PGMI – UIN Malang (Zahroh)

PGMI – UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Halooo para intipers ! Bagaimana kabar kalian ? Alhamdulillah … luar biasa, tetap semangat,  Allahuakbar !! yiiihaa .. kurang lebih seperti itulah ketika saya biasa menyapa anak- anak didalam kelas. Bisa dibayangkan bagaimana tingkah dan ekspresi mereka yang menggemaskan hehe .. oke baiklah perkenalkan nama saya Ni’matuz Zahroh dari jurusan PGMI semester 5 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Bicara tentang jurusan barangkali teman teman yang mau lanjut ke perguruan tinggi pasti sedang galau galaunya mau lanjut dijurusan apa, mau konsentrasi dibidang apa, ntar kalo lulus mau jadi apa. it’s okey semoga tulisan ini bisa menambah informasi dan wawasan untuk teman teman yang bingung jiwanya yang galau hatinya menentukan pilihan, ceileeehh ..

Dan sekarang saya ingin berbagi tentang jurusan atau bidang yang lagi saya pelajari, saya perdalami, saya geluti, saya selami, saya apain lagi yaa ?? hehe, tepatnya sih bidang pendidikan yaa jurusan PGMI atau Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah setara dengan PGSD namun bedanya disini PGMI memiliki nilai plus yaitu pendidikan agama Islam juga menjadi bagian dari keprofesian kami yaitu sebagai guru MI/SD. Banyak orang berpendapat jadi guru itu ga enak, bayarannya sedikit mana cukup untuk kehidupan sehari-hari, ada juga buat apa jadi guru toh nggak ada tanda jasanya. Hihi mungkin masih banyak hal miring soal asumsi tentang jadi guru, namun profesi guru adalah profesi yang sangat mulia, siapa lagi yang mendidik calon dokter, calon polisi, calon ilmuwan, calon presiden calon orang hebat kalau bukan guru. Tanpa guru mungking ngga ada tuh dokter hebat, polisis hebat ilmuwan hebat diluaran sana. Guru itu mulia, guru itu abdi negera pencetak orang-orang hebat dari generasi ke generasi untuk membangun negeri.

Mengajar diMI Sunan Kalijaga Kalipare Malang (KKM 2017)

Dulunya sih saya tidak pernah ingin dan tidak pernah mau masuk jurusan PGMI karena saya tidak suka dengan anak kecil ngeribetin hehe jangan ditiru yaa, namun berkat ridho Allah yang maha kuasa dan atas berkat do’a do’a bapak ibu, nyasarlah saya kejurusan ini. Namun, selangkah demi langkah sampai disemester hampir tua ini saya merasa this is my way, insya Allah. Di jurusan PGMI kalian bisa belajar banyak hal loh, tentunya yang berkaitan dengan anak-anak cocok nih pasti buat para calon ayah dan ibu sholih sholihah insya Allah hihi. Dan berangkat dari jurusan PGMI  saya mulai sadar bahwa anak adalah pribadi yang unik, khas dan natural tanpa manipulasi sehingga belajar dengan anak kita tidak akan merasa tua, tidak ada hal yang monoton ketika berkumpul dengan anak-anak. Excited banget lah pokoknya. Tak terdefinisi bagaimana suka duka nya. Yang paling saya suka yaitu ketika belajar Mata Kuliah Psikologi Perkembangan, naah disitu kita bakal tahu macem-macem tahap perkembangan dari lahir sampek dewasa bakalan dapet penjelasan tuh sampek detail, jadi sempet nostalgia sih dulunya eyke kayak gimana hehe, selain itu juga ada mata kuliah seni tari yang kita harus mengadakan pagelaran tari yang disebut harmoni, seni musik pagelaran penampilan permainan musik aransemen, seni rupa yang kita harus mengadakan pameran karya dan masih banyak lagi yang dapat memperkaya kompetensi kita sebagai calon-calon guru masa depan yang aktif, kreatif dan inovatif.

Pagelaran Seni Musik Semester 4

Eeeiiittss selain itu, di PGMI UIN Malang juga terdapat beberapa komunitas belajar yang tidak akan kita temui didalam kelas, seperti Sanggar Seni Bina Madrasah (SSBM) yang beberapa minggu yang lalu meraih juara 1 lomba tari kreasi nasional dan masih banyak juara-juara lain di kompetisi sebelumnya kalo disebutin capek kali bacanyaa hehe, disini kita bisa belajar seni musik dengan peralatan musik yang bisa dibilang cukup lengkap dan seni tari yang luar biasa, ada juga nih Rumah Bibits tempat kita bisa belajar dan mengabdi bersama adik-adik bibits yang ada di desa, kemudian ada Bimbel Pioneer belajar jadi tutor yang dapat fee, Rumah Media, Rumah Penelitian, Rumah Sains, Rumah Matematika, Rumah Masa Depan eeehh kok jadi rumah masa depan wkwk yang pasti banyak hal yang dapat kita pelajari disini tentunya sebagai calon guru yaaa. Kalo masih kurang, kalian bisa mengikuti UKM (unit kegiatan mahasiswa) yang bisa mewadahi minat bakat kalian ada teater, olahraga, fotografi, seni religius, Pagar Nusa, Taekwondo *kebetulan saya ikut beginian hehe, ada juga pramuka, KSR, Paduan Suara dan masih banyak lagi, di UIN Malang ada 17 UKM kalo tidak salah. Bagi kalian yang suka berorganisasi juga banyak banget organisasi yang bisa kalian ikuti.

Naah kalo di UIN Malang nih, tahun pertama ketika masuk kuliah kita wajib tinggal di Ma’had atau asrama selama dua semester untuk memperdalam ilmu Agama dan wajib kita juga mengikuti program perkuliahan bahasa Arab, nanti setelah tidak tinggal di asrama di semester tiga dan empat kita juga diwajibkan mengikuti program perkuliahan bahasa Inggris. Jadi ilmu agamanya dapat, ilmu bahasanya dapat dan tentunya ilmu kependidikan nya juga dapat menang banyak deh hehe. Eeeiiiittss masih ada lagi diperkuliahan reguler kita juga bakal dapet ilmu agama loh dalam pembelajaran yang nantinya bisa kita ajarkan pada anak-anak, asyique lah pokoknya. Soal biaya menjadi mahasiswa Insya Allah UIN Malang terbaiklah hehe besiswa juga tersedia.

follow_intipjurusan_COMPRES

Kalo kalian mikir bakalan jadi apa ya kalo masuk dijurusan PGMI ? yang pasti akan jadi tenaga profesional dibidang  pendidikan, bisa jadi guru, dosen, kepala sekolah, pengamat pendidikan dan masih banyak lagi, bisa jadi presiden juga mungkin *yaaaaa kaleee wkwk. Kakak-kakak yang sudah lulus banyak yang sudah bekerja sebagai guru, bahkan sebagian dari mereka sudah mengajar di beberapa sekolah ternama, tapi Lulusan PGMI juga tidak melulu jadi guru kok, ada juga beberapa kakak tingkat yang bekerja sebagai staff Bank di Indonesia, ada juga yang nerusin kuliah diluar negeri dengan jurusan Primary School .

Nah begitulah cerita saya yang sedikit absurd kemana-mana, semoga berfaedah untuk para readers tercintah, semoga dipertemukan dengan pilihan yang terbaik yaah .. do the best to be better, akhirul kalam .. wassalam — @n_zahroh

 

Contact me @ : – ig : n_zahroh – line :nzahroh – fb : Ni’matuz Zahroh – Tumblr : nzahroh

Kode Konten: X230

 

1 thought on “PGMI – UIN Malang (Zahroh)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *