Perpustakaan dan Informasi UPI (Gema)

Assalamu’alaikum wr. wb..

Hai intipers, semoga sedang dalam kondisi baik dimanapun kalian baca artikel ini ya. Ceritanya saya mau sedikit sharing tentang Program Studi Perpustakaan dan Informasi UPI Bandung nih. Mudah-mudah tulisan ini berfaedah ya hehe terutama untuk kamu-kamu yang saat ini masih berseragamkan putih abu yang tengah galau mau pilih jurusan apa buat lanjut kuliah atau buat masyarakat umum yang penasaran tentang informasi terkait prospek kerja alumni, matakuliah apa aja yang dipelajari, gimana suasana perkuliahannya dan apa sih kontribusi buat pendidikan Indonesia, insyaAllah ga salah buat baca artiel ini. Selamat membaca J

Pertama, biar sumber info ini jelas, kita kenalan dulu ya. Nama saya Gema Spoyan, mahasiswi Program Studi Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), UPI Bandung angkatan 2013. Yaps betul, saya sekarang mahasiswi tingkat akhir alias semester 8. Beberapa pengalaman selama di kampus diantaranya: Ketua Departemen Sosial Politik Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi (BEM KEMA PERPUSINFO) tahun 2015, Ketua Bidang Advokasi Lingkar Bidik Misi (LBM) UPI tahun 2015, Direktur Dirjen Advokasi BEM REMA UPI Kabinet SIAP GERAK tahun 2016, Peserta Terbaik Puteri dalam agenda Pelatihan Bela Negara Kepemimpinan dan Disiplin Mahasiswa Se-Ormawa UPI.

Kedua, kita bakal bahas tentang Prodi Perpustakaan dan Informasi yang biasa di singkat Prodi PERPUSINFO nih. Jadi singkatnya Prodi PERPUSINFO itu prodi yang ngajak mahasiswanya untuk mendalami kelimuan tentang Perpustakaan, Dokumentasi dan Informasi atau di singkat PUSDOKINFO. Tapi tapi tapiiiiii, ada yang perlu intipers tau nih tentang Prodi Perpusinfo di UPI. (1) Prodi Perpusinfo di UPI itu bisa dibilang masih baru, baru 8 tahun. Soalnya baru dibuka kembali  pas tahun 2009. Catat ya, dibuka kembali. Jadiiiiii dulu, pas UPI Bandung masih IKIP, Prodi Perpusinfo tuh udah ada sebenernya tapi karena satu dan lain hal ada kebijakan buat ditutup terus pindah deh UNPAD. (2) Prodi Perpusinfo di UPI adanya di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP, ini salah satu pembeda besar antara Prodi Perpusinfo di UPI sama Univ lain. Kaya di UNPAD, Prodi Perpusinfo tu adanya di FIKOM. Di UI adanya di FIB. Mau tau gak kenapa? Tetap nyimak kan???

400

Ketiga, ini masih lanjutan yang di atas. Saya mau bahas kenapa Prodi Perpusinfo adanya di FIP bukan di FPIPS, FPEB atau 5 fakultas lainnya. Jadi gini loh. Di UPI itu ada 8 fakultas, walaupun semuanya berfokus ke pendidikan, tapi ada satu fakultas yang fokus, fokus, fokus, fokus, fokus banget ke pendidikan yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Dari namanya aja udah jelas banget kan ya? Terus apa ngaruhnya ke kurikulum pembelajaran? Ya jelas ngaruh banget doong, karena di struktur kurikulum itu ada yang namanya Mata Kuliah Keahlian Fakultas (MKKF) yang mana mata kuliahnya itu mata kuliah wajib di fakultas yang bersangkutan.

Ngomongin mata kuliah (matkul), di Prodi Perpusinfo itu matkulnya lumayan buaaaanyak trus unik-unik loh. Salah satunya matkul Perencanaan dan Perancangan Fasilitas Perpustakaan dan Informasi, ita sih lebih enjoy nyebut matkul desain di matkul ini kita bakal di ajak mikir gimana sih rancangan perpustakaan yang bikin nyaman dan kekinian. Ga hanya rancangan gedung eksterior tapi juga rancangan interior. Jujur pas pertama denger matkul ini sempet banyak banget interpretasinya, dikirain mau kaya mahasiswa jurusan Arsitek gitu, bikin rancangan gedung gitu. Eeehhhhh tapi ternyata lebih dari itu,  di matkul itu kita diajak buat mikir of of the box banget, bisa jadi kerena dosennya yang super asiik kali ya. Selain matkul Desain  tadi, masih ada matkul yang kece-kece lainnya kaya matkul Digital Aset Management (DAM), Manajemen Museum, Preservasi Konservasi, Kapita Selekta Perpisinfo dan masih buaaanyak lagi.. Tapi di samping matkul-matkul itu ada juga loh Mata Kuliah Dasar Universitas (MKDU), jadi matkul-matkul yang wajib didapet sama semua mahasiswa UPI, kaya PAI, PJOK, Landasan Pendidikan, PKn, Pendidikan Seni Budaya dan sebagainya…. Intinya, beban matkul mahasiswa Perpusinfo itu asik-asik, kebanyakan lebih ke analisis sih, terutama analisis infomasi terkini.

Gambar 1. Suasana Diskusi Mahasiswa Perpisnfo
Sumber Foto: Solikhin

Keempat, selain belajar di dalam ruangan mahasiswa Perpusinfo juga sering belajar di luar looh, baik observasi mandiri ke lokasi yang berhubungan sama tugas matkul ataupun observasi angkatan. Observasi mandiri tuh jauh lebih berkesan loh, asli. Terutama pas kita harus ngurus-ngurus perizinan observasi sendiri. Observasi mandiri paling berkesan buat saya tuh pas ditugaskan ke Percetakan dan Penerbitan, dimana manajemen perusahaan tersebut keren pisan sementara kita masih mahasiswa tingkat awal yang polos abis. Disana saya dibelajarkan gimana teknik lobbying, negosiasi dan retorika ke pihak yang punya jabatan tinggi hehe … Terus pas observasi matkul Manajemen Museum, skelompok aya dapat tugas observasi ke Museum Mainan. Asli dsana serasa ga lagi belajar tapi serasa main aja.

follow_intipjurusan_COMPRES

Selain observasi, mahasiswa juga dibelajarkan lewat pembelajaran langsung di lapangan yang disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Kalau program dan tempat KKN, mahasiswa Perpusinfo wajib ikut program dan tempat yang sudah ditentukan sama univ. Kalau PPL beda lagi, mahasiswa Perpusinfo wajib PPL di sekolah, lebih spesifik di perpustakaannya. Disana kita dibelajarkan gimana sih jadi sosok Teacher Librarian yang baik dan menyenangkan.

Gambar 2. Kegiatan Preservasi Koran Penting dalam agenda Observasi Mahasiswa Perpusinfo ke Perpusnas
Sumber Foto: Miyarso Dwi Adjie

Kelima, dari uraian di atas udah ketauan kaaaaan kalau alumni Prodi Perpusinfo itu ga selamanya jadi kutu buku yang berkutat dengan buku-buku berdebu dan berkutu. Tapi lulusan Prodi Perpustakaan dan Infomasi bisa jadi expert di tiga bidang besar tadi, bisa jadi pustakawan, bisa jadi ahli dokumentasi (kok jadi kaya seksi dokumentasi di kepanitiaan ya hehe) hmmm maksudnya orang yang ngelola dokumen penting dengan cara yang tepat, bisa jadi kurator juga pokoknya bisa jadi apapun selama bidang kerjanya masuk dalam bidang Perpustakaan, Dokumentasi sama Informasi. Tapi tapi jangan lupa karena kita adanya di FIP jadi salah satu konsekuensi logis kita adalah….. idealnya, idealnya loh yaaah, alumni Prodi Perpusinfo UPI itu jadi pustakawan sekolah atau kalau saya pribadi sih lebih seneng bilang Teacher Librarian. Bicara tentang peluang kerja pustakwan sekolah, jangan khawatir jangan galau insyaAllah banyak banget, dimana-mana lagi. “Di sekolah kalian perpustakaannya udah di kelola dengan baik belum? Atau udah dikelola sama pustakawan lulusan Prodi Perpusinfo belum?” naaah jawaban kalian itu sekaligus menjawab peluang kerja alumni Prodi Perpusinfo sih sebenernya J

Naaaaah itu aja sih yang bisa saya share, kalau ada yang mau tau lebih Prodi Perpusinfo UPI bisa banget buka link ini http://pspi.upi.edu/ atau bisa juga tulis langsung di kolom komentar… Makasih loh ya yang udah berkenan baca, semoga bermanfaat J
Wassalamu’alaikum wr. wb…


Tentang Penulis : Gema Spoyan

Mahasiswi tingkat akhir Prodi Perpustakaan dan Infomasi – FIP UPI. Hobi, baca buku gemuk ilmu yang menutrisi otak. Sesekali nonton drama korea, diskusi dan berorganisasi. Saat ini sedang melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 12 Bandung.

Twitter : @GeSpoyan

Instagram : @gema.spoyan

Fb : web.facebook.com/spoya

Kode Konten : X177

20 thoughts on “Perpustakaan dan Informasi UPI (Gema)”

  1. ka, peluang kerja ke perusahaan gitu besar gak ya kalau lulusan upi? pokoknya selain perpustakaan sekolah, makasih kaa

    1. Salam Kenal aghniafh.
      untuk peluang kerja alumni Perpusinfo UPI InsyaAllah sangat besar. Karena kan prspek kerja kita itu ke bidang PUSDOKINFO (Perpustakaan – Dokumentasi – Informasi dan Arsip). Jadi selain jadi pustakawan masih ada 3 bidang kerja lain yang mana ketiga sangat terbuka luas peluang kerjanya 🙂

  2. Assalamu’alaikum Kak. Tahun ini alhamdulillah saya lolos di prodi perpusinfo. Dan setelah baca artikel kakak, jadi makin jatuh cinta sama jurusan ini ^^

  3. Assalamu’alaikum Kak. Tahun ini alhamdulillah saya lolos di upi prodi perpusinfo. Dan setelah baca artikel kakak, jadi makin jatuh cinta sama jurusan ini ^^

    1. Wa’alaikumsslm wrwb. MasyaAllah, Barakallah ya dek.
      Selamat datang dan selamat bergabung di kerluarga besar KEMA PERPUSINFO.
      Apa yang saya tuliskan pada artikel ini belum seberapa dengan pengalaman seru yang akan adek dapatkan saat menjalani peruliahan di Prodi Perpusinfo, InsyaAllah 🙂

  4. Hai kak Gema. Aku baru aja diterima di jurusan Ilmu Perpustakaan Undip. Ini sama nggak sih sama jurusan PERPUSINFO?
    Misal sama, kakak ada saran gitu nggak, sebelum mulai perkuliahan, kira2 aku bisa nyiapin materi apa aja ya? Terima kasih, kak. 😁😁

    1. Hai dek Zea. Salam kenal 🙂
      Secara umum sama saja, fokus keilmuan kita masih tentang perpustakaan dan informasi. Yang membedakan adalah perbedaan universitas dan fakultas. Keberadaan prodi perpusinfo di suatu fakultas akan sangat menentukan mata kuliah “tambahan” sesuai dengan fakultas nya.

      Saran untukmu, kenali UNDIP lebih dekat. Perihal materi, nanti juga akan paham di pekan pertama perkuliahan karena nanti pasti ada “orientasi” perkuliahan.

      Anyway , barakallah ya mahasiswa 🙂

  5. Kak Gema, jelasin lagi dong bedanya prodi Perpusinfo di FIB UI, FIP UPI, FIKOM UNPAD, dan FIA UB. Jujur saya masih bingung, apa sih pembedanya?? Soalnya kakak lebih ngejelasin ke FIPnya. Huhuhu.

    Terus, alasan spesifik kenapa prodi Perpusinfo dipindahin dr UPI ke UNPAD? Saya malah baru tau malah. Apakah apa yg dipelajari di prodi Perpusinfo FIP UPI bakal mirip2 sama FIKOM UNPAD?

    1. Hai Elsa. Salam kenal 🙂
      Perbedaannya selain nama fakultas adalah mata kuliah wajib fakultas.
      Jadi gini, berdasarkan diskusi saya dengan Prof.Sulistyo Basuki (Pakar Ilmu Perpustakaan) sebetulnya matkul wajib perpustakaan itu Kurang lebih hanya 100-120 sks sementara untuk standar S1 itu kita harus memenuhi minimal 140 sks, nah yang 20 sksnya itu terpenuhi dengan matkul wajib fakultas.

      Jadi kalau di UPI karena adanya d FIP , 20 SKS kita ga jauh² dari Pedagogik, Andragogik, Pendidikan Inklusif dll. Kalau d UI tambahannya pasti tentang Budaya. Di UNPAD pasti tentang Komunikasi.

      Mudah²an bisa sedikiy membantu ya 🙂

      Terus perihal kenapa Perpusinfo UPI pindah kr UNPAD saya hanya hisa jawab “itu adalah kebijakan pemerintah pada masa itu”
      Weessssh diplomatis banget ya.

      Tapi asli saya memang kurang tahu secara detail perkara itu 🙂

  6. Assalamualikum ka
    Ka apa bedanya jurusan ini sama jurusan ilmu perpustakaan, apakah dari matkul atau hanya berbeda nama saja. Berarti jurusan ini lebih berfokus untuk mencetak pustakawan sekolah ka?
    Wassalamulaikum

    1. Wa’alaikumusslm wrwb Hilmi. Salam kenal.

      Mungkin Hilmi bisa baca jawaban saya di komentar sebelumnya 🙂
      Perihal orientasi profesi prodi perpusinfo UPI memang idealnya mencetak TEACHER-LIBRARIAN. Tapi itu adalah salah satu pilihan karier kami, pilihan lainnya adalah bidang profesi yang berhubungan dengan PUSDOKINFO.

      Semoga bisa menjawab pertanyaan Hilmi yaa 🙂

    1. Sama2 Elsa.
      Semoga sedikit informasi yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk Elsa dan juga rekan2 yang lain ya 🙂

  7. Hai ka, aku tertarik pengen masuk jurusan ini juga 😀 oyah, kira2 kalo kerja di penerbitan gitu Bisa ga ka? Atau di kantor2 yg berkutat dgn dokumen2 gitu

  8. Hai kak Gema 😀

    Kak, aku masih duduk di kelas 12 tapi dari dulu kepengen banget masuk jurusan ini di UPI. Doain aku biar lulus di sini ya kak. Soalnya aku udah ga bisa move on pilih2 jurusan lain lagi, hehehe 😀

  9. kak boleh nanya gk kak??
    stlah lulus dri jurusan ini bsa jdi arsipan kak?
    trus klo d UPI lebih ke FIP lalu gmana dengan UNPAD kak? mksi kak

  10. kak gema aku mau bilang makasih yaa karna postingan kakak ini ngasih pencerahan buat aku waktu mau milih jurusan di SBM, dan alhamdulillah sekarang aku udah kuliah di Perinfo UPI, dan emang rame disana :))

  11. kak gema aku mau bilang makasih yaa karna postingan kakak ini ngasih pencerahan buat aku waktu mau milih jurusan di SBM, dan alhamdulillah sekarang aku udah kuliah di Perinfo UPI, dan emang rame disana :))

  12. Assalamualaikum
    Maaf adik gema, salam kenal ya.
    Sy alumi perinfo 2009, yang semangat belajar ya di tingkat akhir.

Ayo tanya kak Gema Spoyan disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *