Pend. Ekonomi Unimed (Martin)

Hello intipers ! Hello Para Updaters

Perkenalkan nama saya Haris Martin Gultom biasa dipanggil Martin oleh teman-teman dan keluarga saya. Kini saya kuliah di Universitas Negeri Medan (UNIMED)  Prodi S-1 Pendidikan Ekonomi, saya stambuk 2016. Dan sebagai informasi kini Universitas Negeri Medan adalah satu-satunya kampus yang menyandang akreditasi A dari BAN-PT dan satu-satunya LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) di Sumatera Utara. Jadi berbangga hatilah apabila kalian dapat menimba ilmu disini kelak. Pada tulisan kali ini sama seperti teman-teman lain, saya ingin berbagi sedikit cerita dan pengalaman seputar program studi yang kini saya tekuni itu. Semoga cerita ini dapat bermanfaat buat teman-teman sekalian terkhusus buat adek-adek kelas XII yang sebentar lagi mau tamat dan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi tentunya. Tentu butuh pertimbangan dan pengetahuan yang matang untuk dapat memilih jurusan yang tepat, supaya nantinya tidak menyesal karena salju (salah jurusan).hehe

Pendidikan Ekonomi itu apa sih ?

Pendidikan ekonomi itu adalah salah satu Prodi (Program Studi) di bawah naungan jurusan pendidikan ekonomi, ada beberapa prodi lagi yang sama di bawah naungan jurusan ini yaitu Pendidikan Tata Niaga, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Adm.Perkantoran. Jadi kami biasa disebut prodi pendidikan ekonomi murni di kampus.

Kelas B Reguler Pend. Ekonomi 2016

Disana belajar apa ya ?

Prodi ini merupakan salah satu prodi kependidikan jadi yang kami pelajari yaitu tentang ilmu-ilmu keguruan sama seperti jurusan kependidikan lainnya, misalnya mata kuliah filsafat pendidikan, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran dan banyak lagi, untuk lebih jelasnya bisa di googling ya. Dan tentunya kami juga belajar ilmu kompetensi dibidang kami yaitu ilmu-ilmu ekonomi seperti ekonomi mikro dan makro, mate-matika ekonomi, akuntansi keuangan, manajemen, perpajakan dan mata kuliah lain yang berhubungan dengan ekonomi. Kalo ditanya mana mata kuliah paling mengesankan ? aku jawabnya tentu ilmu ekonomi mikro dan makro karena disana kita dapat mengetahui bagaimana pertumbuhan ekonomi suatu negara itu apakah maju atau mundur, trus berapa pendapat dan pengeluaran suatu juga dipelajari disana. Dan tentunya kita dapat mengaplikasikan langsung dengan negara kita, sehingga kita juga dapat mengetahui sejauh mana sih pertumbuhan ekonomi yang dialami negara kita setiap tahunnya. Sebenarnya pelajaran nya gampang-gampang susah sih, yang penting giat dan tekun untuk cari-cari informasi dan banyak baca artikel-artikel di media massa tentang perekonomian pasti mudah tuh dapat ilmunya.

Apa tugas-tugasnya banyak ?

Yang namanya mahasiswa pasti selalu bergelut dan punya banyak tugas, jangan pikirin kayak mahasiswa yang di sinetron yang kerjanya hanya keluyuran dan pacaran saja, dalam dunia realnya tak semudah dan segampang itu untuk bisa menjadi seorang mahasiswa. Banyak sekali tugas dan tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa, bisa dibilang mahasiswa lah yang nanti paling berpengaruh menentukan kemajuan suatu bangsa. Kalo dalam prodi ini khususnya kami ada punya 6 jenis tugas per mata kuliah. yaitu mulai dari Tugas Rutin (TR), Critical Book Review (CBR), Review Journal (RJ), Mini Reseacrh (MR), Rekayasa Ide (RI) dan Tugas terakhir yaitu membuat suatu Project (PR). Jadi misalnya kita punya 8 mata kuliah ya berarti total tugasnya itu 8×6 =48 tugaslah yang harus diselesaikan. Dan itu semua dibuat dalam bentuk makalah dan dipresentasikan di depan kelas, kadang capek nya gak karuan waktu ngerjai tugas sebanyak itu. Pertama kuliah awalnya hampir gak sanggup lagi tapi dengan seiring waktu ternyata bisa juga terlewati. Intinya dengan tugas sebanyak itu semakin mengajarkan kita untuk semakin pandai dalam mengatur dan membagi waktu kita. Karena dengan perencanaan waktu yang baik apa saja dapat diselesaikan.

Organisasi dan kegiatan di kampus apa aja kak ?

Jadi dalam fakultas kami yaitu ekonomi ada satu organisasi yang memang khusus untuk membahas dan berdiskusi seputar ilmu ekonomi yaitu KODIE (Kelompok Diskusi Ilmu Ekonomi) jadi dalam organisasi ini berkumpul dari beberapa angkatan dan berbeda prodi , jadi sekali seminggu diadakan diskusi parallel di kampus untuk membahas seputar isu-isu ekonomi, dan juga belajar tentang mata kuliah yang di ajarkan langsung oleh kakak-abang senior. Jadi para junior-junior tak perlu khwatir harus bertanya pada siapa bila ada mata kuliah yang kurang dimengerti karena ada para senior di KODIE yang siap membantu. Ada berbagai kegiatan juga yang dilakukan seperti Diskusi Ekonomi, Olimpiade ekonomi se-kota Medan, Seminar ekonomi, Gogreen, LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan).

Foto Kegiatan Kodie

Kerja alumninya apa ?

Memang sebagian besar alumni dari jurusan ini ialah menjadi tenaga pengajar di sekolah-sekolah mulai dari SMP-SMA karena memang sebagian orang yang memilih jurusan ini ialah mereka yang jiwanya terpanggil untuk menjadi seorang pendidik. Tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa bekerja di sektor perbankan atau kerja di suatu perusahaan karena pasti setiap usaha pasti butuh seorang yang mengerti di bidang keuangan untuk mengelola pendapat usaha tersebut.

Cukup sekian penjelasan singkat saya tentang Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan semoga bisa bermanfaat dan menjawab pertanyaan teman-teman tentang prodi tersebut. Sebenarnya masih banyak yang mau saya cerita kan tapi ruang kita ini cukup terbatas jadi bagi teman-teman yang ingin tahu info lebih banyak dapat hubungi kontak saya dan kita bisa saling sharing dan berbagi ilmu JJ. Sebagai penutup ada sedikit pesan saya untuk teman sekalian

“ Jadikan orang lain sebagai pandangan tapi bukan sebagai patokan karena kesuksesan ada pada tangan kita masing-masing. jadikan orang lain itu hanya sebagai pelajaran untuk lebih baik lagi, belajarlah dari kegagalan dan kesuksesan mereka tapi bukan harus sama seperti mereka ”


Tentang Penulis : Haris Martin Gultom

Mahasiswa tingkat 2 (Semester 4) Prodi Pendidikan Ekonomi – FE Universitas Negeri Medan (UNIMED) . Hobi menulis puisi, cerpen dan artikel tentang tips-tips sederhana tentang perkuliahan. Dan aketif juga dalam organisasi internal kampus baik dalam bidang akademik dan non-akademik.

WA : 082273507651 | Instagram : @harisgultom16 | FB : web.facebook.com/Haris Martin Gultom | Link :https://harisgultom.wordpress.com/ | Twitter : @harisgultom16 | harismartin@mhs.unimed.ac.id

Kode Konten: X332

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *