PJKR UPI (Hanif)

Hallo hallo sahabat intip

Perkenalkan,saya Hanifah Fauziah, tapi eh tapi kaian bisa panggil hanifah/hani/hanif/mba hani /mba :). Saya adalah mahasiswi salah satu program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi ,di  Universitas Pendidikan Indonesia  Bandung, Saya mahasiswi tingkat 3 angkatan 2015, saya akan sedikit berbagi cerita tentang jurusan yang saya ambil dan saya geluti sekarang,semoga yang saya sampaikan dan saya bagikan setidaknya dapat menjawab rasa penasaran sahabat sahabat semua,dan dapat bermanfaat.

 

PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN & REKREASI ?

Prodi apaan tu kok ada rekreasinya, nah PJKR ini merupakan salah satu Prodi yang masuk kedalam DEPARTEMEN PENDIDIKAN OLAHRAGA , Dan di bawah dari FAKULTAS PENDIDIKAN OLAHRAGA & KESEHATAN .  Di prodi PJKR ini kita belajar bukan cuman tentang macam macam cabang olaharaga aja loh sahabat, karena kita ada di bawah naungan DEPARTEMEN PENDIDIKAN OLAHRAGA kita juga belajar tentang bagaimana cara kita mendidik loh seru deh, lanjutin lagi ya baca kebawah sahabat …

 

BELAJAR NYA APA AJA ? REKREASI TERUS YA ?

Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi / PJKR  ini memberikan mata kuliah –mata kuliah  tentang pendidikan (yang pasti di dapat di semua jurusan yang PENDIDIKAN) , nah mata kuliah yang lainya :

1.ATLETIK 2.AQUATIK 3. SENAM  4. BOLA VOLLEY  5. BOLA BASKET  6. SEPAKBOLA  7. HOCKEY  8. TENNIS

Dan masih banyak lagi mata kuliah yang kita dapet,nah  nah tapi kita juga dapet nih mata kuliah seperti bahasa inggirs,bahasa Indonesia,dan pendidikan agama islam. Jadi mata kuliah di PJKR ga melulu tentang olahraga. Semangkin tinggi semester kita, kita bakal nemu lagi mata kuliah yang ga kalah seru kaya  : 1. Squash  2. Biomekanik  3. Panahan  4. Takraw dan masih banyak lagi loh sahabat J pokonya emang seru abis deh.

Makanya banyak banget orang – orang yang bilang kalau kuliah di PJKR itu rekreasi terus hehe emang bener loh asik deh sahabat kuliah di PJKR ini.

 

MATA KULIAH PALING BERKESAN  !!!

Bener deh kalo di Tanya mata kuliah apa di PJKR yang paling berkesan SEMUANYA BERKESAN !!  Mulai dari mata kuliah prakek dan teori semuanya berksesan banget. Tapi ada 1 mata kuliah yang emang berkesan banget buat saya pribadi hehe J  yaitu mata kuliah yang berbau air,dingin,memacu adrenalin tapi asiknya asik banget. YUPS !!! kuliah AQUATIK buat saya pribadi berkesan banget,kenapa ?

  1. Kuliah aquatic ini memacu adrenalin
  2. Melatih percaya diri
  3. Percaya sama teman dan lingkungan sekitar
  4. Melatih keberanian

Gimana engga memacu adrenalin, sebelumnya saya ga pernah loh pergi ke Gelanggang Kolam Renang jam 06.00 PAGI  dan berenang jam 07.00 pagi, kebayangkan udara kolam renang UPI yang lokasinya di dataran tinggi dinginnya pagi-pagi kaya gimana, belum kalau hujan turun, belum lagi kalau loncat ahhh indah banget deh.  Dari aquatic saya bisa percaya diri dengan kemampuan saya sendiri,kalo saya mau saya usaha saya berdoa saya yakin, SAYA PASTI BISA! Dan bener loh sahabat kalo kita yakin dan PD kita pasti bisa, (aku itu asalnya gabisa berenang loh 4 gaya lagi) tapi sekarang  alhamdulilah aku bisa hehe Dari matakuliah aquatic ini saya dapet banyak pengalaman dan pelajaran. Asli Aquatic emang seru dan berkesan pooool deh !!

Dari matakuliah ini banyak loh teman teman saya yang menjadi instruktur dan pelatih pelatih renang di club club renang ternama. Banyak banget kan faedah dari mata kulaih aquatic ini, kalian bisa rasain sendiri deh kalo nanti sahabat intip bener bene rudah masuk di PJKR

Adaa juga nih mata kulliah teori yang berkesan abis buat aku pribadi ya, yaitu mata kuliah BIOMEKANIK dari nama matakuliahnya aja saya baru denger di dunia perkampusan loh sahanat L nah kenapa BIOMEKANIK jadi matakuliah yang berkesan ? karena eh karena dari matakuliah ini saya dapat beberapa hal yang mungkin ga didapetin deh di mata kuliah yang lain,yaitu :

  1. Ketelitian
  2. Kreatif
  3. Sabar
  4. Ulet

Biomekanik,itu salah satu mata kuliah yang dimana ada satu tugas yang mewajibkan kita mahasiswa/mahasiswi buat terjun langsung ke lapangan dan meneliti berbagai objek yang bebas kita pilih, saya di tugas ini jujur memilih cabang olahraga atletik . dan dan dan yang bikin lumayan skor jantung itu karena dari hasil penelitian kita itu kita harus persentasi loh sahabat , iya sih persentasi biasa aja (yang beda itu urutan persentasinya di kocok ) gatau kenapa setiap matakuliah ini bawaanya panas dingin, tapi pas waktunya buat saya dan tim saya maju buat persentasi  saya dan tim PD abs buat jelasin materinya (tapi pd nya ga over kok J)

Beneran berkesan dan manfaatnya banyak banget deh kuliah BIOMEKANIK ini ,dan berkesan deh sahabat J karena kita itu bener-bener meneliti gerakan,sudut,jarak pakai aplikasi, kita jadi uptodate banget sama aplikasi analisis deh, tuhkan anak OLAHRAGA ga cuman pakai otot ko sahabat.

GAMPANG LOH KULIAH JURUSAN OLAHRAGA TERBEBAS DARI ANGKA

-_-

Hmmmm, ini tu keliru abis deh guys, kita anak olahraga ga cuman di tuntut buat gesit di lapangan dan nyelesein apa apa pakai otot loh. Kita ga cuman di tuntut buat kuat kuat aja, tapi di balik KUAT,GESIT,SIGAP,DISIPLIN kita juga di tuntut buat pandai dan lihai dalam menghitung berbagai macam angka. Nah buat kalian SAHABAT INTIP yang mau dan bercita cita besar buat masuk PJKR FPOK UPI BANDUNG kubur deh dalem dalem pikiran kalian yang ga akan ketemu lagi sama angka sebab itu semua ga bakalan terjadi ANGKA bakal terus ngikutin dan bakal terus ada guys dimanapun jurusan kita kuliah kelak, jadi asumsi di luaran sana bahwa anak OLAHRAGA pinter OTOT aja itu sama dengan HOAX karena kita pakai OTAK yang dikoordinasikan dengan OTAK. Tapi tetep asik loh sahabat kuliahnya.

PROSPEK KEDEPANNYA

Oh iya buat sahabat intip,prodi PJKR ini lulusanya adalah S.Pd . Tapi eh tapi dari gelar SP.d ini kita bisa dapet banyak keuntungan loh sahabat buat kedepanya,selain kita sebagai seorang pendidik kitapun bisa bekerja di pemerintahan seperti :

  1. Dinas pendidikan pemuda dan olahraga
  2. KEMENPORA
  3. KONI
  4. KOI
  5. Dan banyak lagi loh sahabat.

Bahkan dari ilmu yang sudah kita dapat,kia dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi yang lainnya loh sahabat , so keep spirit,keep fighting, ya J tetap semangat buat raih cita-cita


Tentang penulis :

Mahasisiwi tingkat 3 angkatan 2015 prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan  Rekreasi –FPOK UPI . Hobi , olahraga karate,sesekali baca baca ,berorganisasi .

Twitter : @hanifahrmdhn | instagram : @hanifahrmdhn |line : hanifahfauziahramadhan

Kode Konten: X303

2 thoughts on “PJKR UPI (Hanif)”

    1. Bisa banget. Kebanyakan mahasiswa yang kuliah di jurusan olahraga itu sebagai batu loncatan buat terjun ke dunia militer. Atau ada juga sih sebagai pelarian karena pernah gagal tes TNI-Polri gitu ??

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *