Pendidikan Geografi Unimed (Inka)

Hai, hai, hai.. sobat intipers.. semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan berbahagia ya, amiin.

Kenalan dulu yuk! Saya Ainka Irfany, kalau dikampus, dosen dan teman-teman saya memanggil saya Inka. Saya adalah mahasiswi Pendidikan Geografi di Universitas Negeri Medan. Pasti kalian udah paham dong ya, atau kalau yang belum paham Universitas Negeri Medan ini terletak di Sumatera Utara. Dan For Your Information Universitas Negeri Medan merupakan satu-satunya universitas di Sumatera Utara yang memiliki prodi Pendidikan Geografi.

Nah disini saya akan sedikit berbagi cerita mengenai prodi Pendidikan Geografi yang ada di Universitas Negeri Medan berdasarkan pengalaman saya selama ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk teman-teman yang mungkin memiliki minat dalam dunia Geografi maupun dalam dunia pendidikan. And here we go….

Pendidikan Geografi

di-web

Membaca kata Geografi teman-teman semua pasti sudah tahu dong apa itu Geografi, karena saat di SMA, Geografi sudah diajarkan dan juga masuk kedalam rumpun IPS.

Pendidikan geografi UNIMED ini punya slogan loh teman-teman. Slogannya itu “Hijau Bumiku, Biru Langitku, Geografi di Dadaku”.

Pendidikan Geografi yang ada di Universitas Negeri Medan ini menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial, dan kerennya selalu menjadi urutan pertama pilihan peserta SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur Mandiri dan mengalahkan prodi lain yang ada di Fakultas Ilmu Sosial UNIMED. Lah kok bisa ? Emangnya sekeren apa sih yang dipelajari? Eng ing eng… Mulai penasaran yaa.. Yuk swipe sampai habis.

Kira-Kira Belajar Apa Aja Ya?

Karena disebut sebagai Pendidikan Geografi, maka tentu saja mempelajari tentang dunia didik- mendidik. Hal ini menjadi menarik untuk teman-teman pahami bahwa pada prodi Pendidikan Geografi UNIMED ini terdapat mata kuliah Perkembangan Peserta Didik, Psikologi Pendidikan, Filsafat Pendidikan, dan juga Kepemimpinan.

Nah terus teman-teman jadi mikir kan, kok belajar tentang Psikologi? Kan Geografi. Hal itu memang benar.  Karena ada label Pendidikannya, maka di prodi ini diajarkan Psikologi tentang perkembangan  kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Tapi serius deh, ini seru banget belajarnya. Karena belajar tentang Psikologi maka teman-teman bisa tahu tentang Tips and Tricks Psikologi yang bisa diterapkan untuk diri sendiri.

Oh iya, kebanyakan orang punya statement kalau kuliah di Geografi itu jagonya buat peta doang, terus emangnya gak bosan ya ngegambar peta mulu?

Emang bener sih kuliah di prodi Geografi pasti bisa bahkan expert tentang perpetaan, mulai dari ngegambarnya sampai ke detailnya. Tapi, bukan berarti itu aja yang dipelajari loh bro, sist!

Gini ya, Geografi itu merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan Bumi. Jadi, di dalam Geografi ini cakupannya luas banget. Nggak Cuma kenampakan atau relief buminya aja loh yang kami perhatikan, tapi makhluk hidup maupun tidak hidup yang menjadi penghuni planet Bumi juga. Contohnya aja nih kalau ada bencana seperti gempa bumi atau tanah longsor, maka yang jadi tugas pengamatan kami bukan hanya keadaan muka bumi pasca bencananya aja tapi juga keadaan masyarakat di daerah sekitar bencananya juga harus ikut diamati.

Overall, kuliah di prodi Pendidikan Geografi itu seru banget. Antara teori dan praktek beneran sejalan dan saling melengkapi. Contohnya aja nih baru belajar teori mengenai karakteristik tanah besoknya udah praktek tentang pengamatan tanah.

(Praktek pengamatan warna tanah, tekstur tanah, dan mengukur pH tanah)

Di dalam prodi Pendidikan Geografi UNIMED teman-teman bebas untuk memilih konsentrasi pada semester yang telah ditetapkan. Nah konsentrasi dalam prodi Pendidikan Geografi UNIMED ini ada 4, yakni Pendidikan; ilmu keguruan geografi, Sosial; kependudukan dari sudut pandang geografi, Fisik; keadaan bentuk alam dari kajian geografi, dan Teknik; penerapan teknologi dalam geografi misalnya SIG (Sistem Informasi Geografis).

Mata Kuliah Yang Paling Berkesan

Setiap mata kuliah pasti memiliki kesan tersendiri. Misalnya nih, pada mata kuliah Hidrologi. Di mata kuliah ini kita bakalan disuruh mengamati dan juga menghitung berapa besar curah hujan di suatu wilayah selama seminggu, dan wilayahnya ini setiap mahasiswa harus beda. Ini dia yang jadi persoalan, gimana kalau ternyata di wilayah itu nggak hujan coba, tapi untungnya pada saat itu mulai masuk musim hujan.

Mata kuliah lain yang berkesan yang cukup menguras tenaga dan emosi adalah mata kuliah Survey dan Pemetaan, kenapa saya pilih mata kuliah ini adalah karena, di mata kuliah ini sungguh banyak sekali teori, banyak sekali bermain angka, dan banyak sekali prakteknya. Contohnya nih kita harus cari hitungan pengukuran lapangan dengan polygon terbuka dan juga tertutup, di mata kuliah ini sangat banyak tantangannya guys, harus sedia banyak stok kesabaran!

Tugas dan Praktik lapangan

Tugas merupakan makanan sehari-hari dan juga teman terindah bagi mahasiswa/i prodi Pendidikan Geografi UNIMED. FYI ada 6 tugas untuk setiap mata kuliah yang wajib dikerjakan tuntas. Tugas ini adalah Tugas Rutin, Critical Book Report, Critical Journal Review, Mini Riset, Rekayasa Ide, dan Project. Nah menurut saya nih tugas yang paling cetar adalah tugas Mini Riset, Rekayasa Ide, dan Project. Karena ini merupakan tugas yang berkesinambungan. Contohnya aja, saat melakukan Mini Riset mengenai pencemaran air sungai disitu juga kita harus bisa munculin ide yang nantinya akan dibuat dalam bentuk laporan Rekayasa Ide mengenai cara menanggulangi pencemaran itu, nah untuk Finishing dibuatlah wujud nyata dari ide itu dan jadilah Project kecil yang kemudian diabadikan dalam sebuah media yang biasanya berupa video.

Prodi Pendidikan Geografi UNIMED sangat sering melakukan praktik lapangan hal ini karena memang tuntutan dari setiap mata kuliah yang mewajibkan untuk langsung terjun dan melihat kondisi lapangan, misalnya saja pada mata kuliah Geologi dan Geomorfologi Indonesia, saat itu praktik lapangannya adalah mengamati setiap kenampakan Geologi dan Geomorfologi di wilayah Samosir.

(Praktik Lapangan pengamatan kenampakan Geologi dan Geomorfologi wilayah Samosir)

Selain itu kami juga pernah mengadakan pengamatan tentang kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sekitar Sungai Betimus, di Desa Sembahe. Saat pergi kami sama sekali tidak memiliki kendala, tetapi saat pulang lama sekali kami menunggu bis yang lewat, dan saat lewat semuanya sudah terisi penuh, setelah menunggu selama sekitar 1 jam pada akhirnya kami memutuskan untuk tetap naik dan menerima resiko bahkan jika harus duduk di atap bis :).

Untuk teman-teman yang jiwa petualangnya tinggi, hobi naik-turun gunung, masuk hutan, main kotor *eh* maksudnya berani berkotor ria dengan tanah dkk, wajib banget untuk masukin Pendidikan Geografi ke list Prodi yang akan dituju selesai SMA nanti. Kenapa begitu.. karena bukan anak Geo (istilah kami) namanya kalo nggak cinta alam dan nggak sering main ke alam. Karena alam lah yang membuat Geografi hidup.

Prospek Kerja

Jika telah menyelesaikan perkuliahan maka akan mendapatkan gelar S.Pd, dan kebanyakan alumni prodi Pendidikan Geografi ini bekerja sebagai guru yang sudah tersebar merata ke seluruh wilayah Indonesia, karena adanya program SM3T.

Cuma bisa jadi guru ya? Nggak bisa jadi yang lain?. Nah untuk pertanyaan ini teman-teman nggak perlu risau, karena luasnya cakupan pembelajaran geografi, maka kesempatan terbuka sangat lebar. Alumni kita ada loh yang kerja di LIPI, BMKG, BPB, BPS, Bank, bahkan ada juga yang buat usaha sendiri, contohnya nih kalau dia jago tentang SIG pasti bisa buka usaha percetakan peta umum ataupun khusus.

And Finally, untuk teman-teman yang berminat atau tertarik, jangan cuma intip-intip aja ya, tapi teman-teman bisa pertimbangin deh prodi Pendidikan Geografi UNIMED ini, fix keren banget.

Kalau masih ada informasi yang dirasa kurang atau ada yang perlu ditanya, teman-teman bisa langsung tanya di kolom komentar ya.


Tentang Penulis : Ainka Irfany

Mahasiswi aktif Prodi Pendidikan Geografi UNIMED. Sibuk belajar, berorganisasi dan mengejar beasiswa, mulai terjun ke dunia menulis, belajar mengembangkan bakat dan memperbaiki diri. Berusaha membuat orangtua bangga atas kerja cerdas diri sendiri.

Instagram        : ainkairf_

Email               : ainkairf17@gmail.com

Kode Konten: X290

2 thoughts on “Pendidikan Geografi Unimed (Inka)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *