PJKR UPI (Acep Bodil)

Assalamualaikum, hallo Intipers!

Perkenalkan nama saya Acep Luqmanul Hakim biasa dipanggil Acep Bodil, bahkan paling terkenalnya Acep Bodil karena semua orang mengenalnya baik di dunia nyata maupun dunia maya itu Acep Bodil mungkin hanya orang tua saya saja yang mengenal nama aslinya hehe. Saya seorang mahasiswa universitas pendidikan indonesia semester 6.huhu… yang sebentar lagi mau jadi mahasiswa angkot (mahasiswa angkatan kolot) hehe.. jurusan saya yaitu bisa di bilang jurusan paling gagah di UPI karena semuanya mahasiswanya yang bebadan kekar dan keren keren serta berotot haha..

Jurusan ini memberikan saya banyak pengalaman yang di dapat dari awal masuk sampai sekrang yaitu. Ketua kelas sepanjang masa haha…, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa PJKR 2016-2017, Ketua Forum Mahasiswa Cianjur UPI 2016-2017, Wakil Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa Hockey UPI 2016-2017, Ketua Bidang Pendidikan Forum Komunikasi Paguyuban UPI 2016-2017, Koordinator PJKR UPI, Aliansi PJKR Nasional 2016-2017, Staf Hubungan Ormawa Kementerian dalam Negeri BEM REMA UPI 2016 2017 bahkan sampai sekarang. Serta masih banyak pengalaman yang di dapatkan sampai saat ini.

Untuk semua dede-dede emesh yang bingung memilih jurusan Disini saya mau sedikit sharing tentang jurusan saya yang banyak di huni oleh mahasiswa yang berotot hehe… jurusan yang saya ambil di UPI yaitu PJKR (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi).

400

PJKR hmmm… Apa yang terpikir pertama kali dari kata kata itu? Kebanyakan orang berpendapat bahwa mahasiswa olahraga itu hanya mengandalkan otot bukan otak hmmm… Terus banyak yang berfikiran tentang PJKR itu di huni oleh orang orang berlatar belakan ahli olahraga atau alet-atlet bahkan berpedapat semua mahasiswa PJKR yaitu laki-laki apalagi PJKR UPI hmmmm. Serta masih banyak orang yang berpendapat mahasiswa PJKR itu pasti kulitnya jadi item. karena terus terusan di jemur dilapangan, sedikit plashback ke zaman sekolah mungkin setiap pelajaran olahraga pasti panas pansan di lapangan sampe berkeringat bahkan sampe bau hehe….. Padahal tidak seperti itu Intipers.. huhu…. nii… perlu Intipers ketahui bahwa PJKR itu tidak hanya menggunakan otot, kita juga berfikir bahkan dalam setiap keputusan kita dituntut berpikir secara cepat contonya ketika berhadapan dengan lawan dalam pertandingan silat kategori tarung kita harus secepat mungkin berpikir meskipun dalam tekanan. Dan perlu di ketahui juga jurusan PJKR juga tidak semuanya atlet looo…. Saya juga bukan atlet ko. Bahkan banyak teman teman saya juga, yang bukan atlet. PJKR itu tidak semua laki-laki ko.. santai saja haha… bahkan banyak perempuan juga bahkan banyak yang feminim juga. serta yang sar’i juga banyak. Banyak. Jadi cewe PJKR pasti banyak yang dilindungi oleh teman laki-lakinya haha… Dan perlu di garis bawahi juga mahasiswa PJKR itu tidak akan menghitam kulitnya, kalo yang sering perawatan, hehe…. Banyak yang item itu emang dianya emang hitem kulitnya sebelum masuk PJKR haha…. Emang si PJKR tu banyak matakuliaya praktek di semua lapangan perkuliahan huhu… Makanya sedikit diem dikelasnya hahaa… Ini cocok bagi kriteria mahasiswa yang sering males diem di kelas haha… Bukanya disekolah juga suka bahagia ketika belajar olahraga di sekolah apalagi ini belajar olahraga terus terusan di perkuliahan wkwkwk…

Perlu di ketahui oleh semua Intipers, PJKR itu prospek kerjanya di utamakan untuk menjadi guru olahraga di SMP dan SMA maka mata kuliahnya diisi dengan penguasaan semua cabang olahraga dan belajar mengajar karena kita adalah cagur (calon guru). Mata kuliahnyapun, itu hampir 80% praktek dan 20% teori dan terorinya itu cuman menghapal saja kebanyakannya sedikit sekali hitung hitungannya. Banyak mata kuliah yang menarik bahkan pengen terus belajar haha. Seperti matakuliah renang huhu… Kuliah renang ini kuiah yang paling rame apalagi ketika perkuliahan pertama masih banyak mahasiswa yang belum bisa renang. Kebayang ya? Ketika renang terus belum bisa dan renangnya harus di kolam yang dalam haha mimpi buruk itumah haha…  Matakuliah Olahraga Tradisional ini juga mata kuliah yang tak kalah ngangenin. Karena selain mengenal semua permainan tradisional daerah indonesia. Yang lebih ngangeninnya yaitu setiap kuliah. kita seperti anak kecil, karena kita terus bermain haha… Selanjutnya yaitu matakuliah masase atau mata kuliah mijit, matakuliah ini juga tidak kalah menarik karena setiap kuliah kita ditugaskan berpasangan untuk saling mijit bergantian. Jadi kebayang setiap kuliah kita di pijit sampai setiap perkuliahan pasti sampai ada yang ketiduran keenakan haha… dan yang lebih santainya kuliah ini bisa sambil mendengarkan musik di hp, kebayangkan nyantainya kuliah ini. Bakan masih banyak lagi kuliah yang nyantai dan menarik sehingga ngangenin.

Intipers jangan di lupakan, PJKR juga sama dengan jurusan yang lain yaitu pasti ada aja tugas yang di berikan oleh dosen ke mahasiswanya dan kebanyakannya kita bikin makalah dan presentasi, apa yang menjadi pembahasan kita dari buku, serta banyak juga tugas observasi ke sekolah, bahkan praktek mengajar di sekolah gak jauh beda tugasnya dengan jurusan lain. Yang paling berbeda itu PJKR tidak terlalu sering mendapatkan tugas, jadi bisa di bilang kuliahnya agak sedikit santai. Tugas yang paling berkesan yang telah di lakukan oleh saya selama kuliah yaitu tugas di kampus seperti persentasi materi dari buku, terus kita sajikan dalam bentuk persentasi dan makalah serta banyak  tugas akhir kita membuat sebuah event kejuaraan terkait matakuliah yang sedang di pelajari, seperti kuliah bola tangan maka kita harus membuat kejuaraan bola tangan tingkat SMA ataupun tingkat yang lainnya yang kita selenggarakan. Kebanyakan tugasnya itu praktek seperti, matakuliah renang sebelum melakukan perkulihan kita diberikan tugas wajib yaitu lonpat dari papan lonpat dengan ketinggian 10 meter dari air untuk laki-laki dan perempuan dari 5 meter dari air, itu adalah tugas yang berkesan di perkuliahan renang atau aquatic. karena pada saat kita melompat kita harus melawan rasa takut kita untuk jatuh dari ketinggian dan banyak ekprsi yang gokil dari temen temen saya yang tidak berani,bahkan banyak yang tegang banyak yang mau nangis untuk lopat saja haha.. Kebayangkan gimana lucunya ketika badannya tegap dan tinggi besat terus takut ketinggian haha…, tugas yang tidak kalah berkesan yaitu ketika belajar permainan disabilitas yaitu kita harus membuat permainan untuk siswa berkebutuhan khusus dan mengjarkannya. Sebelumnya kita mengajarjannya kita harus observasi terlebih dahulu sebelum kita terapkan. Banyak pengalaman yang didapan dari tugas ini yaitu banyak nilai-nilai kehidupan yang di dapat, bahka mengajar disana sangat menyayat hati melihat semangat mereka untuk belajar, itu yang membuat tugas ini sangat berkesan. Bahkan ada tugas tugas yang tidak masuk akal di PJKR itu di matakuliah permainan seperti matakuliah bola basket, sepak bola, hockey, futsal, softball dll yaitu tugasnya bahkan UASnya, kita hanya menonton pertandingan yang bersangkutan dengan materi yang kita pelajari atau matakuliah yang kita pelajari yang sedang terselenggara di wilayah sekitar Kota Bandung anehkan?.. tugasnya hanya menonton pertandingan, ini mungkin tidak akan pernah terjadi di jurusan lain haha….

follow_intipjurusan_COMPRES
(1)peraktek mengajar penjas dalam acara promosi olahraga.
(2)peraktek mengajar penjas dalam acara promosi olahraga.

Bahkan tugas yang Pernah di laksanakan yaitu Promosi olahraga kepada sebuah desa kita memperkenalkan olahraga kepada seluruh warga masyarkat di desa tersebut, yang jelas tugas di jurusan PJKR itu tidak boring bahkan beda 160 derajat dengan tugas-tugas yang ada di sekolah ataupun jurusan lain hehehe… santai banget kuliah di PJKR itu.

Perihal prospek pekerjaan Intipers jangan bingung. emang si, kita di fokuskan menjadi seorag guru penjas di sekolah.tapi jangan khawatir pelajaran penjas rata rata di senangi oleh seluruh siswa di sekolah hehe.. bahkan semua orangpun tahu bahwa menjadi seorang guru itu adalah pekerjaan yang mulia. Sudah banyak alumni alumni PJKR UPI yang hampir 80% mengajar di sekolah bahkan banyak yang menjadi dosen di kampus lain. Akan tetapi itu tidak jadi patokan bahkan  banyak alumni PJKR yang menjadi manager di pariwisata olahraga. Karena jangan di lupakan di belakang kata PJKR itu ada kata Rekreasi yang dimana kita bisa mengolah pariwisata olahraga. jadi apabila Intipers main ke pariwisata di mana saja ada pasilitas olahrganya pasti itu pengurusnya anak PJKR hahaha… banyak pariwisata di bandung juga haha…. Bahkan kita juga bisa menjadi seorang pelatih club yang kita minati seperti pelatih renang, sepakbola, ataupun yang lainnya.

Mungkin ini yang bisa saya bagikan mudah mudahan bermanfaat dan membuat motifasi berkuliah ke PJKR dan ade-ade emesh tidak bingung mencari jurusan yang di minatinya haha….

Klo ada yang mau ditanyakan langsung saja komen di bawah yaa

Acep Luqmanul Hakim

Kesibukan penulisan saat ini yaitu kuliah dan organisasi, diantaranya menjadi Ketua Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa PJKR 2, Ketua Umum Forum Mahasiswa Cianjur UPI, FORMACI, Wakil Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa Hockey UPI. Staf hubungan oramawa kementerian dalam negeri BEM Rema UPI. Dan masih banyak lagi.

Kode Konten : X138

3 thoughts on “PJKR UPI (Acep Bodil)”

  1. Kang saya mau tanya, saya mahasiswa baru UPI. Saya mengunduh daftar mata kuliah di prodi yg saya akan jalani nanti,nah di semsester 4 itu ada mata umum kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Pembelajarannya itu sperti gimana ya kang? Apakah sama sperti prodi Pjkr. Terima kasihh:)

  2. Gann..berarti mahasiswa pjkr blm tentu semuanya bisa dan mengusai dalam prakteknya ? Trs yang ngga bisa dalan beberapa praktek misalnya itu gimana gan ?

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *