Pendidikan Khusus UPI (Adinda)

Assalamualaikum intipers, Hai ! Saya Adinda Meita Putri alumni UPI Bandung tahun 2016 dari Jurusan Pendidikan Khusus (PKh) atau yang masih dikenal Pendidikan Luar Biasa (PLB UPI). Intipers, dalam tulisan ini saya akan berbagi betapa serunya perkualiahan yang saya jalani dan betapa banyaknya hikmah dan berkah yang saya dapat. Yap ! prospek kerja mahasiswa PKh nantinya akan menjadi guru di Sekolah Luar Biasa, kami dicetak untuk mendidik anak-anak dengan segala keterbatasan dan kebutuhan mereka yang beragam.

Bagi saya menjadi mahasiswa PKh sejak tahun 2012 bukan hanya belajar menjadi seorang guru, tapi saya juga belajar menjadi calon orang tua yang baik dimana saya mempelajari penyebab-penyebab lahirnya anak berkebutuhan khusus (ABK), saya juga mempelajari ilmu Anatomi, Fisiologi,dan Genetika, Perkembangan dan Pendidikan Anak, Psikologi Pendidikan, dan matakuliah lain yang banyak ilmu kehidupan didalamnya. Mahasiswa PKh di semester 1 sampai 4 akan dihadapkan dengan berbagai matakuliah dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru serta mempelajari ilmu ABK, layanan khusus, pembelajaran, asesmen, dsb. Semester 5 mahasiswa akan menentukan spesialisasi yang diinginkan dan terdapat 5 spesialisasi yang diantaranya spes.A (Tunanetra), spes B (Tunarungu), spes C (Tunagrahita), spes D (Tunadaksa), dan spes E (Tunalaras). Semester 6 dan 7 mahasiswa akan memperdalam ilmu spesialisai yang telah dipilih dan saya sendiri mengambil spesialisasi B (Tunarungu). Matakuliah yang paliiiing berkesan bagi saya adalah matakuliah Asesmen dan matakuliah spesialisasi yaitu Sistem Komunikasi. Pembelajaran yang saya dapat pada matakuliah asesmen adalah ilmu dasar yang wajib dan hanya dimiliki oleh mahasiswa dari Pendidikan Khusus, dimana kita belajar mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus dengan berbagai istrumen yang ada, kita dapat mengetahui betul seperti apa peserta didik kita sejak awal lahir hingga kondisinya saaat ini melalui proses Asesmen, terlebih lagi saya mendapatkan matakuliah Asesmen ini dari dosen ganteng, smart, keren, idola saya Bapak Dr.Zaenal Alimin,M.Ed. Nah, kalau matakuliah Sistem Komunikasi sangat berkesan karena dari situ saya fokus belajar bahasa isyarat SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia), bagaimana sistem komunikasi dengan tunarungu, bagaimana asal usulnya bahasa isyarat dan apa saja cara berkomunikasi dengan tunarungu. Selain mempelajari SIBI saya juga memperdalam ilmu bahasa isyarat saya dengan mencari tahu tentang Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia) yang sering digunakan teman tunarungu saat berkomunikasi satu sama lain, atau dengan kata lain itu adalah bahasa alamiah yang mereka ciptakan, nah, di bawah ini adalah contoh isyarat abjad jari dari SIBI.

Hal menarik lain yang enuh dengan tantangan dan ilmu berharga saat saya menjalani praktek lapangan atau dikenal dengan PPL yang saya tempuh di semester 7. Saya PPL di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung (tempat saya mengajar saat ini) selama 4 bulan kurang lebih. Saya diajarkan bagaimana menjadi guru yang baik dari mulai mengajar kelas TK hingga SMA, bagaimana ilmu menguasai kelas, menghadapi peserta didik yang beragam dan juga belajar bagaimana menjadi guru yang tertib administrasi. Saat saya PPL disitu saya mengeksplore seluruh kemampuan yang saya miliki dengan membagikan ilmu saya dengan mengajarkan membuat kue di kelas tataboga dan mengajar di ekstrakurikuler modelling (hingga saat ini).

follow_intipjurusan_COMPRES

Sambil menyelam minum air, saat PPL saya juga mencari-cari masalah yang akan dijadikan penelitian untuk skripsi saya, dan judul skripsi saya adalah Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Tunarungu yang Berprestasi di Bidang Olahraga. Subjek penelitiannya adalah orang tua dan peserta didik SLBN Cicendo yang berprestasi hingga ke tingkat nasional. Selain matakuliah dan pengalaman PPL yang menarik, jurusan saya juga memiliki Himpunan Mahasiswa dimana program kerjanya selaras dengan ilmu yang dipelajari. Seperti halnya aplikasi program kerja Pengabdian Pada Masyarakat, dimana para mahasiswa menjaring anak berkebutuhan khusus yang belum bersekolah di daerah terpencil dan bekerjasama dengan lembaga setempat untuk nantinya membangun SLB yang terjangkau oleh anak. Keren kaaaan, sebagian besar kuliah di Pendidikan Khusus itu banyak beramal dengan berbagai cara.

Cerita lain yang saya miliki adalah sejak awal kuliah saya sudah tertarik dengan bahasa isyarat yang oleh karenanya saya dapat meraih prestasi Juara 3 Sunsilk Hijab Hunt di Trans 7 dengan menampilkan hobi saya yaitu bernyanyi diiringi bahasa isyarat SIBI dan itu adalah salah satu dari sekian banyak berkah yang saya rasakan berada di lingkup PKh. Saya berkesempatan membawa beberapa peserta didik saya untuk tampil bersama saya di panggung Trans & yang megah, wahhhhhh, kebahagiannya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata ketika melihat antusiasnya wajah anak-anakku saat itu. (bagi yang kepo bisa cek di instagram saya @adindameitaputri hihihi promo dikit). Kalian juga bisa play video youtube dibawah untuk liat profil saya yang ditayangkan oleh trans 7 dan gimana suasana  ketika saya mengikuti ajang “Sunsilk hijab hunt 2016”. Kuyy pencet tombol Play ! 😉

Embeded from YouTube “TRANS7 OFFICIAL” Channel

Berkah lain yang dirasakan adalah saat ini saya menikmati pekerjaan saya sebagai pendidik para calon penghuni surga, yap, setiap harinya saya dikelilingi malaikat kecil yang diciptakan Allah SWT. Sekian yang dapat saya bagikan mengenai jurusan PKh dan pengalaman saya, semoga bermanfaat dan saran saya bagi teman-teman yang sedang kebingungan mencari jurusan kuliah adalah “temukan passion hidupmu, terapkan I love what to do and I do what I love” karena melakuan sesuatu dengan hati akan lebih mudah dijalani dan setelah itu silahkan tentukan dan tuliskan target hidupmu. Semangat ! Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh. Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

Adinda Meita Putri

Penulis merupakan Juara 3 Sunsilk Hijab Hunt 2016 yang juga alumni dari Universitas Pendidikan Indonesia departemen Pendidikan Khusus angkatan 2012. Kesibukan saat ini yaitu menjadi seorang Guru di SLBN Cicendo Kota Bandung dan juga menjalani kegiatan sebagai seorang model.

Kode Konten : X124

1 thought on “Pendidikan Khusus UPI (Adinda)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *