Pendidikan Ekonomi Unindra (Ayu)

Assamualaikum Wr Wb

Hallo Intipers!

Perkenalkan nama lengkap saya Ayu Sekar Wangi atau biasa dengan sebutan nama ASWayu.

Yap! Itu nama singkatan guys atau lebih sering di panggil ayu.

400

Alhamdulilah begitu seiring waktu ya gak kerasa saat ini 2 tahun dan sekarang semester 5 mahasiswi Universitas Indraprasta PGRI atau di singkat dengan sebutan UNINDRA di JAKARTA. Nah! Kampus unindra itu ada 2 loh guys. Kampus A bertempat di JL. Nangka No. 58C, Tanjung Barat, Jagakarsa,  Jakarta Selatan kalo Kampus B bertempat di JL. Raya Tengah, Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Kampus UNINDRA sudah Teraktreditasi BAN-PT loh dan berbagai macam Program Studi kalo di S1 itu ada  FIPPS (Fakultas Ilmu Pendidikan & Pengetahuan Sosial) yaitu terdiri dari Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Ekonomi Pendidikan Sejarah, FTMIPA (Fakultas Teknik Matematika & IPA) yaitu terdiri dari Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Informatika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, FBS (Fakultas Bahasa dan Seni) yaitu terdiri dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Desain Komunikasi Visual, kalo di S2 ada  FPs (Fakultas Pascasarjana)  yaitu terdiri dari Magister Pendidikan Matematika dan IPA , Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Magister Pendidikan IPS, Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Nah, itu semua program studi sudah sebutin ya guys! Info lebih lanjut www.unindra.ac.id atau bisa juga loh kepoin sosial media di Instagram/Twitter @officialunindra Chanel on Youtube Official Unindra.

Itu kampus iya guys, Nah! Sekarang saya mau sharing dan berbagi cerita pengalaman selama menjadi mahasiswi unindra.

follow_intipjurusan_COMPRES

Okay, Unindra saya ambil program studi S1 FIPPS jurusan Pendidikan Ekonomi dan sekarang sudah semester 5 loh.

Kenapa  ambil jurusan Pendidikan Ekonomi ?

Nah, karena saya SMA jurusan IPS jadi kuliah mau ambil bersangkutan dengan sesuai apa yang di ajarkan selama SMA, Yap! EKONOMI OH EKONOMI. Bismillah aja dan dijalanin.

kok ambilnya PENDIDIKAN EKONOMI (S,Pd)  kenapa nggak ambil EKONOMI (S.E) ?

Iya karena ingin menjadi seorang pendidik Insyallah kalau ijinkan bisa mengajar di sekolah bisa berbagi ilmu aja. Kalo saya ambil S.Pd karena saya ingin menjadi seorang guru.

Kalo  tiba-tiba mau ngajar eh, nggak bisa karena kan mesti punya pengalaman ya kan.

Di unindra itu nggak mesti kalian jadi guru kok, itu kan cuma gelar aja dan itu pilihan.

Kalo kalian mau jadi guru ya kalian harus ikut PPL magang di sekolah istilah kaya harus punya Akta 4 gitu.

Dan  lulus unindra itu juga kebanyakan menjadi “GURU” loh.

Kalau lulus, apakah mau jadi “GURU” ?

Doakan iya. Insyallah.

Siapa orang yang inspiring kamu untuk menjadi seorang guru ?

Iya, ibu saya sendiri.

Karena beliau juga seorang guru buat saya beliau adalah wanita yang hebat, kuat, tegar, sabar, disiplin, tangguh pantang menyerah cepat putus asa dan  seorang guru yang ceria dan menyenangkan

Beliau juga mendorongkan saya untuk menjadi seorang pendidik.

Belajar apa aja di Pendidikan Ekonomi ?

Total SKS yang wajib di tempuh 148 SKS selama semester 1-8 semester ya guys.

Sudah termasuk bersangkutan dengan matakuliah Ekonomi itu seperti pengantar bisnis,sejarah pemikiran ekonomi, matematika ekonomi, akuntasi 1 & akuntasi 2, akuntasi biaya, manajemen umum,manajemen sdm manajemen pemasaran 1 & manajemen pemasaran 2, manajemen keuangan 1 & manajemen keuangan 2, statistis 1&2, makro, mikro,perpajakan,blkl,pasar uang &modal,kewirausahaan,ekonomi syariah,perkoperasi,perdagangan luar negeri dll

Kalo  PGRI

Karena pendidikan, jadi saya belajar tentang SPJD PGRI, pengantar pendidikan. Stategi belajar pembelajaran, perencanaan pembelajar,profesi kependidikan, evaluasi pembelajaran dll.

Dan juga mata kuliah tambahan gitu iya seperti filsafat ilmu, agama,pkn, bahasa inggris, bahasa Indonesia, ilmu kealaman dasar, antropologi, komputer dll.

Eh sisanya kebanyakan PPL, seminar proposal skripsi, skripsi. Kalo di unindra itu ada mata kuliah berpraktium, mata kuliah UPM, dan mata kuliah pilihan.

Oh banyak ya.

Jenis tugas seperti apa ?

Kalo di kelas sesuai dengan mata kuliah yang bersangkutan dengan metode dosen yang mengajar di kelas. Misalnya kalo yang bersangkutan dengan hitung-hitungan itu dosen lebih memberi latihan dikelas dan mejelaskan cara mengerjakannya, kalo yang tentang keguruan lebih kearah metode ceramah ya, dan berkomunikasi gimana cara menjadi seorang guru. Biasanya mahasiswa/i praktek dikelas menjadi guru, ada juga matakuliah yang bersangkutan membuat makalah terus hasil penelitian atau observasi setelah itu di prestansikan di depan kelas.

Mata kuliah yang terkesan ?

Waktu semester 1 matakuliah bahasa inggris itu wawancara sama orang asing (bule) guys! Disitu lah deg-degan bgt yaah soalnya saya tidak bisa begitu lancar ngomong bahasa inggris. Yes! Tapi saya berhasil loh wawancara dengan mereka dan foto bareng mereka. Hahaha

Dan obervasi matakuliah kurikulum pendidikan kesekolah saya sendiri guys! Semester 3

Dan nggak  cuma itu saja guys! Saya juga aktif di organisasi di kampus yaitu Muslimah KAMIL UNINDRA

Selain itu juga aktif beberapa kegiatan di luar kampus, saya ikut event di bekasi dan komunitas KELUARGA FILM MAKER MUSLIM BEKASI

Ini dia salah Satu moment acara KFMM BEKASI disitu saya sebagai LO ACARA DAN MC NOBAR CDU.

Ingat iya guys, pendidikan di utamakan. Iya, jadi kejarlah mimpi-mimpi kalian terus tulis karget yang ingin dicapai.hidup akan lebih terarah dan bergairah. Bukan sekedar membangkitkan semangat, tapi juga mencerminkan prinsip kehidupan sehari-hari.

Yakinlah bahwa semua yang bisa kalian bayangkan di dunia ini juga bisa menjadi nyata. Akan tetapi, tentu saja perlu usaha, doa dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Sama halnya seperti lukisan yang hanya bisa hadir di dunia karena imajinasi dari sang pelukis. Namun, akan tetap menjadi kanvas kosong jika sang pelukis tak pernah menorehkan kuasnya.

Dalam menjalani hidup, kita akan dihadapkan dengan berbagai pilihan,. Baik pilihan yang mudah diputuskan, sampai pilihan yang sangat sulit bahkan mungkin membutuhkan pengorbanan.

Nah, sebelum memilih, kalian harus pastikan dan harus mempertimbangkan masa dimana adanya konsekuensi yang akan kalian terima. Sehingga, tidak aka nada penyesalan yang kalian rasakan kelak.

Berhentilah meratapi dan menyesal masa lalu. Bangkilah dan bergerak maju demi meraih masa depan baik .

Mulai menentukan langkah untuk mencapai apapun itu passion. Bebas berekpresi dan  berperestasi dengan versi terbaik pada diri kita yang sesungguhnya. Selama punya berani tampil, semua pasti bisa terwujud.

Banyak bergaul dengan orang lain di lingkungan yang baik  juga memberikan pengalaman dan sudut pandang yang berbeda agar bisa mensyukuri indahnya hidup dan mengenal diri sendiri.

Buat calon maba (Mahasiswa Baru) kalau kalian punya minat menjadi guru bisa banget loh masuk di UNINDRA PGRI karena apa? Well, di situ kalian bakal banyak belajar mengenai menjadi seorang guru bisa mencari passion di kampus juga.

Yap! Oke sampai disini dulu yaaa  guys sharing pengalaman cerita. Sukses ya buat kita semua moga berkah ilmunya.

Teri kasih.

Makasih ya guys!

Wassamualaikum wr wb


Tentang Penulis: Ayu Sekar Wangi

Mahasiswi Semester 5 Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI hobi dengarin musik, jalan-jalan, mencari teman sharing. Ngeblog/ngevlog.

FB/Path: Ayu Sekar Wangi instagram : @aswayu8 twitter: @aswayu812 email: ayusekarw@gmail.com line id @xyje6393p (@)

Kode Konten: X260

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *