Pendidikan IPS UNJ (Fitri)

Helloooo sobat setia Intipers 🙂 sebelumnya saya mau memperkenalkan diri dulu nih hehehe J, nama lengkap saya Fitri Tyas Sari dan biasa di panggil Fitri Tyas untuk sehari-hari kalau sedang di kampus. Saat ini saya baru saja menyelesaikan masa kuliah di semester 5 nih hehehe, dan sebulan lagi akan memasuki semester 6, di Program Studi (Podi) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) angkatan 2015. Saya diterima di prodi P.IPS UNJ melalui jalur SBMPTN.

Disini sebelumnya apakah ada yang sudah pernah mendengar jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial? banyak orang-orang yang bertanya lagi pada saya seperti ini “jurusan pendidikan IPS tuh ambil konsen nya ke apa fit? ke sosiologi / ekonomi / sejarah / geografi? ”. Jadi begini, jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UNJ itu berfokus untuk mempersiapkan guru – guru IPS untuk mengajar SMP, selain itu pada jurusan ini tidak ada konsen atau peminatan lagi di semester-semester selanjutnya, karena di jurusan ini kita akan mempelajari semua materi IPS seperti sosiologi, sejarah, ekonomi dan geografi. Wahhh lengkap kannn, jadi kita bisa belajar ke – 4 nya nih teman-teman. Apaaa??? jadi hanya bisa mengajar di SMP saja nih kak? Wahh tidak juga kok, tenang saja karena tidak menutup kemungkinan untuk dapat mengajar di berbagai tingkat pendidikan. Kenapa lebih di fokuskan untuk mengajar di SMP? iya, hal ini salah satunya karena mengingat adanya kurikulum 2013 dimana untuk mata pelajaran IPS sendiri pada tingkat SMP yang semulanya pada kurikulum 2006 terpisah seperti sosiologi, sejarah, ekonomi dan geografi,  kini di kurikulum 2013  menjadi IPS terpadu artinya sosiologi, sejarah, ekonomi dan geografi berada dalam keterpaduan IPS jadi tidak berdiri sendiri-sendiri. Selain itu, di harapkan dengan adanya keterpaduan IPS tersebut, maka perlunya untuk mempersiapkan guru-guru yang memiliki kemampuan yang mempuni dan menguasai ke semua / ke-empat mata pelajaran tersebut.

Wahhh, apa nggak bosen kak belajarnya ekonomi, sejarah, sosiologi sama geografi aja selama kuliah?  Jawabannya tentu tidak, karena selama kuliah kita akan mendapatkan berbagai mata kuliah yang pastinya masih berhubungan dengan ke-4 hal tersebut, jadi ekonomi, sejarah, sosiologi dan geografi ada di mata kuliah pengantar pada semester 1. Lalu, untuk selanjutnya kita akan bertemu dengan berbagai mata kuliah seperti patologi sosial, manajemen konflik, ekologi sosial, gender dalam pembangunan, strategi pembelajaran IPS, media pembelajaran IPS, kewirausahaan, manajemen pendidikan, metode penelitian pendidikan, teori sosial budaya, ilmu alamiah dasar, statistika sosial, demokrasi & HAM, Multikultural & integritas nasional, sistem sosial Indonesia, filsafat ilmu, antropologi pembangunan, perkembangan peserta didik, sistem hukum Indonesia dan masih ada beberapa mata kuliah lagi yang telah aku pelajari sampai semester 5 ini. Beberapa mata kuliah yang tadi aku sebutkan, itu merupakan mata kuliah yang kudapatkan dari semester 1 sampai semester 5. Mata kuliah yang paling berkesan dan menarik bagi saya yaitu mata kuliah sistem sosial Indonesia, patologi sosial dan strategi pembelajaran IPS.

( Keterangan : foto ketika melakukan penelitian lapangan di desa kanekes tempat pemukiman suku Baduy )

Pada mata kuliah sistem sosial Indonesia, kita akan mempelajari keberagaman dari suku bangsa, ras, agama dan keberagaman kelompok serta golongan, baik itu struktur sosialnya, strata sosial, budaya dan adat istiadat, sistem organisasinya dan juga analisa terhadap teori-teori yang dapat mengkaji dan memperkuat analisis dalam menganlisa suatu kasus yang terjadi, dan juga dalam melakukan penelitian lapangan. Nah, pada mata kuliah ini mahasiswa pendidikan IPS 2015 melakukan penelitian lapangan ke desa kanekes yang terletak di pegunungan kendeng, Kabupaten Lebak, Banten. Disana, kami tinggal bersama suku baduy luar selama 3 hari, hal tersebut merupakan pengalaman luar biasa yang saya dapatkan karena saya sangat senang dapat merasakan bagaimana pola kehidupan masyarakat baduy, lalu saya belajar bagaimana cara mereka untuk bersinergi dalam melestarikan alam, serta merasakan rasanya berjalan kaki sejauh 12 km  untuk sampai ke baduy dalam. Jadi, saya bersama teman –teman juga melakukan penelitian di Baduy dalam. Bagaimana?? Seruuu kan ? seru dongg, karena sambil jalan-jalan menikmati pegunungan kendeng, saya juga belajar berbagai hal yang ada disini dan juga nantinya dapat memperkuat pengetahuan saya ketika saya mengajar J.

Selanjutnya yaitu mata kuliah patologi sosial, pada mata kuliah ini akan lebih sering untuk berdiskusi dan persentasi kelompok terkait dengan kasus-kasus menyimpang yang sedang terjadi ataupun pernah terjadi di masyarakat. Setiap kelompok dibagi untuk mempresentasikan topik-topik yang berbeda seperti LGBT, kriminalitas, kenakalan remaja, narkoba, korupsi, gangguan mental, dan prostitusi. Selain itu, pada mata kuliah ini juga di tugaskan untuk melakukan studi lapangan ke berbagai tempat yang sesuai dengan topik yang telah di tentukan. Seperti misalnya topik prostitusi, maka akan melakukan studi lapangan ke panti sosial. Bentuk tugasnya berupa paper, dan untuk UTS dan UAS nya yaitu secara tertulis berupa essay dengan suatu kasus yang telah ditentukan oleh dosen, lalu kita menganalisis kasus tersebut. Saya menyukai mata kuliah ini, karena dalam mata kuliah ini semakin melatih diri saya dalam mempertajam analisis terhadap suatu kasus serta bagaimana penyelesaian yang harus dilakukan dari kasus tersebut. Hal ini bagi saya sebagai bekal ketika saya akan mengajar IPS kelak, karena bagi saya sebagai seorang guru IPS kita harus mampu untuk up to date terhadap berbagai fenomena / kasus yang terjadi di dalam maupun di luar negeri serta memiliki analisis yang baik dan mampu mengkaitkannya dengan setiap bidang ilmu IPS.

Mata kuliah yang berkesan selanjutnya yaitu mata kuliah strategi pembelajaran IPS. Jadi, pada mata kuliah ini kita akan belajar bagaimana cara atau langkah-langkah yang harus dipersiapkan oleh guru ketika akan mengajar di kelas, seperti mempersiapkan bahan ajar, media pembelajaran IPS, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), silabus serta evaluasi, sehingga kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik dan tercapainnya tujuan pembelajaran. Pada mata kuliah ini saya juga belajar bagaimana caranya agar membuat peserta didik antusias, bersemangat dan tidak bosan ketika mendapatkan materi IPS yang terkesan sangat banyak. Oleh karena itu disinilah tantangan saya sebagai calon guru IPS berusaha untuk membuat strategi pembelajaran yang tepat untuk dipergunakan ketika mengajar. Selain itu dalam mata kuliah ini akan ada micro teaching yaitu praktik mengajar sebagai persiapan dan juga melatih diri sebelum nantinya  kita akan mengajar  secara langsung di sekolah. Nah, nantinya dari kegiatan micro teaching ini kita akan mendapatkan sertifikat penilaian hasil micro teaching yang dapat di gunakan pada saat kita akan mengajar di sekolah.

Di prodi Pendidikan IPS juga ada organisasi buat kalian mengembangkan diri loh, yaitu ada BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Prodi P.IPS dan juga BLM (Badan Legislatif Mahasiswa) Prodi P.IPS, selain itu kita juga bisa mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiwa) di tingkat universitas. Saya sendiri termasuk dalam keanggotaan BEM Prodi P.IPS 2017-2018 sebagai staff biro kewirausahaan.

Jika telah menyelesaikan perkuliahan, maka akan mendapatkan gelas S.Pd. Mengingat bahwa P.IPS merupakan Program Studi yang di peruntukkan untuk mempersiapkan dan melahirkan calon tenaga pendidik, maka tentu saja sebagian besar alumni dari P.IPS telah bekerja menjadi guru IPS di SMP, mengajar menjadi guru IPS di SMA,  menjadi guru SD, kepala sekolah, pekerja sosial, lalu mengikuti program pemerintah yaitu seperti SM3T, berwirausaha, dan juga ada yang sedang melanjutkan studi S2.  Prodi P.IPS patut untuk kalian pertimbangkan dalam melanjutkan studi selanjutnya ya guys J.  Jangan sungkan – sungkan untuk bertanya ya buat teman-teman yang masih ingin mengenal dan megetahui informasi lebih banyak mengenai Prodi P.IPS UNJ 🙂


Tentang Penulis : Fitri Tyas Sari

Mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta angkatan 2015. Saat ini sedang mengikuti berbagai kegiatan kerelawanan, mengikuti berbagai lomba dan mengejar beasiswa, mulai belajar melatih diri untuk produktif dalam dunia menulis.

Instagram = @fitrityas_ ( https://www.instagram.com/fitrityas_/ )

Facebook = Fitri Tyas S (link = https://www.facebook.com/fitri.tyassari )

Email = fitrityassari@gmail.com

Kode Konten: X326

4 thoughts on “Pendidikan IPS UNJ (Fitri)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *