PG PAUD UNY (Zidni)

Hallo Intipers!. Perkenalkan aku Zidni Khasanah. Biasanya dipanggil Zidni. Aku mahasiswa PG PAUD UNY yang sekarang berada di semester 4 hehe. Kali ini aku bakalan share tentang sekelumit kisah warna-warni dihidupku hehe. Ahir-ahir ini memang aku sedikit tertarik untuk membahas tentang jurusan yang sedang aku ambil sekarang ini. Oiya sebelum aku menceritakan lebih lanjut aku akan sedikit bercerita tentang perjuang masuk UNY. Sebelumnya aku adalah anak SMK dan pada saat itu aku merasa grogi untuk masuk PTN. Terlebih lagi pelajaran di SMK sangat berbeda dengan materi untuk masuk PTN. Tanpa bekal lebih aku nekad daftar lewat jalur SNMPTN tapi belum di terima, dan dua jalur yang lainnya. Sempat putus asa waktu itu, akan tetapiu rencana Allah memang indah. Setelah 3 kali gagal akhirnya aku diterima di UNY jurusan PG PAUD.

Pertama kalinya aku akan mengenalkan prodi PG PAUD UNY. Fakta menarik tentang PG PAUD UNY adalah satu-satunya prodi PG PAUD yang mendapatkan akredetasi A loo. Pada kesempatan ini aku akan betcerita tentang jurusan PG PAUD.

compres-ig-ver

Eitss! Tenang aja kali ini aku akan mengupas tuntas tentang beberapa pertanyaan yang masih mengganjal di hati. Sebelum membahas lebih jauh aku mau mengutarakan beberapa fakta tentang jurusanku menurut pandangan masyarakat. Mayoritas orang atau masyarakat masih memiliki sudut pandang yang belum luas. Seperti  adanya statemen bahwa menjadi guru PAUD itu mudah, hanya bermodalkan pintar menyanyi dan tepuk maka dapat mendidik anak-anak. Adanya statemen orang seperti itu, tentunya kita juga tidak bisa menyalahkan. Terlepas dari itu, tahukah kamu kalau PAUD di Indonesia sendiri sudah tertinggal selama 100 tahun lamanya dibanding negara-negara maju lainnya?. Nah sengaja nih pertanyaan tersebut aku tulis seperti itu biar adanya gregetnya dikit. Hehe

Menelaah dari beberapa hal yang sudah aku sampaikan tadi, disini aku mengajak siapapun yang sudah membaca blogku untuk mengenal lebih dekat tentang Jurusan PAUD. Tentang hal menarik dan unik yang mungkin belum diketahui banyak orang. Nah langsung aja ya aku mulai hehe. Siap kan buat membacanya lebih lanjut? Pasti siap dong. Di PG PAUD, para mahasiswa diajarkan tentang psikologi anak mulai dari perkembangan dan pertumbuhan anak serta cara menangani anak yang memiliki hambatan tertentu. Selain itu, di PG PAUD sendiri diajarkan seni untuk anak. Mulai dari seni musik, seni tari, dan seni rupa dua dimensi untuk anak. Pada pembelajaran seni di PG PAUD sendiri sebagai calon guru diajarkan untuk dapat memiliki kemampuan multitalent. Dimana mahasiswa PG PAUD sendiri diajarkan bagaimana m,enciptakan melodi, lagu untuk anak, dan tarian untuk anak. Selain ada pembelajaran seni, sebagai calon guru diajarkan tentang ilmu pendidikan mualai dari dasar-dasar pendidikan, etika pendidikan, teknik mengajar, pendekatan, dan media pembelajaran. Nah selain itu ada juga mata kuliah umum seperti halny PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kewirausaahan.

compres-ig-ver

Setalah mengenal tentang apa saja yang dipelajarai di PG PAUD. Aku bakalan menjelaskan tentang jenis-jenis tugas yang sering diberikan oleh dosen. Jenis tugas yang diberikan oleh tugas sangat variatif mulai dari observasi, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP, dan membuat makalah. Selain itu, ada juga tugas yang mengharuskan praktik. Tugas-tugas praktik di lapangan ini meliputi: membuat lagu dan melodi, menciptakan gerak tari, mengajarkan dan mempraktekan tentang tarian yang sudah dibuat dan praktek mengajar. Tugas hal yang paling berkesan adalah tugas yang praktik ke sekolah. Karena anak-anak yang berada di usia dini ini merupakan anak yang lucu dengan segala tingkah lucunya.

compres-ig-ver

Tugas yang paling berkesan bagiku selama berkuliah di PG PAUD sendiri adalah ketika praktik pembelajaran tentang perkembangan motorik di salah satu TK di daerah Bantul. Hal ini karena pada waktu ini selain mengamati perkembangan dan bertemu dengan anak-anak yang lucu tetapi bisa menjadi bagian di masa terpenting dari mereka. Karena anak-anak yang berada di usia ini berada pada masa golden age. Nah, tahukah kamu intipers, apa itu masa Golden age?. Kalau semisal belum aku akan menjelaskan apa itu masa golden age. Masa golden age sendiri adalah masa emas atau masa penting pada setiap perkembangan anak loh. Hal ini disebabkan pada masa ini 80% otak anak berkembang dengan pesat. Selain itu, anak sangan responsif terhadap segala rasangan dari luar. Tentunya hal ini juga menjadi salah satu keistimewaan dari seorang calon guru PAUD dan menjadi sebuah keberuntungan. Karena dapat mendidik dan  menjadi salah satu bagian dari masa penting mereka. Selain itu, yang paling membuat aku berkesan saat bertemu anak-anak adalah ketika mereka mencurahkan kasih sayangnya yang tulus.

Selanjutnya aku bakalan share lagi nih tentang tugas kuliah yang paling berkesan. Tugas yang paling berkesan ini adalah tugas dari mata kuliah “Estetitika Koreografi Anak Usia Dini”. Karena di mata kuliah ini banyak sekali pengalaman yang berharga mulai dari awal hingga ahir. Pada mata kuliah ini dimulai ketika menciptakan gerakan tari untuk anak atau dapat disebut juga dengan ekplorasi gerak. Pada waktu pembuatan gerak kelasku dibuat menjadi beberapa kelompok. Setelah proses ekplorasi gerak selesai dilewati adalah saat penentuan TK yang akan menjadi tempat belajar untuk mempraktekan gerak tari. Rasanya dag dig dug sekali.

Setelah mendapatkan TK rasanya senang bisa bertemu dengan anak-anak dan belajar bersama mereka. Proses mengajar di TK ini kurang lebih terjadi selama 2 bulan. Slema dua bulan ini merupakan pengalaman luar biasa, dari mengajarkan gerakan tari. Awalnya memang tidak mudah untuk mengajarkan gerakan  tari kepada anak-anak karena belum terbiasa mengajar. Pengalaman luar biasa ini menjadikanku teringat akan salah satu kata-kata  dari dosen bahwa “Guru PAUD itu adalah guru yang berani membodohkan diri sendiri”. Hal yang membuatku teringat karena mengajarkan suatu kepada anak-anak tidaklah mudah dan memang terkadang untuk menstimulasi perkembangan anak kita perlu menjawab apa yang memang kita sudah ketahui. Tetapi itu semua tetaplah merupakan proses yang mengesankan karena anak-anak sangat antusias.

Oiya kosentrasi yang diajarkan di jurusan PG PAUD ada beberapa yaitu kosentrasi di tumbubh kembang anak, dolanan tradhisional, pendidikan keluarga, dan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Selain  itu, ada juga tugas lapangan. Nah tugas lapangan ini tidak hanya untuk observasi juga loh. Ada juga tugas lapangan salah satunya adalah pemberian pelatihan bahasa jawa kepada guru-guru TK. Pelatihan ini merupakan tugas lapangan bersama dosen yang dimulai dengan pemberian materi terlebih dahulu. Setelahnya adanya pemberitahuan materi selanjutnya yaitu praktek bersama guru di kelas.

Nah selain itu, prospek kerja jurusan PG PAUD juga bagus. Setelah lulus pun banyak kakak tinbgkat yang berkerja di PAUD atau TK yang bagus seperti TK Budi Mulia, TK Pedagogia dan masih banyak lagio. Ada juga yang mengikuti PPL internasional dan ada juga yang mengikuti program SM3T. Nah itu tadi cerita tentang pengalamanku di PG PAUD. Jadi tinggal tunggu apalagi,karena PG PAUD merupakan prodi yang bagus loh.


Tentang Penulis:

Namaku Zidni Khasanah. Biasanya di panggil Zidni dan sekarang merupakan mahasiswa semester 4 PG PAUD UNY. Memiliki hobi menulis dan menyukai dunia anak-anak. Fb: Zidni Khasanah, blog: zidni24.blogspot.co.id/

Kode Konten: X343

1 thought on “PG PAUD UNY (Zidni)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *