Pendidikan Biologi UIN Yogyakarta (Ajeng)

Hallo intipers! Perkenalkan, nama saya Ajeng Puspa Arimbi, biasa dipanggil Ajeng. Saat ini saya sedang menempuh kuliah semester 6 di program studi Pendidikan Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Di semester yang cukup tua ini, saya tengah disibukkan dengan rencana-rencana yang saya susun agar dapat dengan cepat lulus, mulai dari memperkirakan dan mempersiapkan KKN dan PPL, mulai memikirkan judul skripsi, dan sedang sibuk-sibuknya menjadi koordinator, kepala departemen dan anggota di beberapa organisasi intra dan ekstra kampus.

Nah, kali ini tanpa berpanjang lebar lagi, saya akan menceritakan pengalaman saya menjadi mahasiswi di prodi Pendidikan Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hmmm, harus menceritakan apa dulu ya?

compres-ig-ver

Pertama-tama, saya akan mengenalkan sedikit tentang prodi saya ini. Dahulunya, prodi-prodi Pendidikan seperti Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Biologi berada dibawah jurusan Jurusan Tadris pada Fakultas Tarbiyah. Namun, setelah berdirinya Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK) seiring proses transformasi IAIN Sunan Kalijaga menjadi UIN Sunan Kalijaga, program studi Pendidikan seperti yang telah disebutkan diatas, termasuk prodi Pendidikan Biologi dipindahkan penyelenggaraannya dibawah Fakultas SAINTEK. Fakultas SAINTEK juga membawahi Ilmu Umum lain seperti Matematika, Kimia, Fisika, Teknik Industri dan Teknik Informatika. Dalam penjaminan mutunya, Fakultas SAINTEK mengimplementasikan sistem penjaminan mutu (Quality Assurance) dengan standar ISO 9001-2008. Hal ini memberikan jaminan bahwa implementasi mutu di fakultas terintegrasi dengan upaya pencapian sasaran mutu di tingkat lembaga. Dalam perkembangannya, Fakultas SAINTEK senantiasa berusaha mengembangkan kapasitas peningkatan kualitas dan daya saing alumni dengan menjalin kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan, lembaga penelitian dan industri, di tingkat lokal, nasional maupun internasional, seperti UGM, UNY, McGill University, Oracle Academy, UTHM, King Saud Arabia, Chulalongkorn University Thailand dan banyak lagi. Keren kan?

Kedua, banyak pandangan yang mengatakan bahwa mahasiswa Pendidikan Biologi hanya belajar tentang cara mengajar dan mendidik, tetapi tidak belajar secara mendalam tentang Ilmu Biologi. No! Itu semua salah besar, selama kuliah di prodi ini, saya mengikuti banyak praktikum dan mendapat tugas-tugas layaknya mahasiswa Biologi murni. Sejak semester awal, kami banyak mendapat praktikum dasar seperti praktikum kimia, fisika dan biologi dasar. Lalu di semester setelahnya, kami mulai menghadapi banyak praktikum biologi yang merupakan bagian dari mata kuliah wajib ataupun pilihan. Jadi, lengkap sudah yang dipelajari, ilmu pendidikan juga ilmu biologi murni!

compres-ig-ver

Ketiga, kegiatan pembelajaran selain belajar di kelas, seperti praktikum yang sudah saya jelaskan diatas, juga ditunjang dengan keberadaan  laboratorium. Laboratorium Biologi terdiri atas beberapa laboratorium seperti laboratorium mikrobiologi, ekologi, sistematika hewan, genetika, fisiologi tumbuhan dan lain-lain. Selain itu, untuk mata kuliah pendidikan seperti microteaching, juga disediakan ruang khusus yang kedap suara dan dilengkapi peralatan yang cukup lengkap.

Untuk mata kuliah yang paling berkesan menurut saya adalah Pengembangan Media dan Sumber Belajar Biologi (PMSBB), Sistematika Hewan, Sistematika Tumbuhan dan Ekologi. Why? Ada apa dengan mata kuliah ini? Di semester 3, selain belajar materi sistematika tumbuhan dikelas, kami juga melakukan kuliah lapangan dengan mendapat tugas untuk mengidentifikasi satu tumbuhan untuk setiap orangnya, setelah itu memproses tumbuhan tersebut menjadi herbarium. Lalu pada semester 4 di mata kuliah PMSBB, kami secara berkelompok dituntut untuk membuat media pembelajaran dan sumber belajar seperti buku ajar, modul, lks, juga media pembelajaran 2 dimensi maupun 3 dimensi. Dari mata kuliah ini, saya belajar banyak tentang membuat alat-alat penunjang dan pembantu pembelajaran dikelas. Belajar menjadi sosok guru yang kreatif dan inovatif. Memahami bahwa pembelajaran biologi juga harus dibantu dengan peralatan yang memadai agar peserta didik lebih mudah memahami apa yang kita ajarkan nanti. Selanjutnya di semester 4 ini juga ada mata kuliah Sistematika Hewan, yang juga bukan hanya belajar dikelas. Kami melakukan pengamatan hewan secara langsung, seperti di kebun binatang Gembira Loka dan di pantai Krakal. Banyak pengalaman seru saat melakukan kuliah lapangan seperti ini, belajar secara langsung dengan meneliti, mengamati, dan memegang langsung hewan yang telah diajarkan di kelas memberikan pengalaman tersendiri yang menyenangkan.

compres-ig-ver

Selanjutnya di semester 5 pada mata kuliah Ekologi, kami secara berkelompok diharuskan untuk melakukan kegiatan penelitian di lingkungan secara langsung. Keseruan sejak mengajukan outline, merancang penelitian, meminjam alat untuk penelitian hingga saat penelitian berlangsung, mengajari saya banyak hal tentang kerja keras, kegigihan, kerjasama dan optimisme. Hasil dari penelitian ini pun, bukan hanya dipresentasikan saja, tetapi juga diolah menjadi bentuk media pembelajaran seperti modul ataupun poster. It’s a cool experience!

Tentang mata kuliah pilihan di prodi Pendidikan Biologi, sejak semester 4, kami sudah ditawarkan banyak mata kuliah pilihan untuk menunjang keinginan mahasiswa memperdalam ilmu yang disukainya. Ada banyak pilihan yang diberikan, contohnya seperti mata kuliah taksonomi mikrobia, bioinformatika, mikroteknik, biokonservasi, pengelolaan lingkungan, pembelajaran sains, metodologi penelitian biologi dan banyak lagi. So, jangan khawatir dengan keinginanmu untuk memperdalam suatu bidang di prodi Pendidikan Biologi ya!

Selain cemerlang dibidang akademik, bidang non-akademik pun tak kalah penting. Menambah wawasan dan jaringan, juga belajar berorganisasi bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai organisasi intra dan ekstra kampus. Dibawah prodi Pendidikan Biologi dan Biologi sendiri, terdapat 4 kelompok studi seperti Bioenter, Waterforum, Biolaska dan Zoologi. Dengan mengikuti kelompok studi seperti ini, memperdalam ilmu yang disukai dapat berjalan lebih menyenangkan!

Alumni dari prodi pendidikan Biologi kebanyakan bekerja sebagai tenaga pengajar (guru). Eittss! Tetapi bukan itu saja loh, alumni Pendidikan Biologi juga dapat berkarier di bidang lainnya, antara lain sebagai peneliti di bidang pendidikan, pengelola lembaga pendidikan, tutor dan edupreneur.

So, buat para intipers yang menyukai bidang pendidikan, tetapi juga ingin berkecimpung dibidang Biologi, bisa banget loh mempertimbangkan prodi Pendidikan Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini. Kami tunggu kedatanganmu ya!


Tentang Penulis : Ajeng Puspa Arimbi

Mahasiswi semeter 6 program studi Pendidikan Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hobi membaca, menulis, bersepeda, lari (bukan dari kenyataan!) dan nonton film dan drama korea. Saat ini tengah sibuk berorganisasi, mempersiapkan PPL dan KKN, juga sudah mulai memikirkan judul skripsi.

Instagram:  @ajengpuspaarimbi

Kode Konten: X335

2 thoughts on “Pendidikan Biologi UIN Yogyakarta (Ajeng)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *