Pendidikan Teknik Bangunan UNS (Isti)

 

Oleh : NUR ISTIKHOMAH

Hello intipers! Hello Engineering Teacher!

Kata pepatah “kalo gak kenal maka gak sayang”..eeeh J. Okeeey, jadi perkenalan dulu aja yeees!. Perkenalkan, saya Nur Istikhomah dan kalian bisa panggil saya Isti atau dalam bahasa Inggrisnya tuh Icetea (Heheee, jadi es teh dong. Gapapa yaa,,saya biasa dikenal seperti itu agar lebih mudah diingat aja pas awal kenalan, hehe). Saya mahasiswi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) dan terkenal dengan sebutan PTB Solid di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS atau biasa di kenal masyarakat Jawa Universitas Ning Solo, hehe). Oh iyaa, kadang kala other people yang selain orang Solo masih kurang mengetahui apa kepanjangan UNS dan dimanakah letaknya. UNS termasuk universitas negeri yaa intipers, dan letaknya di Solo The Spirit of java, Jawa Tengah. Jadi, sudah kenal kaan sama PTB dan UNS?. Lanjut mengenai diri saya yaitu sekarang sedang menempuh studi di semester empat dan dari angkatan 2016. Langsung cuuus ajaa yeees, like other Bro and Sis in other article, disini saya akan berbagi sedikit cerita yang mungkin bisa menjadi referensi, informasi, bahkan inspirasi bagi kalian semua mengenai jurusan yang sedang saya geluti *eh, “geluti” kalo bahasa jawa itu artinya “di musuhi” lhooo, hehe. Gak mungkinlah yaa kalo saya musuhi kalo saya ada di dalamnya*. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian terutama adik-adik SMA/SMK yang lagi dalam masa bimbang mau geluti jurusan apa. Hehe,,, keep fighting yees, intipers!

di-web

PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN (PTB UNS) ?

Pendidikan Teknik Bangunan biasa disingkat dengan PTB, merupakan salah satu program pendidikan (Prodi) yang ada di dalam Lingkup Jurusan Pendidikan Teknik Kejuruan (JPTK) atau lebih dikenal pendidikan vokasi, di bawah naungan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) di UNS Surakarta. As your information, PTB di UNS letaknya di Kampus V Pabelan yees, atau salah satu kampus wilayah dari FKIP yang merupakan kampus terjauh kedua dalam peringkatnya. PTB di sini tidak terletak di Kampus Pusat kentingan, bukan termasuk ke dalam “jurusan”, melainkan “prodi” dan juga bukan masuk ke dalam Fakultas Teknik seperti Prodi PTB yang ada di Universitas lain. Dan karena di bawah naungan FKIP, perlu diketahui dan jangan sampai salah yaa kalo gelar yang akan di dapatkan ketika lulus nanti yaitu S.Pd. Mungkin intipers masih agak asing dengan prodi PTB, apa aja sih yang di pelajari dalam mata kuliah-mata kuliahnya? Masih penasaran kaan? Yuk gass terus bacanya, biar lebih kenal yees J

Belajar Apa Aja Yes?

Pendidikan Teknik Bangunan yang kami jalani memiliki pembelajaran tentang dua bidang landasan keilmuan yaitu di bidang Pendidikan dan Teknik. Seperti yang selalu disebutkan oleh salah satu dosen kami bahwa kami ini bagaikan “Pisau Belati” yang dimana kami memiliki dua kemampuan dan keduanya bermanfaat untuk berprofesi kedepannya. Kami dapat menggunakan keilmuan dalam pendidikan dan keilmuan dalam konstruksi sipil maupun arsitektur. Pada awal semester, masih di mulai dengan Mata Kuliah Umum, Kependidikan, dan Dasar Teknik. Mata Kuliah Umum seperti halnya Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila, Olahraga dan Kesehatan, EAP Bahasa Inggris, PAI, Ilmu Sosial Budaya Dasar, dan Kewirausahaan. Untuk MK Kependidikan ada Ilmu Pendidikan, Landasan Keilmuan Pendidikan Teknologi Kejuruan, Profesi Kependidikan, Perkembangan Peserta Didik, Teknologi Pendidikan, dan lainnya. Sedangkan untuk MK Dasar Teknik ada Fisika Teknik, Mekanika Teknik I-IV, Ilmu Bahan Bangunan, Gambar Teknik, Alat Perkakas, Mekanika Tanah, Konstruksi Bangunan Gedung I–III, Matematika Teknik, Teknik Lingkungan, Teknologi Beton, Ilmu Ukur Tanah I dan II, Teknik Pondasi, Praktek Kayu I dan II, Praktek Plumbing, Struktur Beton dan Kayu, RAB, dan lainna. Di sini pembelajaran di berikan dimulai dari dasar-dasar, sejarah, dan perkembangan teknologi dunia teknik setiap masanya. Jadi, karena notabene kami ini adalah seorang guru dari SMK nantinya meskipun bakalan menyimpang, maka perlu mengetahui dan menguasai akar dari keilmuan yang akan diajarkan nantinya.

Pada setiap semesternya memiliki keterkaitan dan terus berkelanjutan ketika naik ke level semester. Apabila ada MK yang belum lulus, maka tidak bisa mengambil MK yang berhubungan dan lanjutannya seperti MK tersebut adalah MK syarat. Contohnya adalah ketika ingin mengambil MK IUT II, maka pada semester sebelumnya harus sudah lulus MK IUT I. Di prodi PTB, saya merasa mempelajari segala macam bekal keilmuan yang dapat saya terapkan nantinya di dunia kerja. Ada banyak sekali masalah dunia kerja yang mampu kami masuki dan selesaikan asalkan mau memulai Action dan Confident aja gituuu.

Di sini, kami menjalani banyak proyek yang harus di selesaikan. Dimana proyek-proyek tersebut membutuhkan banyak sekali waktu yang banyak menyita waktu. Bukan hanya di dunia perkuliahan saja, namun hal itu akan terus berlanjut hingga kami di dunia lapangan pekerjaan. Sehingga, sebisa mungkin kami dibiasakan berperilaku dan berbuat seperti sedang di dunia kerja. Proyek, proyek, dan proyek lah keseharian kami meskipun pertemuan di dalam kelas hanya beberapa jam. Namun, di luar jam itulah kami mengerjakan proyeknya. Selain itu, kami banyak dibekali Skill Practice dengan tipe-tipe tugas praktikum lapangan, Observasi, Laporan setelah Praktikum, mendesain usulan proyek, Latihan soal hitungan analisis struktur, menggambar manual dan digital, serta kunjungan secara langsung ke tempat yang berkaitan dengan MK yang sedang di pelajari. Ternyata banyak sekali yees intipers keilmuan yang dipelajari, untuk hal-hal yang berkesan lanjut gass aja bacanya yees! J

Mata Kuliah yang Paling Berkesan

Prodi PTB gak melulu spaneng dalam menjalankan tugas-tugasnya kok gaeees. Disini dari semua MK ambil aja keseruan yang ada di dalamnya. Nikmati dalam kegembiraan, maka akan terasa ringan dan itu pun akan berlalu kok. Nah, dari pengalaman saya tentang MK yang paling berkesan yaitu di MK Gambar Teknik, KBG I-II, Mektek I-III, Tekling, IUT I, dan Kewirausahaan. Pada MK yang berhubungan dengan menggambar manual dengan teknik yang detail itu benar-benar merasakan sensasi perjuangan seperti halnya anak arsitektur dengan membawa tabung gambar setiap harinya, lembur hingga larut malam di kampus bersama teman-teman dan mengejar deadline, serta dosennya yang luar biasa dicintai mahasiswanya karena banyak yang nyariin, hehe.

Mektek yang penuh dengan hitungan kesetimbangan yang bertujuan mencari nilai “0 atau nol” itu merupakan suatu keberhasilan yang luar biasa bagi kami. Teknik Lingkungan yang sering mengadakan kunjungan ke ranah bermacam-macam masalah lingkungan seperti pengolahan air bersih, air limbah, dan persampahan membuat kami menjadi lebih sadar untuk menyayangi lingkungan,*cie yang sayang-sayangan, hehe*. IUT I yang punya banyak job setiap minggunya dan laporan setebal bantal selama satu semester *sampe gak percaya loh kalo kami udah nyelesainnya selama satu semester*. Dan yang paling mantap itu kalo kuliah yang isinya di kelas mendapat ilmu dan makanan gratis dari tugas membuat produk individu (Gini nih kalo sukanya makan mulu dah, hehe).

Kegiatan dan Tugas Lapangan

Belajar di PTB gak melulu berkutat di dalam kelas aja yang kadang suka bikin jenuh, tapi kami sering kali melakukan observasi kunjungan secara langsung bagaimana ilmu yang kami dapatkan itu di terapkan dalam lapangan atau tidaknya, apakah sama atau ada perbedaan bahkan yang tidak sesuai dengan ilmu yang ada. Kegiatan yang banyak dilakukan yaitu berkunjung ke perusahaan konstruksi terkenal di Indonesia, Praktik Industri di Proyek Pembangunan, Perusahaan Industri Bangunan, PPL, KKL, KKN, dan Magang di sekolah-sekolah. Sehingga, hal ini bisa menjadi kesempatan kami untuk berjalan-jalan bersama. Dan yang paling berkesan nantinya ketika Praktik industri di proyek pembangunan yang sedang berjalan, disana nanti akan benar-benar merasakan bagaimana bekerja di lapangan.

Prospek Kedepannya Apa Aja Yes?

Jangan takut untuk masuk PTB yees, karena peluang di lapangan kerjanya akan menjadi sangat besar looh. Konsentrasinya bisa kemana aja seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Memang kami ranahnya ada dalam dunia pendidikan yang seharusnya, tapi gak menutup kemungkinan kalo kami juga bisa berada di dunia konstruksi dan konsultan. Bahkan lebih banyak alumni yang masuk dalam perusahaan konstruksi menjadi pengawas dan perancang. Bahkan yang lebih baiknya lagi kami dapat membuka kewirausahaan di dunia permebelan, dunia jasa konsultan dan agen property, Perusahaan bahan-bahan bangunan, dan bila dalam dunia pendidikan kami dapat menjadi instruktur pendidikan vokasi, atau jika memang bercita-cita menjadi guru dapat bekerja di SMK dan bahkan menjadi dosen di universitas sekalipun. Prospek untuk SMK sangat besar karena masih banyak guru SMK yang dibutuhkan oleh pemerintah negara kita.

Sebenarnya masih banyak nih intipers hal-hal yang lebih mendetail yang ingin saya sharing, tapi semoga kata-kata di atas sudah bisa memberi gambaran kepada teman-teman sekalian yees. Oh iyaa, kalau ada pertanyaan yang lebih mendalam bisa langsung ditanyain ke kolom komentar yees.


Bio Penulis : Nur Istikhomah

Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan, Sibuk praktikum, nge-Laprak, Belajar, berorganisasi dan berkomunitas sosial, Scholarship Study Abroad Hunter, Dreamer, Suka muncul di event yang menambah kapasitas diri, mencari uang, achiever, Pembelajar menjadi orang yang bermanfaat.

Instagram : @istii_maskur |

twitter : @n_istikhomah

Fb : https://www.facebook.com/nur.istikhomah.90 |

tumblr : nistikhomah.tumblr.com/

Kode Konten: X321

 

3 thoughts on “Pendidikan Teknik Bangunan UNS (Isti)”

  1. Mau nanya kak, kalau kita ambil S1 nya pendidikan teknik bangunan dan kita lanjutin S2 nya teknik sipil bisa ngak kak ?

  2. Bisa banget dek. Maaf yaa, baru balas. Baru baca kalau ada yang tanya. Setelah lulus S1 kita punya banyak pilihan mau kemananya. S2 teknik sipil bisa, S2 Arsitektur bisa, S2 Pendidikan Guru Vokasi, PPG menjadi guru SMK, Atau meniti karieer di dunia konstruksi, konsultan perencana, Pengawas, surveyor, dan lain-lain.

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *