Pendidikan Ekonomi UNPAS (Ardelia)

Hallo! Assalamua’laikum teman-teman intipers, biar enak kenalan dulu kali yah. Perkenalkan nama saya Ardelia Maheswari , tapi kalian bisa panggil saya  Ardel atau Ardelia juga boleh. Saya salahsatu mahasiswa angkatan 2015 Atau Semester 5 dengan Jurusan Pendidikan Ekonomi di Universitas Pasundan. Seperti teman-teman intipers lain yang sudah mengirimkan artikelnya, saya juga ingin membagikan sedikit pengalaman saya selama saya kuliah di Universitas Pasundan dengan Jurusan Pendidikan Ekonomi Ini, semoga bisa menjadi pertimbangan dan bermanfaat untuk teman-teman.

Pendidikan Ekonomi di Unpas itu bagaimana sih?

Pendidikan Ekonomi atau Economics Education merupakan salahsatu Program studi di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpas. “Nah del, Apa sih bedanya Fakultas ekonomi sama Pendidikan Ekonomi? Dua-duanya ada di Unpas kan?” Iya, Memang ada. Jadi gini teman-teman untuk Fakultas ekonomi ini Pure membahas Semua yang berhubungan dengan ekonomi yang gelarnya nanti akan menjadi S.E (Sarjana Ekonomi), Sedangkan untuk Pendidikan Ekonomi tidak hanya mempelajari ekonomi tetapi juga memperdalam mengenai pendidikannya, karena mahasiswa-mahasiswa ini dipersiapkan untuk menjadi guru yang nanti gelarnya akan menjadi S.Pd (Sarjana Pendidikan). 

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015

400

Belajar Apa Aja?

Banyak mata kuliah mengenai ekonomi yang kita pelajari, diantaranya Teori Ekonomi Makro, Teori Ekonomi Mikro, Ekonomi Syariah, Ekonomi Moneter, Perpajakan, Ekonomi Koperasi, Ekonomi Internasional, Ekonomi Pembangunan, manajemen juga ada manajemen perkantoran, manajemen sumberdaya manusia, terus juga ada Akuntansi, Etika Bisnis, kewirausahaan dan lembaga keuangan bank dan non bank. Dalam Pendidikannya ada Psikologi pendidikan, filsafat pendidikan, Bimbingan Konseling, Model pembelajaran ekonomi, Media dan sumber pembelajaran, pedagogik dan juga Administrasi persekolahan. Bahkan ada Mata kuliah Umum diantaranya matematika ekonomi, bahasa Indonesia, Pendidikan kewarganegaraan, Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Statistik Penelitian Ekonomi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bahasa inggris, dan yang lainnya.

Sama seperti teman-teman yang lainnya, tugas yang diberikan pada mata kuliah diatas  mayoritas berbentuk presentasi yang dimana kita harus mempersiapkan Makalah dan power point. “Kenapa presentasi?” Setelah saya kuliah selama 2 tahun 3 bulan ini, ahirnya saya mengerti mengapa selama ini dosen memberikan tugas presentasi, karena itu untuk melatih supaya kita terbiasa berbicara didepan umum, karena yaa namanya juga calon guru. Kalo ga terbiasa kan malu nantinya..

follow_intipjurusan_COMPRES

Kita juga belajar bagaimana caranya membuat administrasi sekolah, bukan.. bukan Cuma soal ngumpulin berkas siswa. Disini kita belajar bagaimana caranya membuat silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Program tahunan, program semesteran, menentukan model dan media apa yang cocok untuk pembelajaran, bagaimana caranya membuat soal, sampai akhir bagaimana menilai hasil pembelajaran siswa.

Pendidikan ekonomi ini lebih kehitungan atau hapalan?

Sebenernya sih hitungan iya, hapalan iya. Di mata kuliah yang berhubungan dengan ekonomi kita pasti akan ketemu sama angka yang otomatis ada hitungan kan, dan yang pendidikannya lebih ke hapalan, karena kita belajar memahami suatu teori.

Di Pendidikan Ekonomi ini kita akan menemui beberapa praktek dan pelatihan, Diantaranya ada Praktik akuntansi, Praktik Komputer Akuntansi serta pelatihan Beauty Class, Table Manner, TOEFL, TOEIC, juga Brevet yang dimana akan diberikan sertifikat sebagai salahsatu syarat kita untuk sidang.

Pelatihan Beauty Class angkatan 2016

Mata Kuliah apa sih yang paling menarik?

Pada semester ini, saya mengambil mata kuliah umum NLP, Apa itu NLP? NLP itu singkatan dari Neuro Linguistic Program yang dimana kita belajar cara menghipnosis seseorang untuk tujuan yang baik melalui pendekatan, misalnya untuk relaksasi, Menghilangkan pobia, depresi, serta menghilangkan gangguan psikologis. Disini kita belajar berkomunikasi dengan baik melalui pendekatan kepada seorang Client.” Ga Cuma menghipnosis ko, kita juga belajar cara mengenal karakter setiap orang. Kenapa guru harus mempelajari NLP?” sebagai Seorang calon guru harus memiliki Strategi supaya Siswa-siswa bisa memperhatikan apa yang akan disampaikan guru. Ehem…bukan berarti kurang perhatian loh yahJ lucu kan kalo kita bisa nyembuhin siswa yang sedang depresi? Sebenernya ada banyak mata kuliah yang menarik sih.. Cuma yaa karena agak lucu jadi diceritain yang ini aja dulu, nanti kapan kapan kita cerita matkul lain lagi.

“ko lebih banyak ke pendidikannya?” sebenernya sama aja sih, karena kita juga masih sering mendapatkan praktik praktik akuntansi disetiap akhir semester. Nah, praktik disini kita belajar membuat,menyusun laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Untuk pendidikan ekonomi ini, sebelum uts ataupun uas perwakilan dari himpunan selalu memberikan fasilitas bimbingan belajar gratis, disana kita  membahas soal apa saja yang nantinya akan keluar pada saat ujian, dan bagaimana cara menjawabnya. Jadi lumayan kan yah? Daripada les hehe

Tugas apa sih yang paling berkesan?

Semester 3, ada mata kuliah model pembelajaran yang dimana kita dikasih tugas yaa semacam ngajar lagi tapi dengan teman sekelas yang menjadi siswanya, kita memberikan satu kompetensi dasar dari mata pelajaran ekonomi dengan memakai berbagai model pembelajaran.

“kenapa berkesan?” karena yaa mulai dari semester 3 dan tugas itu saya jadi yakin ingin menjadi seorang guru ekonomi. Saya  tahu apa yang akan saya lakukan setelah lulus nanti, mempunyai target untuk menjadi seorang guru membuat saya sangat bersemangat untuk memiliki gelar S.Pd.

Tugas Lapangan

Nah, Di akhir semester biasanya ada Magang, Apasih Magang? Magang di FKIP Unpas itu sebagai pengganti PPL yang dimana dipecah menjadi 3 kali, Magang 1 pada saat semester 2 Akhir, Magang 2 Semester 4 Akhir, dan Magang 3 di Semester 7 Akhir. “ Oh berarti gaakan ada PPL?” Engga, karena sudah digantikan magang. “Magangnya ngapain?” karena kita jurusan pendidikan, otomatis kita praktek ke sma/smk, pada magang 1 kita hanya orientasi sekolah, naik ke magang 2 kita membuat administrasi sekolah, dan magang ke 3 nanti kita masuk ke kelas membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran.

Magang 2, Angkatan 2015

Prospek kedepannya?

Karena tujuan akhir kita kuliah untuk mendapatkan pekerjaan, Jadi melihat keadaan sekarang ini, sangat besar peluang pekerjaan dibidang ekonomi, saya memilih jurusan ini karena menurut saya sangat luas peluang untuk kita mendapat pekerjaan, mulai dari bidang ekonomi seperti akuntan, pegawai bank, wirausaha, dll. Karena kita telah dilatih dan memiliki dasar dan kemampuan di bidang itu, saya rasa tidak akan susah mencari pekerjaan jika sudah berusaha dari sekarang. Selain dari bidang ekonomi, prioritas kita pasti ada di bidang pendidikan, bisa menjadi guru ekonomi, guru akuntansi, kewirausahaan, dll. Untuk alumni dari pendidikan ekonomi ini sendiri ada yang menjadi seorang guru, pegawai bank, dan lain-lain.

Sebenernya masih banyak yang ingin saya share sama teman-teman, Tapi mungkin segini dulu aja pengalaman dari saya. Buat teman-teman yang ada pertanyaan boleh Tanya di kolom komentar. Keep Praying and Spirit!:)

 

 

Mahasiswi semester 5 Prodi Pendidikan Ekonomi – FKIP UNPAS, Hobi Baca Novel, Nonton Drama Korea, Diskusi, Mencari teman sebanyak-banyaknya.


Tentang Penulis: Ardelia Maheswari

Hallo temen-temen Intipers! Bingung mau pilih jurusan apa yah? Buat temen-temen yang hobinya ngitung- yaaa termasuk ngitung piutang, yang punya banyak ide buat bikin kids jaman now berubah terus biasa ngajarin temennya bisa nih masuk jurusan pendidikan ekonomi. Yuk sama-sama bikin Indonesia lebih baik 😉

Instagram : http://www.instagram.com/ardeliamhs

LinkedIn : https:// www.linkedin.com/in/ardelia-maheswari-644623139

Kode Konten: X213

7 thoughts on “Pendidikan Ekonomi UNPAS (Ardelia)”

    1. Selamat malam juga fika, untuk dosen mayoritas memberikan pengajaran yang menarik, ‘kenapa?’ karena untuk kita contoh nantinya saat mengajar menghadapi siswa

  1. selamat malam juga fika, untuk dosen mayoritas memberikan pengajaran yang menarik, kenapa? karena untuk kita contoh nantinya saat mengajar menghadapi siswa

  2. Mba mau nanya apa memang benar gak bisa ya magang nya di perkantoran gitu soal nya saya nanti ingin nya dikantoran aja mba
    Mohon dijawab mba saya baru semester 3
    Terima kasih.

    1. Mungkin untuk magang(ppl) belum bisa, karena kita fokusnya ke pendidikan, pasti diutamakannya kesekolah. Tapi, untuk pkl melihat angkatan-angkatan atas sebelumnya, biasanya ke perusahaan. Jadi nantinya kita juga merasakan bagaimana suasana kerja di perusahaan.

  3. Dan 1 lagi mba kalau memang bener gak bisa magang nya kantor2
    Dan harus disekolah2 itu nanti pas ngajar nya apa dibantu oleh guru2 yg sudah berpengalaman?
    Dan kita ngapain aja selama Magang disekolah gak cuma mengajar aja kan?
    Terima kasih maaf mba saya terlalu kepo

    1. Iya hazim, kalau magang mungkin belum ke perusahaan. Tapi pkl nanti sepertinya bisa merasakan bagaimana kerja di perusahaan.
      Nah, karena saya baru magang 2 kali, belum ada arahan untuk mengajar, paling mengajar nanti pada saat semester 7. Selama saya magang guru selalu mendampingi, entah itu untuk mengerjakan administrasi sekolah, ataupun memberikan tugas pada siswa.

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *