PG Paud Univ. Halu Oleo (Isma)

Hay kakak intipers! Apakabar? Kenalkan saya Nur Isma Sari biasa dipanggil isma. Saat ini saya sedang menyelesaikan tugas akhir dijenjang pendidikan s1 jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (pg-paud) Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi tenggara. Hobi saya cukup simple menari, menggambar, henna art, nonton drama korea dan aktif berorganisasi. Saat ini sedang menyelesaikan tugas akhir yaitu skripsi.

Assalamualaikum, warahmatullahi wabarakatu :’)

Okee , selamat pagi kalau bacanya pagi, selamat siang kalau bacanya siang dan selamat malam kalau bacanya malam. Salam perkenalan dari saya (isma) mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang untuk tambahan nama dibelakang nama saya , heheheh *curhat dikit. Mumpung lagi main di INTIPJURUSAN.COM isma mau bahas sedikit nih tentang jurusan yg sedang isma akan selesaikan dijenjang s1 yaitu PG-PAUD. Okeh kawan, mungkin disini ada beberapa pertanyan yang yaaaaahhh akan saya coba berikan sedikit komentar, okee mari kita mulai.

1. Kekeliruan umum orang-orang/ masyarakat sekitar mengenai jurusan yang saya ambil

Okee sist and bro, disini saya akan beritahu mengenai jurusan saya. Jurusan saya yaitu PG-PAUD (Pendidikan Guru – Pendidikan Anak Usia Dini) apa sih itu paud? Paud itu yahhh pendidikan yang biasa kakak.kakak diluar sana dengar yaitu praTK. Mungkin kakak, om, tante, nenek dan kakek berfikir, praTK? Paling kuliahnya nyanyi, paling kuliahnya gambar, kan praTK jadi kalau nanti ngajar yah paling ajarin anak-anak nyanyi, temenin anak-anak main ayunan,perosotan, bersihin anak kecil yang buang air. Gini nih kakak, om, tante, nenek dan kakek tersayangnya isma hehehe. Kami ini sebagai mahasiswa paud terutama saya sendiri memang awalnya sebelum menjalani perkuliahan dijurusan paud sempat berfikir seperti itu juga, tetapi setelah ngejalanin beberapa tahun disitu saya paham sepaham pahamnya paham kalau ternyata paud itu ada EMAS BATANGAN yang harganya sangat mahal. Iya, karena apa? Karena paud adalah pendidikan pertama bagi anak anda. Yang kakak semua harus tau anak itu bagaikan kertas putih yang polos dan bersih lalu akan diisi oleh lingkungannya (keluarga inti, keluarga besar, tetangga dan sekolah)dengan berbagai macam warna. Usia dini adalah usia emas bagi anak-anak dimana anak memiliki rasa ingin tau yang tinggi, rasa memiliki yang tinggi serta tingkat meniru yang wow. Jadi paud itu adalah tempat pertama yang memberikan goresan tinta bagi anak usia dini. Kebayang dong kalau kuliahnya hanya gitu doing mau ngajarin anak yang masih belum paham apapun. Sudah pasti kami mempelajari pola perkembangan anak, cara berbipikir anak, pola asuh anak dan masih banyak lagi, dan itu semua tidak diajarkan begitu saja tetapi diaplikasikan langsung kepada anak didik kami, dan itu sangat penting. Jurusan paud pun menjamin masa depan kita kok kak. Di paud itu kita bisa buka yayasan sendiri, kita bias menjadi kepala yayasannya bahkan kita bias membuka lapangan pekerjaan bagi yang lainnya. Hampir lupa, dosen – dosen dipaud itu asik loh kak, open-minded, inspiring, terbuka, ada beberapa yang masih muda, dan motivator banget deh dosen-dosennya. Bahkan nih yah kita koleh keruangan beliau cumat buat sharing.So, jangan takut buah kuliah di paud.

2. Masalah apa saja yang bisa diselesaikan dengan ilmu yang ada dijurusan saya

Masalah yang didapetin dari awal kuliah sampai detik ini lumayan yah kak, tapi tenang karena ilmunya sudah dapat yah masalahnya bias diatasi. Pernah nii nemuin kasus orang tua saking sayangnya sama anaknya takut anaknya kenapa-kenapa dilarang main diluar. Buat calon ayah dan bunda jangan sampe gitu yahh, kan kasian anaknya yang diliatnya hanya tembok rumah. Heheheh. Jadi aku itu coba temuin orang tua sianak terus aja cerita dehh, panjang lebar ceritanya sampai bahas ke sianak yang jarang diizinin keluar rumah. Disitu aku jelasin dan beritahu ke orang tua sianak kalau anak itu butuh yang namanya bermain, butuh yang namanya bergerak dan butuh yang namanya bertemu orang banyak. Karena umur 0-6 tahun itu adalah umur emas (golden eig) bagi anak. Kalau anak ditahan dan dilarang untuk melakukan apa yg iya inginkan dan itu masih positif maka akan berakibat pada perkembangan anak bunda. Bisa saja perkembangan anak bunda terhambat karena itu tadi, kurangnya si anak diberikan kebebasan untuk berexpresi. Bunda-bunda yang lain gak mau kan kalau anaknya nanti kaya gitu pertumbuhan dan perkembangannya terhambat. Makanya jangan ada yang kaya gitu yah bunda.

3. Jenis matakulliah yang sering dipelajari

Banyak matakuliah yang dipelajari mulai dari seni musik, seni tari, keterampilan menggambar, keterampilan berkarya, pagelaran karya dan masih banyak lagi. Tapi pelajaran yang berkesan bagi saya itu yah pagelaran karya. Karena saya suka seni kakak. Pagelaran karya bagi saya sangat berkesan karena disitu kita betul-betuk buat pagelaran hasil karya kita sebagai mahasiswa pg-paud bias tampilin paduan suara, nyanyi solo, duet, menari (tari binatang, tradisional, kreasi bahkan sampai tari etnic pun ada) , serta ajang pameran buat pamerin hasil karya handmade dari mahasiswa-mahasiswi pg paud uho. Dan bagi saya matakuliah ini adalah matakuliah yang paling berkesan bagi saya.

(kegiatan gerakan 1000 bunga untuk ibu)

 

follow_intipjurusan_COMPRES
(Pagelaran karya dirangkaikan dengan expo pg-paud)

 

4. Jenis tugas yang sering diberikan

Yah mungkin kalau makalah adalah tugas ribuan mahasiswa yang setiap matakuliah pasti ada. Tapi, dipaud itu ada matakuliah yang dimana kita membuat alat permainan edukatif (APE) yang berguna bagi anak. Saya pernah membuat puzzle bergambar dora, cantik loh teman-teman ada pita kuningnya juga loh hehehe. Ada yang buat boneka jari, lotto warna, tangram, dll. Tapi yang rumit itu yah puzzle soalnya harus dipotong kecil-kecil dengan model yang berbeda, tapi bagi saya itu tantangan dan saya berhasil ngebuatnya, dan itu sangat berkesan bagi saya.

5. Tugas Lapangan?

Dipaud itu juga punya tugas lapangan loh teman-teman. Mulai dari observasi ke tk, study lapangan, dan kuliah kerja nyata (kkn). Kalau observasi keTK sih itu udah dilakui dari awal jadi mahasiswi paud uho. Study lapangan? Ini nih yang seru, 5 hari 4 malam dengan perjalan jalur laut, iya naik kapal malam trus sampainya subuh di kab.Muna prov.sulawesi tenggara. Sampai dilokasi study lapangan itu disana kita pergi ke tk yang pelosok dan masih sangat kurang perhatian dari dinas pendidikan dan kebudayaan untuk pendidikan anak usia dini. Disana sangat banyak pengalaman serta ilmu yang kami dapat. Kuliah kerja nyata (kkn) kalau kkn ini 45 hari kakak kami tinggal dirumah warga dan ngelakuin beberapa program kerja serta turun langsung kemasyarakat.

(Pagelaran karya dirangkaikan dengan expo pg-paud)

Pokoknya teman-teman gak rugi deh masuk dijurusan paud. Soalnya mahasiswa(i) paud itu multitalent banget teman, serba bias. Disuruh nyanyi bisa, menari bisa, bercerita bisa, buat panggung pementasan bisa, buat hasil karya handmade yang menghasilkan pundi-pundi rupiah  juga bisa teman-teman. Banyak dehh poin plusnya gabung dijurusan pg-paud uho. So, good luck teman-teman.


Tentang Penulis : Nur Isma Sari

Senang Makan, Tidur, Jalan-jalan, menari, Henna Art, nonton drama korea, dan berorganisasi, juga aktif di social media. Bisa di follow :’) @ismaakee_ hehehe

Instagram : @ismaakee_

Kode Konten : X201

2 thoughts on “PG Paud Univ. Halu Oleo (Isma)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *