Apa Saja yang Perlu Disiapkan Saat Menjadi Mahasiswa Baru

Lulus dari masa SMA, kamu akan memulai dunia baru yaitu perkuliahan. Tidak lagi memakai seragam dan waktu pembelajaran yang teratur setiap harinya. Ketika kamu masuk ke dunia perkuliahan tentunya akan sangat berbeda dengan sebelumnya. Tempat kamu belajar bukan lagi disebut sekolah melainkan kampus, pengajar yang kamu sebut sebagai guru sekarang adalah dosen.

Begitupun dengan ujian, ketika sekolah tentunya wajib datang ke sekolah untuk mengerjakan namun sekarang kamu bisa mengerjakan di rumah (take home). Peralihan ini yang menjadi masalah besar yang tentunya kamu harus mencoba untuk beradaptasi dengan hal baru lagi.

Sebagai mahasiswa tentunya kamu dituntut untuk serba mandiri. Mulai dari mandiri dalam hal waktu, tugas, keuangan, dan tentunya  tanggung jawab akan komitmen sebagai mahasiswa. Oleh itu perlu adanya adaptasi atau penyesuaian terhadap lingkungan kampus. Berikut beberapa hal yang perlu kamu siapkan ketika menjadi mahasiswa baru :

Bersikaplah ramah pada siapapun

Tak ada salahnya untuk kamu bersikap ramah kepada siapapun ketika kamu menjadi mahasiswa baru. Bersikaplah ramah dengan teman baru, senior dan tentunyaa kepada dosen. Sikap inilah yang membantu kamu dalam proses belajarmu nanti.

Ketika kamu mendapatkan kesulitan dengan urusan administrasi kampus, pegawai akademik akan dengan senang hati membantu kamu jika sikap kamu ramah kepada mereka. Ketika kamu membutuhkan materi tambahan mengenai perkuliahan kamu bisa meminta bantuan kepada senior atau kakak tingkat. Tidak ada salahnya bersikap ramah kepada seluruh orang karena dengan mereka, proses belajarmu akan lebih lancar.

Aktiflah pada UKM dikampusmu

Sebagai orang baru kamu perlu aktif untuk mengenal kampusmu. Aktif bisa kamu lakukan dengan mengikuti kegiatan UKM di kampus. Hal ini akan membantu kamu lebih kreatif dan aktif dalam proses pembelajaranmu.

Memang sebagai mahasiswa baru tentunya akan disibukkan dengan jadwal kuliah yang padat, namun tak menutup kemungkinan kamu bisa mengikutinya. Biasanya UKM aktif diluar jam kuliah. Kegiatan UKM akan melatihmu akan sosialisasi dan kemandirian.

Aktiflah di kelas

Mahasiswa harus bisa lebih aktif dalam proses belajar di kampus. Kamu bisa melakukannya pada saat proses belajar berlangsung. Ketika dosen menjelaskan mengenai materinya, kamu bisa bertanya mengenai hal yang berhubungan dengan materi tersebut.

Atau ketika dosen memberikan waktu untuk bertanya, aktiflah bertanya. Seperti inilah yang akan menjadikan kamu lebih mudah dikenali dosen, dan tentunya akan ada nilai lebih dosen kepada kamu. Jangan hanya bermalas-malasan di dalam kelas saja.

Catatlah jadwal kuliah dengan baik

Untuk memperlancar proses belajar kamu dikampus, catatlah jadwal kuliah dengan baik. Hal ini yang perlu lakukan agar kamu tak salah untuk kampus kelas. Jika kamu salah dalam mencatat akan berakibat fatal. Jangan lupa juga konfirmasi dengan teman sekelasmu jika ada perpindahan jadwal atau jam kuliah dikampus.

Jangan takut bertanya

Bingung dengan materi dikampus? Kamu tak perlu takut untuk menanyakan kepada teman sekelasmu. Atau bisa jadi kamu bertanya dengan kakak tingkat yang lebih berpengalaman.

Tentunya mereka yang lebih dahulu menghadapi hal tersebut tentunya sudah memiliki cara untuk mengatasinya. Kenal dengan senior itu sangat penting buat kamu, karena membantu dalam membangun jaringan kamu yang akan berguna nanti saat lulus.

Carilah kost yang nyaman

Lingkungan tempat tinggal sangat berpengaruh dengan proses pembelajaranmu menjadi mahasiswa. Ketika kamu mendapatkan kost yang nyaman, tentunya akan memberikan energi positif untuk kamu lebih semangat lagi.

Agar kamu mendapatkan kost yang nyaman, kamu bisa mencarinya melalui mamikos.com. Dengan mendownload aplikasi mamikos, kamu bisa dengan mudah mencari kost idaman. Seperti halnya jika kamu ingin kost di dekat kampus misalnya, kamu bisa mencarinya dengan keyword kost dekat itb.

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *