Pend. Geografi UPI (Devi)

Hallo intiprrs perkenalkan nama saya devi sukaesih. Biasa dipanggil ‘bue’.  Kalo dari segi nama ngga nyambung ya? Tapi entah kenapa semenjak kuliah sering di panggil dengan nama itu. Saat ini sedang kuliah semester 7 di jurusan pendidikan Geografi UPI. Kalo boleh jujur sebenarnya awalnya ngga trlalu niat masuk pendidikan Geografi. Tapi itu dulu, lambat laun semakin dijalani kuliah di Pendidikan Geografi itu menarik juga lho! Jadi weh cinta *eh kenapa dulu ngga terlalu minat di geografi mungkin ini yang sering dipikirkan anak anak SMA ketika mau masuk geografi. Karena geografi itu terkenal dengan banyak hafalan. Iya sih karena geografi SMA memang kebanyakan hafalan, tapi setelah kuliah dijurusan Pendidikan Geografi ternyata banyak banget yang dipelajari, ngga heran kalo geografi itu disebut sebagai mother of science karena kita akan mempelajari ilmu-ilmu dari rumpun IPA maupun IPS. Selain itu kita juga bakalan belajar mengenai pemetaan.

Pada semester awal, di Pendidikan Geografi kalian akan belajar yang namanya kartografi. Pada matkul ini kalian akan belajar bagaimana cara membuat peta baik digital maupun manual. Kebayang dong bikin peta secara manual pake kertas kalkir dan rapido itu ngga mudah. Apalagi dalam pembuatan peta ini ngga boleh ada kesalahan sedikitpun. Jadi kalo salah otomatis harus ganti yang baru dan mulai dari awal.  Jadi padi semester awal ini kita sudah biasa dengan yang namanya begadang untuk ngerjain tugas kartografi, disinilah moment yang mendekatkan kalian dengan teman sejurusan kalian dengan begadang bareng.

Selain matakuliah kartografi kalian juga bakalan ketemu dengan matkul lain yang berhubungan dengan gambar seperti kosmografi dan pengindraan jauh, jadi kemampuan gambar menggambar kalian akan tersalurkan lewat matkul ini. Selain matkul gambar menggambar kalian juga bakalan belajar pemetaan melalui mata kuliah SIG atau Sistem Informasi Geografi. Dengan SIG ini kita akan melakukan pemetaan dengan dibagi menjadi beberapa zonasi berdasarkan kajian masing masing. Apalagi di jaman now hampir semua bidang membutuhkan SIG, jadi ngga heran kalo banyak anak Pendikan Geografi yang sudah bekerja di bidang pemetaan walapun mereka belum lulus.

Selain itu, di Pendidikan Geografi kalian bakalan banyak mempelajari beberapa matkul baik social maupun fisik seperti Geologi, Geomorfologi, Biogeorafi, Geografi Tanah, Hidrologi, Sosiologi, Demografi dan masih banyak lagi ilmu yang bakalan kalian pelajari kalo kalian kuliah di jurusan Pendidikan Geografi UPI. Selain mata kuliah yang berhubungan dengan geografi, karena memang basic kita Pendidikan kita juga belajar beberapa mata kuliah yang menunjang kita utuk menjadi guru professional seperti Belajar dan Pembelajaran, Kurikulum Pembelajaran, Telaah Kurikulum, Evaluasi Pendidikan dan beberapa matkul lain yang berhubungan dengan pendidikan.

Setelah melihat beberapa pemaparan diatas kalian mungkin berpikir di geografi banyak banget yag dipelajari dan bikin bosen. Eits jangan salah justru kalo kalian kuliah di jurusan Pendidikan Geografi UPI bakalan banyak jalan jalan! Tapi jalan jalannya kita bukan jalan ke mall atau ke tempat tempat hiburan. Ya you know lah dari jurusannya aja geografi so pasti kalian jalan jalannya ke alam! Dari hujan sampe panas, dari gunung sampe lembah, dari sungai sampai pantai menjadi sesuatu yang akrab dengan kami. Jadi di Pendidikan Geografi ini kalian bakalan sering yang namanya kuliah lapangan. Hampir tiap semester kalian bakal kuliah lapangan. Biasanya ada 1-3 matkul/ semester yang mengharuskan kita untuk ke lapangan. Dari semester satu aja kita sudah 2 kali praktikum lapangan untuk mata kuliah Metklim dan Geologi.

Pada praktikum matkul Metklim yang mengaruskan kita ngukur kecepatan angin, kelembapan udara, dan mencatat perubahan suhu selama 24 jam. Kemudian ada praktikum hidrologi yang mengharuskan kita menghitung laju infiltrasi, perkolasi, debit air sungai, luas penampang sungai bahkan memetakan danau. Selain itu juga ada praktikum Geografi Tanah yang mengharuskan kita untuk ngebor tanah sampai satu meter dan berkeliling untuk mengambil sampel tanah di beberapa tempat berbeda. Kebayang kan ya gimana asiknya bercengkrama dengan alam dengan bekal ilmu yang sudah kita pelajari.

kegiatan saat prakikum hidrologi di plot 5 pengukuran laju perkolasi

Selain tugas praktikum lapangan, kuliah di Pendidikan Geografi UPI kalian juga ada KKL (Kuliah Kerja Lapangan) yang dilaksanakan setiap akhir semester genap dan dibagi kedalam tiga tahap. Jadi setiap semester genap pada tingkat satu sampe tiga kalian bakalan KKL. Berbeda dengan praktikum yang bebannya hanya satu matkul, KKL ini adalah aplikasi dari beberapa ilmu geografi yang telah kita pelajari selama di kelas.

Walapun mahasiswa Pendidikan Georafi UPI banyak disibukan dengan praktikum dan kuliah lapangan tapi jangan salah kami juga masih bisa aktif di organisasi. Salah satunya Himpunan Pendidikan Geografi UPI yang punya event ASEAN Geo Smart Competition, yaitu olimpiade geografi untuk anak SMA/sederajat tingkat ASEAN! Jadi jangan jadikan alasan sibuknya kuliah bikin kita ngga bisa ngasah soft skill ya.

Walapun kami adalah mahasiswa Pendidikan Geografi yang bakalan menjadi calon guru, tapi dengan banyaknya pengalaman yang kita dapat selama kuliah peluang kerja dari mahasiswa Pendidikan Geografi ini bukan hanya menjadi guru/dosen geografi aja loh. Selain itu kita juga bisa bekerja di BIG (badan informasi geospatial), surveyor, konsultan pemetaan, BAKOSURTANAL, dll.

Sekian cerita dari saya, semoga sedikit banyak bisa memberi gambaran mengenai jurusan Pendidikan Geografi dan  memotivasi kalian untuk menentukan pilihan tentang dimana harus meneruskan kuliah. Inget ya, pilih jurusan yang sesuai dengan passion kamu. Jangan cuma ikut-ikutan teman, gebetan, pacar, apalagi temen HTS-an *eh.


Bio : Mahasiswa semester 7 prodi Pendidikan Geografi – FPIPS UPI . hobi masak travelling. punya kebiasaan unik kalo makan pedas selalu cegukan 😀

link Instagram : https://www.instagram.com/devi_suka/

Linkedin    :  https://www.linkedin.com/in/devi-sukaesih-676b5a119/

Kode Konten: X283

 

2 thoughts on “Pend. Geografi UPI (Devi)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *