PGPAUD UPI Tasik (Helsa)

Assalamu’alaikum ^^,

Hallo Intipers !

Nama lengkap saya Helsa Yunita. Saya merupakan mahasiswa aktif di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya angkatan 2013. Memangnya UPI ada di Tasik? Ada ko, buktiya saya sedang kuliah di UPI Tasikmalaya. Meskipun letaknya di kampus daerah, UPI Tasimalaya adalah bagian dari Universitas Pendidikan Indonesia. Sekarang saya sedang berada di semester akhir dimana ini merupakan zona galaunya mahasiswa. (/^-^)/\(^-^\)

Ko jadi guru PAUD aja harus kuliah sih? pasti kuliahnya hanya bermain dan bernyanyi saja, enteng sekali. Yang tidak kuliah juga bisa kali ngajar di PAUD kan cuma main sama nyanyi doang. Hmm Jleb … tapi inilah paradigma sebagian masyarakat.

400

Awalnya, saya memang tidak menyangka akan kuliah di jurusan ini. Saya kuliah di jurusan ini hanya menjalankan takdir. Namun saat dijalani, saya mulai menyadari bahwa ini adalah jurusan untuk seseorang yang ingin menjadi orang tua yang luar biasa. Alhamdulillah saya tersesat di jalan yang benar (^^, ). saya Insya Alloh akan menjadi orang tua dan semoga saya sanggup menjadi orang tua yang luar biasa meskipun saya hanya manusia biasa J

Satu lagi paradigma yang kurang tepat di masyarakat saat ini tentang PAUD, yakni sebagian masyarakat masih mengganggap PAUD itu adalah pendidikan dibawah usia TK, tidak jarang pula mereka menyebut PAUD itu pake ain, yap PA’UD mungkin kepanjangannya jadi Pendidikan anak ‘usia dini. (hehe)

Sebenarnya PAUD itu adalah jenjang yang di dalamnya ada PAUD formal (TK,RA), non formal (Playgroup, Daycare, pos PAUD dan sebagainya) dan satu lagi yaitu informal (keluarga).

follow_intipjurusan_COMPRES

Oke kembali ke pertanyaan, ko jadi guru PAUD harus kuliah sih?

Menurut Bloom pada rentang usia 0-8 tahun perkembangan otak dapat mencapai 80%, sehingga apabila diberikan rangsangan pendidikan sejak dini secara optimal akan membuat neuron-neuron berkembang secara baik dan menjadikan anak lebih cerdas. Usia tersebut dikenal dengan golden age atau usia emas . Jadi, usia 0-8 tahun merupakan usia kritis dimana perkembangan anak bergitu pesat dan sebaiknya dikembangkan secara optimal agar hasilnya pun optimal. Nah, tentunya butuh ilmu yang banyak dong untuk memfasilitasi itu semua dan itulah salah satu alasan kenapa guru PAUD harus kuliah.

Kita lanjut pada pertanyaan berikutnya, pasti kuliahnya hanya bermain dan bernyanyi saja? Enteng sekali (^^)

Nah kalau yang ini betul sekali tapi ga pake hanya,  kalau enteng sih bagaimana kita menjalaninya, biasa kalau udah cinta yang sulitpun terasa mudah, jadi apapun itu cintai pekerjaan kita biar enteng (hehe) . Di jurusan ini saya belajar all about PAUD. Jangan salah ya, bermain dan bernyanyi di PAUD bukan bermain dan bernyanyi biasa. Dunia anak merupakan dunia bermain jadi di jurusan ini saya belajar tentang bagaimana cara anak bermain tapi tanpa mereka sadari mereka telah belajar sesuatu demi mencapai tahap perkembangan mereka sendiri. Sehingga bermain itu dijadikan salah satu mata kuliah (haha) lucu rasanya mata kuliah bermain (^-^), dan memang dalam mata kuliah ini kerjaan saya ya bermain, tapi bukan main ke gunung atau ke tempat wisata lainnya melainkan belajar menciptakan permainan yang disesuaikan dengan aspek dalam perkembangan anak. Susah susah gampang tapi serunya minta ampun deh kalau sudah praktek bermain. Serasa dunia milik jurusan PGPAUD deh yang lain ngontrak. Dalam permainan pasti ada alat permainan, disini juga ada mata kuliahnya. Yap mata kuliah Alat Permainan Edukatif. Alhamdulillah saya belajar produktif di jurusan ini. Dari mata kuliah ini,  jurusan PGPAUD UPI KAMPUS TASIKMALAYA menciptakan buku yang berjudul Alat Permainan Edukatif lho!

Buku ini  merupakan haril karya jurusan PGPAUD UPI KAMPUS TASIKMALAYA, duh senangnya bisa berkarya ^^,

Menyanyi juga sama halnya seperti bermain, dalam nyanyian tersebut harus ada sisi edukasinya. Tidak sembarangan lagu baik dinyanyikan oleh anak lho, jadi sebisa mungkin kita harus memfilter lagu-lagu untuk diajarkan kepada anak. Ini juga ada mata kuliahnya lho ! yap mata kuliah seni musik, dimana saya belajar untuk memainkan musik akustik dari barang bekas bahkan hingga menciptakan lagu anak sendiri. Dimana lagi yang ada mata kuliah bermain yang bukan main-main kalau bukan di jurusan PGPAUD ?

Selain harus memenuhi kebutuhan pendidikan dan psikologi anak, di jurusan ini juga saya diajarkan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Kenapa jadi belajar gizi? karena gizi juga mempengaruhi terhadap perkembangan anak itu sendiri.

Disini saya belajar tentang bagaimana gizi yang baik untuk anak ^^, Ujian akhirnya ya masak-masak. Tentunya masak yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Hmm Seru abis ^^,

     Lalu tugas apa yang sering diberikan dosen? Hmmm yang sering ditugaskan yakni menciptakan hal-hal yang baru tergantung mata kuliahnya seperti yang telah dijelaskan tadi, misalnya menciptakan buku atau lagu baru yang mengedukasi. Pokoknya saya diajarkan untuk produktif, kreatif dan inovatif.

     Lalu tugas lapangannya apa? Ya apalagi kalau bukan observasi tentang PAUD ke sekolah PAUD. Namun menurut saya yang paling seru adalah ketika saya ditugaskan untuk mengobservasi anak berkebutuhan khusus dimana saya juga harus belajar untuk mengatasinya. Ternyata memang benar anak itu unik macam-macam kebutuhannya, satu anak dengan anak lainnya tidak bisa disamakan perlakuannya. Banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari Jurusan ini. Jurusan ini mengajarkan saya tentang bagaimana gaya pengasuhan anak yang baik. Ada istilah yang mengatakan “TIDAK ADA SEKOLAH UNTUK MENJADI ORANG TUA” namun yang saya rasakan di jurusan inilah sekolah yang cocok untuk calon orang tua.

Hoding carter mengatakan “Hanya dua hal yang bisa kita berikan kepada anak. Yang pertama adalah akar, yang kedua adalah sayap” . Disinilah saya belajar bagaimana memberikan akar dan sayap pada mereka, anak kita J

Calon orang tua adakalanya wajib deh kuliah di jurusan ini (hehe) , ya kalaupun tidak mengambil kuliah di jurusan ini, minimal belajar PARENTING (gaya pengasuhan yang baik) karena itu PENTING untuk menyokong generasi emas berikutnya. Ketika sudah lulus di jurusan ini jangan khawatir tidak bekerja, karena pekerjaan mulia adalah menjadi Ibu rumah tangga \(^-^)/. Setidaknya ketika kita nantinya tidak mengajar, ilmu kita akan bermanfaat minimal untuk anak kita sendiri.

Thanks for 4APGPAUD yang selalu bikin bahagia ~

Kode Konten : X173

7 thoughts on “PGPAUD UPI Tasik (Helsa)”

  1. So, aku bangga jadi GURU PAUD ! 😄
    Walaupun gajinya SaJuTa (Sabar, Jujur, Tawakal), tapi InsyaAllah pekerjaan ini sangat mulia. 😊 kalau pun itu ada sesuatu berupa finansial, anggap saja itu sebagai hadiah buat kita karena kita telah menjalankan amanah orang tua yang telah mempercayai kita.
    🙂

  2. Semangat teh helsa 😉
    Sangat menginspirasi tulisannya.
    Dan saya juga sama, jurusan pgpaud di upi tasik.
    Salam kenal teh 😀

  3. Saya mngajar di tk al-qur’an..(tadinya secara tdk sengaja hee) pdahal saya lulusan ekonomi manajemen.bila saya ingin kuliah di jur paud ini,brp lama sih saya bsa lulus,brp bnyak mata kuliah yg busa dikonversi ya..terima kasih..

  4. ka boleh dong minta akun facebook nya buat sharrinh ,, insha allah saya pengen kuliah prodi pg paud di upi tasik, saya masik duduk di bangku sma kls XII

Ayo tanya kak Helsa disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *