Pendidikan Bahasa Inggris UMY (Enni)

Without language, one cannot talk to people and understand them; one cannot share their hopes and aspirations, graps their history, appreciate their poetry, or savour their songs. (Nelson Mandela)


Hallo intipers, namaku Enni Safitri. Aku adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2013. So true, aku adalah mahasiswa semester akhir pejuang revisi sebelum resepsi. Loh kok… hehe

Disini aku mau share tentang jurusan kuliahku. Kadang nih maaf ada sebagian orang yang memandang sebelah mata tentang jurusan bahasa Inggris. “Ngapain sih kuliah bahasa Inggris? Mending les aja pasti udah jago bisa bahasa Inggris”. Sebaliknya, ada juga yang baru denger kata bahasa Inggris aja udah ketakutan sendiri seolah-olah bahasa Inggris adalah momok yang mengerikan “Yakin ambil jurusan bahasa Inggris, kuliahnya susah lho, skripsinya pakai bahasa Inggris pula, mending ga usah deh nanti utekke ora nyandak (pikirannya ga sampai)”, “Wah ngeri kuliah bahasa inggris, ngomongnya bahasa inggris terus ya? , ada juga yang “Besuk kalau lulus pasti jadi guru ya nduk?”.

Nah gimana tuh, bener gak ya? Daripada menduga-duga sesuatu yang tak terduga yuk  baca selengkapnya di bawah ini ya guys.

400

Profil Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta didirikan pada tahun 2010, merupakan jurusan di bawah naungan Fakultas Pendidikan Bahasa. Selain Pendidikan Bahasa Inggris ada juga teman-temannya guys yaitu Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Jepang. Meski tergolong masih muda, Alhamdulilah PBI UMY sudah meraih akreditasi “A” BAN-PT. Para dosen PBI UMY juga Alhamdulillah rata-rata sudah menempuh S2 maupun S3 di luar negeri. Kalau konsentrasinya lebih mengarah ke bagaimana cara mengajarkan bahasa Inggris, manajemen pendidikan, dan mengembangkan pengajaran menggunakan teknologi. Pokoknya yang berbau-bau ngajar banget deh, namanya juga pendidikan hehe.

Sistem mengajar di PBI menggunakan sistem KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Jadi, selama kuliah ga ada UTS ga ada UAS. Wah enak ya? Sama aja kok guys, kami tetap ada ujian, sering malah apalagi ujian hidup ehhhh.. . Jadi ujian kami per bab, tergantung dosen juga, kadang bisa 2 bab atau 3 bab dalam sekali ujian. Lebih flexible kan yaa. Nah itu dia sedikit gambaran tentang PBI UMY ya, oke next

follow_intipjurusan_COMPRES

Mempelajari Apa Saja?

Awal semester, kami mempelajari tentang empat skills bahasa Inggris yaitu listening, speaking, reading and writing. Disini kita belajar baru basicnya banget. Biar apa? Biar mahasiswa baru gak kaget atau njeblug duluan belajar bahasa Inggris, khususnya yang awam dengan bahasa Inggris, yang ngomong aja lidahnya sering keseleo, apalagi yang notabene dari SMA/SMK yg jurusannya bertolak belakang sama bahasa Inggris. Dosennya juga masih 25% kok ngomong pakai bahasa Inggris.

Pertengahan semester, kami mulai belajar tentang linguistik. Yaitu mengapa sebuah bahasa digunakan dan unsur-unsur apa saja yang terkandung dalam sebuah bahasa. Di dalam lingusitik ada apa aja? Ada fonetik, fonologi , morfologi, sintaksi, semantik, pragmatik,sosiolinguistik, psikolinguistik dll. Intinya di bab ini belajar tentang bagaimana cara mengucapkan huruf dengan benar, kalau dalam bahasa arab kaya semacam belajar ilmu tajwid. Kemudian belajar tentang mengapa sebuah kata terbentuk, mempelajari struktur kalimat, mempelajari makna kalimat, dan unsur-unsur bahasa. Di semester ini kegiatan belajar mengajar 50% menggunakan bahasa Inggris.

Akhir semester, kami belajar tentang sejarah bahasa Inggris. Kok bisa ada bahasa Inggris? Kenapa bahasa Inggris jadi bahasa Internasional? siapa aja biang keroknya?. Selain itu, kami belajar membuat kurikulum sekolah, membuat silabus, membuat materi sekolah (bentuknya adalah paket bahasa Inggris), belajar metodologi penelitian. Selanjutnya, kami belajar TOEFL juga. Karena memang persyaratan pendadaran minimal TOEFL harus mencapai 500 (setiap tahunnya meningkat). Selanjutnya kami belajar tentang penerjemahan. Memahami kalimat untuk di alih bahasakan dan nyambung tuh ga semudah berkedip lho gaiss, butuh kepekaan yang tinggi biar nyambung hehe. Ya gitu pokoknya. Di level ini kegiatan belajar mengajar 95% menggunakan bahasa Inggris. Terus skripsinya pakai bahasa Inggris gak? Exacly yes. Tak lupa, kami juga dibekali belajar tentang Entrepeneurship. Kami mempelajari bagaimana cara membuat bisnis, membuat produk, mengelola perusahaan hingga bagaimana menjadi pengusaha itu sendiri. Harapannya adalah agar mahasiswa mendapatkan kesempatan memilih pekerjaan sesuai yg mereka inginkan selain menjadi pendidik.

Buat kamu yang ga betah cuma belajar di kelas doang, kamu bisa join organisasi  maupun UKM yg menunjang kemampuan bahasa Inggris kamu nih guyss. Misalnya  EDSA (English Department Students Assosiation), Vocal Group Savanna, dan SEA (Student English Activity). Selain itu kamu juga berkesempatan untuk mengikuti program Students Exchange maupun KKN Internasional.

Mata Kuliah Paling Berkesan

Ini nih mata kuliah yang buat aku betah di PBI dan menurut aku mata kuliah paling berkesan. Yang pertama adalah mata kuliah ICT (Information and Communication Technologies). Dari semester 1 sampai 5 kita belajar tentang teknologi. Jadi disini kita belajar bagaimana membuat website, menggunakan aplikasi edit foto dan video, editing audio, dll sebagai metode pembelajaran yang interaktif. Salah satunya yaitu belajar  aplikasi Hot Potatoes. Mata kuliah ini menjawab banget gimana sih biar murid-murid jaman now ga bosen belajar yang melulu pakai kertas dan papan tulis. Kenapa berkesan? Karena ga ngebosenin, bikin gak gaptek.

(Take video tentang Describing Places di Kebun Binatang Gembiraloka)

Mata kuliah kedua yaitu English for Tourism. Meski English for Tourism termasuk elective course alias mata kuliah pilihan di semester 7. Menurut aku mata kuliah ini termasuk yang berkesan juga, karena setelah dari semester-semester kemarin fokus tentang teaching akhirnya kuliah tentang kepariwisataan juga. Ngapain aja? Jalan-jalan tiap hari? No, kita belajar tentang English vocabulary, English dialogue yang digunakan saat di airport, hotel, maupun di restaurant. Kami juga belajar tentang bagaimana cara membuat Itinerary (rencana perjalanan), membuat vlog tentang kepariwisataan, dll. Barulah di penghujung semester kita mengikuti Cultural Amazing Race, yaitu kunjungan wisata untuk mengenal lebih dalam tentang kebudayaan sekaligus mempraktekkan kemampuan bahasa Inggris.

(Cultural Amazing Race di Tamansari, Yogyakarta)

Kegiatan dan Tugas Lapangan

  1. Internship Program

Karena basicnya pendidikan, tugas lapangan yg wajib adalah internship program. Dari mulai maba unyu hingga kenal gincu yaitu semester 1 sampai 6 kita magang guysss. Ngajarnya dari jenjang SD sampai SMA. Jadi pas semester ganjil kita diajarin cara membuat RPP, observasi kelas, dan membuat media pembelajaran. Nah baru di semester genap kita practice ngajar di kelas. Kami jadi tau proses dan progress kami selama menerapkan ilmu yang  didapatkan saat kuliah ke real teaching. Selain itu, kami bisa lebih paham macam-macam karakter siswa dan cara mengajarnya.

  1. Bridging Course for Softskill

Di PBI UMY kami ga hanya belajar hardskill aja, kami juga mengikuti serangkaian bridging softskill dari semester 1 sampai 6. Biasanya dilaksanakan saat pertengahan semester. Materinya yaitu tentang training motivation, leadership, games tentang problem solutions , outbound dll. Kami belajar banyak hal disini. Yaitu tentang cara berkomunikasi, menghadapi, bekerjasama, menghargai orang lain.

(Salah satu kegiatan Bridging for Sofskill di Desa Wisata Dolan Deso Boro, Kulonprogo)

Prospek Kerja

Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi satu orang dengan yang lainnya. Tanpa adanya bahasa, kita tidak akan dapat saling bertukar pikiran dengan orang lain. Di era globalisasi saat ini penggunaan Bahasa Inggris udah diterapkan di berbagai konteks lho guys. Misalnya di perkantoran, pusat perbelanjaan, tempat umum, papan pengumuman maupun media sosial. Untuk kamu alumni Pendidikan Bahasa Inggris tak perlu bingung mau kerja apa setelah lulus, karena banyak sekali lapangan kerja di luar sana yang membutuhkan keahlian bahasa Inggris. Misalnya bekerja sebagai staff pengajar di bimbingan belajar, guru sekolah , dosen, translator, tour guide, perhotelan, maupun entrepeneur sekalipun. Gimana?Asikk banget kan jika punya skill bahasa Inggris. Ada yang masih belum jelas seputar jurusan Pend. B Inggris? Lanjut di kolom komentar yaa. If you have any questions, I would be happy to answer them.


Tentang Penulis

Nama Enni Safitri, mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris-FPB UMY. Hobi melukis, menulis, dan membaca. Suka film Thailand bergenre comedy dan menyukai dunia anak. Sedang menekuni dunia kepenulisan, mengajar dan melukis.

Instagram : @safitrienni,

jual aneka kado lukis @deelan.art |

Web : ennisafitri27.blogspot.com

Kode Konten: X261

 

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *