PG PAUD UNY Karangmalang – Nurhafizah

Perkenalkan nama saya Nurhafizah, biasa dipanggil Hafiz atau Fifi. Saya angkatan 2014,  alhamdulillah sudah semester enam. Saya sedang menempuh kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Jurusan PAUD prodi PG PAUD. Oh iya, PG PAUD UNY berada  sekampus dengan PGSD. Jadi kalau ada cinta antara PG PAUD dan PGSD maka jangan salahkan kampus ini (hehe). Pasti kalian langsung diam ketika mendengar Jurusan PAUD atau bahasa kerennya Early Childhood Education (ECE). Mungkin muncul pertanyaan kenapa harus sekolah tinggi-tinggi kalau cuman jadi guru di PAUD (duh…). Nah, akan saya kenalkan jurusan PAUD ini dengan kalian. Untuk prodi PG PAUD berada di kampus wilayah yaitu di Jalan Bantul No.50. Biasa kami menyebutnya dengan Kampus Bantul atau Kampus 3 UPP 2. Diantara kalian ada yang belum tahu apa itu PAUD?? PAUD itu singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Buat informasi saja nih.. yang tergolong anak usia dini itu dari usia sejak lahir sampai usia enam tahun kalau di Indonesia, tetapi di luar negeri usianya sampai delapan tahun. PAUD sendiri bukan hanya play group ya.. tetapi PAUD itu terdiri dari TPA (Tempat Penitipan Anak), KB (Kelompok Bermain) atau Play group dan TK (Taman Kanak-Kanak) serta SPS (biasanya ibu-ibu PKK yang mendirikan). Kalau diibaratkan PAUD itu sebagai rumah yang di dalamnya ada TPA, KB, TK serta SPS. Sudah sedikit tahu ya sekarang mengenai PAUD itu sendiri. Jadi, bolehlah kalian membenarkan masyarakat yang masih menganggap PAUD itu hanya sekadar play group (Hehe).

Walau berada di kampus wilayah, tetapi kampusnya hijau dan ada pendopo luas bagi mahasiswa yang akan kencan dengan laptop untuk menyelesaikan tugas. Prodi PG PAUD di UNY sendiri ada dua kelas. Lalu apa yang dipelajari? Pasti hanya tepuk-tepuk dan nyanyi-nyanyi ya?. Tentu tidak, sebagai guru bagi anak-anak harus dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan. Karena anak usia dini itu berada di tahap usia emas. Kita sebagai guru jangan sampai salah memberi stimulasi pada anak-anak. Anak-anak bukanlah orang dewasa mini. Jadi, pasti beda kebutuhan dan pendidikan yang diberikan. Kebayang tidak kalau sebagai guru kita salah memberikan stimulasi atau pendidikan untuk anak usia dini? Bisa jadi kita membuat anak-anak yang berada di TK menjadi malas ketika di SD atau yang lebih parah justru kita mematikan ketrampilan dan kreativitas anak-anak sejak dini. Tentu saja tidak akan terasa pada sekarang, namun akan terlihat ketika anak-anak ini sudah tumbuh dewasa. Di Jurusan PG PAUD ini mengajarkan kita untuk tahu tahapan perkembangan usia anak dan stimulasi yang tepat untuk setiap tahapan usia tersebut. Kita juga dituntut memiliki pengetahuan dan kreatif serta inovatif dalam segala hal. Misalnya  ketika anak-anak bertanya tentang kenapa air bisa turun dari langit? Atau pertanyaan lucu yang terkadang tidak tertebak oleh kita. Nah,  sebagai guru kita akan menjawab pertanyaan anak-anak dengan benar, tentu saja dengan bahasa anak agar mudah dipahami.

Perkuliahan yang diberikan tidak hanya hafalan, tetapi ada hitungan dan praktik. Misal hitungan di mata kuliah statistika, dan kesehatan&gizi. Teori pada filsafat pendidikan, menejemen dan pendidikan anak dalam keluarga. Karena di PAUD yang dikembangkan enam aspek untuk anak yaitu nilai-nilai agama dan moral anak, fisik motorik anak, bahasa anak, sosial emosional anak, kognitif dan seni. Kita dibekali secara terperinci yang dijadikan sebagai bahan mata kuliah berupa pemberian teori dan dilanjutkan pengembangan berupa praktik. Praktik dan terjun lapangan berupa observasi dan penelitian sejak semester satu. Kita membuat dan mengembangkan media pembelajaran lalu diterapkan pada anak. Kita juga belajar seni pada mata kuliah Estetika Instrumen Pada AUD, Estetika Rupa Dua&Tiga Dimensi dan Estetika Koreografi Tari Untuk Anak Usia Dini. Pada mata kuliah Estetika Instrumen Pada AUD  akan belajar menyusun lagu. Ibu Rina sebagai dosen pengampu mengajarkan kita menyusun lagu dengan menggunakan not balok. Jadi, kita serasa menjadi seorang komposer handal yang bisa menciptakan lagu dengan not balok menggunakan aplikasi.

Nah, untuk mata kuliah seni berikutnya Estetika Koreografi Tari Untuk Anak Usia Dini. Dosen pengampunya langsung dari kepala jurusan PAUD yaitu Bapak Joko Pamungkas. Bapak Joko lulusan di bidang seni dan sampai berguru di India. Beliau sebagai kepala jurusan sangat akrab dengan mahasiswanya. Bahkan selalu memberi inspirasi-inspirasi untuk mahasiswanya dan selalu siap mendengarkan keluhan dan kegundahan mahasiswa (duh..duh..). Mata kuliah beliau ini bisa disebut puncaknya sebuah perkuliahan. Kenapa bisa seperti itu? Mata kuliah beliau berada di pertengahan semester. Beliau akan memberikan teori dan contoh lalu mahasiswa akan praktek. Sebagai puncak mata kuliah beliau yaitu pentas seni yang besar. Penasaran? Sebelum itu saya akan ceritakan dulu tugas yang lain yaitu membuat koreografi tari dan di upload di youtube. Mau cek silahkan dengan judul “estetika koreografi tari anak usia dini PG PAUD FIP UNY”. Jika sudah mebuat karya sendiri maka pada semester selanjutnya pada mata kuliah Koreografi Tari Untuk Anak Usia Dini  kita akan membuat pentas seni dengan melatih anak-anak TK dan dipentaskan. Setiap tahun beda-beda tema yang akan diberikan. Pada tugas tersebut kita juga dilatih menjadi EO. Kita yang mempunyai acara dan kita juga yang mengurus acara tersebut dengan bantuan kakak dan adik angkatan. Luar biasa bukan? Dulu saat menjadi maba, saya ikut menjadi panitia di acara tersebut dan di rangkum dalam PG PAUD EXPO dengan serangkaian acara dan termasuk pentas yang bertema Opera Anak. Pada tahun saya dengan tema Festival Wayang Bocah juga yang dimasukan dalam serangkaian acara Dies Natalis UNY. Akan ada beberapa jumlah kelompok, tahun saya ada enam kelompok. Kita menyusun naskah dan membuat koreografi lalu melatih anak-anak TK selama satu sampai dua bulan mengambil cerita ramayana dan mahabrata menggunakan dialog bahasa jawa dengan iringan live gamelan. Kita menjual tiket untuk para orang tua dan peserta yang ingin menonton. Dalam kesempatan tersebut kita bekerjasama dengan pengerawit di dua universitas yaitu UGM dan UIN serta UNY sendiri. Selain untuk nilai tugas mata kuliah, kita juga mengenalkan budaya pada anak-anak lewat peran wayang yang anak perankan dan alat musik gamelan. Susah? Lelah? Tentu saja itu semua terbayar dengan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Banyak bekal yang kita dapatkan untuk diterapkan saat terjun dilapangan. Jadi, kuliah di PG PAUD tidak hanya nyanyi dan tepuk ya..

400
Sesi foto setelah Pentas di acara Festival Wayang Bocah Di Kampus Bantul

Di PG PAUD juga disediakan tempat untuk berlatih mengajar dan menguasai kelas untuk para adik-adik angkatan yang dinamai Early Childhood Volunteer (EVO) yaitu relawan mengajar di sebuah TK tanpa dibayar. EVO merupakan bentuk praktik diluar mata kuliah. Bisa di bilang sebagai wahana untuk berlatih mengajar di TK sejak semester dini. Hitung-hitung melatih mental untuk mengahadapi magang atau PPL besok semsester tujuh (hehe). Tentu dengan pengawasan dosen dan HIMA ( Himpunan Mahasiswa). Para Volunteer ini akan diberi bekal mengajar, menyusun kegiatan yang disebut dengan RPPH dan membuat media untuk belajar anak-anak. Jadi, akan kuliah dan mengajar di hari jumat dan sabtu saja. Biasanya akan di tutup dengan  pemberian penghargaan untuk para EVO. Berikut ini salah satu dokumentasi kegiatan EVO.

(Pemberian penghargaan dari dosen untuk beberapa peserta EVO)

Apa kalian bertanya apakah ada mahasiswa lelaki di jurusan ini? Jawabannya ada, sebagai contoh pada angkatan saya terdapat mahasiswa laki-laki dan lebih dari tiga. Untuk prospek kerja tentu dapat melangkah bekerja menjadi pendidik, membangun lembaga sendiri, dirjen PAUD, konsultan dan praktisi di bidang PAUD atau sebagai dosen tetapi lanjut S2 dulu ya… kalau mau jadi dosen. Kuliah di PG PAUD tidaklah rugi. Bukankah anak adalah aset bangsa yang perlu kita didik dan jaga? Karena itu masih perlu pendidikan untuk anak dan pengenalan mengenai cara mendidik anak bagi para orang tua.

Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

follow_intipjurusan_COMPRES

Nurhafizah

Saya angkatan 2014, alhamdulillah sudah semester enam. Saya sedang menempuh kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Jurusan PAUD prodi PG PAUD. Kesibukan saya masih dengan perkuliahan untuk persiapan KKN dan PPL. Untuk kesibukan lainnya mengajar les privat. Hobi saya adalah menulis puisi dan menggambar.

Kode Konten : X132

10 thoughts on “PG PAUD UNY Karangmalang – Nurhafizah”

  1. Untuk rencananya ingin cari beasiswa buat lanjut S2.. tapi misal blm ada kesempatan..mau langsunh jadi guru baik di TK atau KB..
    😃

  2. Kak serius kalo s2 bisa jadi dosen? Nanti s2nya ngambil apa ka? Pleasee jawab

    Ceritanya gini ka pas sbm kemaren niat saya mau ngambil sosiologi uin pgsd upi ama pgsd untirta. Nah pas abis sbm saya liat kartunya lagi gataunya saya salah milih bukannya pgsd malah pgpaud dan itu pilihan kedua. Saya nangis nyesel salah klik dan kemaren gataunya saya masuk pgpaud upi. Orang2 bilang ” ngapain kamu capek2 sklh kalo jadi guru tk? ” terus saya nangis. Mohon pencerahannya kak tentang prospek kerja jurusan ini

    1. Jangan sedih,,ini bukan akhir dari segalanya..hhee
      Bagaimana dengan orang tua kamu?
      selagi orang tua tidak msalah ..kamu harus yakin..Dunia PG PAUD tidak hanya menyanyi dan betepuk tangan saja kok…
      Bukannnya bermaksut merendahkan guru PAUD yang lulusan SMA.. tetapi memng sebaiknya guru PAUD itu harus sudah dibekali dengan pendidikan mengenai dunia anak agar tidak salah memberikan stimulasi. …
      S2 bisa ambil S2PAUD atau S2 Psikologi. Biasaya dua bidang itu yang sesuai dengan pendidikan anak usia dini. S2 PG PAUD sudah ada, tapi setahu aku ada di UNY dan UIN Sunan Kalijaga.. Kalau untuk di luar Jogja belum tahu dimana yang sudah buka S2 PAUD. Dosen PAUD saya ada beberapa yang mendirikan lembaga PAUD juga. Tidak selalu Dosen PAUD hanya mengajar di jurusan PAUD, tetapi juga mengajar di jurusan lain yang ada kaitannya dengan dunia anak. Kalau S1 PG PAUD prospeknya bisa di TK, KB atau TPA(tempat penitipan anak)….
      semoga bisa membantu ya..:-)

    1. perkuliahan lebih banyak di Bantul..
      tapi juga kadang bisa di pusat tpi jarang..
      kalau berbagai urusan seperti pembayaran UKT, Ruang dosen, dan secara administrasi lainnya di pusat (Karangmalang)😊

  3. kak, untuk bisa masuk PG-PAUD, kira2 nilai mata pelajaran apa saja yang dapat mendukung agar bisa di terima di prodi PG-PAUD UNY?

    1. maaf ya baru balas karena kemarin sedang KKN..
      untuk hal itu kurang begitu tahu tapi PG PAUD di UNY termasuk bidang soshum. Tapi teman-teman kelas juga ada yang berasal dari jurusan IPA dan ada yang dari SMK.
      Semoga membantu ya…:)

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *