Perencanaan Wilayah dan Kota UNPAS – Wulan

Hallo intipers, Perkenalkan Nama Saya Wulan Sari , mahasiswi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pasundan (UNPAS) angkatan 2014 . Saya berasal dari Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Disini saya akan memberikan pengalaman , pengetahuan dan wawasan mengenai program studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), semoga dapat membantu rekan – rekan yang sedang kebingungan dalam memilih sebuah jurusan.

Apabila kita bilang planologi kepada orang awam mereka mengira bahwa planologi adalah sebuah ilmu tanaman ataupun ilmu planet , Jadi mereka lebih mengenal dengan kata TATA KOTA. Walaupun planologi bukan ilmu baru, tapi saya rasa masih banyak yang belum tahu definisi dari disiplin ilmu ini. Memang apa sih planologi? Planologi berasal dari Bahasa Belanda yaitu “Planologie” yang berarti Perencanaan Kota. Planologi itu adalah ilmu tentang perencanaan. Terdiri dari kata plan (rencana) ditambah dengan log (ilmu). Perencanaannya sebenarnya luas, namun planologi sudah identik dengan ilmu yang mempelajari perencanaan wilayah dan kota. Planologi merupakan multidisiplin ilmu  yang membahas tentang perencanaan fisik yang berkaitan dengan ruang (guna lahan, rancang kota/kawasan, persebaran penduduk, zonasi, dll) dan perencanaan non-fisik seperti ekonomi, sosial, kelembagaan, statistik dll. Menurut saya, Planologi itu ilmu manajemen perkotaan karena mahasiswa dilatih untuk menjadi bos yang bisa mengatur segala hal agar kota tersebut bisa terus tumbuh dan berkembang. Tanpa ilmu planologi, kota bisa saja tumbuh dan berkembang, tetapi tidak akan teratur dan rapi. Tidak usah heran mengapa kota-kota di Indonesia seringkali terjadi masalah kalau perencanaan kotanya ternyata memang tidak diperhatikan. Seorang Planner adalah sebutan untuk calon-calon perencanaan wilayah dan kota , seorang planner merupakan dokter kota yang mula-mula mendiangnosis suatu masalah kota dan memberikan solusi terhadap kota maupun wilayah.

Mata Kuliah yang dipelajari di Perencanaan Wilayah dan Kota yaitu mengenai pengantar pwk, teknik presentasi, perpetaan, statistika, ekonomi, hukum dan adm perencanaan, dll. Jadi mata kuliah yang sering dipelajari di pwk adalah mata kuliah hafalan dan hitungan, dua – duanya di pelajari secara seimbang. Mata kuliah yang paling berkesan adalah matakuliah yang melakukan tugas ketika survei kecil – kecilan langsung ke lapangan karena selain bisa survei kita pun bisa sambil main dan jalan – jalan hehe. Contohnya dalam mata kuliah semester 1 yaitu teknik presentasi kita di beri tugas untuk survei ke lapangan mencari mengenai karakteristik suatu kota (masih daerah bandung) dilihat dari bagaiamana kondisi fisiknya (kemiringan, jenis tanah, curah hujan, dll) , bagaimana penduduknya, kegiatan ekonomi suatu wilayah, sarana dan prasarana juga sistem transportasi yang ada di kota/kabupaten yang kita kaji. Setelah kita melakukan survei kita presentasikan tugas tersebut.

Untuk tugas – tugas yang sering di berikan oleh dosen adalah mereview, membuat makalah, praktikum, dan juga observasi lapangan. Contohnya seperti tugas – tugas mata kuliah proses perencanaan, pengendalian pemanfaatan perencanaan tata ruang, perencanaan kota dengan tugas yang selalu membuat review dengan cara di tulis tangan di kertas polio bergaris dengan halaman yang lumayan banyak jika kita mengerjakan tugasnya sks. Menurut saya itu adalah tugas mata kuliah yang masih di bilang menggunakan cara yang lama dengan keadaan sekarang dimana teknologi sudah canggih, tapi cara tersebut efektif sambil menulis bisa juga membaca. Dengan tugas kelompok dan kebanyakan dari tugas – tugas yang di berikan adalah tugas kelompok karena suatu saat nanti bekerja pun bekerja tim tidak sendiri- sendiri.

400

Mata kuliah inti di pwk adalah ketika memasuki semester 3 yaitu adanya mata kuliah yang namanya “studio”  bukan studio musik  tapi studio di mana melakukan praktikum dari siang sampai sore melakukan paparan dan melakukan tugas membuat proposal dan melakukan kuliah lapangan selama satu minggu.Mata kuliah tersebut ada beberapa yaitu studio proses perencanaan, perencanaan kota, perencanaan wilayah dan perencanaan transportasi. Semua matakuliah studio tersebut harus diikuti dan diambil. Tugas Lapangan yang dilakukan ketika studio  yaitu ke Kabupaten Subang ,  Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bogor. Hal yang paling berkesan ketika pergi ke Kabupaten Karawang di sana tempat kami tinggal kebanjiran dan itu adalah hal pertama yang pernah saya alami (kebanjiran sampai lutut) awalnya kami tidak tahu bahwa tempat itu kebanjiran dan setelah itu kami di ungsikan menuju PMI Kabupaten Karawang dan setelahnya  mencari tempat baru. Dalam melakukan tugas lapangan tersebut yang dilakukan adalah melakukan traffic counting (menghitung jumlah kendaraan), survei lapangan ke masyarakat, kantor kecamatan, kantor kelurahan/desa, BAPPEDA (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah),  Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, dll. Adapun Mata Kuliah Perancangan Kota, Perencanaan Pariwisata, dan Geologi Tata Lingkungan kami berkunjung ke Museum Geologi dan melihat jenis batuan yang ada di dalamnya, bencana apa saja, jenis mineral, dll. Tugas Perancangan Kota pergi ke Yogyakarta dan Tugas Perencanaan Pariwisata pergi ke Pangandaran ya asik bukan kuliah lapangannya selain dipusingkan dengan berbagai tugas dan kuliah yang hampir setiap hari disitu kita bisa belajar, bermain, dan sambil jalan- jalan, kuliah rasa liburan.

Kegiatan Kuliah Lapangan kunjungan ke Museum Geologi
Kegiatan Kuliah Lapangan Yogyakarta Museum Vredeburg

Untuk prospek kerja kedepannya , para alumni biasanya bekerja sebagai Konsultan Teknik dan Perencanaan, Ada pula yang bekerja di instansi pemerintahan seperti BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), Kementrian PU, BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), Dinas Perhubungan, Dina Bina Marga dan Pengairan, dll. Selain itu ada pula yang berkiprah sebagai tenaga pendidik sebagai dosen di bidang perencanaan wilayah dan kota maupun bidang lain yang relevan. Lulusan prodi Perencanaan wilayah dan kota saat ini masih sedikit dan banyak di butuhkan di mana – mana apalagi dengan perkembangan suatu kota yang semakin hari semakin lama akan terus berkembang dan banyak memiliki suatu masalah jika dalam penataannya masih belum baik dan bukan di kelola oleh seorang planner maupun yang mengetahui atau ahli dalam bidang ini.

Kegiatan Kuliah Lapangan Pangandaran

Bagaimana sudah tau kan mengenai apa itu perencanaan wilayah dan kota atau planologi ? Semoga dapat tercerahkan bagi rekan – rekan yang akan atau sedang bimbang dalam memilih sebuah jurusan apalagi tentang perencanaan wilayah dan kota atau planologi. Semoga apapun jurusan yang kamu ambil semoga dapat bermanfaat. Jika ada komentar tuliskan di kolom komentar atau bisa kontak saya. Terima Kasih. Wassalam.

follow_intipjurusan_COMPRES

 

 

Wulan Sari

Mahasiswa Universitas Pasundan Angkatan 2014 Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota . Hobi saya adalah membaca, photo, kuliner, jalan – jalan , saya juga mengikuti organisasi kampus dan organisasi luar kampus.

Kode Konten : X155

 

 

 

 

19 thoughts on “Perencanaan Wilayah dan Kota UNPAS – Wulan”

  1. Asslammualaikum kak , saya imam fdh dari sman 1 cikarang pusat . Saya mau nanya kak apakah anak dari jurusan ips bisa masuk ke jurusan PWK ? Terimakasih

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb . Iya imam bisa , karena di pwk juga di ajarkan ilmu sosial dan ekonomi .
      Dari jurusan apapun juga bisa masuk mau ipa, ips ataupun bahasa . Saya juga dulu dari smk malah , teman saya juga ada yang masuk ke pwk dia dari jurusan smk otomotif dan RPL.

  2. Assalamualaikum ka, saya mau tanya lulusan jurusan PWK biasanya bekerja dimana ka? saya juga minat masuk ke unpas jurusan pwk, apakah unpas ada kerjasama dengan perusahaan/instansi pemerintah atau swasta yang ada hubungan hubungan dengan jurusan PWK? Terimakasih

    1. Waalaikumsalam .
      Kalo kebanyakan kerjanya d konsultan perencanaan , ada juga yg d pemerintahan (bappeda) , kementrian PU , dan juga sebagai pengajar (dosen) di bdang pwk .
      Kurang tau , kayaknya g ada .

  3. Waalaikumsalam .
    Di kementrian PU , Bappeda dan juga di konsultan perencanaan.
    Iya bagus kalo gitu hehe .
    Kalo untuk kerjasama dalam bidang pwk ada.

  4. Kak wulan, apakah di pwk lebih banyak mempelajari hitungan/ fisika? Sya menanyakan ini krena saya agak lemot untk perhitungan … bisa beri contoh ttg ujiannya atau tugas2 dari pwk? Kak wulan udah krja dimn? Trus waktu kuliah, mata kuliah nya banyak yg mengulang atau gmn?

    1. Klo untk di pwk unpas ga ada fisika dan kalo pun hitungan jga ga banyak , paling ada kalkulus , statistika , ekonomi , metode analisis perencanaan , dll .
      Klo untk tugasnya sndri klo untk hitunga. Biasanya ga bda jauh dari yg sudah d pelajari dan kadang ada dosennya jga yang buat soal sndri . klo ujiannya jga ga jauh dari apa yg sdah dipelajari dan soalnya itu essay.
      Saya blm lulus , baru mau mask semester 7.
      Maksdnya banyak ngulang seperti apa ?

  5. Assalamualaikum ka wulan saya mau tanya, saya baru daftar unpas tahun ini jurusan pwk itu kira2 yang diterima banyak engga ya dan jurusan pwk itu ada berapa kelas?

  6. Assalamualaikum ka wulan..
    Aku masuk pwk lewat jalur sbmptn d universitas pattimura d ambon kak..
    Masih prodi baru thun 2014 dn blum ada akreditas. Cuma mau minta disemangatin aja sih kak soalnya bnyak yg ga dukung soalnya blm ada akreditas.. tapi ortu sih dukung” aja.. gpp kan kak?

    1. Waalaikumsalam , Iya Semangat ya 🙂
      Iya gapapa , hanya saja mungkin harus lebih kerja keras untk dapat akreditasi nya hehe .
      apa sebelumnya ada pilihan lain selain masuk pwk . atau sudah menjadi pilihan awal mask jurusan pwk ?

  7. Di pwk kita lebih banyak hitung hitungan atau hafalan ya kak?
    Soalnya aku bingung, aku suka hitung hitung an tp aku kurang suka hafalan

  8. Assalamualaikum kak wulan.. Kak mo nanya nihh di universitas kaka akreditasnya apa? Karna aku tuh orang sulsel kak dan rencananya pen ambil jurusan pwk di unhas makasaar sedangkan akreditas pwk di unhas itu B kaka… Apakah akrefitas di suatu kampus itu berpengaruh buat prosek kerja kita nanti??

    1. Waalaikumsalam khairunnisa , akreditasinya B juga nisa . Iya bisa jadi berpengaruh terhadap prospek kerja juga . Namun tergantung dari skill yang kita punya juga nisa . hehe .
      Semangat buat khairunnisa

  9. Makasih kaka jawabannya ehh dukungannya juga. Entah mengapa aku pen banget masuk jurusan PWK karna aku searching2 di google tentang apa apa aja di pwk itu dan aku tertarik kaka hahaha sekali lagi makasihh yah kak atas jawabannya
    Dan semoga aku bisa lulus SNMPTN dan PTN yang aku inginkan dan semoga kak wulan bisa cepet wisuda amin 😘😘

    1. Iya sama-sama
      Bekerja keras dan dibarengi dengan do’a smga bisa lulus testes nya .Karena kebiasaan saat ini akan membawamu kpda masa depanmu. Aamiin , terimakasih nisa :))

  10. Assalamu alaikum kak wulan…
    Kak mo nanya lagi nih hehe 😂 kak kalau tes akhir Pwk itu kek gimana kak? Apa kita di suruh merancang suatu kota atau ngegambar atau kek gimana kak?

    1. Test akhir seperti apa?
      Ujian semestr atau tugas akhir?
      Klo misalnya ujian semestr tdk ada menggambar , soalnya itu lbh k arsitek . paling klo kita lbh k bagaimana memecahkan masalah sebuah kota tsb .

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *