Pend. Manajemen Perkantoran UPI – Tari

Hai perkenalkan nama saya tarini putri rami, biasa dipanggil tari di kampus. Disini saya mau sharing tentang perkuliahan saya dari awal masuk hingga saat sekarang yaitu di semester ahir, (lelah asli tapi enjoy, hehehe).

KITA MULAI…

Ketika saya lulus dari SMA saya dengan nilai UN yang biasa aja yaitu 48,35 yang berarti nilai rata-rata 8,1 anlah ya. Saat itu saya bingung mau kemana, pas isi PDSS saya ampe -gatau kesurupan apa ya- si saya malah isi jurusan biologi ITB (L maafkan kegalauan ini ya readers) dan pilihan keduanya adalah FIKOM UNPAD yang memang ingin diincer tapi setengah hati karena disitu saya terkendala jarak rumah dan kampus yang mengharuskan ngekos, dan itu malesssss yang sungguh luar biasa. Dan ayah pun menyarankan saya masuk UPI, ya sudah mau apalagi ya.

Ahirnya hatiku yang memang tertarik dengan hal yang berbau biologi dan kimia aku memilih jurusan pendidikan kimia UPI dipilah pertama dan dipilihan kedua dipilihkan oleh bunda ku tercinta yakni PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN.

SINGKAT CERITA…

Basic ku yang dari IPA ternyata tak dilirik oleh UPI untuk mendapatkan kesempatan di jurusan dan di fakultas yang bergengsi itu, eh taunya malah keterima di pilihan kedua yaitu PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN melalui jalur undangan atau yang biasa kita dengar adalah SNMPTN. Alhasil pembelajaran ku yang sangat menyukai IPA terbeuang begitu, tapi ingat semua yang kamu pelajari tak ada yang sia-sia, itu akan berguna diwaktu yang tepat.

Dan TERNYATA….

follow_intipjurusan_COMPRES

Aku yang dulu hanya masuk rangking 10 besar dalam masa perjalanan di SMA masuk kejurusan ini melesat mendapatkan nilai yang memuaskan (menurut diriku sendiri sih). Di jurusan ini memiliki ceritanya tersendiri, aku jadi terbiasa dengan hal yang berbau RAPIH, karena jujur saja aku gak pernah RAPIH dalma kondisi apapun, tapi dijurusan ini mampu membuat diriku berubah dengan begitu saja karena tuntutan kuliah yang mengharuskan rapih.

Di jurusan ku ini ada beberapa pelajaran asing menurutku, seperti kesekertarisan, stenografi, dan ada pula mata pelajaran penjurusan. Karena jurusan ku ini punya kurikulum baru, so pastinya ada yang baru. Yap bener, ada yang namanya pengkonsentrasian, dimana dijurusan ku ini ada konsentrasi tentang QMS (Quality Management System) dan ada juga MK (Menejemen Kearsipan). Dan setelah mengikuti tes psikotes dan tes minat bakat, ternyata aku masuk di konsentrasi QMS, dimana di konsentrasi ini banyak hal yang lebih baru lagi di jurusan ku, disini kita belajar banyak hal, mulai dari buat prosedur, instruksi kerja di perusahaan, buat pedoman mutu/manual mutu, sampe kita ditugasin seolah-olah kita memiliki sebuah perusahaan dan dimulai dari pembuatan nama hingga hal terkecilnya pun harus kita pikirkan sendiri, keren gak nih readers? Makannya masuk sini ke jurusan Pendidikan Manajemen Perkantoran…

Dijurusan ku yang memang hal ditonjolkannya ini adalah PENDIDIKAN yang kelak nanti malah menjadi guru, dikurikulum baru ini mampu membuka kesempatan bekerja didunia lainnya, seperti bank dan lain sebagainya. Dan ahirnya kami dituntut harus MAGANG di perusahaan apapun itu (asal perusahaan inget bukan pasar ya heheh). Dalam prosesnya aku menikmati sekali apa yang disebut diatas itu. Aku pun memberanikan diri (karena diriku bukan anak SMK, aku dari SMA dan itu pun jurusan IPA) untuk magang diperusahaan. Dan ahirnya aku keterima magang di sebuah BADAN yang disebut BKIPM (Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu), badan ini bekerja dibawah naungan kementrian KELAUTAN yang you know kan kementrian kelautan siapa? YAP, Bener banget. Yaitu Bu Susi tercinta. Dimana tiap hari aku melihat foto bu susi yang sudah mejeng depan kantor aku magang. POKOKNYA ASIK BANGET MAGANG ITU SUER, punya pengalaman yang lebih dari orang lain itu bener-bener meningkatkan kepedean yang sangat tinggi hihihi….

Ketika saya magang pun karena saya terbiasa dengan kinerja yang bersungguh-sungguh dan cepat, saya pun mampu menyelesaikan laporan magang dan mampu menyelesaikan PROSPOSAL SKRIPSI dan lanjut mengikuti SEMINAR PROPOSAL dalam waktu yang terhimpit oleh magang karena ada kurikulum baru tersebut. Maka hilangkanlah kebiasaan MALAS dan MENUNDA PEKERJAAN, atau malah asik dengan MAIN atau PACARAN, inget yaaa :*:*:*:*:* 😀 J.

Bener-bener deh, apapun yang kamu lakukan itu coba terima, ikhlaskan dan coba lakukan dengan cara yang terbaik, karena apapun pekerjaan yang kita lakukan itu walaupun kita tidak menyukainya, walaupun jurusan itu tidak kamu sukai sama sekali, coba lakukan dan paksakan diri untuk melakukan yang terbaik dan jangan menyalahkan orang lain atas segala pekerjaan yang kita lakukan.

DAN ..

Ternyata hal apapun yang kita lakukan dengan rasa senang, dengan rasa ikhlas, dan dengan cara yang terbaik untuk membuktikannya maka hasilnya pun tak pernah menghiyanati kaya si dia yang hilang ditikung temen *eh ehhehe….

JANGAN LUPA…

Ketika kamu memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih untuk membaginya dengan teman kita yang kurang paham atau mengerti, karena pepatah mengatakan..

“KETIKA KITA MEMBUKA JALAN KEMUDAHAN KEPADA ORANG LAIN, MAKA TUHAN MU AKAN MEMBERIKAN KEMUDAHAN BAGI DIRIMU SENDIRI”
(Tarini, 2017) <- maklum tingkat ahir harus ada kaya gini biar ga disebut plagiat heheheh…… sekarang sedang PPL sekaligus mengerjakan SKRIPSI dan akan WISUDA BULAN AGUSTUS, TOLONG DO”AKAN SAYA YA heheheh….

So sekian curhatan akyu ini hoho, ini ada beberapa kegiatan yang semoga mampu meningkatkan semangat kalian yang diajarkan dijurusan ku, lihat aku aja yang dari IPA, yang ga pernah ngerti apa itu MANAJEMEN? Apa itu akuntansi tapi AKU SELALU MELAKUKAN HAL YANG TERBAIK DALAM SEGALA PEKERJAAN KU, DAN HASIL ITU NYATA TAK PERNAH MEMBODOHI KINERJA KU YANG KU LAKUKAN DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN TAK PERNAH MENUNDA PEKERJAAN (kadang mager tapi inget tujuan utama ku kuliah itu untuk apa? Untuk cari uang dan mampu memberikan yang terbaik juga untuk orang tua ku tercinta, yahhh walaupun lelah) TAPI HASILNYA MEMUASKAN!!!!!!! 😮 wowwwww

Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

Tarini Putri Rami

Penulis saat ini sedang bekerja di sebuah perusahaan dan sedang mencari jodoh, serta mendapatkan predikat Mapres di jurusannya.

Kode Konten : X126

13 thoughts on “Pend. Manajemen Perkantoran UPI – Tari”

    1. Bisa aja , asal sekolahnya tidak di blacklist oleh UPI, dan nilai saudari memenuhi kriteria , maaf bafu balas ya, sekarang sibuk kerja jadi ga liat…
      Info kuliah saya bisa cek di tariputram.blogspot.com atau intens saya sering di ig @tariputram
      Trims

  1. Assalamualaikum de tari.. Maaf mau tanya klu jurusan itu bisa jd tenaga kepndidikan juga ( guru/dosen) punya akta IV?mhn penjelasannya sy punya anak skrg smster akhi jurusan IPS bisa?

    1. Waalaikumsalam ibu, bisa sekali ibu..
      Disini memang outputnya pendidik ko bu
      Jurusan saya Pendidikan Manajemen Perkantoran, tapi karena ada pengkonsentrasian jadi bisa kebidang selain guru juga
      Sekarang saya sudah kerja dalam perusahaan swasta milik amerika bu, tanpa menunggu lowongan kerja, saya sudah dipikat perusahaan tersebut sejak pembuatan skripsi, alhamdulillah..
      Semuanya bergantung padaanak ibu, jika bersungguh-sungguh jurusan apapun, pasti dapat gapai cita-cita nya bu
      .
      .
      Info kuliah saya bisa cek di tariputram.blogspot.com atau intensnya saya sering di ig @tariputram
      Trims

  2. Alhamdulillah.. Selamtbde semoga bs smua nya jd ibadah dan berkah.. De maaf mata pelajaran apa aja yg yg dijadikan perhitungan nilai.. Bagaimana cara membaginya.. ?supaya ada gambaran pasingreadnya? Maaf ya de banyak tanya dan menggagu waktunya trmksh

    1. Aamiin ibu, terimakasih, mohon do’anya semoga melesat jadi bu direktur ya bu heheh

      Dulu setau saya pas saya lagi jadi bagian di humas upi sih, semua mata pelajaran tidak boleh menurun mulai dari kelas 10 smstr 2, kls 11 smstr 1&2, kelas 12 smstr 1..
      Turun boleh tapi tidak signifikan, semisal 77 jadi 66 itu terlalu signifikan, contoh yg tdk signifikan 77 jd 75 , seperti itu bu, kalau bisa jangan ada yg 7 nilai kalau bisa 8 keatas biar aman bu, soalnya jurusan saya sudah mulai dilirik kemarin banyak sekali yang daftar.. Semoga anak ibu bisa menjadi yang ibu harapkan ya, karena saya yakin, hingga detik ini pun saya bisa seperti ini karena bantuan ibu saya yaitu do’a.. Semangat buat ibu dan anaknya 😊

      Jurusan saya ini sebenernya harusnya untuk anak jurusan IPS bu, sayanya aja waktu itu disuruh bunda memilih jurusan ini, tapi alhamdulillah membuahkan hasil!
      Sukses selalu..

    1. hallo nita, kebetulan lulusan kita memang banyaknya di bank heheh
      selain di bank jadi guru juga..
      kalau saya sendiri alhamdulillah keterima di perusahaan jadi document control, kalau mau tau tentang pelajaran apa aja bisa cek ruangbelajarmanper.blogspot.com itu ada beberapa aku post tentang kuliah saya 😀
      kalau mau tau tentang document control bisa search aja di gugle huehehe semangat nita

  3. Assalamualaikum , ka kalo dari jurusan ini bisa jadi guru smk jurusan ak&manajemen? Trus itu magang nya harus d kantoran ?? Makasiih ka😁

    1. Waalaikumsalam risa kita SPdnya untuk jurusan AP alias adm perkantoran 🙂
      Dikita ada ppl dan pkl , ppl itu nanti kaya magang buat ngajar, dan pklnya nanti (konsentrasi saya tentang quality management system) itu cari perusahaan yg sudah punya iso 9001:2008 (tapi sekarang udah maju ke iso 9001:2015)

  4. Assalamualaikum, saya taun depan lulus. Dengan jurusan ips. Saya akan masuk jurusan yang sama dengan ka Tari. Apa sih ka yang kaka rasain pas masuk perkuliahan itu tuh? Dan apa saja yang kaka pelajari saat kuliah dengan jurusan pendidikan Manajemen Perkantoran ? Tolong dijawab ya ka hehe soalnya aku mau masuk situ jugaaa hehe doakan itu pilihan pertama saya. Makasih yaa ka jawabannya dituunggu :)))

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *