Pendidikan Matematika UNP (Silvia)

Hai semua, apa kabar? Semoga baik-baik saja ya.. jangan lupa makan, kalo bisa jangan mie instan mulu lah… wkwkwk…. Perkenalkan nama saya silvia fitriani, panggil saja ivi. Saat ini sedang duduk di bangku perkuliahan semester 5 jurusan matematika program studi pendidikan matematika di Universitas Negeri Padang, hobby? Menyelesaikan soal-soal matematika? Hehe… tapi lebih suka bergelut dengan sastra sih… masih nyambung kan? Haha.. sedikit bicara tentang sastra : bagi ivi, ada hubungan yang begitu indah antara matematika dan sastra, antara angka dan huruf, mereka saling mencintai, dan ivi, akan menjadi pemersatu cinta mereka, oh iya jangan lupa follow @silvia_fitrianiblite yah… hahaha (sekali dayung 2 pulau terlampaui) 🙂

Matematika di universitas negeri padang

Matematika di universitas negeri padang (UNP) adalah salah satu jurusan pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurusan matematika mempunyai 3 program studi yaitu pendidikan matematika, matematika, dan statistika.

400

Kekeliruan pada matematika?

Berbicara tentang kekeliruan , banyak hal yang salah nih ketika seseorang menilai anak matematika. Banyak yang bilang, sebagian dari kami adalah manusia yang berkacamata, berbadan bungkuk, ransel yang penuh dengan buku, kening yang mengkerut, buku dipegang ditangan, culun, hobby nya ngitung. Ada-ada saja, wkwkwk… buktinya? Ivi, ivi gak culun kok, gak pakai kacamata, gak bawa banyak buku, dan hobby nya nulis . wkwkwk… sekali lagi, perumpaan jangan menilai buku dari luarnya harus kita pakai nih teman-teman.

Ada juga yang bilang bahwa matematika itu susah? Nah, kalau matematika itu susah mengapa ivi dan teman-teman yang jurusan matematika mengambil jurusan ini? Nah… sebenarnya tidak kok teman-teman, asal kita tau konsepnya, kita bisa kok. Wkwkwk… (menyemangati diri sendiri).. haha

follow_intipjurusan_COMPRES

Ada juga yang bilang bahwa anak matematika itu pendiam, ngak gaul, terus serius? Nah… asal teman-teman tau, bahwa kami juga sering rebut kok, nyanyi-nyanyi dikelas, lucu-lucuan dikelas, pokoknya banyak lah, dan sebagian dari kami juga humoris loh… jadi ada yang minat sama anak matematika? Hahaha..

Masalah yang bisa diselesaikan dengan matematika?

Masalah yang bisa diselesaikan dengan matematika? Wah… kalau ini jangan ditanya lagi teman-teman, hampir semua masalah bisa diselesaikan dengan matematika, karena dalam hidup kita menggunakan matematika, matematika juga membuat kita berfikir secara struktural dan kritis.

Nah, contohnya buat kamu yang lagi baca ini, baik mahasiswa atau siswa atau pekerja, untuk mengatur uang jajan, kamu butuh matematika, bahkan untuk menghitung jumlah mantan juga butuh matematika loh… hahaha

Matematika juga dasarnya dari ilmu lain, nah buat teman-teman pasti kan bertemu dengan matematika pada setiap jenjang pendidikan, baik SD, SLTP, SLTA. Kaya jodoh ya? Nah… mungkin teman-teman juga tau, bagaimana matematika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik sadar atau tidak , kita selalu berkomunikasi dengan matematika.

Tugas yang diberikan berupa apa?

Tugas yang diberikan dosen? Ya… didominasi oleh hitungan, wkwkwk… namanya aja matematika, contohnya dari mata kuliah kalkulus yang mencari integral baik lipat 2 maupun lipat tiga, sebelum itu, jangan lupa gambar dulu, biar kita tau batas-batas diantara kita… ups… salah. Batas nilainya J

Karena ivi pendidikan, tugasnya juga gak jauh-jauh nih dari merancang RPP, observasi, laporan, media pembelajaran (baru terasa semenjak semester lima) hahaha. Dan setiap tugas punya rintangan tersendiri, nah matematika itu adalah tantangan yang harus dihadapi, hadapi dengan menyelesaikan tugas-tugasnya.

Nah, pada hal yang berbau pendidikan, misalnya media pembelajaran matematika, tugasnya membuat media baik berupa konvensional maupun berbasis IT, lalu mempresentasikan, dan ikut dalam pameran matematika.

2 mata kuliah yang mengesankan?

2 mata kuliah yang paling berkesan adalah aljabar dasar trigonometri (ADT) (karena suka aljabar ya ), dan arena dosennya juga menginspirasi , banyak pelajaran yang didapat dari sang dosen, lalu geometri bidang ruang  (GBR), knapa GBR? Suka GBR juga? Haha… karena ini masalah gambar dan analisisnya, dan melibatkan sedikit angka, mata kuliah ini lumayan susah… (bukan susah sih, kurang belajar sebenarnya  ) wkwkwk .. ketika kuliah GBR , ivi kesulitan dalam menggambar beberapa bangun ruang, hehe… belum lagi analisisnya, teorema yang begitu banyak, dan defenisi yang ikut serta, rasanya setelah lepas dari mata kuliah ini, hembusan nafas lega pun tercipta, meski nilainya berpengaruh terhadap IPK.

Konsentrasi yang disediakan jurusan ?

Konsentrasi yang disediakan jurusan matematika adalah matematika murni, matematika analisis, aljabar dan geometri, dan matematika komputasi.

Tugas lapangan yang berkesan ?

Tugas lapangan kerja khususnya pada bidang pendidikan matematika adalah ke sekolah, berupa observasi maupun praktek lapangan. Karena ivi masih semester 5, dan belum praktek lapangan, maka yang paling berkesan adalah observasi, ketika ivi observasi dengan teman sekelompok, kita dapat berhubungan langsung dengan peserta didik yang nantinya jadi penerus bangsa, dan dengan sifat humoris kita, akan mengubah cara pandang sebagian dari peserta didik mengenai guru matematika.

Alumni kerja nya dimana ?

Alumni dari jurusan matematika,biasanya bekerja di sekolah, badan pusat statistik,dinas pendidikan dan kebudayaan, dosen matematika, dan lain-lain.


@silvia_fitrianiblite (Instagram)

Kode Konten: X240

1 thought on “Pendidikan Matematika UNP (Silvia)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *