Pend. Seni Rupa Unesa (Anggita)

Kenalkan nama saya Aditya Anggitasari, kalian bisa panggil saya Anggita. Saya merupakan  Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa di Universitas Negeri Surabaya semester 3 angkatan 2016. Seperti yang teman-teman ketahui, disini saya akan berbagi informasi dan pengalam saya mengenai jurusan Pendidikan Seni Rupa. Jurusan yang sedang saya geluti dan yang  impikan sejak saya SD dulu *Eh Curhat hehe*. Semoga apa yang di artikel ini bisa membatu teman-teman dan bermanfaat untuk para pembacanya.

Apa Sih Pendidikan Seni Rupa itu ?

Pendidikan Seni Rupa atau yang kita kenal Art Education, merupakan salah satu program studi di Universitas Negeri Surabaya. Program Studi Pendidikan Seni Rupa masuk dalam Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni. Oh iya apa yang ada di benak teman-teman saat mendengar kata “Seni Rupa”? pasti jawaban kalian “Menggambar” bukan?. Jawabannya bener, tapi ternyata di Pendidikan Seni Rupa kita bukan hanya diajarkan untuk menggambar saja loh teman-teman. Banyak orang yang mengira kita yang kuliah di Pendidikan Seni Rupa hanya diajarkan untuk menggambar. Ternyata banyak sekali mata kuliah di Pendidikan Seni Rupa yang kami pelajari belom diketahui oleh banyak orang.

Belajar Apa Saja Di Pendidikan Seni Rupa?

Well, pasti teman-teman yang baca tulisan ini berfikir jawabannya udah pasti belajar gambar kan?. Benar sekali kalau jawabannya gambar. Tapi apa yang kita gambar gak selalu hanya jadi sekedar gambaran aja. Kita gambar juga untuk menghasilkan sebuah produk karya yang mempunyai fungsi kegunaannya juga loh. Mata kuliah yang kita dapet itu macam-macam ada Nirmana tiga dimensi, Proyeksi perspektif, Gambar model, Kriya Logam, Kriya Kayu, Kriya Keramik, Kriya anyam, Animasi, Lukis, Fotografi dan masih banyak lagi. Sebenarnya mata kuliah yang kita pelajari itu saling berkaitan satu sama sain loh contohnya pada saat semester satu kami mendapatkan mata kuliah Proyeksi Perspektif mata kuliah ini mengajarkan kita untuk mengetahui bagaimana menghitung skala perbandingan desain produk atau bangunan yang akan kita buat aslinya ini hampir mirip dengan yang dipelajari mahasiswa arsitektur loh teman-teman. Nah hampir mirip dengan matematika juga sih tapi yang ini lebih seru pasti. Selanjutnya di semester tiga kami mendapatkan mata kuliah kriya Anyam. Disini kita mendapatkan tugas untuk membuat sebuah Sketsel dengan menggunakan hiasanan anyaman. Nah mata kuliah proyeksi perspektif ini berfungsi banget pas kita mau membuat desain Sketselnya secara detail. Nah jadi semua mata kuliahnyanya akan saling berkaitan satu sama lain. Oh iya, mata kuliah di Pendidikan Seni Rupa itu lebih banyak jam praktek dari pada jam teorinya. Jadi jangan kaget kalau liat anak seni rupa lembur hehe. Biasanya juga setelah kita membuat sebuah karya kita juga harus mempresentasikan hasil karya yang kita buat loh teman-teman, tapi kebanyakan hasil karyanya kita Display agar semua mahasiswa Seni Rupa bisa melihat hasil karya yang kita buat. Dan juga tetap saja kita ada tugas membuat makalah dan persentasi juga kok di mata kuliah teori.

Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa juga ada tugas lapangannya loh contohnya seperti saat kita di bentuk kelompok mata kuliah keramik, tiap-tiap kelompok di tugaskan untuk mencari tanah liat di daerah yang berbeda-beda gunanya untuk mengetahui potensi tanah liat yang cocok untuk digunakan sebagai bahan keramik. Jadi kita bisa sekalian jalan-jalan hehe 😀

Mata Kuliah Yang Berkesan?

Selama saya kuliah di Pendidikan Seni Rupa mata kuliah yang paling berkesan dan tidak mungkin saya lupakan ada dua.

 

Pertama adalah mata kuliah Kriya Tekstil. Why? Karena mata kuliah tektil adalah mata kuliah yang mengajarkan saya untuk sabar hehehe. Di mata kuliah ini kami diajarkan mendesain batik, membuat batik, menyulam, tritik jumput, mendesain baju batik, dan membuat baju batik dari hasil desain dan karya batik yang kami buat sendiri. Awalnya saya begitu takut saat mengenal dunia tekstil karena itu untuk pertama kalinya juga saya belajar membatik di sebuah kain. Karena itu adalah tugas, ada saja kecelakaan yang saya alami selama saya belajar membatik di tekstil contohnya seperti kain batik yang ketetesan malam, tangan saya yang ketumpahan panasnya malam sampai membuat saya menangis wkwkwk. Ya tapi itulah pengalaman. Tapi bukan hanya itu, Dosennya pun sangat baik hati dan sabar dalam membimbing kami semua. Dari situ saya benar-benar merasakan keseruannya di mata kuliah tekstil.

Yang kedua adalah mata kuliah Gambar Model. Mata kuliah ini banyak sekali suka dukanya karena kita di tuntut untuk bisa menggambar realis, kesesuaian anatomi, Proporsi, mengatur waktu saat menggambar dan masih banyak lagi. Jadi menurut saya mata kuliah ini adalah mata kuliah yang sangat menantang karena tidak semudah itu untuk menggambar realis. Dalam mata kuliah ini banyak menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran loh dari situ kita harus bisa menempatkan diri kita serileks mungkin saat menggambar model.

Konsentrasi Apa Saja Yang Di Sediakan?

Di Pendidikan Rupa di sediakan 3 Konsentrasi sebelum mau memasuki semester akhir yaitu ada Desain Grafis, Murni dan dan Kriya. Jadi disni kita sudah boleh memilih dan mendalami sesuai minat dan kemampuan kita loh teman-teman.

Pendapat Masyarakat Tentang Pendidikan Seni Rupa dan Prospek Kerjanya?

Banyak sekali masyarakat justru tidak tau tentang kuliah di Pendidikan Seni rupa. Mereka beranggapan lulusannya hanya akan menjadi seorang guru seni budaya. Perlu teman-teman ketahui di pendidikan seni rupa, kami diajarkan membuat berbagai macam karya seni yang memiliki fungsi dan nilai estetisnya tersendiri, selain itu kami juga diajarkan bagaimana berwirausaha. Jadi justru di pendidikan seni rupa prospek kerjanya sangat luas. Selain kita menjadi seorang guru, kita juga bisa menjadi seniman, animator, desainer, pelukis dan masih banyak lagi.

Banyak sekali ilmu yang bisa kami terapkan setelah kami belajar di Pendidikan Seni Rupa. Kami bisa lebih kreativ, mencitai produk dan kebudayaan di dalam negeri, mengembangkan dan melestarikan kebudayaan dengan ilmu yang kita miliki dan masih banyak lagi loh teman-teman.

Nah.. Sekarang bagaimana apakah tulisan saya sudah membantu? Ya saya harap tulisan saya bisa membantu dan bermanfaat untuk teman-teman ya. Semoga tulisan saya bisa menginspirasi kalian juga. Terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca tulisan saya.


Tentang Penulis: Aditya Anggitasari

Mahasiswa Semester Tiga Prodi Pendidikan Seni Rupa – FBS UNESA. Hobi, Menggambar dan Menonton Drama Korea.

Twitter: @aanggitaa

Instagram: @aditya.anggitasari

Kode Konten: X294

 

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *