Perancangan Jalan dan Jembatan Polines (Agung)

Hallo Sahabat Intip Jurusan!!! Hallo Calon Insinyur Muda Indonesia!!!

Saya Agung Prakoso, biasa di panggil agung. Kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai kuliah saya yang In Syaa Allah akan selesai di tahun 2018. Saya seorang mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang tingkat empat, angkatan 2014. Ok, langsung aja sesuai maksud dan tujuan seperti artikel lainnya yang ada disini, saya akan mulai berbagai kehidupan kampus saya. Semoga yang saya ceritakan sedikit banyak bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk para pembaca sekalian khusunya yang tertarik di jurusan teknik sipil.

APA ITU TEKNIK SIPIL?

Teknik Sipil atau dalam bahasa kerennya civil engineering adalah salah satu disiplin ilmu di bidang teknik. Teknik sipil adalah ilmu yang memperlajari proses perencanaan hingga pembangunan suatu bangunan seperti jalan, jembatan, gedung, bendungan, dll. Perencanaan disini termasuk masalah biaya, perhitungan struktur, metode pelaksanan, dsb. Nah biasanya nih ada yang bingung bedanya teknik sipil dengan arsitektur, ya kan?, kebingungan ini juga pernah saya rasain, jadi gini bedanya teknik sipil dengan arsitek itu secara mudahnya bisa dibedakan dengan konsentrasi yang di tujunya. Kalo arsitek lebih ke desain estetika dari suatu bangunan kalo teknik sipil lebih ke bagaimana bangunan itu bisa berdiri dengan kokoh, kuat dan sesuai umur rencananya *pendapat pribadi sih, yang paling saya rasa beda ya itu*. Terus teknik sipil itu biasanya tergabung dalam fakultas teknik. Nah biasanya kan fakultas teknik tuh terbagi dalam beberapa jurusan salah satunya jurusan teknik sipil ini, untuk awalan semoga cukup jelas ya. Terus apa aja sih yang dipelajari?, selama kuliah nanti ngerasain apa aja? Mau tau lebih lagi kan? Yuk lanjut bacanya ya

.

.

.

.

follow_intipjurusan_COMPRES

POLITEKNIK??? APA ITU SIH PENDIDIKAN VOKASI??

 

Teknik sipil, belajar apa aja?. Ok sebelum penjelasan mata kuliah saya mau kasih informasi dulu nih, saya kan kuliah di politeknik negeri semarang, nah politeknik kan pendidikan vokasi, tau kan vokasi??? , ya pendidikan yang lebih mengutamakan praktik untuk meningkatkan skill mahasiswanya kaya SMK gitu. Jadi di tingkat perguruan tinggi itu sama kaya SMA, ada SMA ada SMK, kalo di perguruan tinggi ada perguruan tinggi Akademik dan Vokasi. Biasanya nih pendidikan vokasi kaya di politeknik negeri semarang, jurusan teknik sipil itu di bagi lagi jadi beberapa program studi kalo di universitas mungkin kosentrasi lah, tapi pembagian program studi di politeknik dilaksanakan mulai saat kita daftar. Jadi kita akan pilih mau program studi apa. Pembagian program studi itu biasanya dilihat dari konsentrasi bangunan sipil atau ilmu sipil yang nanti akan dikuasai, seperti contoh di politeknik negeri semarang teknik sipil terbagi menjadi 4 program studi ada D3 program studi konstruksi gedung, D3 program studi konstruksi sipil, D4 perancangan jalan dan jembatan, dan D4 perawatan dan perbaikan gedung. Di politeknik lain yang saya tau kaya di politeknik negeri jakarta dan politeknik negeri malang ada juga program studi manajemen rekayasa kontruksi. Kalo saya sendiri program studi saya D4 perancangan jalan jembatan. Oh iya buat yang bingung kok D4? Kan abis D3 biasanya S1? Nah D4 itu adalah program sarjana di pendidikan vokasi biasanya bergelar S.Tr (Sarjana Terapan) atau S.S.T (Sarjana Sains Terapan) menurut SK dari dikti D4 itu setara dengan S1. Itu tadi sedikit ulasan tentang pendidikan vokasi, lanjut lagi ya sharing kita.

TEKNIK SIPIL? BELAJAR APA AJA?

Ok kali ini kita sharing  tentang yang dipelajari kalo kuliah teknik sipil dan selama kuliah ngerasain apa aja?. Sebelumnya saya kan sudah cerita kalo program studi saya D4 perancangan jalan dan jembatan jadi nanti saya akan lebih cerita tentang itu tapi sebelumnya saya sedikit berikan informasi mata kuliah umum yang biasanya di pelajarin di jurusan teknik sipil. Buat kalian yang akan mengambil kuliah jurusan teknik sipil kalian nanti akan menemukan mata kuliah mekanika rekayasa atau mekanika struktur atau mekanika teknik, mata kuliah ini memperlajari perhitungan kekuatan struktur dari suatu bangunan, buat yang jago ngitung mata kuliah ini cocok nih tapi awas jangan salah ngitung bisa ambruk nanti bangunanya haha, oh iya biasanya mata kuliah ini di bantu dengan aplikasi SAP 2000 atau Etabs atau aplikasi lain sejenis yang fungsinya untuk ngitung struktur bangunan. Terus kalian yang kuliah di teknik sipil pasti bakal ketemu juga mata kuliah gambar teknik, cocok nih buat yang sabar dan suka gambar karena mata kuliah akan menguji kesabaran dan ketekunan kalian apalagi awal2 kalian akan dihadapkan dengan meja gambar yang besar *bisalah browsing dulu biar tau* kalian akan dilatih cara menentukan kekuatan tekan pada pensil supaya tebal tipis syarat gambar pas, setelah mahir dan kesabaran kalian teruji baru kalian bisa mulai gambar teknik dengan bantuan aplikasi seperti autocad, 3D MAX, Sketch Up dll. Satu lagi mata kuliah yang mau saya sharing yaitu Ilmu bahan atau teknologi bahan bangunan, biasanya mata kuliah lebih sering di laboratorium kalo teori ya saya rasa terlalu banyak yang harus di baca, intinya di mata kuliah ini kalian akan mempelajari bahan-bahan yang digunakan di dalam teknik sipil seperti aspal, beton, besi tulangan, kalian akan belajar merencanakan beton yang baik dengan kekuatan tertentu kalian juga akan merencanakan campuran aspal dsb. Itu tadi beberapa mata kuliah umum yang pasti akan mahasiswa teknik sipil temui, terus saya akan sedikit cerita mengenai beberapa mata kuliah yang saya rasa hanya ada di program studi saya perancangan jalan dan jembatan, salah satunya adanya mata kuliah metode konstruksi jembatan, di mata kuliah ini kita akan mempelajari tentang mekanisme perencanaan, perhitungan dan pelaksanaan kontruksi jembatan baik itu jembatan cable stayed, jembatan rangka baja atau jembatan lainnya. Nah selain mata kuliah di teknik sipil juga ada beberapa praktik yang akan kalian rasakan terutama di pendidikan vokasi seperti saya, beberapa praktik itu antara lain pengukuran dan pemetaan, praktik ini kalian akan dikenalkan dengan alat theodolit dan juga waterpass fungsi alat tersebut adalah untuk mengetahui elevasi dan koordinat dari suatu titik sehingga kalian akan dapat membuat peta kontur dari hasil pengamatan melalui alat tersebut, oh iya praktik ini adalah salah satu hal yang berkesan selama saya kuliah di teknik sipil politeknik negeri semarang, saya rasa seluruh alumni atau pun yang sekarang masih jadi mahasiswa jurusan teknik sipil di politeknik negeri semarang merasakan hal yang sama. Selain praktik ini ada juga praktik konstruksi baja, disini kalian akan diajarkan cara membuat las yang baik, cara membuat plat sambung baja yang baik dan merencanakan serta merangkai bangunan dengan rangka baja. Ok selain mata kuliah dan praktik tadi namanya jurusan teknik pasti kalian akan mengalami magang, pkl atau KP biasanya di universitas lain hanya 1 dari 3 itu tapi di program studi peracangan jalan dan jembatan jurusan teknik sipil politeknik negeri semarang saya merasakan semua itu, saya melaksanakan PKL (praktik kerja lapangan) di proyek pembangunan jalan lintas selatan jawa di kab. Wonogiri, pada pkl ini sesuai arahan dari program studi saya hanya melaksanakn pengamatan selama satu setengah bulan di proyek tersebut. Mengikuti seluruh proses metode pembangunan jalan, saya melaksanakan pkl pada semester 6. Lalu setelah itu saya melaksanakn magang di semester 7 pada proyek pembangunan tol solo – kertosono, sesuai ketentuan program studi lagi di magang ini saya harus menjadi bagian dari proyek tersebut istilahnya ikut kerja lah, selama 2 bulan saya ditempatkan pada bagian pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan dan monitoring pekerjaan, setelah itu disemester 7 juga di tempat saya kuliah dilaksanakan KP (kerja Proyek), KP di kampus saya adalah perencanaan ulang proyek, nah saya merencanakan ulang proyek waktu tempat saya PKL dulu. Nah itu yang saya bisa sampaikan mengenai jurusan teknik sipil yang saya ketahui dan saya alami, saat ini saya sedang mulai tugas akhir semoga apa yang saya sharing bermanfaat dan tugas akhir saya cepat selesai aaminn hehe

INFORMASI TAMBAHAN

Oh iya ada informasi tambahan nih, biasanya di setiap kampus jurusan teknik sipil punya himpunan mahasiswa jurusan teknik sipil namanya bermacam – macam bisa HMS, bisa HIMATEKPIL atau HIMA SIPIL dll, nah himpunan ini tergabung dalan satu forum mahasiswa teknik sipil se indonesia namanya FKMTSI (Forum Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia) so, buatt kalian yang nanti kuliah di jurusan teknik sipil gabung di himpunan teknik sipil kampus kalian terus gabung di FKMTSI manfaatnya banyak. Tambahan lagi buat setelah lulus nih dari jurusan teknik sipil biasanya kita bisa kerja jadi kontraktor, bisa jadi konsultan perencana atau pengawas bisa jadi bagian dari pemerintah di kementrian PU PR atau kementrian lain, bisa juga jadi akademisi atau bisa jadi pengusaha pemborong atau pengusaha supplier bahan kontruksi, banyak kan peluang kerjanya.

Saya juga mau share beberapa kegiatan di kampus selama saya jadi mahasiswa teknik sipil.

Praktik pengukuran dan pemetaan dengan alat waterpass

 

Lab bahan bangunan (proses trial mix beton)

 

Kegiatan bakti sosial bareng FKMTSI Reg. Jawa Tengah

Sebenernya masih banyak sih yang mau saya ceritakan, ya semoga apa yang telah sampaikan cukup mewakili dan dapat sedikit memberi gambaran mengenai jurusan teknik sipil :), kalo mau sharing lebih bisa tanya di kolom komentar aja, kalo ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan 🙂


Tentang Penulis: Agung Prakoso

Kesibukan saat ini Kuliah, Organisasi. Suka penelitian, kegiatan sosial, menulis, organisasi, jalan – jalan dan bisnis. Saat ini sedang merintis gerakan peduli lingkungan @akustik_project/ contact me prakosoagung37@gmail.com

Line : prakoso.agung11

Instagram : @agungp11

Kode Konten: X216

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *