PG PAUD UNY (Eka)

Hai sahabat intipers! Aku Eka Oktavianingsih, biasa dipanggil Eka. Saat ini aku sedang melanjutkan studi S2 ku di jurusan Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Negeri Yogyakarta dengan beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang paling diburu saat ini. Kegiatanku saat ini selain kuliah juga aktif di organisasi Keluarga Mahasiswa Pascasarjana UNY. Aku diamanahi menjadi ketua biro Penelitian dan Publikasi. Ketika akhir pekan aku membantu di salah satu PAUD inklusi di Kota Yogyakarta. Aku menjadi relawan di sana, setelah sebelumnya aku pernah menjadi shadow teacher di sana juga.

Dulunya aku juga kuliah S1 angkatan 2011 di jurusan PG-PAUD di kampus tercinta, UNY. Hehe. Pada kesempatan kali ini, aku mau sedikit berbagi pengalaman kuliah di jurusan PG PAUD buat para intipers yang pengen jadi guru.

Okay, mungkin ketika kalian mendengar kata jurusan PAUD langsung terbesit pikiran kalau kuliah di jurusan PG-PAUD bakal banyak diajarin nyanyi-nyanyi, tepuk-tepuk, nari-nari gitu. PG-PAUD sendiri merupakan kepanjangan dari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Memang sih output dari jurusan ini adalah calon-calon guru PAUD yang ngajarin nyanyi dan tepuk-tepuk. Memang nggak sepenuhnya salah sih, tapi emang kita gak sepenuhnya belajar tentang itu. Kita sebagai calon guru harus mempelajari tentang psikologi anak, mulai tumbuh kembangnya, cara belajarnya, dan penanganan yang tepat pada anak-anak yang memiliki hambatan tertentu. Selain itu, kita juga belajar mengenai ilmu pendidikan, di mana kita harus menguasai dasar-dasar mendidik, metode, strategi, teknik, pendekatan, sampai media pembelajaran. Ya namanya juga calon guru, ya harus tahu bagaimana cara mengajar dan mendidik yang tepat. Oh iya, masih ada lagi, kita juga belajar tentang seni untuk anak usia dini, mulai seni rupa, seni musik, sampai seni tari. Wow banget kan, kita dilatih untuk bisa mengajar berbagai bidang ke anak. Opss, ada lagi, kita juga harus tahu aspek-aspek kesehatan dan fisik anak. Udah kayak dokter aja yah kita. Hehe. Emm, aku hampir kelupaan nih, ada mata kuliah wajib seperti bahasa Inggris, statistika, bahasa indonesia, agama, dan PKn. Mata kuliah wajib ini merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa semua jurusan lho, keren nggak tuh.

Diskusi ketika di luar kelas

Dosen-dosen di jurusan PAUD juga sangat baik, open-minded, terbuka, inspiring, masih muda, dan sering memotivasi kita. Biasanya kita di kelas juga diperbolehkan sharing, diskusi, baik antar mahasiswa maupun dengan dosen. Pokoknya di kelas serasa singkat sekali jam perkuliahannya.  Selain itu, beliau-beliau juga welcome ketika mau konsultasi masalah studi kita. Bisa lewat wa, mapun ketemu langsung. Asal kita sopan, maka beliau-beliau ini pasti juga bakal membantu kita guys.

400

Tugas-tugas kuliahnya juga sangat variatif, ada yang berbentuk makalah, presentasi, membuat APE (Alat Permainan Edukatif), magang, observasi di sekolah, proyek seni seperti pameran karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi serta pagelaran opera anak. Nah yang paling berkesan sih tugas terakhir ini ya guys, yaitu pagelaran opera anak. Pada mata kuliah esetetika gerak anak usia dini di semester 6, kita secara berkelompok diminta membuat sebuah tarian yang mengandung sebuah cerita yang mudah dipahami anak-anak. Selain membuat gerakan dan alur cerita, kita juga membuat instrumen musiknya. Nah setelah kita sekelompok membuat cerita, gerakan, dan instrumen musik, kemudian kami diminta menampilkan di depan dosen dan teman-teman sekelas. Setelah diberi masukan dosen, kami diminta mengajarkan karya kami kepada anak di TK tertentu yang pada akhirnya akan ditampilkan secara terbuka di Auditorium UNY.  Selain belajar bagaimana cara mengajarkan tari kepada anak, kita juga belajar memanajemen waktu, kostum, dan yang berhubungan dengan pertunjukan. Serasa jadi anak seni tari kalau kayak gini, hehe.

Kegiatan Semarak Mahakarya KMP UNY 2016

Oh iya, pasti kalian penasaran kan kalau bedanya PAUD sama TK itu apa? Kalau lulus jurusan PG-PAUD itu bisa jadi guru TK nggak? Okay, akan kujawab satu per satu. PAUD sendiri merupakan kepanjangan dari Pendidikan Anak Usia Dini di mana PAUD terdiri dari SPS (Satuan PAUD Sejenis), TPA (Tempat Penitipan Anak), KB (Kelompok Bermain), TK (Taman Kanak-kanak), dan Pra SD (Sekolah Dasar). Namanya anak usia dini itu ya anak usia 0 sampai 6 tahun, jadi PAUD merupakan bentuk layanan pendidikan untuk anak usia 0 sampai dengan 6 tahun. So otomatis jika kita lulus dari jurusan PG-PAUD, kita bisa jadi guru/pendidik/pengasuh di SPS,TPA, KB, TK, dan Pra SD.

Wow peluangnya memang banyak banget kerja setelah lulus dari jurusan PAUD. Aku sendiri selama menjadi mahasiswa S1 juga sering magang di TK yang bagus. Setelah lulus pun banyak di antara kita menjadi guru di TK swasta yang kualitasnya bagus (Budi Mulia, Rumah Citta, TK Pedagogia UNY, etc) dan TK Internasional. Jadi tidak perlu khawatir ketika lulus dari jurusan PAUD S1. Pilihan lain juga ada lho, banyak di antara kita juga mengikuti program pemerintah yaitu seperti SM3T dan bekerja di Dirjen PAUDNI di Jakarta. Selain itu, kita juga bisa melanjutkan kuliah S2 kalau pengen jadi dosen. Peluang menjadi dosen PAUD memang sangat besar, mengingat masih sedikit lulusan S2 dan S3 PAUD, sedangkan kampus-kampus banyak yang membuka jurusan S1 PAUD. Jika kalian punya materi lebih, kalian juga bisa membuka sekolah PAUD lho mumpung sekarang kesadaran masyarakat akan PAUD sudah baik. Masyarakat juga sudah mulai mempertimbangkan kualitas PAUD yang akan menjadi sekolah untuk anak-anaknya. Now tunggu apalagi, jurusan PG-PAUD patut kalian pertimbangkan ya guys dalam kelanjutan studi! Good Luck 🙂

follow_intipjurusan_COMPRES

Tentang Penulis : Eka Oktavianingsih, S.Pd

Linkedin : Eka Oktavianingsih

Instagram : @ekaoktavia55

Blog : tangananakdesa.wordpress.com

Kode Konten : X178

25 thoughts on “PG PAUD UNY (Eka)”

  1. Orang tua saya baru saja mendirikan TK basic ora g tua saya adalah psi klinis dan saya jg psikologi… Tp u bagaimana cara menjalankan TK/paud kami amat sangat bleng… Tdk ada bayangan… Motivasi kami mendirikan TK ya krn kecintaan kami thdp pendidikan dan anak2… Tp ternyata semua ya tdk semudah yg dibayangkan… Guru2 kami semua s1 tp kebanayakan jg bkn basic paud yg tau bgmn mengajar anak2 dll… Jd kami betul2 butuh seseorang yg mengatur semuanaya paling tdk membantu kami… Bgmn ya cara kami mendapatkan link tsbt… Saya lokasi di bandung… Nama tk saya tktirtayasa_bdg bs lihat ignya… Saya mohon bantuannya terima kasih banyak

    1. Begini mbak, memang diperlukan ilmu pedagogis. Jikalau memang background pendidiknya bukan dr jurusan paud/bk, pendidik dpt diikutkan berbagai pelatihan yg sifatnya praktis. Bisa juga diadakan pengayaan intern dr lembaga. Dulu saya ketika mengajar d salah satu sekolah inklusi, dmn saya harus mendampingi anak abk sedangkn bckground saya paud, maka lembaga mengadakan sharing ilmu, pengayaan dan mewajibkan saya utk membaca berbaga referensi buku yg menunjang kebutuhan utk mengajar anak abk. Intinya pendidik sendiri hrus dimotivasi utk sllu belajar bagaimana mendidik, merancang pembelajaran sampai dg evaluasi. Teknsnya bs intern lembaga maupun diikutkan pelatihan maupun workshop begitu mbak.
      Untuk link kebetulan teman saya ada yang alumni UPI Dan skrg menempuh s2 bersama saya d UNY. Jika mbak membutuhkan cp dari teman saya, bisa dm di instagram saja @ekaoktavia. Terimakasih. Semoga membantu.

  2. Wah keren mbak Eka , saya mmg Ada keinginan utk ambil S2 PAUD tapi saya dari Pendidikan Bhasa Inggris. Gak linear sc tapi minta sarannya mbak gmn kalo kasus saya. Trus bagi tipsnya donk mbak dapat beasiswa LPDP di UNY .. makasih.. salam Kenal ,

    Yayu

    1. Mbak Yayu. Tidak masalah apabila mb memiliki bckground pendidikan bhs inggris s1nya krn di S2 khususnya UNY memfasilitasi hal tsb dg adanya matakuliah matrikulasi dmn makul tsb berisi dasar2 keilmuan PAUD. Mhsswa dg bckground non PAUD wajib mengambil makul tsb. Jd mb tdk perlu khawatir. Biasanya makul matrikulasi diadakan ketika smstr 1.
      Utk tips2 beasiswa lpdp, saya kira sama dg d univ lain ya mb, persyaratan administrasi perlu dcermati (toefl itp, essay, rekomendasi, penghargaan2 dll) dan kita jg harus punya kemampuan no akademik yg baik dmn kemampuan it akan dikupas ketika seleksi substantif (wawancara, essay on the spot, & fgd). Trims

    2. Mbak Eka boleh share rencana studi dan contoh essays nya gak ? Aq rencana apply tahun depan . Maunya di UNY mbak 🙂

  3. Mbak Eka, kebetulan saya dari jurusan ipa. Nah, untuk bisa diterima di prodi PG-PAUD, kira2 nilai mata pelajaran apa saja yang dapat mendukung agar bisa di terima di prodi PG-PAUD UNY. Masalah nya PG-PAUD kan masuk kelompok ips, sedangkan saya dari jurusan ipa. Tolong jawaban nya mbak.

    1. Saya dulu pas SMA jg dr jurusan IPA. Krn dlu targetnya masuk lewat undangan, mka nilai rapot (semua mapel) harus ada kenaikan dr smstr 1-5, ttpi kalau tes saya krg tau ya dek. Itu saya jwb berdasarkan pd pengalaman saya dlu. Mgkn saran saja, kalau masih semester 1 ya dijaga terus nilainya, dan kalau bisa ada kenaikan d semestr2 selanjutnya. Cmiiw

  4. Hallo mbak eka..nama saya patris..saya dari NTT..saya sarjana Filsafat..saya juga tertarik untuk melanjutkan studi S2 tentang PAUD karna keprihatinan pribadi saya terhadap tumbuh kembang anak di NTT..saya mohon saran dari mbak eka

  5. Hello Patris, salam kenal. Menarik sekali jika mendengar ketertarikan melanjutkan studi S2 PAUD berdasarkan keprihatinan akan kondisi anak di NTT. Setahu saya, background S1 non PAUD dapat melanjutkan ke S2 PAUD asalkan dapat lolos mengikuti tes masuk. Biasanya tes masuk terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris. Nah jika diterima, kamu dapat memulai perkuliahan seperti yang lain, namun ada sedikit yang membedakan kamu dengan mahasiswa yang memang dari S1 PAUD. Kamu harus mengikuti kuliah tambahan (matrikulasi) di semester 1, ya ibaratnya kamu akan diberikan dasar-dasar ilmu ke PAUD an sebelum lebih jauh mempelajari pengembangan di prodi S2. untuk aspek lain saya kira sama saja. Nah semoga informasi ini bisa sedikit memberikan gambaran ya, dan ku harap tekadmu semakin bulat dalam memajukan anak-anak di NTT. Salam semangat 🙂

  6. Mba, apakah bisa melanjutkan s2 pg paud di uny tp dari universitas yg akrditasinya c bahkan belum terakreditasi? Mohon penjelasannya ya mba

  7. Assalamu’alaikum…saya Endah guru tk, terakhir S1 BK, saya ingin melanjutkan S2 PAUD. Berapa lama waktu yang harus saya tempuh untuk melanjutkna ke S2? Apakah ada program kelas transfer? Makasih infonya mbak eka…

    1. wa’alaikum salam wr.wb. Hai Endah.. salam kenal ya. Untuk waktu yang diperlukan untuk studi S2 yaitu selama 4 semester atau 2 tahun. Sejauh ini untuk jurusan PAUD s2 UNY adanya kelas reguler, dengan waktu kuliah pagi sd sore dari senin sd jumat. Makasih

    1. kalau untuk UNY biasanya akan ada tiga gelombang pendaftaran, Berkisar Januari-Juni 2018 (lebih detailnya cek di pmb.uny.ac.id). Utk toefl, uny tidak mempersyaratkan ketika pendaftaran, hanya saja nanti tes masuknya ada tes bhs inggris yang mirip dengan toefl (tdk ada listening) dan tes potensi akademik. thanks

  8. kak, saya siswa kelas 12 SMA yang berniat melanjutkan studi ke jurusan pg paud seperti kakak. kira kira mata pelajaran apa saja yang dipertimbangkan oleh pihak kampus supaya saya bisa lolos masuk kak? trims kak

    1. Maaf saya tdk bisa menjawab soal ini, krn jujur saya dlu lwt jalur undangan atau snmptn y kl skrg, jd nilai rapot lah yg dipake dr kls 10-12, hrs ada kenaikan.
      Kalau untk sbmptn maupun sm atau um silahkan tanya ke BK saja dek.

    1. Untk murni s3 paud belum ada mb. Tapi tahun ini adanya s3 ilmu pendidikan konsentrasi Paud.

  9. Aduuuhhh q tertarik banget melanjutkan kuliah S2,,tapi kl dr pagi ampe sore,,bearti hrus meninggalkan tmpt ngajar n klrg d bdg dong

    1. Baik s1 dan s2 paud uny dlm penyampaian materi di kelas menggunakan bhs indonesia. Ttpi bhs inggrs sgt diperlukan ketika studi s2 karena kita akan banyak menelaah jurnal internasional yg berbahsa inggrs. Selain itu, refrensi lain sprti buku jg drekomendasikan dr luar. Bgtu mbak..

Ayo tanya ka Eka disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *