Pendidikan Matematika UHAMKA (Yunita)

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabaraktuh…

Hello guys….

Perkenalkan, nama saya Yunita, kalian bisa panggil saya Yuni atau Nita juga boleeh..hehe .  Saya adalah Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA semester 7 angkatan 2014. Saya ingin berbagi pengalaman kepada kakak-kakak semua mengenai jurusan saya . Semoga bermanfaat nanti nya.aamiin

Pendidikan Matematika?

400

Pendidikan matematika adalah salah satu program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA yang mampu lulus dalam waktu 3,5 tahun dan normal nya dalam 4 tahun. Semoga saya termasuk salah satu mahasiswa nya yang mampu lulus 3,5 tahun aamiin (Mohon doa nya teman-teman J) . Program studi teristimewa bagi saya…hehe J

Belajar Apa?

Pendidikan Matematika merupakan sebuah program studi yang bukan hanya belajar ilmu matematika saja namun kita belajar juga bagaiman menyampaikan ilmu matematika tersebut kepada peserta didik agar mudah dipahami dan dicerna bahkan diberikan ilmu seperti mata kuliah strategi pembelajaran, teori belajar matematika dan lain-lain yang mana mampu memunculkan susana pembelajaran yang asyik sehingga mengalihkan pandangan peserta didik mengenai matematika itu susah dan rumit menjadi matematika itu mudah dan  gampang untuk diselesaikan. .

follow_intipjurusan_COMPRES

Banyak berbagai pertanyaan mengenai “ Susah ngk sih ngambil jurusan pendidikan matematika?”. Jujur, background saya adalah siswi SMK jurusan Akuntansi yang mana saya hanya belajar matematika yang kulitnya doang seperti Program linear dll, Trigonometri hanya belajar sin cos tan cosec sec cot, dan tidak belajar limit, turunan, integral dll yang rumit-rumit. Padahal diawal semester pertama saya dan mata kuliah pertama yang wajib anak matematika ambil adalah kalkulus diferensial dan itu full turunana, trigonometri. Kondisi saya disitu was-was dan khawatir “Apakah saya mampu tidak?”, fikiran tersebut tertutupi dengan kesukaan dan kecintaan saya dengan matematika serta didampingi dosen-dosen yang baik hati yang mampu mengerti terhadap kondisi mahasiswa yang lulusan SMK jurusan Administrasi dan Perkantoran serta Akuntansi dan beliau pun mengajarkan kepada mahasiswa nya dari dasar. Suasana pembelajaran tersebutlah yang tercipta pada kampus tercinta saya sehingga menambah kecintaan dan semangat saya terhadap matematika. Tak lupa juga, Kakak-kakak tingkat pun membantu adik tingkat yang kesulitan dalam mata kuliah nya dan dibuatlah oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika atau HIMATIKA yang dinamakan MathClass. Itu merupakan suatu wadah yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa pendidikan matematika terkhusus saya pribadi.

Untuk mata kuliah mengenai ilmu matematika banyak seperti Kalkulus dibagi menjadi tiga yaitu diferensial, intergral dan peubah banyak adapun yang lainnya seperti, Pendidikan Dasar Matematika, Kapita Selekta, Geometri Datar, Geometri Ruang, Geometri Analitik, Statistika Pendidikan, dan lain sebagainya. Jikalau dirangkum cabang ilmu matematika terdiri dari aljabar, Aritmatika, Geometri Triogonometri, Kalkulus dan Statistika. Semua mata kuliah di program studi Pendidikan Matematika sangat bermanfaat nantinya pada kehidupan sehari-hari. Tak lupa dalam proses pembelajarannya pun tak sedikit mata kuliahnya menggunakan bahasa asing, jadi jangan berfikiran mengambil mata kuliah pendidikan matematika itu untuk menghindari yang berbau bahasa asing terkhusus bahasa inggris ya..hehe J.

Ohiyaa…. saya juga tidak hanya belajar ilmu pendidikan dan matematika saja tetapi saya belajar ilmu agama yaitu kemuhammadiyahan yang meliputi mata kuliah pendidikan agama islam, muamalah, aqidah, dan lain sebagainya. Bersyukur sekali, saya mampu memperoleh ilmu tidak hanya dunia saja namun ilmu akhirat pun saya memperoleh nya hingga saat ini.

Mata Kuliah yang Paling Berkesan

Mata kuliah yang saya pelajari semua berkesan namun ada dua mata kuliah yang paling berkesan yaitu Mata kuliah Geometri Analitik, Analisis Kompleks dan Ilmu Falak. Mata kuliah Geometri Analitik dan Analisis Kompleks merupakan mata kuliah hitungan, menggambar, serta menganalisis mengenai persamaan garis lurus, lingkaran, oval, dan bilangan imajiner , jujur hanya mata kuliah inilah catatan saya bisa dibilang rapi, lengkap dan sangat mudah dimengerti sehingga saya enjoy  untuk mempelajari nya. Tugas yang diberikan pun dikerjakan difolio dan harus rapi serta detail terkhusus menggambarnya yaitu mata kuliah geometri analitik sehingga hal tersebut membuat saya cukup berhati-hati dan berusaha rapi…hehe Sedangkan Mata kuliah Ilmu Falak adalah salah satu mata kuliah yang wajib diambil untuk prodi Pendidikan Geografi dan Pendidikan Matematika UHAMKA. Didalam mata kuliah ini selain ada ilmu teori nya tetapi ada juga teori praktek nya yaitu ke Bosscha, Bandung. Selama kegiatan teori dan praktik banyak sekali ilmu yang didapat seperti cara menghitung tanggal kapan mulai berpuasa Ramadhan, Lebaran Idul Fitri,  Idul Adha, serta alat teropong yang digunakan untuk melihat bintang dan ilmu astronomi lainnya yang mana hal tersebut merupakan kegiatan yang tak akan terlupakan karena asyik dan seru.

 

Kegiatan Lapangan

Saat ini saya telah melaksanakan magang 3 di SMA Negeri 101 Jakarta. Jikalau ada magang 3 pastinya ada magang 1 dan 2 yaa…. hehe. Magang 1 dan 2 saya tetap ditempat yang sama. Perbedaannya adalah ditugasnya. Untuk magang 1 itu hanya observasi sekolah, magang 2 itu hanya observasi guru dan puncaknya yaitu kita mengajar seperti PPL itu terdapat di Magang 3. Disini saya bertugas seperti hal seorang guru dari calon guru, semua ilmu yang baru-baru pun muncul seperti bagaimana saya menghadapi peserta didik yang berisik, pinter, malas dan lain sebagainya dan untungnya saya didukung dengan bimbingan guru pamong disekolah tersebut yang baik hati dan mengajarkan ilmunya kepada saya.  Tak sedikit mahasiswa pendidikan matematika untuk mengajar sampingan seperti bimbel dan privat untuk pemasukan ekonomi nya loh…hehe

InshaAllah bulan depan saya dan teman-teman angkatan saya akan mengikuti mata kuliah Kuliah Kerja Nyata yang inti kegiatannya adalah bakti sosial dalam aspek pendidikan, sosial dan ekonomi di desa. Mohon doanya yaa… semoga lancar dan membutuhkan yang semangat luar biasa selama  minggu. Aamiin.

Prospek Kedepannya

Pendidikan matematika itu mudah kok temen-temen…jikalau kita menanamkan jiwa kecintaan dan kesukaan kita terhadap matematika, apalagi untuk mencari uang selama kuliah pun gampang inshaAllah seperti mengajar bimbel dan privat dikalangan SD, SMP dan SMA sederajat. Lulusan Pendidikan Matematika mendapat gelar S.Pd dibelakang nama kita. Semoga tahun depan saya bisa mendapatkannya dan mohon doa nya dari teman-teman sekalian yaa… . Prospek pekerjaan untuk lulusan pendidikan matematika cukup bagus dan tidak usah khawatir karena lulusan pendidikan matematika sangat dibutuhkan untuk sekolah terkhusus menjadi guru matematika yang asyik dan religius untuk peserta didiknya.

Dari tulisan saya diatas, ada beberapa hal lain lagi yang ingin saya sampaikan ke teman-teman…namun jangan khawatir, jikalau teman-teman memiliki banyak pertanyaan, silahkan tulis di komentar yaaa… Terimakasih

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Salam Calon Guru !


 

Bio Penulis :

Mahasiswa Tingkat Akhir Pendidikan Matematika UHAMKA yang sedang berusaha menyelesaikan skripsi dan sidang skripsi di tahun 2018, Pejuang lulus 3,5 tahun. Aamiin. Hobi nya jalan-jalan dan suka nulis.

Link Instagram :@yuuniyunita

Link Facebook : Yunita Yunita

Kode Konten: X234

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *