kuliah statistik juga diampu oleh beliau akrab disapa Bu. Oksi dimana dalam mata kuliah tersebut banyak sekali ilmu hitungnya lho, jangan kaget ya !, rumus statistiknya aja banyak banget satu map besar muat semua isi rumusnya. Nikmati saja jika ketemu statistik jangan lupa membawa alat bantu yaitu kalkulator. Saya dulu memandang jurusan ppkn itu ya mempelajari mengenai negara, bentuk pemerintahan, Indonesia sekarang masih dikategorikan sebagai negara berkembang lalu bagaimana peran pemuda untuk mencetak perubahan demi bangsa yang adil sejahtera, tanpa korupsi. Tak ketinggalan juga mata kuliah perubahan sosial ini menggambarkan mengenai bagaimana lingkungan sosial ini dapat berubah, mata kuliah yang satu ini adalah mata kuliah yang santai menurut saya karena yang mengajar beliau adalah Dosen Pembimbing Akademik (DPA) saya bunda Maya Mustika Kartika Sari, S.Sos., M.IP. Jika nanti kalian sudah menyelesaikan studi dan ingin bekerja sebagai guru. Maka jadilah guru sebagai panutan jangan asal-asalan ya !. sekarang ini banyak sekali orang pintar, orang yang mengerti akan tetapi menyalahgunakannya sehingga akan menimbulkan kekejaman dalam kehidupannya. Belajarlah dengan apa yang kau miliki, jangan berlebihan terhadap segala hal dan jangan lupa untuk selalu bersyukur dimanapun kita berada dan kapanpun. Salam Perubahan, Untuk Negara Indonesia, Jayalah Selalu Bangsaku !!!


Izza Ainun Zahroh, Mahasiswi S1 PPKN UNESA, Suka Menulis, Travelling, IG : @Izzaainunzahroh, Owner @ainunhijabsyarisurabaya, Berdiskusi Organisai, Sedang berproses mengerjakan skripsi. https://izzaainunzahroh.blogspot.co.id/

Kode Konten: X249

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *